Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan? Bagi kamu yang sedang bingung dengan pilihan jurusan diperkuliahan, jurusan kesehatan lingkungan cocok buat kamu yang suka dengan perkembangan alam serta hubungannya dengan perubahan pola kehidupan di masyarakat.

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan

Artikel ini akan menunjukkan mengapa kamu harus memilih jurusan ini dan prospek kerja apa saja yang cocok untuk jurusan tersebut.

A. Alasan Harus Memilih Jurusan Kesehatan Lingkungan

1. Permasalahan Lingkungan yang Semakin Meningkat

Perkembangan zaman pada saat ini tidak heran jika telah membuat lingkungan berangsur mengalami perubahan. Permasalahn lingkungan sudah banyak diperbincangkan diseluruh dunia.

Pola hidup manusia yang mulai berubah juga menjadi faktor terbesar dari perubahan lingkungan. Permasalahan ini sudah berada pada tahap mengkhawatirkan.

Prospek kerja jurusan kesehatan lingkungan juga sangat luas sehingga bagi kamu yang ingin terjun dalam jurusan ini jangan khawatir tidak akan dapat pekerjaan.

Pengabdian terhadap masyarakat juga sangat diperlukan melihat gentingnya permasalahn lingkungan yang tidak ada habis-habisnya. Permasalahan lingkungan yang dibiarkan terlalu lama akan mengakibatkan permasalahan lain.

2. Peluang Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan Cukup Luas

Peluang kerja bagi lulusan jurusan ini bisa dikatakan cukup luas. Kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang berkaitan dengan sektor publik maupun sektor swasta.

Permasalahan lingkungan yang semakin meningkat mengakibatkan sektor-sektor yang bergerak di bidang kesehatan lingkungan membutuhkan lebih banyak tenaga yang ahli di bidangnya.

Pada jurusan ini kamu akan diperkenalkan dengan dua jenis bidang kajian keilmuan. Salah satu bidangnya yaitu mempelajari masalah seperti sanitasi pada lingkungan, keamanan kesehatan baik di industri, tempat umum, pertambangan maupun sektor informal.

Bidang lainnya lebih mempelajari ke arah makro, seperti masalah pembangunan yang berwawasan tentang kesehatan.

3. Dunia Perkuliahan Yang Mengasikkan

Saat kamu memasuki dunia perkulihan di jurusan kesehatan lingkungan ini, kamu tidak hanya belajar monoton di dalam kelas. Kamu akan menjalani kegiatan praktikum dengan terjun langsung di lapangan.

Kemudian kamu juga akan menemukan penguasaan ilmu pengetahuan terkini yang sudah mengikuti perkembangan zaman. Seperti contohnya yaitu Genomic Environmental Health.

Ada banyak sekali mata kuliah menarik yang akan kamu temui saat memilih jurusan ini. seperti Mikrobiologi Lingkungan, Penyehatan Air dan Tanah, Analisis Dampak Kesehatan Lingkungan.

Dari semua mata kuliah itu, intinya memang berkaitan sangat erat dengan lingkungan serta kesehatan. Kemudain kamu akan diberikan tugas untuk meninjau suatu kawasan dan melakukan penyuluhan.

Dari teknik perkulihan yang bisa dilakukan di luar dan di dalam kelas membuat suasana perkulihan akan semakin berkesan.

Karena kamu akan merasakan bagaimana terjun langsung ke lapangan, melihat langsung kondisi lingkungan dan bisa mengenal kondisi alam lebih detail karena melakukan kontak secara langsung.

Baca juga: Prospek kerja Jurusan Administrasi Bisnis

B. Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan

1. Dosen

Bagi kamu yang berminat dengan pekerjaan mengajar, dosen adalah rekomendasi pertama untuk kamu yang bingung dengan pekerjaan apa yang cocok dengan jurusan yang tengah kamu tempuh saat ini.

kamu akan berinteraksi langsung dengan para mahasiswa dan membagikan pengalamanmu dulu sewaktu kuliah.

Namun, jika kamu ingin terjun dalam dunia pengajaran, kamu harus melanjutkan S2 terlebih dahulu. Gaji dosen spesialis Lingkungan juga cukup menjanjikan.

Kamu akan mendapat gaji sekitar Rp 5.000.000 juta per bulan. Selain itu juga kamu bisa tetap mengikuti dunia perkuliahan sehingga kamu akan tetap berkembang dengan seiringnya perubahan mata kuliah sesuai kebutuhan masyarakat.

2. Ahli Lingkungan

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan

Rekomendasi Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan yang berikutnya yaitu Ahli Lingkungan. Kamu bisa bekerja di bidang ini setelah menyelesaikan studi kamu di jurusan tersebut.

Karena Instansi pemerintah atau swasta banyak membutuhkan orang-orang yang ahli dalam bidang lingkungan. Pengetahuan kamu selama kuliah akan sangat bermanfaat dalam analisis mengenai dampak lingkungan.

