10+ Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja

Apa saja Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja? Memasuki era revolusi industri 4.0, persaingan di dunia kerja kini kian ketat.

Jurusan kuliah yang menjanjikan banyak diburu, bahkan cukup banyak masyarakat yang telah memiliki gelar sarjana, namun belum terlepas dari status pengangguran.

Bagi kamu yang masih akan memasuki jenjang universita, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan agar bisa bersiap sejak dini.

Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan? Menentukan pilihan usai lulus dari bangku SMA memang menyulitkan. Apalagi bagi kamu yang memutuskan untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi.

Tidak sedikit para lulusan bingung menentukan jurusan terbaik yang akan ia tempa. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, berikut beberapa jurusan kuliah yang cepat dapat kerja yang wajib kamu ketahui.

1. Engineering

Jurusan Kuliah yang Banyak Dicari Perusahaan di 2021

Jurusan teknik merupakan salah satu Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja dan banyak dicari oleh perusahaan. Bahkan hingga tahun 2022 gelar engineering ini masih menjadi primadona di dunia kerja.

Diperkirakan hingga 5 tahun ke depan, permintaan insinyur profesional maupun engineering graduates akan terus meningkat.

Hal ini terjadi karena jurusan teknik memang sangat lekat dengan perusahaan, industri, ataupun startup.

Mulai dari sistem manajemen industri itu sendiri, telekomunikasi, mesin untuk efisiensi, infrastruktur, hingga robotik semuanya mempunyai keterkaitan dengan jurusan teknik.

Kamu bisa memilih jurusan kuliah yang menjanjikan di bidang teknik mesin, teknik listrik, ataupun spesialisasi lainnya.

Baca juga: 27 Prospek Kerja Teknik Informatika Setelah Lulus Kuliah

2. Sastra Inggris

Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja selanjutnya adalah sastra inggris. Meski jurusan bahasa masih memiliki sedikit peminat, namun jurusan satu ini adalah salah satu jurusan kuliah yang sangat menjanjikan.

Sastra Inggris juga menjadi salah satu jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan. Bahkan beberapa pekerjaan dari lulusan ini memiliki nilai tinggi, khususnya bidang penerjemah yang memiliki gaji sangat menarik.

Selain itu lulusan dari disiplin ilmu satu ini sangat dibutuhkan dalam dunia pariwisata, dunia percetakan (sebagai penulis atau editor), dan masih banyak lagi.

Jika kamu tertarik untuk menjadi dosen atau guru juga tidak masalah, lulusan dari jurusan Sastra Inggris juga bisa menjadi tenaga pendidik. Atau kamu juga bisa menjadi salah satu tenaga kursus pendidikan Bahasa Inggris.

Jika dibandingkan dengan disiplin ilmu lainnya, sastra inggris juga bisa dibilang sebagai jurusan kuliah yang cepat dapat kerja dengan peluang yang sangat besar.

Namun sayangnya, peminat jurusan satu ini sangatlah sedikit, padahal banyak sekali perusahaan yang membutuhkannya. Apakah kamu tahu bahwa jurusan sastra inggris juga mampu menghadirkan beberapa jenis pekerjaan dengan gaji tinggi.

Kamu bisa melamar pekerjaan dengan mudah di beberapa perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga penerjemah. Atau kamu juga bisa menjadi seorang pengajar seperti guru, dosen, maupun tutor di lembaga bimbingan belajar.

Tak hanya itu saja, sebenarnya terdapat beberapa perusahaan di bidang jurnalistik yang juga membutuhkan lulusan dari disiplin satu ini.

Apabila kamu sangat menyukai dunia pariwisata, maka hal tersebut bisa kamu manfaatkan dengan cara memandu para turis asing yang datang ke tanah air dan memberikan pelayanan ramah.

Bahkan kini para lulusan Sastra Inggris juga telah dilirik oleh dunia percetakan ataupun jurnalistik. Hebatnya lagi, dalam dunia perbisnisan sarjana sastra inggris juga bisa bisa dimanfaatkan dengan baik salah satunya di bidang ekspor impor.

3. Akuntansi dan Bisnis

10+ Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja

Fakultas ekonomi dengan berbagai jurusan di dalamnya sejak dulu merupakan yang paling banyak peminatnya.

Bagaimana tidak ? Perputaran roda ekonomi tidak bisa lepas dari kehidupan sehari hari. Oleh sebab itu jurusan seperti akuntansi atau bisnis tentu akan selalu digunakan hingga kapan pun pada semua aspek industri.

