Tips Sukses Interview Kerja Bahasa Inggris

Bagaimana Tips Sukses Interview Kerja Bahasa Inggris? Hai para jobseekers? Tidak dipungkiri tahap interview adalah tahap yang mendebarkan.

Tips Sukses Interview Kerja Bahasa Inggris

Di perusahaan nasional maupun multinasional interview dilakukan untuk mengetahui calon karyawan secara personal. Kecakapan berbahasa sangat menentukan hasil akhir dari tes kamu.

Yuk, simak tips sukses interview kerja bahasa Inggris berikut ini.

A. Trik Lolos Interview Bahasa Inggris

1. Melakukan Observasi Bidang Pekerjaan Yang Dilamar

Nah, hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum melaksanakan interview adalah mengecek kembali perusahaan yang telah kamu lamar. Pelajari segala hal tentangnya.

Seperti visi, misi, dan, perusahaannya bergerak dalam bidang apa. Lebih jauh lagi kamu harus memahami tentang divisi yang kamu lamar, deskripsi pekerjaan kamu jika nanti diterima dan ruang lingkup kerja nantinya.

Pada umumnya perusahaan akan menanyakan seputar data diri dan kehidupan personal. Perusahaan akan menilai seberapa besar kamu mengetahui diri sendiri.

Selain itu perusahan juga ingin mengenalmu secara personal. Untuk mengetahui karakter kamu, apakah cocok berada di posisi yang kamu lamar atau justru tidak memenuhi kriteria.

Data-data itu sangat berguna bagi kamu untuk memilih kosakata bahasa inggris yang akan kamu gunakan nantinya. Pastikan kosakata itu sesuai dengan bidang yang kamu lamar sebelumnya.

Jika kesulitan susun kalimat dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu baru kemudian dirangkai menggunakan bahasa inggris. Bila perlu meminta bantuan pada ahlinya.

2. Persiapkan Pertanyaan Interview Kerja Bahasa Inggris Dan Berlatihlah

Setelah menggali informasi mengenai perusahan yang kamu lamar, tahap selanjutnya adalah Menyusun pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan keluar pada saat sesi interview.

Untuk memudahkanmu menggali pertanyaan gunakan rumus kunci 5W + 1H. Analisislah penggunaan kata tanya What, When, Where, Who, Why, dan How.

Alangkah sebaiknya sebelum interview kerja kamu mulai membuat naskah singkat bahasa Inggris. Naskah tersebut berisi jawaban atas pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh user.

Biasanya yang banyak ditanyakan oleh perekrut berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Pada tahap ini perekrut ingin mengetahui sisi positifmu yang bisa dikaitkan dengan kandidat yang dicari.

Kemudian setelah pertanyaan dan jawaban perkiraan terkumpul, jangan lupa untuk berlatih. Berlatihlah di depan cermin seakan interview sedang berlangsung.

Kegunaan dari berlatih supaya kamu terbiasa berbicara di depan umum sehingga tidak terbata-bata saat menjawab pertanyaan perekrut. Bila perlu ajaklah rekan atau siapapun untuk menyimak dan berlatih berbicara.

3. Belajar Pengucapan Dan Aksen Bahasa Inggris

Ketika sudah merasa menguasai poin-poin jawaban yang telah disusun, jangan ragu untuk berlatih pengucapan yang benar. Hal ini sangat berguna bagi kamu supaya ketika wawancara berlangsung kamu tidak terkesan kaku dalam menggunakan bahasa inggris. Di sisi lain aksen yang jelas akan mempermudah perekrut memahami kata yang kamu ucapkan.

Aksen merupakan olah lidah agar bahasa inggris yang diucapkan tersampaikan dengan baik. Dalam ketentuan bahasa Inggris, penggunaan pronunciation yang salah, berarti akan salah makna.

Kamu pun dapat memilih pengucapanmu menggunakan aksen Amerika, Kanada atau British.

Bagi kamu yang pemula, alangkah baiknya mempelajari aksen Amerika. Karena bahasanya lebih umum dan mudah daripada aksen Inggris.

Kamu bisa melihat konten youtube untuk melihat bule Amerika berbahasa inggris. Namun, bagi kamu yang sudah mahir berbahasa inggris dapat menggunakan aksen manapun asal disampaikan dengan jelas.

4. Pelajari Tata Bahasa

Tips sukses interview kerja bahasa inggris yang tidak kalah penting adalah memahami tata bahasa. Komunikasi yang digunakan saat interview adalah komunikasi formal.

Pastikan kamu dapat menyusun kata-kata secara formal juga. Aturan tata bahasa yang banyak digunakan biasanya pada penggunaan kata yang tepat dalam conditional tenses, simple past dan present tenses.

