Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Bank CIMB Niaga

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Bank CIMB Niaga? Kali ini akan membahas tentang pengalaman tes dan tahapan seleksi PT Bank CIMB Niaga.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Bank CIMB Niaga

Mungkin banyak yang lebih familiar dengan istilah bank umum. Anda bisa mencari lowongan kerja bank CIMB melalui website resminya atau melalui job fair yang sering diadakan oleh beberapa kampus ternama di Indonesia.

Isi formulir data pribadi lengkap termasuk pengalaman kerja dan keahlian Anda. Jika Anda adalah lulusan baru, Anda juga dapat mengisi pengalaman organisasi.

Berikut tahapan-tahapan tes dari seleksi PT Bank CIMB Niaga yang mungkin bisa menjadi referensi Anda dalam menjalaninya dan memiliki gambaran kedepannya tentang apa yang akan Anda hadapi selama tes.

Tahapan Seleksi Karyawan di PT Bank CIMB Niaga

1. Seleksi Administrasi Online

Pendaftaran bisa dilakukan di website resmi atau melalui email. Usahakan untuk melengkapi berkas yang diminta oleh CIMB Niaga agar peluang Anda lolos ke tahap selanjutnya semakin besar.

Usahakan juga untuk memilih program yang sesuai dengan pendidikan Anda selama kuliah agar tidak salah pilih jurusan nantinya.

2. Tes Psikologi

Sebelum melaksanakan tes, Anda akan diminta untuk mengisi kembali formulir data diri yang akan dikumpulkan sebelum tes berlangsung.

Setelah mengisi formulir, tim HRD Bank CIMB akan menjelaskan profil bank CIMB, sejarah singkat, fasilitas dan program yang akan ditawarkan.

Tim HRD juga akan menjelaskan tentang sistem kontrak dan Anda akan berada di kontrak awal selama 2 tahun pertama selama ikatan resmi dan 1 tahun selama masa pelatihan.

HRD juga menjelaskan tentang program percepatan karir atau MDP jika Anda berada di bank lain yang dapat Anda ikuti. Setelah presentasi anda akan diberikan kesempatan untuk bertanya apapun tentang CIMB Bank ini.

Tes tahap pertama dibagi menjadi 2 sesi atau bagian. Yang pertama adalah tes TPA atau psikotes kepribadian diri yang tidak mengandung jawaban benar dan salah, semuanya murni berdasarkan kepribadian Anda.

Tes lanjutan terdiri dari tes matematika dasar, seri angka, tes verbal, tes menggambar, tes warteg dan tes koran atau kreaplin.

Baca juga:

3. Bahasa Inggris

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Bank CIMB Niaga

Pada tahap ini, Anda juga akan diuji pada tes bahasa Inggris Anda. Tesnya seperti mengerjakan TOEFL jadi tidak ada salahnya mempelajari tes TOEFL terlebih dahulu.

Untuk sesi 1 ini telah selesai dan Anda akan langsung menerima hasilnya setelah menunggu 20 menit setelah itu.

Cobalah saat ini untuk pergi makan dan mengisi ulang energi yang telah keluar karena Anda akan menerima tahap tes berikutnya setelah mengetahui siapa yang lulus sesi ke-2.

4. FGD (Focus Group Discussion)

Pada sesi 2 setelah Anda menerima hasil dari tes sebelumnya, tahap selanjutnya akan segera dimulai. Semua kandidat akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.

1 kelompok terdiri dari 5-7 orang yang akan berbagi pendapat dan berdiskusi bersama. Anda akan diberikan beberapa kertas dan lembar pertanyaan berisi studi kasus yang harus Anda selesaikan bersama.

Studi kasus ini masih ada kaitannya dengan permasalahan di perbankan khususnya bank CIMB. Coba cari tahu istilah umum dalam dunia perbankan sebelum mengikuti tes ini.

Hasil diskusi akan dipresentasikan di masa depan dan kelompok lain akan diminta untuk bertanya bahkan menyanggah pendapat kelompok tersebut.

Selama diskusi, usahakan untuk aktif memberikan masukan dan pendapat namun jangan lupa untuk tidak menyanggah pendapat orang lain.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

5. Wawancara User

Setelah tes FGD selesai, tes selanjutnya adalah tes wawancara user. Bersabarlah dalam menunggu panggilan pada tahap ini, karena biasanya tim HRD masih menunggu batch rekrutmen lainnya selesai terlebih dahulu baru kemudian seleksi yang berhak maju ke tahap user interview dengan manager dari Bank CIMB ini.

Nanti akan ada beberapa manajer yang akan mewawancarai Anda, sebut saja panel wawancara.

Para pengelola ini nantinya akan menggunakan jasa Anda dalam bekerja sama di CIMB Bank. Usahakan untuk menggunakan pakaian seformal mungkin dan coba pelajari kembali tentang company profile dan produk apa saja yang ditawarkan di bank ini. Pelajari lebih lanjut tentang dunia perbankan sebelumnya.

Pertanyaan yang akan Anda terima seperti: ceritakan tentang diri Anda, mulai dari pengalaman kuliah dan pengalaman kerja jika ada, Mengapa memilih bank CIMB?, Mengapa tidak bekerja di bank lain yang lebih baik? , apa motivasi anda dalam bekerja?.

Nantinya, tim panelis akan memberikan contoh studi kasus mengenai suatu masalah yang sering ditemui di perusahaan dan mereka akan meminta pendapat Anda tentang solusinya.

Wawancara akan memakan waktu sekitar 30 menit – 1 jam tergantung bagaimana Anda menjawab wawancara.

6. Tes Kesehatan

Untuk tes selanjutnya adalah tes kesehatan. Dalam tes ini, Anda dapat mengatakan bahwa 80% dari Anda lulus sebagai calon karyawan di Bank CIMB Niaga.

Namun jangan berbangga terlalu lama karena ada juga yang tidak lolos tahap ini. Usahakan untuk tidak begadang sebelum tes dan banyak minum air putih serta berolahraga secara teratur.

Baca juga:

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Bank CIMB Niaga, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!