Hingga tahun 2022, keduanya merupakan Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja. Bahkan permintaan profesional akuntansi dan keuangan di awal tahun telah meningkat mencapai 44 persen dari sebelumnya, angka ini diprediksi akan terus tumbuh beberapa tahun ke depan.

Bagi kamu yang menyenangi bidang bisnis, bisa memilih jurusan kuliah yang menjanjikan seperti marketing dan lain lain.

4. Ilmu Kesehatan dan Psikologi

Pada tahun 2020, tenaga profesional layanan kesehatan baik fisik dan mental dibutuhkan dan dicari sekitar 40 persen lebih banyak dari pada tahun sebelumnya.

Meningkatnya kebutuhan tenaga profesional dari bidang ini, dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah serta kepadatan populasi di dunia. Sehingga kebutuhan tenaga profesional di bidang kesehatan semakin dibutuhkan.

Kebutuhan pada bidang kesehatan tersebut tidak hanya secara medis saja, namun juga berdampak serta berpengaruh pada kesehatan mental.

Sehingga kebutuhan akan sarjana di sektor bidang psikologi juga diprediksi akan meningkat di masa mendatang. Terlebih pada masa pandemi seperti sekarang ini, yang sangat rawan untuk kesehatan fisik dan mental.

Semua itu membuat Ilmu kesehatan dan psikologi termasuk dalam Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja

5. Desain Komunikasi dan Media

Jurusan Kuliah yang Banyak Dicari Perusahaan di 2021

Menurut QS World University Rankings, meningkatnya kebutuhan akan tenaga profesional di bidang kreatif di tahun 2022 sekitar 15 persen berasal dari bidang pemasaran, periklanan, dan hiburan.

Pasalnya di era industri 4.0 yang semakin menuntut kreativitas, kemampuan antara mengkomunikasikan pesan serta pemasaran produk bisa menjadi peluang karir di masa yang akan datang.

Terlebih dengan semakin pesatnya perkembangan budaya digital di era globalisasi seperti saat ini, peluang kerja terkait industri kreatif semakin terbuka lebar di perusahaan perusahaan startup.

Bagi kamu yang berminat, bisa memilih jurusan kuliah yang menjanjikan seperti seni, desain komunikasi, jurnalistik, film, atau bidang lain yang masih terkait dengan industri kreatif.

Menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan, para alumni ilmu komunikasi pada umumnya akan bekerja di berbagai industri kreatif.

Dimana perusahaan tersebut notabene merupakan industri yang sangat berkembang serta menjanjikan untuk saat ini hingga mendatang. Bahkan di era global ini, jurusan ini memegang peranan penting pada setiap perusahan.

Disiplin ilmu satu ini memiliki beberapa cabang ilmu seperti jurnalistik, hubungan masyarakat, dan periklanan. Jika kamu menempuh Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja ini, maka penyampaian pesan bisa dilakukan lebih efektif dan komunikatif.

Jika terdapat penemuan baru di sebuah perusahaan, maka lulusan ilmu komunikasi akan sangat membantu untuk mempromosikannya.

Apalagi kini perkembangan teknologi sudah semakin canggih, sehingga membutuhkan tenaga ahli untuk mengiklankan produknya melalui media sosial.

Dengan adanya komunikasi yang baik tentu akan membuat banyak orang tertarik dengan iklan yang ditampilkan. Keuntungan yang didapatkan pun akan semakin melimpah bagi pihak perusahaan.

Baca juga: 24 Prospek Kerja Jurusan Manajemen, Lulus Jadi Apa?

6. Teknik Informatika

Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja berikutnya yaitu jurusan teknik informatika. Jurusan ini sangat berhubungan erat dengan industri digital, sehingga pada era yang serba digital ini tenaga profesional dari bidang tersebut akan sangat dibutuhkan.

Menurut QS World University Rankings, di tahun 2022 permintaannya bahkan telah meningkat hingga 26,5 persen.

Kemajuan teknologi yang semakin canggih setiap tahunnya, memang membuat semua pekerjaan pada akhirnya dialihkan menjadi berbasis komputer.

Berdasarkan alasan tersebut, para lulusan dari jurusan teknik informatika menjadi semakin diminati. Peluang kerjanya pun masih sangat luas di masa yang akan datang, begitu pula perihal penghasilan yang bisa didapat.

Salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan dan sangat berpotensi di era digital seperti ini yaitu teknik informatika. Perkembangan dunia digital yang semakin kesini semakin canggih, kerapkali membuat para pelaku bisnis menghadapinya.

