10+ Prospek Kerja Administrasi Bisnis Menjanjikan

Bagaimana Prospek Kerja Administrasi Bisnis? Mata kuliah administrasi bisnis selalu saja menjadi jurusan favorit di setiap universitas. Tampaknya, banyak sekali muda mudi Indonesia yang ingin mengenal lebih dalam bagaimana sistem administrasi dalam sebuah bisnis.

10+ Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Prospek kerja Administrasi Bisnis cukup baik, terutama di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan staf administrasi untuk mengelola dokumen, mengatur jadwal, dan melakukan tugas-tugas administratif lainnya.

Sebagai contoh, perusahaan manufaktur, perusahaan konsultasi, dan kantor hukum semuanya mungkin membutuhkan staf administrasi bisnis.

Selain itu, banyak perusahaan juga mencari staf administrasi bisnis yang bisa bekerja secara remote atau dari jarak jauh, yang merupakan peluang kerja yang menarik bagi para profesional administrasi bisnis.

Selain itu, jurusan ini dikenal memiliki prospek kerja yang baik. Berkaitan dengan hal tersebut, yuk cari tahu lebih banyak Prospek Kerja Administrasi Bisnis disini.

Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Prospek kerja administrasi bisnis tergantung pada industri dan posisi yang sedang Anda lamar. Beberapa contoh posisi yang mungkin dapat ditempati oleh seorang administrasi bisnis adalah:

1. Staf Administrasi

Prospek kerja administrasi bisnis yang paling popular adalah staf administrasi. Kamu bisa melamar pekerjaan di instansi BUMN, swasta, atau bahkan instansi pemerintah.

Lowongan terkait dengan posisis ini juga sangat banyak. Jenis jenis staf administrasi juga sangat beragam, misalnya staf perpajakan dan staff gudang.

Terdapat beberapa tugas yang harus kamu lakukan jika bekerja sebagai staf administrasi. Akan tetapi, tugas utama yang harus kamu kerjakan adalah filing atau rekapitulasi surat surat dan data data penting.

Contohnya adalah surat bukti transfer, surat domisili, dan surat berharga seperti asset perusahaan. Oleh karena itu, kamu harus teliti dan tidak boleh teledor.

Selain itu, kamu juga akan diminta untuk mengurus pembuatan berbagai surat resmi yang diterbitkan oleh kanti. Beberapa contohnya adalah surat perpanjangan kontrak dan surat pembelian barang.

Oleh karena itu, kompetensi dasar yang harus kamu miliki adalah mampu mengoperasikan software pengolahan kata dan angka seperti ms word dan excel.

Ada kalanya, staf administrasi juga akan diminta untuk melakukan pekerjaan universal di dalam perusahaan. Contoh pekerjaan tersebut adalah mengatur meeting dengan beberapa klien.

Tentu terkait dengan tugas yang satu ini, setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda beda. Oleh karena itu, belum tentu semua staf administrasi melakukannya

Prospek Kerja Administrasi Bisnis untuk staf administrasi banyak sekali peminatnya.

Staf administrasi kantor adalah posisi yang bertanggung jawab untuk menjalankan tugas-tugas administratif di sebuah perusahaan atau organisasi.

Tugas utama seorang staf administrasi kantor adalah membantu manajer administrasi dan manajemen atasan lainnya dalam mengelola dan mengatur operasi administratif di perusahaan tersebut.

Beberapa tugas yang mungkin dilakukan oleh seorang staf administrasi kantor meliputi:

  • Mengatur dan mengatur jadwal manajemen atasan dan mengatur rapat dan acara lainnya
  • Menyusun dan mengelola dokumen, termasuk membuat laporan, surat menyurat, dan presentasi
  • Menangani permintaan informasi dan pertanyaan dari staf atau pelanggan
  • Mengatur dan mengatur transportasi dan akomodasi bagi manajemen atasan atau tamu
  • Mengatur dan mengatur penggunaan ruangan kantor dan peralatan

Untuk bisa bekerja sebagai staf administrasi kantor, seseorang biasanya membutuhkan setidaknya gelar sarjana dalam bidang administrasi bisnis atau terkait.

