Cara Membatalkan Interview Kerja Menggunakan Email

Cara Membatalkan Interview Kerja Menggunakan Email? Sebagai fresh graduate atau pencari kerja, tentunya kamu akan melamar pekerjaan secara bersamaan di sejumlah tempat.

Cara Membatalkan Interview Kerja Menggunakan Email

Hal ini dilakukan agar mendapat kesempatan tawaran pekerjaan lebih besar. Namun bagaimana jika terdapat beberapa tawaran kerja sekaligus, tetapi kamu harus memilih satu? Berikut contoh/cara menolak tawaran kerja karena sudah bekerja.

Cara Membatalkan Interview Kerja Menggunakan Email

1. Segera Sampaikan Kalau Kamu Harus Menolak Tawaran Tersebut

Setelah mengirim surat lamaran dan wawancara yang banyak, akhirnya kamu diterima juga di sebuah perusahaan. Namun terkadang tawaran tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi yang kamu inginkan, atau kamu sudah diterima di suatu perusahaan lain. Banyak pertimbangan yang harus kamu lakukan untuk menerima sebuah pekerjaan.

Jika dirasa belum cocok, kamu juga harus memikirkan alasan karena tidak bisa menerima pekerjaan tersebut. Meskipun kamu menolak, kamu juga harus bisa menjaga reputasimu agar tidak dipandang sebelah mata oleh pihak perusahaan. Maka dari itu, jika memang sudah yakin untuk tidak menerima pekerjaan, segera sampaikan ke pihak HRD yang memberikan tawaran.

Jangan biarkan pihak perusahaan menggantung dalam ketidakpastian. Akan lebih baik untuk cepat mengabarkan bahwa kamu tidak bisa bergabung ke perusahaan. Jika memang kamu tidak bisa menerima pekerjaan tersebut, maka segera menyampaikan keputusan adalah solusi yang tepat. Hal ini kan membuatmu mudah mengambil langkah selanjutnya.

2. Berikan Alasan yang Jelas dengan Baik

Sebagai pencari kerja, ada baiknya jangan menolak tawaran kerja tanpa memberikan alasan yang jelas dengan baik. Sebagai contoh/cara menolak tawaran kerja karena sudah bekerja bisa dilakukan dengan sopan. Apalagi jika kamu sudah melewati berbagai macam tahapan yang memakan banyak waktu pihak HRD. Jangan biarkan pihak perusahaan bertanya tanya kenapa kamu tidak menerima tawaran tersebut.

Sampaikan alasan kamu menolak tawaran tersebut dengan jelas. Namun perlu diingat, kamu tidak perlu menceritakan detail lebih lanjut dari keuntungan diterima di perusahaan lain. Sampaikan saja kalau kamu sudah mendapat kerja di tempat lain atau masih belum cocok dengan posisi yang ditawarkan perusahaan yang kamu tolak.

Jangan sampai menceritakan alasanmu dengan panjang lebar. Singkat, padat, dan yang terpenting adalah jelas. Sampaikan jika kamu tertarik dengan posisi tersebut tetapi gaji yang ditawarkan masih belum sesuai dengan harapanmu. Bisa jadi mereka akan mempertimbangkan alasan tersebut.

Sampaikan juga jika kamu masih merasa kurang dalam potensi atau keahlianmu untuk mengisi posisi tersebut. Pendekatan yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan alasan seperti contoh “setelah mempertimbangkannya, saya memutuskan untuk menerima pekerjaan di posisi lain” atau “meskipun tawaran tersebut kesempatan yang besar namun saya lebih cocok…

Kamu bisa menambahkan alasan lainnya agar lebih rasional dan diterima. Misalnya kamu sudah diterima di perusahaan lain karena rekomendasi kerabat terdekat. Kamu bisa menyampaikan dengan contoh/cara menolak tawaran kerja karena sudah bekerja, seperti, “saya berterima kasih atas kesempatan dan pengalaman yang diberikan, namun saya menerima tawaran lain yang membawa ke tujuan karir yang saya inginkan

3. Tunjukan Rasa Terima Kasih Karena Sudah Diberi Kesempatan Untuk Bergabung

Cara Membatalkan Interview Kerja Menggunakan Email selanjutnya adalah jangan berpikir bahwa wawancara itu mudah karena yang dilakukan hari hanya bertanya. Namun terkadang tim recruiter harus menghabiskan waktu seharian untuk mewawancarai kandidat pelamar kerja. Meskipun merekrut merupakan tugas yang sudah seharusnya mereka lakukan, namun mereka juga sudah meluangkan banyak waktu.

