Bocoran Lolos Seleksi Tes di AirNav Indonesia

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di AirNav Indonesia? AirNav adalah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang konektivitas dan merupakan satu-satunya penyedia layanan navigasi penerbangan di Indonesia.

Masih dapat dikatakan bahwa AirNav memiliki tugas di bawah PT Angkasa Pura dan membawahi Air Traffic Controller atau mengawasi lalu lintas udara penerbangan.

Pendaftarannya hampir sama dengan BUMN lain, ada tambahan berkas seperti SKCK dan SKBN. File lainnya masih sama. Berikut langkah-langkah pengujian dari AirNav:

Tahapan Seleksi Karyawan di AirNav Indonesia

1. Tes Online

Anda bisa melakukan tes di rumah atau dimanapun yang terpenting koneksi internet anda stabil. Usahakan untuk memilih tempat yang nyaman dan tenang.

Soal tes online ini akan disesuaikan dengan pendidikan Anda. Anda harus belajar kembali tentang teori ketika Anda berada di kuliah sebelumnya.

Selain itu, ada juga soal tes pengetahuan umum, bahasa Inggris dan tes psikologi. Semua soal merupakan soal pilihan ganda dengan waktu 3 jam.

Persyaratannya cukup standar seperti rekrutmen BUMN lainnya. Setelah membuat SKCK dan SKBN, saya mengisi formulir online, saya mengunggah file yang diperlukan.

Kalau tidak salah, kita juga perlu mengunggah ijazah dan foto. Kemudian setelah diserahkan

2. Psikotes

Tes selanjutnya adalah psikotes dan FGD (Focus Group Discussion), tes ini berlangsung di Jakarta di Kementerian Kesehatan Kebayoran, Jakarta Selatan.

Untuk hari pertama akan menjalani psikotes. Soalnya hampir sama dengan tes psikologi di perusahaan lain seperti seri angka, matematika dasar, tes logika, tes menggambar, dan tes koran.

Soal-soal tes kemampuan bidang studi ini disesuaikan dengan latar belakang pendidikan Anda. Karena saya lulusan komunikasi, pertanyaannya tentang ilmu komunikasi dasar.

Selain itu, ada soal pengetahuan umum, bahasa Inggris, dan beberapa soal tentang psikotes. Semua pertanyaan adalah pilihan ganda dan diberikan waktu tiga (3) jam untuk diselesaikan.

Baca juga:

3. FGD

Untuk keesokan harinya Anda akan memasuki tahap FGD, atau bisa disebut diskusi untuk memecahkan suatu kasus atau masalah.

Semua peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan akan berdiskusi bersama. Untuk masalah tentang pertanyaan prioritas.

Ada juga kasus yang untuk kelompok dan ada juga kasus yang dilakukan untuk individu oleh masing-masing peserta. Jangan lupa untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang dilakukan AirNav.

FGD, Pikiran saya tentang FGD adalah bagaimana nanti kita akan memberikan pendapat dalam kelompok tentang suatu hal, di mana itu adalah solusi dari masalah yang dilemparkan ke kelompok.

Saat itu kami diberi secarik kertas berisi pertanyaan untuk dijawab. Nah, kita bisa menanyakan jawaban ini atau bertukar jawaban dengan kelompok lain.

Ini yang menurut saya lucu dan berbeda dari FGD biasanya. Selain soal yang harus diselesaikan secara kelompok, ada juga soal individu. Kurang lebih hal ini semakin penasaran untuk mengetahui sejauh mana kita mengenal AirNav.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

4. Pemeriksaan medis

Hampir sama dengan tes kesehatan di berbagai perusahaan lain. Bedanya hanya jadwal yang dilakukan selama 3 hari. Anda hanya perlu memilih hari apa untuk ujian.

Sebaiknya persiapkan fisik Anda terlebih dahulu karena tes kesehatan di AirNav bukanlah tahap akhir dari tes calon karyawan.

Tes tersebut berupa tes sampel darah dan urin, tes EKG, tes mata, rontgen, tekanan darah dan lain-lain.

5. Wawancara Akhir

Dalam wawancara ini, Anda akan bertemu pengguna dari AirNav secara langsung. Anda akan diwawancarai sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

Persiapkan semuanya dengan baik, karena masih ada beberapa yang tidak lulus di tahap terakhir ini. Pelajari lebih lanjut tentang Airnav, baik itu visi misi, program apa saja yang ada, bahkan rumor atau gosip yang beredar atau berita terkini.

Pertanyaan dimulai dengan pengenalan diri, motivasi ingin bekerja disini, apa yang anda ketahui tentang Airnav, dan pertanyaan lainnya tentang CV anda.

Nantinya pewawancara juga akan menanyakan tentang jobdesk yang kamu lamar. Seberapa banyak yang Anda ketahui tentang pekerjaan Anda?

Pertanyaan sulit lainnya adalah Anda diminta untuk menilai semua peserta dan peringkat mana yang menurut Anda lebih baik. Dan sebutkan juga kelebihan dan kekurangan Anda.

Selebihnya adalah pertanyaan tentang penempatan kerja, tunjangan yang diberikan dan lain-lain.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di AirNav Indonesia, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!