Selain itu, keterampilan yang dibutuhkan termasuk kemampuan menggunakan komputer, terutama aplikasi kantor seperti Microsoft Office, serta kemampuan berkomunikasi yang baik. Kemampuan bekerja sama dalam tim juga sangat penting bagi seorang staf administrasi kantor.

2. Manajemen Perusahaan

Prospek Kerja Administrasi Bisnis Manajemen Perusahaan

Lulusan jurusan administrasi biasanya memiliki kompetensi yang lengkap untuk menunjang jalannya sebuah perusahaan. Mereka memiliki dasar kepemimpinan, pengadministrasian, sekaligus mengarahkan sebuah bisnis agar mendapatkan untung.

Berkaitan dengan kompetensi ini, prospek kerja administrasi bisnis selanjutnya adalah manajer.

Jika kamu tertarik dengan posisi tersebut, maka pastikan kamu telah memiliki kompetensi yang telah disebutkan sebelumnya.

Akan lebih baik lagi , ika kamu memiliki kemampuan komunikasi serta memiliki kemampuan untuk membidik potensi bawahan agar setiap tugas yang kamu berikan sesuai dengan kemampuan dan passion mereka.

Untuk sampai ke posisi itu, kamu bisa mengambil program management trainee. Saat ini, banyak sekali perusahaan yang membuka program tersebut, untuk tujuan melatih calon pegawai agar memiliki kompetensi dasar yang sesuai dengan keinginan perusahaan.

Tentunya untuk mendapatkan program tersebut tidak mudah. Banyak sekali pesaing yang harus kamu taklukan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara

3. Staf Sumber Daya

Prospek Kerja Administrasi Bisnis ketiga yaitu staf SDM atau HRD.

Hingga saat ini, pernahkan kamu mendengar posisi sebagai staf sumber daya? Posisi tersebut kerap dikenal dengan sebutan staff HRD atau human resource management.

Mereka yang bekerja di posisi tersebut memiliki tanggung jawab besar untuk mengatur hal hal yang berkaitan dengan human resources, misalnya saja perpanjangan kontrak dan recruitment.

Selain tugas tersebut, kamu juga akan diminta untuk memetakan sera menyaring SDM yang bekerja di perusahaan. Data tersebut akan menjadi pertimbangan atasan untuk melihat potensi masing masing pegawainya dengan baik.

Prospek kerja administrasi bisnis di bidang ini terbuka lebar dan banyak perusahaan yang membutuhkannya.

Untuk mendapatkan posisi tersebut, kamu harus lulus berbagai tahapan tes yang panjang. Kamu harus memiliki teamwork yang baik serta mampu membangun komunikasi dengan banyak orang, termasuk orang orang baru.

Kamu juga harus bisa melihat kemampuan orang lain sehingga dapat mengembangkan potensi mereka.

4. Entrepreneur

Prospek Kerja Administrasi Bisnis Entrepreneur

Lulusan administrasi bisnis tidak selalu harus bekerja di sebuah perusahaan milik orang lain. Kamu juga memiliki peluang untuk mengembangkan bisnis sendiri. Jadi Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang bisa anda lakukan yaitu membuka usaha sendiri atau menjadi Entrepreneur.

Berbagai ilmu yang kamu terima selama di bangku kuliah cukup memadai untuk mengambil kesempatan tersebut. Oleh karena itu, menjadi seorang pebisnis bukanlah hal yang mustahil bagi lulusan staf administrasi.

Dasar ilmu yang penting untuk  memulai langkah tersebut diantaranya adalah pengetahuan terkait dengan sumber daya manusia, manajemen, ketenagakerjaan, akuntansi, dan pemasaran.

Apabila semuanya sudah dipahami, padukan dengan kreativitas yang tanpa batas. Berusahalah untuk mencari celah, kira kira apa yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.

Berangkat dari pertanyaan itu, kamu akan mendapatkan banyak ide. Cocokkan berbagai konsep bisnis yang muncul dengan kapasitas diri, termasuk budget.