Bayangkan saja berapa banyak waktu yang haru digunakan untuk membaca CV, meninjau hasil tes, hingga proses wawancara. Tentunya hal tersebut akan menguras banyak tenaga dan waktu. Jadi meskipun kamu harus menolak sampaikan rasa terima kasih karena kesempatan dan waktu yang sudah diberikan.

Jika kamu melakukan penolakan melalui email, sebaiknya katakan terima kasih terlebih dahulu. Setelah itu, sampaikan kalimat yang bertujuan untuk menyampaikan rasa hormat karena sudah diberi kesempatan untuk diterima di perusahaan.  Kata kata yang bisa digunakan seperti “terima kasih atas tawaran tersebut, saya menghargai kesempatan yang diberikan

Contoh/cara menolak tawaran kerja karena sudah bekerja bisa disampaikan dengan kalimat, “terima kasih atas waktu wawancara yang diberikan, saya belajar banyak mengenai posisi tersebut” Kalimat seperti inilah yang dapat kamu gunakan untuk menolak tawaran kerja yang diberikan oleh suatu perusahaan. Setelah menyampaikan rasa terima kasih, sebaiknya untuk menjelaskan apa alasan tidak bisa bergabung.

4. Katakan yang Sebenarnya dengan Menggunakan Bahasa yang Sopan

Untuk menolak pekerjaan yang sudah ditawarkan hendaknya menggunakan kalimat basa basi. Hal ini juga perlu dilakukan untuk membuat bahasa penolakan lebih baik dan tidak menyinggung pihak perusahaan. Dengan begitu, kamu masih dinilai sebagai pribadi yang baik dan reputasimu tetap terjaga.

Meskipun menolak, kamu juga bisa menyampaikan apa yang membuatmu tertarik untuk bergabung ke perusahaan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menyampaikan informasi menarik yang sudah didapatkan selama proses wawancara. Sebelum pada akhirnya kamu menolak tawaran yang sudah diberikan.

Sampaikan dengan terang bahwa awalnya posisi tersebut sangat menarik perhatianmu dan membuat kamu ingin bergabung. Namun, ada beberapa hal yang membuat keputusan tersebut berubah. Kamu perlu memperlihatkan bahwa keputusan yang kamu ambil merupakan langkah yang tepat dan benar.

Dengan menyebutkan ketertarikan bergabung pada perusahaan yang menerima lamaran pekerjaan tersebut, kamu akan membuat mereka merasa tidak akan sia sia sudah meluangkan waktu untuk menyeleksi kamu di beberapa tahap. contoh/cara menolak tawaran kerja karena sudah bekerja seperti, “setelah mempertimbangkannya, belum saatnya untuk saya meninggalkan posisi di perusahaan sebelumnya”

Menolak tawaran pekerjaan bukan berarti kamu mengakhiri hubungan tersebut. Pasalnya, dunia kerja merupakan dunia yang saling berkaitan. Bisa jadi suatu saat perusahaan yang kamu tolak, ternyata bekerja sama dengan perusahaan yang kamu terima. Atau bisa jadi di lain kesempatan perusahaan yang tidak kamu terima membuka lowongan yang kamu inginkan.

Karena kamu tidak tahu apa yang akan terjadi, lebih baik untuk menolak dengan kalimat yang sopan. Meskipun kamu tidak menyukai posisi yang ditawarkan perusahaan yang menerima kamu, akan lebih baik menyampaikan dengan berhati hati. Sampaikan bahwa kamu akan menyambut dengan senang hati jika ada posisi lain yang sesuai kompetensi.

Baca juga: Cara Negosiasi Gaji via Email dan saat Interview Kerja

5. Sampaikan Keputusanmu Melalui Email atau Telefon

Menyampaikan keputusan untuk tidak menerima tawaran kerja bisa dilakukan melalui telefon. Hal ini akan membuat kamu tampak lebih profesional. Tetapi jika tidak bisa menggunakan media telefon sebagai contoh/cara menolak tawaran kerja karena sudah bekerja, maka kamu bisa menggunakan email untuk menyampaikan yang sebenarnya.

