Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Alfamart

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Alfamart (PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk)? Siapa yang tidak kenal Alfamart? Alfamart yang merupakan minimarket ternama di Indonesia juga kerap merekrut calon karyawan.

Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Alfamart

Salah satu program yang paling diminati adalah program MT atau Alfamart Management Trainee. Kali ini pembahasan tentang pengalaman tes MT Alfamart yang merupakan program percepatan karir hingga level manajerial.

Anda akan melalui tahapan pelatihan MT sebelum melanjutkan ke level berikutnya dan setiap tahapan menggunakan sistem knockout. Berikut tahapan tes yang akan Anda jalani selama mengikuti rekrutmen di PT Alfamart:

Tahapan Seleksi Karyawan di Alfamart

1. Seleksi Administrasi

Pada tahap ini Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran diri sebagai calon karyawan di Alfamart. Isi form berupa data diri untuk pengalaman kerja dan motivasi kerja kenapa ingin bekerja di Alfamart ini.

Usahakan untuk mengisi data file dengan lengkap seperti yang diminta.

2. Tes Psikologi

Sebelum tes dimulai, tim HRD akan mempresentasikan apa itu program MT Alfamart dan budaya kerja di Alfamart secara umum.

Anda akan lebih memahami tentang program ini mulai dari masa pelatihan, manfaat yang Anda dapatkan hingga penalti yang Anda terima. Setelah pemaparan tentang company profile Alfamart, barulah psikotes dimulai.

Ada 3 sesi yang akan Anda jalani langsung pada hari itu. Setiap batch akan berbeda, ada yang 1 hari penuh, ada yang dibagi menjadi 2 hari untuk menyelesaikan psikotes ini.

a. Test Akademik

Sesi pertama adalah tes akademik, soal-soal yang akan kamu terima seperti tes matematika dasar, tes seri angka, tes verbal dan logika dan tes koran atau kraeplin/pauli.

Pengumuman hasil akan langsung kamu terima setelah tes berlangsung dan yang lulus akan melanjutkan ke tahap tes selanjutnya yaitu tes bahasa Inggris, tes kepribadian dan wawancara HRD.

b. Tes bahasa Inggris, tes kepribadian dan wawancara HRD.

Pertanyaan selama wawancara dengan HRD Alfamart adalah tentang pengalaman pribadi dan menceritakan kehidupan kamu dari kuliah hingga saat melamar.

Kamu sudah melamar kemana saja dan apa kendalanya saat ini sehingga kami masih belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Sesi wawancara berlangsung santai seperti mengobrol dan yang terpenting adalah kejujuran.

Baca juga:

3. Assessment Center – Diskusi Kelompok Tanpa Pemimpin (LGD)

Kandidat yang terpilih nantinya akan menjalani tes LGD Alfamart atau sering disebut tes FGD untuk perusahaan lain.

Seluruh peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang nantinya akan diberikan contoh studi kasus tentang Alfamart dan retail.

Anda akan diminta untuk berdiskusi bersama yang nantinya akan dipresentasikan di depan kelompok lain dan di depan panelis. Cobalah untuk berperan aktif tetapi jangan meremehkan pendapat seseorang.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

4. Wawancara User

Setelah tahap LGD berakhir, dilanjutkan dengan tahap wawancara user beberapa hari setelah tes berlangsung. Usahakan untuk selalu mengaktifkan ponsel Anda antara jam 12 siang sampai jam 7 malam, karena pada saat itu Anda akan ditelepon tentang kelanjutan tes Anda.

Wawancara akan dilanjutkan di kantor HO Alfamart. Nanti akan ada beberapa pewawancara yang akan mewawancarai Anda, bisa jadi para manajer hingga general manager yang akan mewawancarai Anda.

Cobalah untuk mengingat nama setiap orang penting, sehingga ketika mengobrol Anda dapat menyapanya dengan nama, yang merupakan nilai tambah tersendiri.

Sebelumnya, pelajari juga profil perusahaan Alfamart dan apa itu Alfamart. Jangan lupa untuk belajar tentang ritel dan mengenal para pesaingnya.

Anda juga akan diberikan contoh kasus mengenai permasalahan yang sering dihadapi oleh perusahaan dan solusi apa yang dapat Anda berikan.

Di akhir wawancara Anda akan diberikan kesempatan untuk bertanya kepada manajer perusahaan, dan mencoba mempersiapkan pertanyaan terakhir terlebih dahulu.

Jangan biarkan apa yang Anda tanyakan seperti ketika pengumuman dibuat atau pertanyaan tentang gaji atau penempatan kerja.

Karena ini adalah pertanyaan yang seharusnya Anda tanyakan pada wawancara HR sebelumnya.

5. Tes Kesehatan

Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Alfamart

Tes selanjutnya adalah tes kesehatan atau medical check up. Dalam tes ini, Alfamart akan meminta klinik atau rumah sakit terbaik untuk tes kesehatan. Biaya penuh akan ditanggung oleh Alfamart.

Tes tersebut berupa tes urin, tes x-ray, tes fisik dan tes darah. Jangan begadang sebelum tes dan minum banyak air terlebih dahulu dan jaga tubuh Anda juga.

6. Tanda Tangan Kontrak

Setelah MCU Anda akan diberitahukan lagi untuk tahap selanjutnya yaitu penandatanganan kontrak. Berikut akan dijelaskan lebih detail oleh tim HRD mengenai program MT Alfamart ini.

Anda juga akan diberikan kesempatan jika tidak ingin melanjutkan program MT ini.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Alfamart, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!