Prospek Kerja Jurusan Agroteknologi

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Agroteknologi?Indonesia dikenal sebagai negara agraris dengan hasil pertanian yang melimpah.

Oleh karena itu, jika kamu mengambil jurusan agroteknologi tak perlu khawatir akan lapangan pekerjaan yang nantinya akan kamu dapatkan setelah lulus.

Hal ini dikarenakan banyak sekali jenis pekerjaan yang menanti lulusan agroteknologi. Apa saja? Berikut prospek kerja yang perlu kamu tahu.

A. Prospek Kerja Jurusan Agroteknologi

1. Industri Pangan

Jenis pekerjaan pertama yang cocok untuk lulusan dari agroteknologi adalah bekerja di industri pangan. Salah satu industri ini memang sangat cocok untuk lulusan dari jurusan satu ini.

Sebab, agroteknologi juga mempelajari ilmu yang berkaitan dan berhubungan erat dengan teknologi pengolahan pangan.

Berpegang pada ilmu yang telah dimiliki semasa kuliah, tentu saja kamu akan lebih mudah untuk bekerja di industri satu ini.

Oleh karena itu, kamu tak perlu khawatir tidak mendapatkan pekerjaan ketika berada di jurusan ini. Karena bekerja di industri pangan akan sangat pas untuk lulusan agroteknologi.

Apabila kamu tertarik untuk bekerja di industri ini, pastikan bahwa kamu memenuhi kualifikasi dan juga persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Besaran gaji yang diterima oleh lulusan agroteknologi di bidang ini juga cukup besar. Diantaranya adalah mulai dari 5 juta hingga 11 juta rupiah. Upah tersebut bergantung kepada perusahaan yang kamu masuki.

2. Perusahaan Pestisida

Prospek kerja jurusan agroteknologi selanjutnya adalah di perusahaan yang bergerak di pestisida. Hal ini dikarenakan saat ini juga banyak permintaan yang berkaitan dengan pestisida, hal ini tentunya akan membuat perusahaan tersebut mencari banyak tenaga kerja yang baru.

Untuk itu, tak ada salahnya bagi anda terjun ke bidang satu ini. selain itu, untuk gaji fresh graduate yang bekerja di perusahaan ini juga cukup lumayan untuk batu loncatan sebelum kamu bekerja di perusahaan lain.

Besaran gajinya antara lain adalah 3 juta hingga 5 juta rupiah. Apabila pengalaman yang kamu miliki telah banyak, tentunya gaji tersebut juga akan bertambah.

3. Perusahaan Perbenihan

Selanjutnya, kamu juga bisa bekerja di perusahaan perbenihan. Perusahaan yang bergerak di bidang pembibitan atau pembenihan ini merupakan salah satu peluang yang sangat bagus bagi lulusan agroteknologi.

Perusahaan ini muncul karena ketika bercocok tanam, tentunya petani akan memilih benih yang berkualitas.

Dengan hadirnya perusahaan satu ini, tentunya akan mampu membuat kualitas hasil panen semakin bertambah. Secara tidak langsung, perusahaan ini akan bertugas untuk mengembangkan benih yang bagus dan berkualitas untuk petani. Gajinya pun juga lumayan yakni kisaran 5 juta setiap bulannya.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Tamatan SMK

4. Perusahaan Pupuk

Jurusan agroteknologi memang memiliki peluang pekerjaan yang gemilang di Indonesia. Hal ini dikarenakan negara ini memang memiliki lahan yang subur untuk ditanam berbagai macam tanaman.

Untuk memperoleh hasil panen yang bagus, pupuk menjadi salah satu elemen penting yang dibutuhkan.

Sebagai lulusan dari agroteknologi, tak ada salahnya untuk mulai bekerja di perusahaan pupuk sebagai rintisan karir. Ketika berada di perusahaan ini, kamu pun bisa melamar sebagai posisi yakni petugas operasional atau petugas manajerial.

Untuk gajinya sendiri, rata rata kamu akan mendapatkan 5 juta per bulannya.

5. Perusahaan yang Bergerak di Perkebunan

Bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan juga menjadi salah satu peluang kerja yang bisa kamu ambil sebagai lulusan agroteknologi.