Satu satunya cara yang paling ampuh untuk mengatasinya yaitu dengan memperkerjakan para lulusan teknik informatika.

Apalagi kini banyak bermunculan marketplace atau pasar online yang menggaet berbagai kelebihan, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Tak hanya marketplace yang menjajakan berbagai produk saja, terdapat pula platform yang menyediakan lapak untuk para lulusan jurusan kuliah yang cepat dapat kerja ini berkreasi.

Melanjutkan pendidikan ke jenjang ke bangku perkuliahan merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang memiliki cita cita setinggi langit.

Meskipun kini di Indonesia para sarjana banyak yang menganggur, namun hal tersebut bukan berarti tidak ada kesempatan bagi kamu untuk tetap berkarya. Dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang pesat ini, kamu bisa membuka peluang kerja sendiri.

7. Ilmu Data (Data Science)

10+ Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja

Jurusan ilmu data atau data science mungkin masih belum terlalu umum di kalangan masyarakat. Jurusan kuliah yang menjanjikan ini merupakan gabungan dari berbagai disiplin ilmu seperti matematika, statistika, teknologi informasi, dan ilmu komputer.

Bak paket komplit dari berbagai disiplin ilmu, ilmu data menjadi Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja di era sekarang ini.

Saat ini tenaga profesional dari bidang data science masih cukup langka, padahal kebutuhan akan tenaga ahli tersebut kini semakin tinggi.

Dalam industri dan ekonomi yang saat ini sangat bergantung pada teknologi, data memang menjadi suatu hal yang begitu berharga. Dimana dengan data tersebut perusahaan bisa mendapatkan gambaran kondisi bisnis, serta peluang pengembangannya.

Seorang data scientist dengan metode tertentu, akan bertugas dalam mengumpulkan serta mengolah data. Dimana data ini memungkinkan untuk bisa dianalisa oleh perangkat lunak komputer. Begitulah cara perusahaan akhirnya memperoleh data dari bisnis mereka.

Profesi data scientist ini masih cukup langka meski kebutuhannya banyak, sehingga gaji yang ditawarkan pun cukup tinggi.

8. Aktuaria

Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja selanjutnya adalah aktuaria. Senada dengan jurusan ilmu data, jurusan aktuaria juga masih belum umum di telinga masyarakat.

Bahkan di Indonesia masih sedikit sekali institusi yang menawarkan pilihan program studi aktuaria ini. Secara sederhana jurusan aktuaria sendiri merupakan ilmu mengenai risiko keuangan yang ada di masa depan.

Jurusan aktuaria adalah kombinasi antara statistika, keuangan, matematika peluang, dan pemrograman komputer.

Tenaga ahli aktuaria ini banyak dicari oleh berbagai perusahaan besar, dan tawaran gajinya pun tidak main main.

Karena tergolong profesi yang masih langka, gaji yang ditawarkan perusahaan untuk tenaga ahli pada bidang ini memiliki nominal yang cukup tinggi.

Hal tersebut berlaku baik untuk perusahaan di dalam negeri, maupun perusahaan di luar negeri. Peluang dari jurusan aktuaria ini pun meningkat seiring dengan semakin berkembangnya perusahaan asuransi.

Dimana tenaga ahli dari disiplin ilmu tersebut sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu aktuaria menjadi salah satu jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan pada saat ini.

9. Jurusan Pendidikan

Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja

Salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja dan yang paling tepat untuk kamu pilih yaitu jurusan pendidikan. Meski banyak yang menganggap bahwa lulusan jurusan kuliah yang menjanjikan ini memiliki penghasilan rendah dibandingkan dengan jurusan lain, akan tetapi cakupan kerjanya sangat luas.

Tak heran jika banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan pendidikan dengan program studi yang beragam.

Misalnya saja Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen Pendidikan, dan masih banyak lainnya.

Asal kamu tahu, lulusan pendidikan selain bisa melamar pekerjaan di sekolah negeri maupun swasta, kamu juga bisa melamar menjadi guru atau tutor di lembaga bimbingan belajar.

Bahkan kamu juga bisa menciptakan peluang pekerjaan dengan membuka layanan bimbingan belajar secara online maupun offline di sekitar tempat tinggalmu.

Dalam sebuah survey yang dilakukan oleh salah satu lembaga penelitian, menyatakan bahwa di Indonesia membutuhkan guru profesional untuk ditempatkan di beberapa daerah terpencil.

Baca juga: 12 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran

10. Jurusan Hukum

Bisa dikatakan hukum merupakan salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja dan sangat tepat untuk kamu pilih.