Setelah semuanya siap, mulailah usaha dengan perlahan dan penuh pertimbangan. Akan tetapi, kamu juga tidak boleh terlalu takut untuk mengambil resiko, karena ada kalanya resiko tersebut menjadi tangga menuju kesuksesan

5. Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis juga termasuk dalam Prospek Kerja Administrasi Bisnis.

Konsultan bisnis merupakan seseorang yang bertugas memberikan nasihat terkait dengan permasalahan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Akan tetapi, mereka tidak memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan dan mengimplementasikannya secara langsung. Kamu harus mencarikan solusi, bagaimana cara mengatasi masalah yang dimiliki oleh klien.

Konsultan sendiri sejatinya terbagi menjadi dua kategori, yaitu konsultan internal dan eksternal. Perbedaan keduanya terletak pada lokasi mereka bekerja.

Konsultan internal merupakan tenaga kerja yang sengaja direkrut oleh perusahaan untuk menyelesaikan berbagai masalah dan mendapatkan gaji sebagian karyawan yang bekerja di sana.

Sedangkan yang dimaksud dengan konsultan eksternal adalah orang luar yang berasal dari firma bisnis, yang dipanggil oleh klien untuk memecahkan sebuah masalah di perusahaannya.

Oleh karena itu, pekerja konsultan eksternal memperoleh fee sesuai dengan kebijakan firma tempatnya bekerja. Tentu alur pembayarannya juga akan berbeda dengan yang internal.

Prospek Kerja Administrasi Bisnis ini dapat dilakukan dengan membuka konsultan sendiri atau bekerja di sebuah konsultan.

6. Dosen

Prospek Kerja Administrasi Bisnis Dosen

Prospek Kerja Administrasi Bisnis keenam yang juga dapat diambil adalah dosen. Akan tetapi, untuk menjadi dosen tidaklah cukup hanya dengan menyelesaikan pendidikan s1 saja.

Kamu harus mengambil program magister yang linier dengan jurusan yang kamu ambil saat ini. Akan lebih baik lagi jika kamu melanjutkannya hingga S3.

Selain itu, kamu juga harus memiliki passion di bidang penelitian. Hal ini penting untuk dilakukan, karena semua dosen memiliki tugas penelitian.

Mereka bukan hanya wajib mengajar mahasiswanya, namun juga harus berkontribusi untuk kemajuan ilmu pengetahuan secara umum. Tanggung jawab tersebut tentunya tidak mudah untuk dilakukan.

Baca juga: Prospek kerja Jurusan Administrasi Bisnis

7. Staf Pemasaran

Prospek Kerja Administrasi Bisnis ketujuh yaitu staf pemasaran.

Seorang lulusan administrasi bisnis juga memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai seorang staf pemasaran. Pengetahuan dasar yang kamu miliki tentang bisnis sangat membantu kelancaran aktivitas tersebut.

Semuanya akan semakin mudah, jika kamu memiliki skill komunikasi yang baik. Skill tersebut akan membuatmu mudah terhubung dengan orang lain.

Prospek kerja administrasi bisnis di bidang ini juga sangat besar. Divisi ini diisi oleh banyak orang yang biasanya tergabung dalam sebuah tim.

Akan tetapi, persaingannya juga tidak mudah, karena diluar sana ada banyak sekali alumni lulusan administrasi bisnis yang mengincarnya. Oleh karena itu, kamu harus bekerja keras.

Itulah beberapa pekerjaan yang dapat diisi oleh lulusan administrasi bisnis. Selain kemampuan akademik, perbanyak pula pengalaman lain yang dapat meningkatkan skor mu saat sedang test.

Akan jauh lebih baik lagi, jika kamu memiliki sertifikat magang atau organisasi yang relevan dengan posisis yang kamu tuju.

8. Asisten Administrasi atau Sekretaris

Prospek Kerja Administrasi Bisnis Asisten Administrasi atau Sekretaris

Sekretaris merupakan salah satu Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang menarik bagi beberapa wanita.

Asisten administrasi atau sekretaris adalah posisi yang bertanggung jawab untuk mengelola dokumen, mengatur jadwal, dan melakukan tugas-tugas administratif lainnya di sebuah perusahaan atau organisasi.

