Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Agribisnis? Mengingat Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah ruah, membuat cakupan kerja program studi agribisnis memiliki potensi yang besar.

Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

Akan tetapi beberapa orang masih belum mengetahui potensi tersebut. Sehingga seringkali jurusan ini dianggap remeh. Ingin tahu cakupan kerja yang akan didapat dari lulusan jurusan ini? Yuk simak ulasannya berikut!

Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

1. Pegawai Instansi Pemerintah

Ketika mendengarkan kata jurusan agribisnis mungkin yang terbesit di benak kamu adalah pekerjaan sebagai petani. Namun, sebenarnya cakupan yang dimiliki tidaklah sesempit itu.

Prospek kerja jurusan agribisnis cukup berpotensi dan menjanjikan di Indonesia. Salah satu pekerjaan yang dapat ditekuni yaitu menjadi seorang pegawai instansi pemerintah.

Mahasiswa lulusan dari program studi yang satu ini bisa mendaftar sebagai seorang pegawai negeri yang bekerja pada instansi pemerintah.

Masa depan dari pekerjaan ini jangan diragukan lagi, gaji yang diberikan juga cukup menjanjikan. Akan tetapi gaji yang diberikan akan bervariasi tergantung dengan tingkat golongan yang dimiliki.

2. Dosen

Bagi kamu mahasiswa jurusan agribisnis yang menyukai dunia pendidikan, menjadi dosen atau seorang pendidik dapat kamu jadikan pilihan pekerjaan nantinya.

Jurusan ini termasuk memiliki  peminat yang banyak. Mengingat potensi kekayaan alam di Indonesia sangat besar, menjadikan jurusan ini tidak pernah sepi peminat.

Adapun beberapa syarat yang harus ditempuh untuk menjadi seorang dosen atau tenaga pendidik. Salah satunya adalah kamu harus memiliki kemampuan mengajar dan kompetensi pada bidang agribisnis.

Serta, kamu harus menempuh kuliah s2 maupun s3 untuk menjadi dosen agribisnis. Dengan begitu kamu bisa melamar pekerjaan yang satu ini.

Memiliki pekerjaan sebagai seorang dosen agribisnis akan menjadikanmu menjadi seseorang yang menguasai teori dan praktek sekaligus.

Maka dari itu, jika kamu yang memiliki keinginan kuat menjadi dosen, siapkan diri dengan matang mulai dari sekarang. Usahakan nilai akademik yang kamu miliki bagus, supaya jalan yang kamu inginkan dapat dicapai dengan mudah.

3. Peneliti

Karir selanjutnya yang bisa ditekuni oleh lulusan agribisnis adalah menjadi seorang peneliti. Pekerjaan yang satu ini juga sangat dibutuhkan pada negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah contohnya saja seperti negara Indonesia.

Gaji minimal yang bisa diperoleh ketika berkecimpung pada karir yang satu ini adalah Rp 8 sampai 9 juga.

Nominal tersebut belum termasuk tunjangan yang diberikan. Jika kamu memiliki kemampuan yang handal maka bayaran yang didapat semakin besar.

Pekerjaan yang satu ini antara lain akan meneliti berbagai ruang lingkup. Penelitian yang dilakukan berkaitan dengan mikroorganisme, bidang pengolahan, distribusi pertanian, konservasi lingkungan, kebijakan pertanian hingga lainya.

Nantinya, hasil dari penelitian kamu akan digunakan untuk jangka yang panjang. Selain itu, kamu akan diberikan sejumlah dana yang digunakan untuk penunjang penelitian yang sedang dilakukan.

Penelitian perlu dilakukan guna untuk melihat dan memastikan standar kualitas pada bidang ini sudah tercapai atau masih ada yang perlu ditingkatkan lagi.

4. Pengusaha

Selain menjadi pegawai, mahasiswa lulusan program studi agribisnis dapat menjadi seorang pengusaha yang berhubungan dengan bidang pertanian.

Pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu yang tidak suka menjadi pekerja kantoran. Pada saat kuliah pasti kamu tidak hanya diajarkan ilmu akademik saja.

Teori yang telah kamu peroleh dan praktekkan pada masa kuliah dapat anda terapkan. Dengan begitu, kamu akan menjadikan seorang pengusaha pada bidang pertanian yang berwawasan.

