Cara Menanyakan Hasil Interview

Bagaimana Cara Menanyakan Hasil Interview? Kesempatan untuk dipanggil wawancara merupakan impian bagi semua jobseekers. Hati yang berdebar menunggu hasil interview tentunya menjadi hal umum yang dirasakan oleh pelamar kerja.

Cara Menanyakan Hasil Interview

Apakah berhasil atau harus menunggu kesempatan lain. Maka dari itu di sini ada beberapa cara follow up hasil wawancara yang baik dan benar.

A. Bolehkah Menanyakan Hasil Interview Kerja?

Menanyakan kelanjutan dari proses interview kerja, dapat dilakukan dalam kurung waktu sekitar 2 minggu atau lebih, sangat etis dan cukup sopan untuk kamu lakukan.

Bahkan perusahaan juga pasti akan memaklumi dari pertanyaan yang telah diajukan. Itu sebabnya setelah proses wawancara, sebaiknya kamu menanyakan nama serta nomor yang dapat dihubungi.

Terkadang recruiter membuka batas waktu untuk memberikan informasi hasil wawancara kepada kamu. Karena banyaknya tugas serta target yang ingin dicapai.

Sehingga menanyakan langsung kepada recruiter atau HRD merupakan hal yang sangat dianjurkan. Bahkan dengan  melakukan follow up akan memberi kesan kesungguhan pada pekerjaan yang kamu ambil.

Cara menanyakan hasil interview kepada HRD bisa menggunakan Email maupun mengirimkan pesan singkat, seperti WhatsApp.

Menghubungi melalui nomor telepon juga dianjurkan apabila pada saat setelah wawancara selesai pihak HRD memberikan kontaknya. Namun, alangkah lebih baik kamu mengirimkan pesan singkat terlebih dahulu sebelum meneleponnya.

Baca juga: Cara Reschedule Job Interview

B. Tips Tahap Menanyakan Hasil Wawancara

1. Tanyakan Pada Saat Akhir Wawancara

Langkah-langkah terkait tindak lanjut dari proses wawancara kamu sebenarnya dapat dimulai pada saat selesai wawancara. Salah satu fasilitas yang biasanya diberikan oleh recruiter yaitu kesempatan untuk bertanya di akhir interview.

Dengan begitu, ini adalah kesempatan bagus yang dapat kamu manfaatkan untuk menanyakan alur proses penerimaan selanjutnya.

Pastikan juga untuk memastikan bahwa perekrut telah memberikan keterangan waktu mengenai kapan kamu di hubungi. Dan perhatikan juga melalui apa kamu akan diberi informasi, apakah dari email atau whatsapp.

Dengan begitu kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk menanyakan nasib lamaran kerja kepada recruiter.

2. Melakukan pada Waktu yang Tepat

Setelah kamu mengetahui kapan untuk melakukan tindak lanjut perekrutan kerja, lebih baik jangan langsung menghubungi kontak email atau WA terburu-buru.

Alih-alih akan mendapatkan pekerjaan impianmu, justru kamu akan kehilangan kesempatan di tahap berikutnya.

Tunggu berdasarkan jadwal yang telah ditentukan, jika dalam kurun waktu tersebut belum mendapat informasi maka kamu bisa melakukan tindak lanjut.

Dalam menghubungi perekrut juga harus memperhatikan bahasa yang sopan dan yang pasti kamu mengirim pesan pada saat jam kerjanya.

3. Gunakan Email

Jika dalam proses perekrutan pihak HRD tidak memberi dan meminta menghubungi melalui nomor WA atau telepon, maka jangan sekali-kali kamu melanggar.

Karena itu akan mempengaruhi bagaimana kesan kamu di mata HRD. Jika kamu keras kepala menghubungi menggunakan ponsel, maka secara tidak langsung kamu akan di cap tidak memiliki profesionalitas.

Kamu juga tidak diperkenankan untuk bertanya atau memfollow up di media sosial recruiter. Alih-alih mendapatkan balasan dan penerimaan, justru namamu akan di coret dan akan dimasukkan dalam daftar blacklist calon karyawan perusahaan.

Karena tindakan yang kamu lakukan sangat tidak etis dan tidak sopan jika dilakukan kepada siapapun.

Sehingga alat komunikasi yang paling tepat digunakan yaitu surat elektronik atau email. Karena selain menjunjung profesionalitas dari perusahaan, kamu juga dipastikan akan jauh lebih menghargai recruiter.

Bentuk penghargaan yang dimaksudkan yaitu menghargai batas-batas privasi dari HRD.