Meskipun banyak yang menilai jika mahasiswa hukum itu lebih kaku, suka mengkritik, dan senang berdebat. Namun apakah kamu tahu bahwa fakultas dengan mahasiswa paling banyak di Indonesia yaitu Fakultas Hukum.

Berdasarkan sebuah survei dari Higher Education Statistics Agency di Inggris, jurusan hukum termasuk ke dalam 10 disiplin ilmu yang paling cepat bekerja.

Maka tak heran jika banyak orang berlomba lomba untuk masuk ke jurusan kuliah yang menjanjikan satu ini. Apalagi peluang kerja bidang hukum sangat berlimpah, sehingga kamu tak perlu khawatir jika nantinya tidak akan mendapatkan pekerjaan.

Hebatnya lagi, jika berkuliah di jurusan hukum ini kamu akan terbebas dari kebutaan mengenai aturan hukum serta tidak mudah dikendalikan oleh hukum.

Beberapa peluang kerja di bidang hukum yang bisa kamu ambil yaitu hakim, pengacara, panitera, asisten legal dan paralegal, mediator, notaris, konsultan hukum, dan masih banyak lainnya.

Dewasa ini, banyak sekali perusahaan maupun lembaga tertentu yang membutuhkan tenaga hukum. Hal tersebut tidak lain untuk membantu segala permasalahan hukum yang berkaitan dengan perusahaan.

Sering terjadinya sengketa yang ada di kalangan masyarakat dengan perusahaan juga bisa menjadi peluang lulusan jurusan hukum untuk menanganinya.

11. Jurusan Ekonomi

Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja

Dari sekian banyak disiplin ilmu yang ditawarkan, jurusan ekonomi memang paling banyak peminatnya. Hal ini dikarenakan hampir di semua sektor kehidupan manusia tidak terlepas dari kegiatan ekonomi, terutama untuk proses jual beli.

Dengan adanya berbagai skill yang dimiliki, kini jurusan ekonomi sangat dibutuhkan oleh hampir seluruh perusahaan guna mengatur alur keuangannya.

Bisa dibilang jika sarjana ekonomi memiliki cakupan yang sangat luas untuk memilih lapangan pekerjaan yang akan ditekuninya. Bahkan lowongan pekerjaan untuk disiplin ilmu ini tidak akan pernah surut hingga masa mendatang.

Salah satu cabang program studi ekonomi yang sangat berpotensi mendapatkan pekerjaan yaitu akuntansi.

Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja ini bisa bekerja di berbagai perusahaan swasta maupun negeri sebagai akunting, atau bisa juga membuka jasa Akuntan Publik.

Dimana seorang Akuntan Publik memiliki tugas yang berhubungan dengan pengurusan rekam jejak transaksi, menyiapkan berbagai surat keuangan, serta mengurus pengembalian pajak atau tax returns.

Jika kamu tidak berminat menjadi akuntan, tak perlu khawatir karena lulusan ekonomi juga bisa mengambil jurusan HRD.

Kabar baiknya, kini banyak sekali lowongan kerja untuk HRD dan bisa menjadi kesempatan emas bagi kamu untuk berkembang dengan cepat. Semakin besar suatu perusahaan, semakin banyak pula HRD yang dibutuhkan untuk mengurusi segala hal.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Di Masa Mendatang

Ketika hendak melanjutkan ke perguruan tinggi, biasanya siswa akan dibingungkan dengan pilihan jurusan yang akan diambil.

Hal ini perlu pertimbangan matang, karena bidang ilmu yang kelak kamu jalani akan menentukan karir di masa depan. Ingin tahu apa saja jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang? Yuk, intip ulasan berikut ini.

1. Jurusan Kedokteran

Jurusan yang Peluang Kerjanya banyak Dibutuhkan di Masa Mendatang

Jurusan kuliah yang menjanjikan pertama yaitu Jurusan Kedokteran

Setelah dibingungkan dengan berbagai ujian kelulusan, siswa SMA yang hendak melanjutkan kuliah biasanya akan mulai dilanda dilemma terkait jurusan apa yang hendak diambil.

Hal ini bukan masalah sepele, bahkan dibutuhkan pertimbangan dan diskusi yang matang. Pasalnya, bidang keilmuan yang diambil bisa menentukan karir di masa depan.

Jurusan bergengsi cenderung dipilih karena dirasa mampu membawa ke masa depan yang lebih cerah. Padahal, terkadang juga ada bidang ilmu yang jarang dipilih orang, namun bisa memberikan prospek yang menjanjikan.

