Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi? Jurusan satu ini mempunyai banyak peminat setiap tahunnya. Banyak faktor yang membuat jurusan ini bergitu populer, antara lain dari berbagai pilihan mata kuliah yang menarik dan prospek pekerjaan yang menjanjikan kedepannya.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Berikut kami ulas beberapa Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi sebagai gambaran masa depan bila memilih studi satu ini.

A. Sekilas Tentang Ilmu Komunikasi

Jurusan ini sekilas mempelajari tentang ilmu dan teknik terkait komunikasi. Beberapa diantaranya adalah komunikasi dengan individu, berkaitan dengan media komunikasi, teknik periklanan atau publisitas hingga bahasa seni.

Ilmu komunikasi ini menjadi hal yang penting dalam kehidupan bermasyarakat sehari hari.

Untuk prospek pekerjaan dari lulusan komunikasi ini pun sangat beragam dan tidak sedikit. Hampir semua sektor membutuhkan seorang yang mempunyai skill komunikasi yang mumpuni.

Beberapa diantaranya seperti bidang media, sales, marketing, public relation, konsultan hingga analis. Oleh karena itu jurusan ini masih begitu diminati sampai saat ini.

B. Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

1. Media

Industri media yang tak pernah sepi dan selalu berkembang, akan membutuhkan banyak karyawan di bidang ini kedepannya. Para lulusan Ilmu Komunikasi pun akan sangat cocok bila bekerja pada bidang ini.

Media dan komunikasi adalah hal yang sejalan dan saling terkait. Profesi di dalam dunia media ini juga salah satu profesi favorit para lulusan komunikasi.

Berbagai jenis pekerjaan bisa kamu jajal disini, seperti bidang broadcasting, sampai media online ataupun offline.

Pekerjaan ini akan membutuhkan banyak pekerja dari lulusan komunikasi, selain karena skill komunikasinya yang diperhitungkan juga dari kemampuannya mengolah suatu informasi dan menganalisisnya.

Bila kamu ingin memulai karir di bidang satu ini, sangat disarankan untuk memulai dari menjadi staff magang.

Banyak media yang membuka lowongan magang untuk para mahasiswa, sehingga setelah lulus kamu bisa langsung bekerja di media tersebut bila berminat. Jadi, siapkan portofoliomu dari sekarang ya.

2. Sales Marketing

Profesi kali ini akan membutuhkan banyak skill komunikasi yang baik. Pekerjaan satu ini akan membuatmu bertemu dengan banyak orang dengan latar belakang yang berbeda beda, sehingga kemampuan komunikasi yang dinamis sangat diperlukan untuk profesi ini. Pekerjaan ini lebih dikenal dengan nama Sales Marketing.

Bisa dibilang bahwa profesi satu ini adalah posisi sebagai tulang punggung perusahaan. Karena bila produk perusahaan tidak bisa dipasarkan dengan baik oleh kemampuan Sales Marketingnya, maka akan berpengaruh pada keuangan perusahaan tersebut. Oleh karena itu, posisi bisnis satu ini merupakan salah satu profesi yang menguntungkan.

Salah satu tanggung jawab seorang Sales Marketing adalah untuk memasarkan dan mengenalkan produk perusahaan kepada sebanyak banyaknya orang.

Baik melalui cara offline ataupun cara online. Untuk menempati posisi ini kamu biasanya akan menjalani masa pelatihan terlebih dahulu sebagai pengenalan produk knowledge perusahaan.

Salah satu keuntungan menjadi Sales Marketing adalah jenjang karir yang jelas. Karena para petinggi suatu perusahaan biasanya adalah jebolan profesi satu ini yang sudah lama berkarir dan mempunyai prestasi yang baik.

Selain itu etos kerja keras dan loyalitas kepada perusahaan selama menjalani profesi ini adalah salah satu faktor naiknya karir.

3. Event Organizer

Profesi satu ini salah satu pekerjaan favorit di kalangan muda. Karena bergelut dengan proses pembuatan acara. Event Organizer atau disingkat dengan EO adalah profesi yang bisa bernaung dibawah perusahaan ataupun berdiri sendiri.

Kemampuan komunikasi pada bidang satu ini tentu akan sangat diperhitungkan, karena berkaitan dengan klien.

Team Event Organizer akan bertanggung jawab pada suatu acara, dari mulai proses perencanaan acara, pelaksanaannya, hingga evaluasi setelah acara.