4. Mengirim Pesan dengan Sopan

Walaupun pada kenyataannya hatimu menggebu-gebu dan pikiranmu penuh dengan overthink. Tips dan cara menanyakan hasil interview wajib untuk kamu perhatikan bahasa dari pesan yang di kirim.

Pastikan kamu menggunakan bahasa yang sopan dan tidak berbelit-belit dalam menanyakan hasil tes wawancara.

Langkah awal yang biasanya kamu gunakan yaitu dengan mengucapkan salam. Kemudian selayaknya dalam mengirim pesan secara profesional di dunia kerja yaitu dengan perkenalan singkat untuk memperkenalkan diri kepada recruiter.

Setelah itu dilanjutkan dengan menjelaskan maksud serta tujuan kamu mengirim pesan. Di akhir jangan lupa tutup emailmu dengan salam.

Selain itu kamu juga jangan terlalu sering untuk menanyakan hasil interview kepada HRD. Setidaknya maksimal kamu bisa menanyakan hasil interview sekitar sekali atau dua kali pada setiap tahap dari rekrutmen yang tengah kamu ikuti.

Karena semakin sering kamu bertanya, justru akan membuat spam pada email recruiter dan hal tersebut membuatmu terlihat tidak sopan.

5. Berikan Kesan Bahwa Kamu Antusias

Selain kesopanan dan profesionalitas, kamu juga harus menunjukkan kesan bahwa antusias dengan posisi yang kamu lamar. Akan tetapi kesan tersebut tetap harus dikemas dengan pemilihan kata yang sesuai serta bahasa yang resmi.

Karena mengingat lagi bahwa kamu sedang berbicara dengan perekrut bukan kepada teman seusiamu.

6. Jangan Lupa untuk Mengecek Ulang Pesan Sebelum diKirim

Bagian yang paling sering dilupakan yaitu mengecek kembali pesan email follow up sebelum mengirimnya. Tujuan diadakannya pengecekan ulang untuk menghindari tata bahasa yang rancu dan bertele-tele.

Sehingga justru akan membuat bingung dan miskomunikasi bagi pihak pembaca email.

Pada dasarnya terdapat tombol undo untuk mengatasi kasus tersebut, akan tetapi alangkah baiknya jika kamu memastikan terlebih dahulu ada tau tidak masalah sebelum kamu mengirim pesan.

Pasarnya undo dapat ditampilkan dalam waktu yang cukup singkat. Dan setelah itu kamu tidak ada kesempatan ulang untuk mengoreksi pesan emailmu.

Baca juga: Cara Lolos Wawancara User

C. Balasan HRD dari Hasil Interview yang Harus Kamu Perhatikan

Cara Menanyakan Hasil Interview

Setelah beberapa tahap dari cara menanyakan hasil wawancara diatas, lalu pihak perekrut akan memberikan beberapa jawaban yang harus kamu perhatikan.

Jika dari pihak perusahaan yang kamu lamar menjawab bahwa hasil tes mu akan tersimpan di database dan jika memungkinka akan di tindak lanjut. Maka jawaban tersebut merupakan cara recruiter untuk menolak halus.

Akan tetapi bisa jadi untuk beberapa saat jika perusahaan membutuhkan kualifikasi seperti yang kamu lamar sebelumnya.

Maka bisa jadi kamu akan mendapatkan kesempatan untuk bergabung dalam panggilan interview kembali dengan recruiter. Sehingga disatu sisi kamu juga masih ada kesempatan kedua.

Namun sebaliknya, jika dari pihak HRD perusahaan tersebut memberikan jawaban yang menyatakan kamu memenuhi kualifikasi.

Dan di samping itu juga di beri tahu tanggal panggilan. Maka dapat dipastikan kamu akan diterima oleh perusahaan yang kamu lamar tersebut.

Baca juga: Latihan Menjawab Test Wawancara Kerja dan Contoh Pertanyaannya

D. Bagaimana Jika Tidak Follow Up Hasil Interview?

Tidak menanyakan hasil interview kerja kepada pewawancara juga memberikan boomerang kepada kamu. Pasalnya perilaku tersebut justru akan membuatmu dipandang negatif oleh pewawancara.

Mengapa demikian?, karena kamu akan terlihat seperti tidak bersungguh sungguh untuk mengisi lowongan kerja yang ditawarkan. Setidaknya 1 kali kamu memfollow up ke HRD.

Demikian serangkaian tata cara yang bisa kamu gunakan terkait dengan menanyakan hasil wawancara. Khususnya bagi kamu yang saat ini menjadi jobseekers dan sudah melakukan interview kerja dengan perusahaan yang kamu lamar.

Semoga sajian artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi keberhasilan anda dalam hal rekrutmen.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!