Oleh karena itu, sebelum mulai mendaftar kuliah, carilah info terkait peluang kerja jurusan yang hendak kamu jalani. Jangan sampai salah pilih dan menyesal.

Kedokteran menjadi jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang. Memang untuk mengenyam bidang keilmuan ini membutuhkan banyak biaya, meskipun begitu tak sedikit lulusan SMA yang memilih jurusan tersebut.

Diantara banyak alasan, salah satu yang mendasarinya adalah karena kedokteran dirasa cukup stabil dalam hal perekonomian.

Jadi, wajar jika peminat jurusan satu ini cenderung meningkat. Bahkan kedokteran selalu menjadi primadona utama di semua Universitas, baik negeri maupun swasta.

Seperti yang diketahui, kesehatan merupakan hal yang penting. Sehingga, kehadiran dokter untuk menolong orang sakit sangat diperlukan. Jadi, bisa dikatakan jurusan ini mempunyai prospek baik di masa depan.

2. Jurusan Teknik

Selain kedokteran, Jurusan Kuliah yang Menjanjikan yaitu jurusan teknik yang juga menjadi jurusan yang populer di hampir tiap perguruan tinggi. Hal ini karena, gelar teknik sangat dibutuhkan dalam setiap aspek kehidupan dan karir.

Disamping itu, permintaan akan lulusan teknik juga mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Jadi, bisa dikatakan jika teknik menjadi jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang.

Dalam jurusan ini dibagi menjadi beberapa cabang keilmuan, antara lain teknik mesin, elektro, sipil, informatika, perminyakan dan pertambangan, kimia, dan masih banyak lainnya.

Pada teknik mesin, kamu akan mempelajari pengaplikasian ilmu fisika dalam desain mesin, manufaktur, analisa mesin, serta pemeliharaan mekanik lainnya. Sedangkan teknik elektro mempelajari bidang ilmu tentang kelistrikan.

Prospek kerja jurusan ini juga tergolong cukup luas, mulai dari perusahaan perlengkapan listrik, konsultasi listrik, hingga perusahaan pembangkit tenaga listrik.

Adapun jurusan teknik sipil lebih berfokus dalam mempelajari perencanaan serta perancangan infrastruktur public.

Teknik sipil juga mempunyai peluang kerja yang menjanjikan. Lulusan dari bidang keilmuan ini bisa menggeluti karir sebagai surveyor kontrol bangunan, kontrol gedung, jalanan, dan masih banyak lainnya.

Hampir semua jurusan teknik mempunyai prospek yang baik untuk masa depan. Pasalnya, seiring berkembang waktu teknologi pun semakin maju, sehingga membutuhkan ahli bidang ini.

3. Jurusan Sastra Inggris

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan ketiga yaitu bahasa Inggris.

Dari berbagai bidang keilmuan lainnya, sastra inggris juga menjadi jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang.

Sayangnya, entah mengapa peminat bidang ilmu tersebut masih tergolong sedikit. Padahal, banyak prospek kerja menjanjikan dengan nilai tinggi, misalnya saja sebagai ahli bahasa atau penerjemah.

Tak hanya itu saja, lulusan sastra inggris juga bisa membuka kursus bahasa, yang semakin banyak dicari orang di masa modern.

Selain itu, dari dunia pariwisata juga membutuhkan kehadiran ahli sastra ini sebagai pemandu turis dari luar negeri yang berwisata di Indonesia. Dalam bidang bisnis, para lulusan juga dibutuhkan dalam bidang ekspor dan impor barang.

Di bidang percetakan, alumni Sastra Inggris juga akan dilirik untuk menjadi penulis maupun sebagai editor. Menariknya lagi, mengambil jurusan tersebut memungkinkan kamu dapat bekerja di kedutaan luar negeri.

Melihat banyaknya prospek kerja yang menguntungkan ini, tak ada salahnya kamu memasukkan bidang keilmuan ini di daftar jurusan kuliah.

4. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan keempat yaitu Ilmu Komunikasi.

Bidang keilmuan satu ini menjadi salah satu cakupan ilmu sosial yang menarik. Jurusan ilmu komunikasi juga turut serta memberikan peluang kerja yang baik di masa depan.

Perlu kamu tahu, jurusan tersebut merupakan induk dari ilmu jurnalistik, periklanan, hubungan masyarakat, dan sebagainya yang berhubungan dengan komunikasi.