Itulah beberapa cara menolak tawaran pekerjaan dengan baik dan benar. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah profesional yang bisa kamu lakukan. Untuk menyampaikan pesan tersebut, kamu bisa menggunakan bahasa yang sopan. Langkah awalnya, kamu harus menyampaikan rasa terima kasih terlebih dahulu. Lalu sampaikan alasan yang jelas singkat dan masuk akal.

Bagi anda yang sedang berada diposisi dimana ingin menolak tawaran pekerjaan sebuah perusahaan, maka perlu memahami cara membatalkan interview kerja menggunakan email. Penolakan tawaran pekerjaan merupakan hal yang lumrah dilakukan. Karena, pada dasarnya bekerja membutuhkan kesesuaian passion dan kemampuan dari seseorang.

Cara Menolak Panggilan Interview dengan Sopan

1. Merenungkan Keputusan

Jika ditelaah lebih dalam, peluang diterima kerja di sebuah perusahaan bisa saja tidak terjadi dua kali. Hal inilah yang harus anda renungkan sebelum menolak panggilan interview perusahaan. Namun jika anda sudah merasa yakin bahwa pekerjaan tersebut tidak cocok dengan passion atau kemampuan, maka bisa mencari pekerjaan lain yang lebih bisa menyesuaikan.

2. Menyampaikan Keputusan Secepatnya

Jika anda sudah merenungkan keputusan dan bertekad tidak menerima panggilan pekerjaan, lebih baik langsung membalas email penolakan dengan cepat. Setelah anda menerima pemberitahuan panggilan interview, jangan membalasnya dengan kurun waktu lebih dari 3 hari. Pasalnya, perusahaan tersebut akan berasumsi bahwa anda menerima pekerjaan yang ditawarkan.

Usahakan untuk tidak membuat perusahaan tersebut menunggu respon yang akan anda berikan. Perlu diketahui, seorang recruiter juga memiliki pekerjaan menyesuaikan target, memberi respon dan keputusan yang lama tentu akan menyulitkan pekerjaan mereka. Dengan sikap demikian, anda akan dinilai sebagai orang yang tidak bertanggung jawab.

Karena itu salah satu cara membatalkan interview kerja menggunakan email dengan tepat adalah dengan memberikan keputusan secara cepat. Hal tersebut juga tentunya akan memudahkan perusahaan untuk merencanakan langkah selanjutnya.

Mengulur ulur waktu dalam menyampaikan keputusan juga dapat menghambat peluang pelamar lain untuk bekerja di perusahaan tersebut.

3. Mengucapkan Kata Maaf Dan Terima kasih Dengan Tulus

Pada dasarnya semua hal yang berhubungan dengan penolakan tentunya akan menimbulkan kesan yang tidak baik. Begitu juga yang dirasakan oleh recruiter saat mendapati pelamar yang melakukan penolakan. Apa pun alasan anda menolak pekerjaan tersebut, tetap sertakan permintaan maaf karena telah menolak tawaran pekerjaan suatu perusahaan.

Tunjukkan kepada pihak perusahaan bahwa anda merupakan orang yang rendah hati dan tulus. Tak perlu gengsi, ucapan permohonan maaf justru akan memperlihatkan sisi terbaik dalam karakter anda sebagai manusia. Selain minta maaf, ada pula kata ajaib lainnya yang juga dapat menampilkan sisi terbaik dalam karakter, yakni ucapan terima kasih.

Meskipun anda menolak lamaran pekerjaan, ada baiknya untuk menyampaikan terima kasih dan apresiasi karena sudah dipilih dan dipercayai untuk menduduki posisi yang ditawarkan. Sebagai informasi, perusahaan tidak akan merekrut pelamar dengan sembarangan. Dibutuhkan begitu banyak pertimbangan untuk memutuskan bahwa pelamar tersebut layak dijadikan anggota perusahaan.

Anda juga harus menyadari bahwa seluruh proses dan cara membatalkan interview kerja menggunakan email bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, bukan hanya CV anda saja yang dibaca, ada puluhan bahkan ratusan CV yang perlu dipelajari oleh tim perusahaan. Setelah mengetahui proses yang begitu sulit, ucapan terima kasih akan menjadi sebuah apresiasi bagi mereka yang sudah bekerja keras.

4. Berikan Alasan Dengan Sopan Dan Jelas

Sebagai saran, jangan pernah mengambil keputusan tanpa memberikan alasan yang jelas. Anda tak boleh membuat tim perusahaan merasa bertanya tanya mengapa anda menolak tawaran pekerjaan padahal sudah dilamar. Jika memberikan alasan yang tidak jelas, perusahaan akan menganggap bahwa anda bukanlah orang yang kompeten.

