Bocoran Lolos Seleksi Tes UFLP di Unilever

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes UFLP di Unilever? Kami kali ini akan membahas program unggulan PT Unilever Indonesia yaitu Unilever Future Leaders Program Indonesia atau yang bisa disingkat dengan “UFLP”.

Bocoran Lolos Seleksi Tes UFLP di Unilever

Program yang hampir sama dengan program Management Trainee di perusahaan lain yang merupakan program percepatan karir yang dimiliki oleh Unilever.

Melalui program ini Anda akan dilatih selama 1 tahun dan akan dikontrak selama 3 tahun sejak awal pelatihan. Diharapkan melalui program ini, Unilever mampu mendapatkan kandidat-kandidat terbaik yang akan menjadi pemimpin berjiwa muda.

Sebelum masuk ke tahap uji coba, tentunya Anda sudah mengetahui bahwa Unilever merupakan perusahaan consumer goods terbesar di Indonesia. Tentu hal inilah yang membuat banyak orang ingin bekerja di perusahaan ini.

Tahapan Seleksi Karyawan di Unilever

Berikut tahapan-tahapan yang akan Anda hadapi selama tahap uji coba:

1. Aplikasi online

a. Pendaftaran akun

Pendaftaran UFLP langsung di website, jadi Unilever tidak membuka lowongan selain di website resmi. Pendaftaran dilakukan seperti biasa.

Setelah registrasi kita akan memiliki akun Unilever. Ingatlah bahwa nama pengguna dan kata sandi harus disimpan dan diingat.

Karena username dan password akan digunakan kembali pada saat tes. Password harus mengandung simbol, huruf dan angka yang terdiri dari minimal 8 karakter.

Anda dapat mendaftar untuk lowongan pekerjaan melalui website resmi Unilever Future Leaders Program Indonesia dan dapat mengisi formulir online yang telah disediakan disana.

Karena websitenya sendiri menggunakan bahasa Inggris, cobalah untuk mengisinya dalam bahasa Inggris juga. Formulir yang harus Anda isi adalah data diri dan alasan seperti apa motivasi Anda ingin melamar di Unilever.

Cobalah untuk tidak terlalu memaksa dan terlihat terlalu malas saat menjawab.

b. Online Application

Pada saat melakukan apply juga dibuat di website. Nah sobat, perlu diketahui bahwa proses pengajuan aplikasi di website cukup rumit.

Mengapa rumit? Karena Unilever merupakan perusahaan multinasional yang memiliki banyak perusahaan di banyak negara dan website karirnya digabungkan menjadi satu website, sehingga cukup sulit untuk melamar posisi yang kita inginkan.

Pertama masuk ke halaman job search, halaman ini muncul saat anda klik apply. Kemudian pilih negara yang ingin Anda lamar.

Kemudian pilih posisi yang akan dilamar. Mengisi formulir pendaftaran online sederhana dan didukung dengan pilihan pengisian data menggunakan linkedin profile.

Tips, bagi Anda yang memiliki profil yang cukup meyakinkan di LinkedIn, saya sarankan untuk mengisi profil menggunakan LinkedIn.

Tetapi jika Anda tidak profesional, Anda dapat mengisinya menggunakan pendaftaran manual dan mengunggah CV.

Catatan: Anda hanya dapat mendaftar ke salah satu divisi yang tersedia di negara Anda.

c. Pengumuman lolos administrasi

Pengumuman seleksi berkas yang lolos akan diumumkan beberapa saat setelah proses pendaftaran online berhasil.

Kisaran pengumuman seleksi juga bervariasi, ada yang mulai dari 20 menit setelah menyelesaikan aplikasi online hingga hitungan hari.

Lulus atau tidaknya pemilihan file akan diumumkan melalui email. Jika lolos, pengumuman melalui email akan disertai undangan untuk melakukan seleksi tahap 2 yaitu psikotes atau penilaian profil.

2. Tes Online

Setelah lolos seleksi file, Anda akan menerima email untuk melakukan proses seleksi tahap 2. Seleksi tahap 2 ini dapat dilakukan dalam waktu satu minggu setelah menerima undangan.

a. Test Pymetrics

Unilever menggunakan pymetrics. Pymetrics memberikan tes berupa game yang membuat orang yang mengikutinya tidak merasa bosan dan memicu perhatian yang lebih besar menurut saya.

Dalam permainan ini tidak ada jawaban benar atau salah, tidak ada menang atau kalah ”Kami harap Anda menikmati pengalaman ini, dan Anda akan menemukan laporan sifat unik Anda menarik dan informatif.

