Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja? 15+ Pilihan

Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja? Terdapat banyak pilihan jurusan kuliah untuk anak SMK, mulai dari arsitektur hingga jurusan pariwisata.

Sistem pendidikan di Indonesia dibuat dengan system yang berjenjang. SMK merupakan salah satu jenjang dalam sistem pendidikan Indonesia yang mengedepankan kesiapan peserta didik untuk langsung terjun ke dunia kerja.

Walaupun begitu, bagi peserta didik lulusan SMK masih memiliki peluang besar untuk melanjutkan kuliah. Lantas jurusan apa saja yang bisa dipilih? Simak disini.

Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja?

Jurusan kuliah untuk anak SMK cukup beragam dan banyak pilihan.

1. Jurusan Arsitektur

Jurusan Arsitektur Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja?

Berbagai perguruan tinggi di Indonesia memiliki kriterianya sendiri dalam menentukan calon mahasiswanya.

Untuk kamu yang dulunya adalah tamatan SMK Program Keahlian Teknik Bangungan, salah satu jurusan kuliah untuk anak SMK yang bisa kamu pilih adalah jurusan arsitektur. Walaupun memang mayoritas adalah anak lulusan SMA IPA, namun kamu masih bisa mencobanya.

SMK Program Keahlian Teknik Bangungan sebenarnya masih cukup linier karena lulusan program tersebut sedikit banyak juga belajar tentang pendirian sebuah bangunan yang masih erat kaitannya dengan jurusan arsitektur.

Selama SMK juga kamu tentu belajar tentang autocad dan teknik menggambar proyeksi sehingga akan berguna saat kamu melanjutkan di jurusan arsitektur.

Di jurusan yang satu ini kamu akan dilatih bagaimana membuat sebuah desain yang detail dan menarik sesuai dengan permintaan klien. Kemampuan awal yang kamu punya saat SMK tak akan terbuang sia sia.

Saat masuk kuliah kamu hanya perlu meneruskan kemampuan yang sebelumnya sudah kamu dapatkan saat bangku SMK.

Kamu hanya perlu mencari universitas yang menerima tamatan SMK. Banyak universitas ternama yang bersedia menerimamu, seperti ITB, UB, UI dan UNDIP.

Kampus kampus ini bukanlah kampus sembarangan sehingga sangat cocok untuk kamu yang benar benar tertarik di dunia arsitektur. Setelah lulus kamu bisa menjadi konsultan arsitektur dan masih banyak lagi.

2. Jurusan Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja?

Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja? Jurusan Teknik Mesin bisa menjadi pilihan.

Untuk kamu yang lulusan SMK Program Keahlian Teknik Mesin, tak usah berkecil hati. Kamu bisa meneruskan pendidikan kuliah dengan mengambil jurusan kuliah untuk anak SMK yaitu teknik mesin.

Teknik mesin memiliki prospek yang baik di dunia kerja mengingat saat ini semua hal berhubungan dengan mesin. Setelah lulus kamu bisa bekerja di hampir semua perusahaan.

Mengapa lulusan SMK Program Keahlian Teknik Mesin bisa masuk jurusan mesin? Jika dilihat dari riwayat pendidikan SMK yang pernah kamu ambil, ini sudah sejalan dengan program jurusan yang kamu ambil.

Di teknik mesin kamu belajar tentang cara pemeliharaan mesin, perancangan mesin, dan juga teknik produksi mesin sehingga tak jauh beda dengan pelajaran SMK.

Baca juga: Jurusan SMK Apa Saja? 40+ Daftar Lengkapnya

3. Jurusan Informatika

Jurusan Informatika Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja?

Perkembangan teknologi informasi saat ini sangatlah pesat. Semua hal bisa kamu ketahui dengan mudah selama kamu mengakses platform penyedia informasi yang pas.

Hal ini menjadi salah satu peluang bagi lulusan informatika. Lantas apakah lulusan SMK bisa ambil jurusan kuliah untuk anak SMK ini? Jawabannya adalah bisa. Selama kamu lulusan SMK program teknik komputer dan informatika semuanya mungkin.

Saat kamu di bangku SMK tentu sudah mengenal ilmu terkait dengan software dan komputer. Hal ini bisa menjadi bekal untuk kamu melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Sebenarnya pengetahuanmu tentang software dan komputer bisa dibilang lebih unggul dibandingkan lulusan SMA karena memang kamu lebih banyak mengenal hal tersebut dibanding mereka.