Meskipun menggunakan bahasa yang formal, tetap gunakan intonasi yang tepat saat berbicara langsung. Sesuaikan juga dengan mimik muka.

Kondisikan diri kamu serelaks mungkin akan tetapi tetap menjaga tubuh tetap tegap. Bahasa lisan dan bahasa tubuh kamu akan menjadi penilaian bagi perekrut. Usahakan natural dan mengambil posisi duduk yang sopan.

Baca juga: Latihan Menjawab Test Wawancara Kerja dan Contoh Pertanyaannya

5. Dengar Dengan Cermat Sebelum Menjawab Pertanyaan

Tips Sukses Interview Kerja Bahasa Inggris

Mendengarkan adalah bagian yang penting dari komunikasi. Mendengarkan dan menyimak dari pertanyaan perekrut akan mempermudah kamu dalam memahami pertanyaan.

Jangan pernah menjawab sebelum perekrut selesai memberikan pertanyaan. Karena jika itu terjadi kamu akan dianggap tidak sopan dan mempengaruhi hasil akhir tes kamu.

Trik supaya kamu dapat mendengarkan dengan baik, maka cobalah mendengarkan secara hati-hati apa yang perekrut tanyakan. Rekam kata kunci apa yang diutarakan kepadamu.

Contohnya, seorang perekrut mengatakan What are were your responsibilities in your previous role. Dari kalimat ini kamu menangkap kata responsibilities dari pertanyaan itu.

Bila merasa belum jelas dengan pertanyaan yang diberikan, kamu bisa meminta perekrut untuk mengulangi kembali pertanyaanya.

Hal itu lebih baik dilakukan daripada kamu tidak jelas dengan pertanyaannya dan mencoba menjawab ngawur. Alhasil, antara pertanyaan dan jawaban nantinya tidak nyambung. Tentu saja akan mengurangi nilaimu.

6. Jaga Intonasi Dan Kecepatan Bicara

Meskipun kamu sudah berlatih dengan lancar dan sudah menguasai semua jawaban, kamu harus tetap menjaga tempo berbicara.

Bicaralah dengan intonasi yang tepat dan irama yang pas. Orang yang berbicara terlalu cepat biasanya dalam kondisi yang gugup. Hal itu akan mempercepat sesi interview akan tetapi artikulasi bahasa inggris kamu berantakan.

Berbicara terlau cepat akan merugikan kamu sendiri. Selain pesannya tidak tersampaikan dengan baik, Ketika terjadi blank mind kamu akan benar-benar berhenti berbicara.

Hal itu akan membuatmu semakin grogi dan percuma saja persiapan dan latihanmu selama berhari-hari. Perekrut Pun akan memberikan nilai yang kurang baik.

Berbicaralah yang perlahan tetapi jelas. Apabila kamu belum mengerti, kamu dapat melihat film berbahasa inggris. Amati cara berbicara orang Inggris atau Amerika tergantung aksen yang kamu gunakan.

Cermati kecepatannya berbicara. Setidaknya kamu akan mengerti bagaimana kamu akan mengatur kecepatan dari bahasa inggrismu.

Baca juga: Contoh Jawaban Kelemahan Diri Dalam Wawancara dan Tipsnya

7. Tetap Jujur

Tips Sukses Interview Kerja Bahasa Inggris

Kebanyakan perusahaan selalu mengutamakan etika. Memiliki sikap jujur adalah tips sukses interview kerja bahasa inggris yang tidak boleh diabaikan. Dalam sesi interview etikamu juga dinilai.

Hal itu bisa melalui pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh perekrut. Terkadang kamu juga akan ditanya tentang kelancaran berbahasa inggrismu.

Usahakan untuk tetap menjawab dengan jujur dengan semua kemampuan berbahasa inggrismu. Sajikan jawaban dengan jujur sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Meski bahkan kamu ditanya mengenai kemampuan bahasa inggrismu, jawablah yang sebenarnya. Apakah kamu mempersiapkan dengan berlatih dahulu atau memang sudah mahir sebelumnya.

Selain jujur dalam kemampuan berbahasa inggris, alangkah baiknya kamu juga jujur menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh perekrut.

Menjawab apa adanya tanpa melebih-lebihkan ataupun mengurang-ngurangi. Oleh karena itu, kemampuan dan kejelian kamu dalam memahami diri sendiri sangat dibutuhkan disini.

Itulah beberapa trik supaya kamu dapat lolos tes wawancara bahasa inggris. Persiapkan semua hal dengan baik. Asah terus kemampuan berbahasa inggris kamu.

Siapkan mental dan perbanyak istirahat. Pastikan kamu siap secara materi dan mental dalam menghadapi interview. Usahakan jangan pernah telat, karena akan membuat mental kamu down.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!