Apabila anda merasa tidak cocok dengan pekerjaan tersebut, jelaskan bagian dan aspek mana yang membuat anda merasa pekerjaan tersebut tidak sesuai. Misalnya, jika anda sudah melamar di suatu perusahaan namun ternyata pekerjaan tersebut meminta tenaga ahli di bidang tertentu, maka anda bisa katakan hal tersebut dengan jujur.

Jika alasan anda menolak karena sudah diterima di perusahaan lain, maka jelaskan dengan baik dan sopan terkait alasan tersebut. Ingat untuk tidak menyertakan kalimat yang bisa merendahkan perusahaan yang anda tolak. Apalagi jika anda melakukan perbandingan dengan perusahaan lain, tentu saja cara membatalkan interview kerja menggunakan email akan merugikan recruiter.

5. Tetap Jalin Hubungan Dengan Baik Dengan Perusahaan

Jika sebelumnya anda bersikap baik dan sopan ketika menolak panggilan interview, tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan tersebut akan tetap membuka kesempatannya. Bisa jadi, di kemudian hari jika perusahaan tersebut membuka lowongan pekerjaan kembali, maka anda bisa melamar pekerjaan tersebut dengan pengalaman baru.

Sampaikan kepada pihak perusahaan bahwa anda senang menjalin hubungan baik dengan mereka. Apabila ada kesempatan lain yang datang, anda akan memiliki peluang yang cukup besar untuk bekerja di tempat tersebut. Keputusan penolakan yang dilakukan secara baik dan sopan akan membuat recruiter merasa bahwa anda adalah orang yang bertanggung jawab.

6. Jangan Mengatakan Jika Ada Acara Interview Di Tempat lain

Hal yang perlu diperhatikan saat mengirim email penolakan interview pekerjaan ialah tidak membicarakan jadwal lain pada hari yang sama. Di tengah sulitnya mendapatkan peluang pekerjaan, melamar pekerjaan bercabang memang hal yang lumrah dilakukan. Hal tersebut bertujuan jika salah satu perusahaan menolak lamaran, masih ada lowongan lain yang bisa diandalkan.

Cara membatalkan interview kerja menggunakan email saat anda sudah memiliki janji interview di perusahaan lain adalah dengan mengatakan alasan yang sejujurnya. Mereka bisa saja berasumsi bahwa anda tidak serius dalam melamar pekerjaan yang mereka tawarkan. Untuk mengantisipasinya, anda bisa memilih perusahaan mana yang paling cocok.

Setelah menemukan pilihan perusahaan yang paling cocok, anda bisa menolak panggilan interview perusahaan lainnya. Katakan secara jujur jika anda tidak terlalu cocok dengan pekerjaan yang ditawarkan. Bisa jadi karena pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan kemampuan atau passion, anda juga bisa mengatakan bahwa sudah diterima di perusahaan lain.

7. Isi Email Penolakan Dengan Bahasa Yang Tidak Bertele Tele

Sebagai saran, penulisan email penolakan tidak dibuat dengan bahasan yang terlalu bertele tele. Tuliskan apa pun yang penting untuk dikatakan saja. Hindari pula gaya tulisan yang terkesan terlalu emosional, karena pihak perusahaan akan menganggap anda sebagai orang yang tidak kompeten. Jika nantinya perusahaan tersebut membuka lowongan kembali, maka peluang anda pun semakin rendah.

Anda tentunya tahu bahwa sebuah surat penolakan tentu akan membuat salah satu pihak merasa kecewa. Namun setidaknya anda sudah berani bertindak jujur dalam hal pekerjaan. Dari pada menuliskan hal hal yang tidak terlalu penting, cara membatalkan interview kerja menggunakan email bisa diisi dengan alasan yang to the point agar perusahaan tidak berasumsi buruk.

Itulah beberapa cara membatalkan interview kerja menggunakan email terhadap perusahaan yang dilamar. Dari ulasan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa sebenarnya menolak pekerjaan bukanlah hal yang baik dilakukan. Namun, hal tersebut lumrah terjadi jika perusahaan yang anda lamar tidak sesuai dengan kriteria serta keinginan. Pastikan mengikuti langkah langkah penolakan yang baik seperti yang sudah dijelaskan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!