Saat semester satu nanti semua materi adalah ilmu dasar. Walaupun kamu rasa ilmumu kurang, tak usah khawatir karena semuanya akan dimulai dari dasar lagi karena memang tak hanya lulusan SMK namun teman-temanmu disana juga pasti ada yang berasal dari SMA sehingga mereka harus dikenalkan terlebih dahulu terkait dengan ilmu komputer dan informatika.

Kampus yang menyediakan jurusan informatika diantaranya adalah UB, ITS, UNPAD, UGM, dan ITB. Kampus kampus ini adalah jajaran kampus terbaik di Indonesia sehingga kamu tak perlu ragu untuk masuk menjadi salah satu mahasiswa disana. Seleksinya juga berat sehingga kamu harus mempersiapkan semuanya dengan baik dan matang.

4. Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja?

Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja? Jurusan Farmasi bisa menjadi salah satu pilihan.

Jurusan farmasi adalah salah satu jurusan yang jurusan kuliah yang cocok untuk tamatan SMK. jurusan kuliah untuk anak SMK ini sangat cocok jika semasa SMK kamu mengambil program keahlian farmasi.

Saat dibangku kuliah kamu akan memperdalam ilmu yang telah kamu peroleh sebelumnya. Ilmu ilmu yang akan dipelajari diantaranya adalah mencampur, meracik, serta membuat obat.

Jurusan farmasi seringkali menjadi salah satu jurusan yang diburu oleh para calon mahasiswa. Tak heran jika persaingannya cukup ketat. Alasan mengapa jurusan ini cukup populer karena memang prospek kerjanya bisa dibilang cukup baik.

Lulusan jurusan farmasi bisa bekerja di BPOM, rumah sakit, industry kecantikan, dan juga industri obat obatan.

Banyak kampus yang didalamnya terdapat jurusan farmasi. Kamu harus pintar pintar melihat peluang, agar kamu bisa masuk menjadi salah satu mahasiswanya.

Pilihlah kampus yang sesuai dengan kemampuanmu atau jika kamu ingin kampus yang baik maka kamulah yang harus meningkatkan kemampuan agar bisa lolos pada tahap seleksi.

5. Jurusan Pariwisata

Jurusan Pariwisata Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja?

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki potensi besar di bidang pariwisata. Untuk kamu yang lulusan SMK program keahlian pariwisata, bisa pilih jurusan kuliah untuk anak SMK ini jika ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi.

Materi yang kamu peroleh selama SMK akan sangat berguna karena, menjadi dasar ilmu yang bisa kamu kembangkan saat kuliah nanti

Saat kamu masuk kuliah di jurusan ini, kamu akan mendapat pengetahuan dan keterampilan terkait dengan manajemen destinasi wisata dan juga manajemen tour and travel.

Dua materi ini tentunya sangat menarik ,terutama untuk kamu yang memang memiliki cita cita menjadi seorang pengusaha di bidang pariwisata.

Tak hanya berhenti sampai disitu, kamu juga akan dilatih bagaimana komunikasi yang baik karena nantinya kamu akan bertemu dengan banyak wisatawan yang berasal dari berbagai negara.

Melihat hal tersebut, sebagai lulusan pariwisata sudah seharusnya kamu memiliki kemampuan yang baik dalam penguasaan berbagai bahasa terutama bahasa inggris.

6. Jurusan Tata Busana

Jurusan Tata Busana Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja?

Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja? Jurusan Tata Busana merupakan salah satu jurusan yang menarik.

Jurusan tata busana merupakan salah satu jurusan kuliah yang cocok untuk tamatan SMK program keahlian tata busana. Dilihat dari namanya saja jurusan kuliah untuk anak SMK ini sudah pasti linier dengan ilmu yang kamu dapat saat di bangku SMK.

Selama SMK tentu kamu sudah dibekali keahlian mendesain serta merancang baju sehingga saat kuliah kamu hanya perlu memperdalamnya saja.

Dalam jurusan tata busana, kamu juga akan diajari bagaimana cara marketing dan manajemen bisnis fashion sehingga tak heran banyak lulusan tata busana yang saat lulus mulai mengembangkan bisnis pakaiannya sendiri.

Menjadi pebisnis memang bukanlah hal yang mudah namun jika kamu memiliki passion maka bukan tak mungkin kamu akan berhasil.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja

7. Jurusan Film dan Televisi

Jurusan Film dan Televisi Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja?