Tugas utama seorang asisten administrasi atau sekretaris adalah menjadi penghubung antara manajemen atasan dan staf lainnya, serta membantu memastikan bahwa semua tugas administratif berjalan dengan lancar.

Beberapa tugas yang mungkin dilakukan oleh seorang asisten administrasi atau sekretaris meliputi:

  • Mengelola kalender manajemen atasan dan mengatur jadwal rapat dan acara lainnya
  • Menyusun dan mengelola dokumen, termasuk membuat laporan, surat menyurat, dan presentasi
  • Menangani permintaan informasi dan pertanyaan dari staf atau pelanggan
  • Mengatur dan mengatur transportasi dan akomodasi bagi manajemen atasan atau tamu
  • Mengatur dan mengatur penggunaan ruangan kantor dan peralatan

Untuk bisa bekerja sebagai asisten administrasi atau sekretaris, seseorang biasanya membutuhkan setidaknya gelar sarjana dalam bidang administrasi bisnis atau terkait.

Selain itu, keterampilan yang dibutuhkan termasuk kemampuan menggunakan komputer, terutama aplikasi kantor seperti Microsoft Office, serta kemampuan berkomunikasi yang baik.

9. Manajer Administrasi

Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang menarik selanjutnya yaitu manajer administrasi.

Manajer administrasi adalah posisi yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengatur seluruh operasi administratif di sebuah perusahaan atau organisasi.

Tugas utama seorang manajer administrasi adalah memastikan bahwa semua tugas administratif berjalan dengan lancar dan efisien, serta membantu meningkatkan efektivitas operasi administratif di perusahaan tersebut.

Beberapa tugas yang mungkin dilakukan oleh seorang manajer administrasi meliputi:

  • Menyusun dan mengelola anggaran untuk operasi administratif
  • Mengatur dan mengawasi staf administrasi untuk memastikan bahwa semua tugas administratif selesai tepat waktu
  • Menyusun dan mengelola sistem dokumen dan arsip untuk memastikan bahwa informasi tersimpan dengan aman dan dapat diakses dengan mudah
  • Menyusun dan mengelola sistem pelaporan untuk memastikan bahwa manajemen atasan memiliki informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat
  • Mengidentifikasi dan mengelola risiko administratif, serta mengembangkan rencana tindakan untuk mengurangi risiko tersebut

Untuk bisa bekerja sebagai manajer administrasi, seseorang biasanya membutuhkan setidaknya gelar sarjana dalam bidang administrasi bisnis atau terkait.

Selain itu, keterampilan yang dibutuhkan termasuk kemampuan mengelola dan mengatur staf, serta kemampuan menggunakan komputer, terutama aplikasi kantor seperti Microsoft Office dan aplikasi manajemen proyek.

Kemampuan berkomunikasi yang baik juga sangat penting untuk bisa bekerja sebagai manajer administrasi.

10. Asisten Manajer Proyek

Prospek Kerja Administrasi Bisnis Asisten Manajer Proyek

Asisten manajer proyek juga merupakan salah satu Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang menarik jika anda menyukai dunia sipil.

Asisten manajer proyek adalah posisi yang bertanggung jawab untuk membantu manajer proyek dalam mengelola dan mengatur seluruh aspek dari sebuah proyek.

Tugas utama seorang asisten manajer proyek adalah memastikan bahwa semua tugas dan aktivitas proyek berjalan sesuai dengan rencana, serta membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi proyek tersebut.

Beberapa tugas yang mungkin dilakukan oleh seorang asisten manajer proyek meliputi:

  • Mengelola dan mengatur jadwal proyek, serta memantau dan mengevaluasi progres proyek
  • Mengelola dan mengatur anggaran proyek, serta memastikan bahwa proyek dapat selesai dalam batas anggaran yang telah ditetapkan
  • Menyusun dan mengelola dokumen proyek, termasuk laporan progres, surat menyurat, dan presentasi
  • Menyusun dan mengelola sistem pelaporan proyek untuk memastikan bahwa manajer proyek dan manajemen atasan memiliki informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat
  • Mengidentifikasi dan mengelola risiko proyek, serta mengembangkan rencana tindakan untuk mengurangi risiko tersebut

Untuk bisa bekerja sebagai asisten manajer proyek, seseorang biasanya membutuhkan setidaknya gelar sarjana dalam bidang administrasi bisnis atau terkait.