Selain itu, jika semasa kuliah kamu mengikuti organisasi keuntungan juga akan kamu dapatkan, kamu akan memiliki koneksi luas dan pastinya akan memberi keuntungan pada bisnismu.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja

5. Konsultan Perusahaan Agribisnis

Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

Karena pada saat kuliah kamu sudah mempelajari dan menguasai betul mengenai ilmu pertanian, maka kamu bisa menjadi seorang konsultan pada perusahaan yang berkecimpung pada bidang agribisnis.

Kamu dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat mengenai ilmu agribisnis yang baik dan benar.

Seorang konsultan agribisnis yang handal pada umumnya akan mampu memberikan bimbingan, arahan, serta analisis yang tepat terkait dunia pertanian.

Selain itu gaji yang didapatkan akan sebanding dengan kemampuan yang kamu miliki. Dengan menekuni pekerjaan ini, ilmu yang kamu miliki akan semakin bertambah.

6. Penulis Yang Berkaitan Dengan Agribisnis

Pada era yang serba digital seperti saat ini, kekuatan pada sebuah tulisan dapat kamu jadikan sebagai sumber pundi pundi rupiah.

Pada bidang ini, kamu juga berkesempatan sebagai seorang penulis yang berkaitan dengan agribisnis. Jika kemampuan menulis kamu sangat baik, pekerjaan yang satu ini dapat kamu tekuni.

Mulai dari menulis artikel, tutorial, sampai tips tips  mengenai dunia pertanian dapat kamu tulis dalam suatu karya buku. Selain itu, kamu juga bisa menulisnya pada sebuah blog dan menjadi seorang blogger.

Semakin banyak yang membaca dan menyukai tulisan kamu di internet akan menjadikan pundi pundi yang kamu dapatkan semakin banyak.

7. Bekerja di BAPPEDA

Prospek kerja jurusan agribisnis selanjutnya adalah bekerja di BAPPEDA. Bagi lulusan jurusan yang satu ini, kamu bisa bekerja di sektor pertanian yang ada di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah.

Dalam hal ini, kamu dapat berkontribusi untuk membangun sektor pertanian di daerah.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan pengetahuan yang luas mengenai cara pengelolaan pertanian, ladang, hingga perkebunan yang baik dan benar kepada masyarakat.

Dengan begitu, para petani akan memiliki pengetahuan baru dan akan menjadikan lahan pertanian yang dimiliki semakin berkembang.

Untuk masa depan dari pekerjaan yang satu ini tidak perlu dikhawatirkan lagi. Kamu akan mendapatkan gaji rata rata sekitar Rp 5 juta rupiah perbulan.

Belum lagi jika kamu memiliki kualifikasi dan pengetahuan yang luas. Namun, nominal tersebut tergantung pada kebijakan masing masing BAPPEDA tempat kamu bekerja.

Baca juga: Jurusan yang Gampang Menjadi CPNS

8. Pionir LSM

Cakupan kerja yang dapat kamu tekuni saat menjadi seorang lulusan jurusan agribisnis adalah menjadi pioner LSM. Kamu bisa memberikan berbagai penyuluhan kepada masyarakat mengenai ilmu agribisnis.

Mulai dari bidang peternakan hingga pertanian dapat kamu kupas tuntas ketika memberikan penyuluhan di lembaga swadaya masyarakat.

Dengan usaha yang kamu lakukan tersebut, petani akan merasa terbantu dalam menjalankan dan mendapatkan hasil ternak maupun panen yang lebih besar dan berkualitas.

Selain itu, kamu juga bisa membantu para petani dalam menyelesaikan masalah maupun isu isu yang dimiliki.

Dengan begitu seorang petani akan merasa sangat terbantu dan dapat membuka peluang karir yang besar dan cukup menjanjikan.

Gaji yang didapatkan oleh seorang pionir pada LSM yaitu berkisar antara Rp 5 Juta perbulannya. Bagi kamu yang menyukai pekerjaan berbau sosial sangat cocok untuk menekuni profesi yang satu ini.

Itulah beberapa informasi mengenai gambaran karir lulusan dari jurusan agribisnis. Tidak kalah dari jurusan favorit yang lainnya, Program studi yang satu ini memang memiliki kesempatan kerja yang cukup menjanjikan.

Jangan lupa untuk menyiapkan diri sebelum menghadapi dunia kerja. Selain itu, ketahui juga persyaratan dan tahapan seleksi pada tiap perusahaan yang diinginkan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!