Dunia hiburan semakin mengalami perkembangan. Tayangan bermutu menjadi salah satu hal yang dicari. Tak hanya bermutu, film yang diproduksi juga harus memiliki desain grafis yang sangat baik sehingga mampu membuat penonton terkesima.

Jika kamu adalah lulusan SMK bidang desain grafis, jurusan desain komunikasi visual bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

8. Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja?

Jurusan kuliah untuk anak SMK adalah jurusan Desain Komunikasi Visual, sering disebut sebagai jurusan DKV.

Banyak program kompetensi DKV yang ditawarkan di jenjang SMK. Namun, tidak ada salahnya mempelajari ilmu ini melalui gelar sarjana di perguruan tinggi.

Desain komunikasi visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari ide dan pernyataan komunikasi yang inovatif dengan menggunakan komponen visual untuk membantu menyampaikan pesan tertentu.

Prospek jurusan DKV pertama adalah Anda akan menjadi desainer web, desainer grafis, ilustrator, creative director, desainer freelance, mobile desainer, animator, dan bidang industri kreatif lainnya.

9. Jurusan Multimedia

Jurusan Multimedia Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja?

Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja? Jurusan Multimedia termasuk salah satu jurusan yang menjanjikan.

Multimedia merupakan salah satu jurusan yang tepat bagi rekan-rekan SMK, karena disinilah Anda mengembangkan website, game, program digital dan masih banyak lagi.

Hal tersebut tentunya membutuhkan skill yang sangat tinggi dalam dunia multimedia. Namun karena Anda berasal dari SMK multimedia, tentunya Anda tidak akan merasa kesulitan nantinya saat duduk di kursi kuliah.

Hampir sama dengan prospek kerja di DKV, jika mengambil jurusan multimedia, Anda bisa bekerja di industri kreatif seperti fotografer, animator, desainer grafis, ilustrator, editor video bahkan YouTuber.

10. Jurusan Analisis Kimia

Jurusan Analisis Kimia Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja?

Bahkan dalam ilmu alam, jurusan analisis kimia sangat diperebutkan sebagai jurusan yang mempunyai tingkat persaingan tinggi.

Jadi, di seluruh jenjang SMK yang menawarkan jurusan kuliah untuk anak SMK ini, jika ingin memperdalam ilmu dan keterampilan, bisa melanjutkan ke jenjang S1 dan masuk jurusan analisis kimia ini.

Secara umum jurusan analisis kimia dimulai sebagai pengetahuan, mempelajari konsep dasar pengetahuan kimia, dari beberapa zat hingga peristiwa atau proses yang terjadi di dalamnya.

Sebelum Anda memulai jurusan ini, Anda harus terlebih dahulu mengetahui prospek pekerjaan.

Sebagai lulusan analis Kimia, Anda sangat berpeluang untuk meniti karir sebagai analis laboratorium, peneliti, pendidik, pengusaha di industri kimia, analis makanan dan masih banyak lagi.

11. Jurusan Tata Boga

Jurusan Tata Boga Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja?

Mata kuliah jurusan SMK selanjutnya adalah jurusan tata boga. Jurusan tata boga adalah pengetahuan tentang teknik penyajian makanan, dengan memperhatikan berbagai faktor yaitu kualitas rasa makanan, estetika dan nilai gizi makanan yang disajikan.

Selain belajar tentang pengolahan, Anda akan mengenal perencanaan, pengendalian dan pengelolaan bisnis dalam usaha kuliner.

Tentu saja, pengetahuan dan keterampilan yang Anda peroleh dalam perjalanan kuliner cukup luas. Prospek karir termasuk Anda memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai koki, bekerja di perusahaan industri, hotel, pelayaran dan barista.

Juga, Anda dapat memulai bisnis restoran Anda sendiri sambil mempraktikkan keterampilan memasak yang telah Anda peroleh.

Ada juga karir yang populer saat ini, yaitu sebagai pembuat konten, di mana Anda membuat konten memasak di berbagai platform seperti YouTube, Instagram, TikTok, dan situs web.

12. Jurusan Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja?

Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja? Jurusan Teknik Elektro bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin melanjutkan ke tingkat universitas.

Jurusan teknik elektro adalah jurusan yang paling erat kaitannya dengan konsep, desain, pengembangan, dan produksi peralatan listrik dan elektronik.