Selain itu, keterampilan yang dibutuhkan termasuk kemampuan menggunakan komputer, terutama aplikasi kantor seperti Microsoft Office dan aplikasi manajemen proyek, serta kemampuan berkomunikasi yang baik.

Kemampuan bekerja sama dalam tim juga sangat penting bagi seorang asisten manajer proyek.

11. Analis Data Administrasi

Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang sedang trend akhir-akhir ini adalah analis data administrasi.

Analis data administrasi adalah posisi yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data administratif dari sebuah perusahaan atau organisasi.

Tugas utama seorang analis data administrasi adalah membantu manajemen atasan dalam membuat keputusan yang tepat dengan menyediakan informasi yang akurat dan relevan tentang operasi administratif di perusahaan tersebut.

Beberapa tugas yang mungkin dilakukan oleh seorang analis data administrasi meliputi:

  • Mengumpulkan dan mengatur data administratif dari berbagai sumber
  • Menganalisis dan menginterpretasikan data administratif untuk mengidentifikasi pola dan tendensi
  • Menyusun dan mengelola laporan data administratif untuk memastikan bahwa informasi tersedia bagi manajemen atasan
  • Mengembangkan dan mengelola sistem pelaporan data administratif untuk memastikan bahwa data tersimpan dengan aman dan dapat diakses dengan mudah
  • Menyusun dan mengelola rencana tindakan berdasarkan hasil analisis data administratif untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasi administratif di perusahaan tersebut

Untuk bisa bekerja sebagai analis data administrasi, seseorang biasanya membutuhkan setidaknya gelar sarjana dalam bidang administrasi bisnis atau terkait.

Selain itu, keterampilan yang dibutuhkan termasuk kemampuan menggunakan komputer, terutama aplikasi analisis data seperti Microsoft Excel, serta kemampuan menganalisis dan menginterpretasikan data.

Kemampuan berkomunikasi yang baik juga sangat penting bagi seorang analis data administrasi.

Ini merupakan salah satu Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang Menjanjikan.

Kesimpulan

Berdasarkan poin-poin yang telah saya jelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa prospek kerja administrasi bisnis cukup baik.

Banyak perusahaan dan organisasi yang membutuhkan staf administrasi untuk mengelola dokumen, mengatur jadwal, dan melakukan tugas-tugas administratif lainnya.

Beberapa contoh Prospek Kerja administrasi bisnis adalah asisten administrasi atau sekretaris, manajer administrasi, staf administrasi kantor, asisten manajemen proyek, dan analis data administrasi.

Untuk bisa bekerja di bidang administrasi bisnis, seseorang biasanya membutuhkan setidaknya gelar sarjana dalam bidang administrasi bisnis atau terkait.

Selain itu, keterampilan yang dibutuhkan termasuk kemampuan menggunakan komputer, terutama aplikasi kantor seperti Microsoft Office, serta kemampuan berkomunikasi yang baik.

Kemampuan bekerja sama dalam tim juga sangat penting bagi para profesional administrasi bisnis.

Sekian artikel berjudul 10+ Prospek Kerja Administrasi Bisnis, semoga bermanfaat

Administrasi bisnis bisa kerja di mana?

Para profesional administrasi bisnis dapat bekerja di berbagai jenis perusahaan dan organisasi, tergantung pada industri dan posisi yang sedang mereka lamar. Beberapa contoh industri yang mungkin membutuhkan staf administrasi bisnis adalah perusahaan manufaktur, perusahaan konsultasi, dan kantor hukum. Selain itu, banyak perusahaan juga mencari staf administrasi bisnis yang bisa bekerja secara remote atau dari jarak jauh, yang merupakan peluang kerja yang menarik bagi para profesional administrasi bisnis.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!