Saat ini Lembaga Swadaya Masyarakat tengah membutuhkan orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Sehingga LSM menjadi prospek kerja jurusan kesehatan lingkungan yang cocok untuk kamu.

Kamu juga bisa berkontribusi secara langsung dalam penanganan permasalah yang sedang dialami. Dan juga kamu bisa mengedukasi masyarakat bagaimana cara menjaga lingkungan.

Kamu bisa mencapai gaji sekitar RP 3.500.000 juta per bulan dan akan bertambah seiring dengan kinerja kamu selama bekerja.

Pengalaman kamu di lapangan selama berkuliah juga akan membantu kamu untuk cepat beradaptasi dalam pekerjaan. Karena kamu telah terbiasa menangani kegiatan menganalisis lingkungan di luar kelas.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Agroteknologi

3. Penulis

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan yang berikutnya yaitu menjadi penulis. Bagi kamu yang mempunyai hobi menulis sekaligus mempunyai bekal ilmu pengetahuan tentang kesehatan lingkungan, pekerjaan ini cukup menggiurkan.

Kamu bisa menciptakan karya dengan topik-topik lingkungan. Tidak hanya dalam bentuk buku, kamu bisa menciptakan karya kamu dalam bentuk lain.

Gaji yang didapatkan seorang penulis bisa melalui sistem kontrak dan royalti. Semakin kamu rajin dalam melakukan pengembangan karya sastra dan mengikuti perkembangan kesehatan lingkungan yang menjadi topik dasar tulisan kamu, maka karya tersebut akan menjadi semakin mempunya daya pikat tersendiri bagi para pembaca.

4. Tenaga Penyuluh

Bagi kamu yang lulusan dari jurusan ini, kamu bisa mencoba untuk menjadi tenaga penyuluhan dari instansi pemerintah atau swasta.

Kamu bisa berkarir dengan mengabdi pada masyarakat untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat bagaimana caranya untuk memperlakukan lingkungan dengan baik.

Tidak hanya mengejar gaji tinggi tapi kamu juga menjadi sarana untuk tempat edukasi masyarakat.

Tidak sedikit masyarakat yang belum mengetahui bagaimana pentinya menjaga lingkungan. Di tengah perkembangan zaman yang tidak menutup kemungkinan perubahan zaman ini juga berdampak pada berubahnya sistem lingkungan.

Hal inilah yang menimbulkan permasalahn baru. Maka dari itu kamu pengetahuan kamu sangat dibutuhkan untuk mengedukasi masyarakat awam.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Sosiologi

5. Konsultasi Lingkungan

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan

Rekomendasi Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan yang cocok untuk tempat kamu berkarir yaitu konsultan dalam bidang lingkungan.

Kamu akan memberi pengarahan terhadap klien mengenai sistem sanitasi, pengairan dan lain-lain yang berkaitan dengan lingkungan. Konsultasi Lingkungan hampir mirip dengan ahli lingkungan.

Gaji untuk konsultan lingkungan sekitar RP5.000.000 juta per bulan.

6. Wirausahawan

Bagi kamu yang tidak ingin terikat dengan instansi manapun dan lebih suka membangun bisnis sendiri. Berwirausaha adalah pilihan pekerjaan yang tepat untuk kamu coba.

Kamu bisa menerapkan ilmu pengetahuan yang kamu miliki untuk membangun sebuah peluang pekerjaan. Kamu bisa mencoba untuk membangun sebuah tren wisata alam.

Saat ini tren wisata alam banyak diminati oleh masyarakat. Apalagi kaum muda-mudi yang banyak mencari tempat untuk healing. Situasi ini bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan peluang pekerjaan.

Kamu bisa membuat bisnis pemgolahan air minum, perkebunan, peternakan, atau potensi usaha yang bisa menawrkan omset yang besar.

Gajinya sendiri tergantung dengan seberapa besar usahamu dalam membangun bisnis tersebut. Bahkan hasilnya bisa melebihi gaji-gaji prospek kerja yang sudah dijelaskan di atas.

Kamu bisa mengembangkan bisnis kamu dengan memanfaat media teknologi yang saat ini sudah sangat canggih. Kamu bisa menarik wisatawan dengan mempromosikan tempat wisata yan telah kamu buat di media sosial.

Baca juga: Prospek Karir Lulusan IPA dan IPS

Kesimpulan

Setiap jurusan dalam perkuliahan memiliki prospek kerja masing-masing. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan masa depan pekerjaan yang akan kamu tekuni.

Yang terpenting saat ini yaitu usaha dan semangat kamu dalam menuntut ilmu pengetahuan. Setiap ilmu pengetahuan yang tekuni saat ini pasti akan membawa manfaatnya tersendiri.

Sekian artikel mengenai Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!