Ingat, tidak ada ujung spektrum yang salah – setiap sifat membuat Anda unik dan sangat cocok untuk jenis pekerjaan tertentu!”.

Ingat dalam profil penilaian/psikotes, seorang HR atau Anda sendiri tidak bisa menilai jawaban Anda benar atau salah. Prinsipnya “setiap orang itu unik”, terserah HR untuk memilah kandidat mana yang memiliki kepribadian yang dibutuhkan perusahaan.

Dari email yang kamu dapatkan, kamu klik start assessment, lalu kamu akan masuk ke halaman pymetrics. Kemudian Anda akan diminta untuk login sesuai dengan username dan password yang Anda gunakan saat membuat akun di website Unilever.

Cool Pymetrics, tes ini disediakan untuk orang-orang yang memiliki keterbatasan disleksia, buta warna dan ADHD. Jadi pada langkah pertama Anda, silahkan konfigurasikan game yang akan dijalankan sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari bahasa, keterbatasan disleksia dan lain sebagainya. Setelah selesai, Anda akan memasuki permainan.

Permainan terdiri dari beberapa bagian. Ada yang butuh kecepatan, ketepatan dan juga feeling. Permainan pertama adalah permainan taruhan, jatuhnya seperti judi.

Tapi di sini yang penting adalah bagaimana Anda mempercayai orang lain. Jika saya menaruh lebih dari 50 persen kepercayaan pada orang lain. kemudian permainan lainnya adalah semacam tes ketangkasan mata dan konsentrasi. Dan permainan lainnya adalah tes kecepatan tangan.

Setelah melakukan berbagai rangkaian permainan, hasilnya akan langsung dikirim ke HR Unilever. Beberapa saat setelah itu, Anda akan menerima email hasil tes yang baru saja Anda lakukan.

b. Test Kemampuan

Pada tahap ini adalah tes pertama Anda di tahap keseluruhan. Tes tersebut adalah tes kemampuan online. Tes ini seperti tes numerik berupa angka.

Tes akan dilakukan secara bertahap dan Anda akan menerima hasilnya segera setelah menyelesaikannya. Jika lulus, akan ada tes lanjutan, yaitu tes verbal.

Usahakan untuk menjawab dengan cepat dan tepat karena waktunya sangat singkat.

Baca juga:

3. Formulir Wawancara Tes Online

Pada tahap tes ini Anda akan menerima email berisi formulir online lagi yang harus Anda isi sesuai dengan yang Anda inginkan.

Tes ini juga menggunakan bahasa Inggris. Anda akan diberikan pertanyaan esai seperti formulir aplikasi online yang telah Anda isi sebelumnya tetapi dengan lebih detail dan lengkap.

Buatlah sesuatu yang menarik dan dapat membuat orang yang membacanya mengerti maksud Anda.

4. FGD (Focus Group Discussion)

Bocoran Lolos Seleksi Tes UFLP di Unilever

Seperti tes FGD pada umumnya, seluruh peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 6-8 orang. Nantinya, setiap kelompok akan diberikan contoh studi kasus yang harus diselesaikan bersama.

Studi kasus yang akan Anda terima akan berisi banyak data dan angka yang dapat menjadi kunci untuk memecahkan masalah tersebut.

Dan Anda juga harus berdiskusi dalam bahasa Inggris. Setelah selesai masing-masing kelompok akan mempresentasikan hasil yang diperoleh.

Dan setiap kelompok berhak mengajukan pertanyaan tentang kasus yang mereka alami. Cobalah untuk berperan aktif dalam sesi tanya jawab ini.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

5. Wawancara User

Ini merupakan tahap akhir dari seluruh kegiatan rekrutmen di PT Unilever Indonesia. Anda akan diwawancarai oleh beberapa manajer puncak dari Unilever.

Terkadang juga akan ada bule yang juga akan mewawancarai Anda. Pertanyaannya seputar pengenalan diri, apa yang anda ketahui tentang Unilever, masukan apa yang bisa membangun Unilever kedepannya?

Motivasi kerja, target 5 tahun ke depan, kelebihan dan kekurangan pribadi. Pertanyaan dan jawaban terpanjang tentang ruang lingkup perusahaan Unilever

Kami sarankan untuk mempelajari terlebih dahulu secara lengkap tentang profil perusahaan ini mulai dari produk, sejarah bahkan berita terbaru yang akan ada di Unilever.

Siapkan juga 1 pertanyaan terakhir yang akan Anda tanyakan ketika manajer memberi Anda kesempatan untuk bertanya.

Lebih jelasnya bisa lihat video youtube ini

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes UFLP di Unilever, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!