Ilmu yang Anda peroleh selama SMK dan studi Anda di bidang teknik elektro tentunya juga akan bermanfaat bagi karir Anda nantinya, karena program sarjana teknik elektro memiliki prospek karir yang sangat baik dan lulusannya dicari oleh sebagian besar industri.

Sebagai lulusan teknik elektro bisa berkarir sebagai dosen, PNS, di perusahaan BUMN seperti PLN, Pertamina dan Telkom, sebagai project engineer, software developer, system engineer dan lain-lain.

13. Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja?

Di bagian ekonomi juga ada jurusan akuntansi. Keunggulan jurusan kuliah untuk anak SMK ini tidak perlu diragukan lagi. Semua perusahaan dari berbagai bidang tentunya membutuhkan lulusan akuntansi.

Di jurusan Akuntansi Anda akan belajar tentang debit / kredit, pembukuan, pasar modal, audit dan berbagai prinsip akuntansi lainnya. Ternyata, kamu bisa memperdalam ilmu akuntansi yang kamu pelajari di SMK dengan cara ini!

Untuk prospek kerja, Anda akan menjadi konsultan pajak, ahli keuangan, akuntan, pegawai bank dan masih banyak lagi.

14. Jurusan Administrasi Perkantoran

Jurusan Administrasi Perkantoran Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja?

Jurusan kuliah untuk anak SMK selanjutnya adalah Administrasi Perkantoran. Jika Anda adalah lulusan SMK di program ini, tentu tepat jika Anda melanjutkan ke jenjang S1 dengan keterampilan ilmu kantor.

Dalam jurusan administrasi kantor ini, Anda akan belajar tentang penganggaran keuangan, manajemen kantor, serta pembayaran dan tata kelola kantor atau bisnis.

Di antara prospek dan status pekerjaan yang dapat dicari oleh lulusan Administrasi Perkantoran adalah menjadi resepsionis di hotel, rumah sakit, dan fasilitas layanan publik lainnya.

Selain itu, lulusan ini juga berkesempatan untuk menjadi sekretaris kantor atau sekretaris individu, pegawai sumber daya manusia, asisten manajer, pegawai bank, dan pekerja administrasi lainnya di instansi pemerintah atau swasta.

15. Jurusan Bisnis dan Pemasaran

Jurusan Bisnis dan Pemasaran Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja?

Jika Anda lulusan SMK jurusan Bisnis dan Pemasaran, jurusan ini bisa bekerja di mana saja. Siapa yang tidak membutuhkan pengetahuan pemasaran untuk meningkatkan bisnisnya?

Untuk mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan, melanjutkan studi di bidang administrasi bisnis dan pemasaran atau manajemen bisa menjadi salah satu alternatif Anda.

Nah, melalui jurusan bisnis dan pemasaran, Anda memperdalam pengetahuan tentang cara yang tepat untuk menganalisis pasar dan menemukan peluang bisnis di dalamnya.

Di era serba digital saat ini, transaksi jual beli juga dapat dilakukan secara online dan semakin beragam.

Oleh karena itu, dengan bekal keterampilan bisnis dan pemasaran, terdapat beberapa peluang kerja bagi lulusan di sepanjang jurusan kuliah untuk anak SMK ini, misalnya. pemasaran digital, bekerja di startup e-commerce, staf administrasi pemasaran dan pembelian atau membuka pekerjaan dengan memulai bisnis Anda sendiri.

Demikianlah penjelasan terkait dengan jurusan yang bisa diambil oleh tamatan SMK. Selama program keahlian yang diambil semasa SMK linier dengan jurusan yang diinginkan maka, kamu masih bisa mencoba mendaftarnya. Namun kamu harus lihat dulu bagaimana ketentuan calon mahasiswa dari universitas

Semoga bisa menjawab pertanyaan mengenai Lulusan SMK Bisa Kuliah Jurusan Apa Saja?, terimakasih.

Apakah lulusan SMK bisa kuliah di jurusan lain?

Tentu saja saya bisa. Tetapi masalah sebenarnya bukanlah apakah Anda dapat belajar di bidang studi yang berbeda atau tidak. Tidak apa-apa untuk belajar di jurusan yang berbeda dari jurusan SMK Anda, selama Anda bisa lulus seleksi untuk jurusan itu dan tentu saja lulus.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!