Pada bidang ilmu ini, kamu akan mempelajari berbagai sistem penyampaian pesan yang efektif dan tepat sasaran. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang pemanfaatan teknologi dan inovasi yang baru, sesuai dengan perkembangan zaman.

Seperti yang diketahui, trend dan teknologi akan terus berkembang, sehingga orang ahli di bidang ilmu komunikasi akan terus dibutuhkan.

5. Jurusan MIPA (Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam)

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan kelima yaitu jurusan MIPA atau matematika dan ilmu pengetahuan alam.

Bidang keilmuan MIPA juga menjadi jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang. Banyak profesi yang bisa digeluti oleh lulusan jurusan satu ini, misalnya saja guru.

Selain itu, kamu juga dapat bekerja di perusahaan yang membutuhkan jasa akuntansi. Mengingat matematika merupakan ilmu dasar, jadi setiap tahun pasti akan dibutuhkan.

Menariknya lagi, mempelajari bidang keilmuan ini ini juga memungkinkan kamu untuk menjadi peneliti. Dalam sebuah perusahaan tertentu kamu bisa mengambil peran sebagai quality control.

Masih banyak peluang kerja yang bisa digeluti oleh lulusan dari jurusan MIPA. Mengingat, setiap tahunnya akan banyak perusahaan yang membutuhkan ilmu tersebut.

6. Jurusan Ilmu Komputer

Di era modern ini, sebagian besar kegiatan manusia didukung dengan perangkat digital, misalnya saja komputer. Hal inilah yang mempengaruhi besarnya peluang kerja yang dimiliki oleh jurusan ilmu komputer, tentu ini akan menjadi Jurusan Kuliah yang Menjanjikan.

Bahkan, permintaan ahli komputer di perusahaan atau lembaga kerja cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Umumnya, jurusan ini dibedakan menjadi beberapa spesialisasi bidang keilmuan. Namun, yang dirasa paling populer adalah video game & multimedia, sistem informasi dan data science.

Pada video game & multimedia, kamu bisa berkarir menjadi pengembang game online maupun website. Mahasiswa sistem informasi akan berpeluang untuk kerja di bidang jaringan.

Baca juga: Tips Sukses Mendapat Kerja yang Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

7. Jurusan Psikologi

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan terakhir yaitu jurusan psikologi.

Peluang lapangan kerja untuk lulusan psikologi tergolong cukup luas. Di bidang psikologi klinis, kamu bisa menjadi seorang , konselor psikologis, dan masih banyak lainnya.

Sedangkan untuk psikologi industri, kamu bisa menjadi koterapisnselor perusahaan, HRD, dan sebagainya. Melihat prospeknya, kamu bisa memasukkan keilmuan ini dalam daftar jurusan kuliah.

Sebenarnya, bidang keilmuan ini tidak selalu berhubungan dengan orang yang mempunyai gangguan jiwa. Justru, dalam jurusan tersebut kamu akan mempelajari seputar perilaku manusia.

Sehingga, bisa dikatakan jika bidang ini menjadi jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang.

Menentukan jurusan untuk kuliah memang membingungkan dan perlu pertimbangan yang matang. Beberapa jurusan dengan peluang kerja banyak di masa depan tersebut bisa kamu jadikan bahan pertimbangan.

Pastikan kamu memilih bidang kuliah sesuai dengan minat, dan tak lupa pastikan jurusan tersebut mempunyai prospek yang baik di waktu mendatang.

Tips Cepat Kerja Setelah Lulus Kuliah

Bagaimana Tips agar Lulus Kuliah Langsung Bekerja di Kantor? Setelah melihat jurusan kuliah yang banyak peluang kerja diatas.

Meskipun anda masuk jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja, anda tetap harus bersaing dengan pelamar lainnya.

Kebimbangan hidup yang sesungguhnya akan dialami pada saat lulus kuliah. Kamu harus memikirkan akan bekerja dimana agar tidak menyandang status pengangguran berlama-lama.

Di era digital yang membuat persaingan kerja semakin ketat, kamu bisa saja tidak langsung diterima pada saat pertama kali mengirimkan lamaran.

Namun, tidak ada hal yang tidak mungkin selama kamu mau berusaha. Untuk itu, artikel ini akan mengulas beberapa tips lulus langsung bekerja di kantor.

1. Kenali Dan Pahami Diri Sendiri

Tips agar Lulus Kuliah Langsung Bekerja di Kantor

Meskipun anda memilih jurusan kuliah yang banyak peluang kerja, tapi anda juga perlu beberapa tips setelah lulus kuliah.