Selain itu banyak detail lainya yang dilakukan team satu ini sehingga acara bisa berjalan dengan lancar dan sukses sesuai kemauan klien.

Salah satu syarat untuk kamu yang berminat menekuni bidang satu ini adalah memperbanyak pengalaman berorganisasi saat bersekolah.

Berbagai pengalamanmu saat bergabung dalam team acara organisasi dan mengurus organisasi menjadi nilai plus tersendiri. Semakin banyak berlatih dan belajar, maka kesempatanmu akan semakin besar pula.

4. Public Relations

 

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Seorang Public Relations sebuah perusahaan adalah cerminan perusahaan tersebut. Selain mempunyai skill komunikasi yang sangat baik, profesi satu ini akan menuntutmu untuk mempunyai attitude yang baik.

Hal ini karena pekerjaan ini akan membuatmu selalu menjalin hubungan baik dengan klien perusahaan tempatmu bekerja.

Setiap hari kamu akan berhadapan dengan orang dengan latar belakang yang berbeda beda. Tak hanya bicara terkait produk perusahaan atau bisnis, pekerjaan satu ini juga harus pandai dalam menangani dan menjawab keluhan klien.

Oleh karena itu, profesi satu ini harus mempunyai pengetahuan yang luas selain skill komunikasi.

Selalu up to date terhadap berita terkini juga wajib kamu ketahui bila terjun ke bidang satu ini. Karena kadang klien perusahaan tak hanya melulu membahas tentang bisnis, tetapi pembahasan umum lainnya yang membuat suasana dengan klien lebih akrab dan hangat. Butuh keluwesan dalam berbicara dan bersikap.

5. Business Analyst

Profesi satu ini tidak hanya dikhususkan untuk lulusan ekonomi dan bisnis. Walaupun berkaitan dengan kemampuan menganalisis suatu produk perusahaan, profesi satu ini juga banyak diisi oleh para lulusan komunikasi.

Skill komunikasi yang baik dan mumpuni juga akan diperhitungkan bagi pekerjaan satu ini.

Seorang Business Analyst mempunyai tanggung jawab untuk melakukan analisis terhadap produk yang akan dijual dipasaran beserta banyak faktor yang akan mempengaruhi grafik penjualan nantinya.

Fungi dari analisis ini adalah demi meminimalisir kesalahan produk yang akan terjadi dan meningkatkan angka penjualan.

Bila kamu tertarik dengan profesi satu ini, selain mengasah skill komunikasi yang dinamis, kamu juga bisa mulai belajar terkait ilmu ekonomi.

Para lulusan komunikasi cukup dibutuhkan pada bidang ini adalah bertujuan untuk bisa memberi penjelasan atau menjabarkan keterangan data yang sulit menjadi mudah dipahami.

Baca juga: Prospek Pekerjaan Jurusan Akuntansi Yang Menjanjikan

6. Layanan Konsumen

Prospek pekerjaan rekomendasi yang terakhir adalah di bidang pelayanan konsumen. Masih berhubungan dengan klien atau customer perusahaan, profesi satu ini berada pada bagian depan perusahaan dimana penanganan langsung sering dilakukan.

Oleh karena itu, skill komunikasi yang mumpuni harus mutlak dipegang profesi ini.

Selain skill komunikasi yang baik dan pemahaman terhadap produk atau perusahaan, pekerjaan satu ini memang menuntutmu untuk mempunai kesabaran yang lebih.

Karena selain menghandle permintaan pelanggan, kadang pelayanan juga akan melayani dan menjawab berbagai macam keluhan.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi satu ini akan maju pertama kali untuk berkomunikasi dengan pelanggan bila ada sesuatu hal yang berkaitan dengan perusahaan.

Selalu berfikir positif dan tak gampang marah juga hal yang penting kamu terapkan saat bekerja karena bidang pelayanan seperti ini adalah suatu bentuk perwakilan perusahaan.

Jurusan seperti ini terkenal dengan mata kuliahnya yang santai dengan pilihan yang menarik bagi generasi muda.

Belajar memang tak harus dengan cara kaku, belajarpun bisa kamu lakukan dengan menyenangkan bila jurusan yang kamu pilih berlandaskan pada minat dan bakat. Berbagai pilihan profesi setelah lulus pun bisa kamu dapatkan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!