Disini, kamu akan memiliki job desk yang beragam. kamu bisa melamar di posisi yakni peneliti, perawatan hingga melakukan berbagai inovasi terkait dengan tanaman.

Perlu kamu tahu, di Indonesia sendiri banyak perusahaan yang memang bergerak di bidang perkebunan. Oleh karena itu, pekerjaan satu ini memiliki prospek yang terbilang cukup bagus.

Sebab, kamu pun juga mempelajari hal terkait perkebunan di bangku kuliah. Sehingga dapat menjadi awalan karir yang bagus.

Selain itu, gaji yang akan kamu dapatkan ketika bekerja di perusahaan satu ini pun terbilang cukup besar. Untuk kamu yang baru saja fresh graduate, kamu akan bisa mendapatkan penghasilan dengan kisaran gaji yakni 5 juta hingga 7 juta rupiah.

Hal ini tentu saja akan bertambah seiring dengan pengalaman dan jabatan yang kamu miliki.

6. Industri Pertanian

Industri pertanian memang menjadi salah satu lapangan pekerjaan yang cocok dan masih berhubungan dengan jurusan agroteknologi.

Dengan berbekal ilmu yang telah kamu pelajari semasa kuliah, tentunya akan membuat kamu familiar dengan istilah atau pekerjaan di industri satu ini.

Selain itu, perlu kamu tahu bahwa saat ini industri yang bergerak dalam bidang pertanian memang mengalami perkembangan yang pesat.

Sehingga hal ini akan dapat menjadi prospek kerja yang baik untuk kamu kedepannya dalam mengembangkan karir di bidang satu ini.

Adapun pekerjaan kamu nantinya akan berhubungan dengan penguasaan terkait teknologi pertanian, mulai dari pengolahan lahan, mesin dan juga lain sebagainya yang akan mendukung pertanian di Indonesia.

Untuk gaji yang akan kamu dapatkan ketika bekerja di industri ini adalah kisaran 5 juta rupiah setiap bulannya.

7. Surveyor

Surveyor juga menjadi salah satu prospek kerja jurusan agroteknologi yang bisa kamu coba. Setelah lulus dan wisuda sebagai sarjana agroteknologi, kamu pun bisa melanjutkan dan bekerja sebagai peneliti.

Bahkan kamu pun bisa masuk ke lembaga atau instansi yang berkaitan dengan pertanian.

Ketika kamu memutuskan untuk menjadi peneliti atau surveyor, pastikan bahwa kamu memiliki kemampuan analisis yang cukup baik.

Hal tersebut sebagai salah satu persyaratan yang memang harus kamu penuhi ketika ingin terjun ke dunia penelitian. Kisaran gaji ketika kamu bekerja di bidang satu ini juga terbilang lumayan besar.

Setiap bulannya kamu akan menerima gaji yakni dengan kisaran mulai dari 5 juta hingga 10 juta rupiah. Untuk besaran gaji yang akan kamu terima tersebut bergantung pada perusahaan tempat kamu bekerja.

Selain itu, pengalaman juga memiliki peranan yang penting dalam pekerjaan satu ini.

8. Pengelola Perkebunan

Sebagai lulusan dari agroteknologi, kamu tak hanya bisa bekerja di perusahaan perkebunan saja. Melainkan kamu juga bisa bekerja sebagai pengelola perkebunan.

Tugas dari pekerjaan satu ini adalah bertanggung jawab untuk mengurus perkebunan yang ada. Adapun tugasnya yakni mulai menjaga kebersihan tanaman dan mempersiapkan panen.

Akan tetapi tidak hanya itu saja, kamu juga perlu untuk melakukan berbagai macam inovasi dan pengembangan agar nantinya menghasilkan produk yang berkualitas.

Bagi kamu yang tertarik bekerja di bidang satu ini, rata rata gaji yang nantinya akan kamu terima adalah 5 juta hingga 7 juta rupiah per bulannya.

Untuk itu, apabila kamu masih bingung dalam memilih jurusan saat akan masuk ke perguruan tinggi, maka agroteknologi dapat menjadi jurusan yang bisa kamu pilih.

Hal ini dikarenakan jurusan satu ini memang memiliki peminat yang mulai banyak dan lapangan pekerjaan yang tersedia setelah kamu lulus pun juga melimpah.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!