Tips pertama yang harus kamu lakukan yaitu mengenali dirimu sendiri. Melalui introspeksi diri, tanyakan apa yang kamu inginkan untuk bisa menyalurkan bakatmu.

Pastikan kamu mendahulukan apa yang memang dibutuhkan daripada apa yang diinginkan. Sembari mengintrospeksi diri, ubah beberapa hal dari dalam dirimu yang rasanya bisa menjadi penghambat untuk kesuksesanmu. Bekali dirimu dengan hal – hal positif dan pengetahuan luas.

2. Mengumpulkan Pengalaman Kerja Melalui Program Magang

Bila kamu seorang mahasiswa, usahakan tidak terpaku oleh teori-teori yang diberikan dosen selama mengajar. Hal ini dikarenakan, jika teori tanpa disertai dengan praktik sama saja tidak memiliki fungsi nilai yang berarti.

Sambil menunggu kelulusanmu, kamu bisa memanfaatkan waktu luang dengan mengisinya untuk magang di sebuah perusahaan. Manfaatkan waktu luang ini dengan maksimal. Tunjukkan kemampuanmu kepada perusahaan.

Siapa tahu, perusahaan akan melirik potensi dalam dirimu dan memberi kesempatan untuk direkrut. Magang di sebuah perusahaan dapat memberikanmu simulasi tentang bagaimana situasi dan kondisi dunia kerja.

Sehingga, apabila nanti kamu lulus langsung bekerja, kamu sudah terbiasa dengan tata cara kinerja perusahaan. Ambil pengetahuan penting yang diberikan pihak perusahaan sebagai bekalmu menuju jalan kesuksesan.

3. Melihat Ke segala Sisi

Tips agar Lulus Kuliah Langsung Bekerja di Kantor

Sebagai manusia biasa, tentunya kamu tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan bukan? Untuk itu, lihatlah ke segala perspektif dalam memandang pekerjaan.

Cari berbagai sumber yang memungkinkanmu mencari tempat kerja atau magang yang tepat. Kamu bisa menanyakannya kepada beberapa orang yang ahli di bidangnya seperti dosen, alumni sekolah, teman kuliah yang berpengalaman, atau konsultan karir perguruan tinggi.

Hindari membatasi diri dengan berfokus ke satu perspektif saja. Miliki sikap pemikiran yang terbuka agar kamu bisa melihat dan menerima berbagai perspektif yang ada.

Jika kamu tetap bersikukuh pada satu pandangan, hal ini akan berpengaruh pada perkembangan jati dirimu. Berusaha menerima kritikkan, saran, dan sanggahan karena semua itu tidak selalu bersifat buruk. Justru hal itu akan menjadikanmu lebih berkembang.

4. Mengikuti Organisasi Selama Perkuliahan

Selama kamu menyandang status mahasiswa, penting bagimu untuk mendapatkan banyak pengalaman dengan mengikuti organisasi, agar bisa membawamu pada kesempatan lulus langsung bekerja.

Baik itu organisasi di dalam maupun di luar kampus. Alasannya adalah, jika kamu mengikuti organisasi secara tidak langsung kemampuan manajemen, kemampuan berbicara, dan kemampuan memimpin akan terasah secara alamiah.

Kepribadian seseorang akan terlihat manakala ia pernah aktif terlibat dalam suatu organisasi. Hal ini bisa terlihat dari bagaimana ia menyikapi masalah yang ada dan dari melihat semangatnya untuk bisa mencapai target yang dibutuhkan.

Dengan mengikuti organisasi, secara tidak sadar semangatmu akan terasah. Sehingga setelah lulus kuliah nanti, kamu akan terbiasa aktif mencari kesibukan yang bisa menguntungkan dirimu sendiri.

5. Memiliki Relasi yang Luas

Membangun banyak relasi juga merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Mencari banyak teman hal yang sepele bukan? Namun, nyatanya kamu tidak bisa sembarangan menjalin relasi dengan orang lain.

Dalam memilih teman, bersikaplah selektif dengan menyaring orang – orang yang bisa membawamu ke jalan yang benar dan dapat mendukung impianmu.

Sebaliknya, jika kamu sembarangan dalam memilih relasi, dikhawatirkan kamu akan terjerumus pada jalan yang salah. Dengan memiliki relasi yang luas, kamu bisa mendapatkan banyak informasi lulus langsung bekerja dengan tawaran lowongan pekerjaan.

Hal ini akan membantumu mendapatkan peluang bekerja di tempat yang diinginkan. Memperbanyak relasi bisa kamu dapatkan melalui organisasi di luar maupun di dalam kampus.

6. Membuat Resume Dengan Baik Dan Benar

Tahap selanjutnya untuk bisa diterima kerja adalah dengan membuat resume yang baik dan benar. Dalam membuat resume ini, pastikan kamu menggunakan tata bahasa yang tepat dan sesuai dengan kaidah.

Buat resume dengan sebenar-benarnya, maksudnya jangan menambahkan hal yang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Kamu bisa menyertakan informasi seperti pengalaman yang kamu dapatkan saat magang, sehingga mereka lebih tertarik untuk merekrutmu.

7. Bergerak Lebih Gesit

Tips agar Lulus Kuliah Langsung Bekerja di Kantor

Jika kamu termasuk orang yang lamban dalam menghadapi suatu kemungkinan yang ada, ubahlah sikap tersebut. Cobalah untuk lebih aktif dan gesit saat mendapatkan kesempatan yang ada di depan mata.

Kesempatan yang baik tidak selalu terjadi dua kali, jadi usahakan menggunakan kesempatan sebaik-baiknya. Kirim lamaran sebanyak mungkin di perusahaan yang berbeda-beda, jangan melewatkan satu pun lowongan di perusahaan.

Perlu untuk diingat, bertindak gesit bukan berarti gegabah untuk bisa mendapatkan kesempatan lulus langsung bekerja. Bersikap aktif dan gesit dalam artian kamu menanggapi kesempatan emas dengan tetap berhati-hati.

Kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu untuk mencari lowongan pekerjaan yang ada di internet. Banyak sekali situs – situs yang memberikan informasi seputar lowongan perusahaan yang mungkin cocok dan sesuai dengan passionmu.

Baca juga: Cara Mudah dan Cepat Mendapatkan Pekerjaan

8. Kirim Lamaran Pekerjaan Lebih Awal

Beberapa perusahaan menetapkan batas waktu pada saat mereka mengumumkan lowongannya. Untuk itu, upayakan mengirimkan lamaran lebih awal sebelum tanggal batas waktu yang ditetapkan.

Jika kamu terlalu banyak pertimbangan, pemikiran itu bisa mengacaukan kesempatan ini dan menutup peluang bahkan sebelum kamu diberi kesempatan untuk mengirimkan lamaranmu.

Setelah mengirimkan lamaran lebih awal, kemungkinan kamu akan dipanggil untuk mengikuti tahap selanjutnya. Tahap ini bisa berupa tes tertulis atau wawancara. Apapun bentuk tesnya, kamu harus mengerjakannya semaksimal mungkin.

Beri kesan yang baik pada saat wawancara, yakinkan mereka bahwa kamu adalah orang yang memiliki potensi dan ahli di bidang yang mereka butuhkan.

9. Persiapkan Diri Sebaik Mungkin Untuk Bekerja

Di langkah terakhir selain memilih jurusan kuliah yang banyak peluang kerja ini, upayakan seluruh tenaga yang kamu miliki. Untuk bisa mewujudkan impian lulus langsung bekerja, bekali dirimu dengan pengetahuan yang luas agar hasil yang kamu peroleh juga maksimal.

Jaga kondisi kesehatanmu agar selalu siap menghadapi tekanan pekerjaan. Memilih pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu akan membuatmu semangat dalam menjalani hari-hari di tempatmu bekerja.

Berikut adalah video mengenai jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja.

Kesimpulan

Setelah kamu menyelesaikan perkuliahan, kamu akan dituntut untuk menghadapi dunia kerja yang baru. Tidak bisa dipungkiri, untuk bisa langsung diterima kerja bagi lulusan baru bukan hal yang mudah.

Namun, sesungguhnya tidak ada hal yang tidak bisa dilakukan. Kuncinya adalah, memiliki kesiapan yang matang dan yakin pada diri sendiri.

Sesungguhnya, tidak ada usaha yang mengkhianati hasil. Untuk itu, teruslah berusaha sembari berdoa agar apa yang kamu inginkan senantiasa tercapai.

Itulah beberapa jurusan kuliah yang saat ini banyak dicari oleh perusahaan. Bahkan tenaga ahli dari beberapa jurusan tersebut diprediksi akan semakin meningkat kebutuhannya.

Kamu bisa mempertimbangkannya sebagai jurusan kuliah yang nantinya kamu masuki. Meski begitu tentu diperlukan niat dan usaha yang tinggi agar bisa bersaing mencari kerja di masa mendatang.

Sekian artikel berjudul 10+ Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.