Pekerjaan, Gaji dan Tugas Marketing Executive

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Marketing Executive? Marketing Executive sebagai salah satu karir yang sangat disukai oleh sebagian orang.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Marketing Executive

Karena hampir setiap perusahaan, terutama di sektor industri, menyediakan tempat duduk untuk posisi ini. Baca diskusi ini untuk lebih jelas.

A. Pengertian Marketing Executive

Jika berdasarkan pengetahuan pemasaran, istilah Marketing Executive memiliki kemiripan dengan Sales Executive. Keduanya memiliki tugas dan peran yang hampir sama. Namun, hanya sebutannya dibuat lebih menawan.

Soalnya di industri tertentu, sales tidak kalah kerennya dengan marketing. Akhirnya, namanya juga diubah menjadi Marketing Executive. Padahal, tugas dan tanggung jawabnya sama. Masih tentang pemasaran, penawaran untuk pemasaran produk.

Kata Executive pada dasarnya didasarkan pada pekerjaan atau aktivitas karyawannya, yaitu menjual atau menawarkan produk secara langsung.

Jadi secara sederhana definisi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang berdasarkan keinginan atau permintaan pelanggan.

Marketing Executive adalah karir yang nantinya akan berpartisipasi dalam meningkatkan proses pemasaran untuk mempromosikan produk, layanan, dan acara untuk kampanye tertentu.

Tujuan Marketing Executive adalah pemasaran eksekutif untuk mengoptimalkan keuntungan bisnis melalui taktik pemasaran yang tepat dalam akuisisi pelanggan.

Setelah mengetahui apa itu Marketing Executive, sekarang sudah saatnya mengetahui Tugas Marketing Executive.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Promotor Sales

B. Tugas dan Tanggung Jawab Marketing Executive

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Marketing Executive

Salah satu tugas Marketing Executive adalah bahwa karir ini benar-benar diharapkan untuk mencapai suatu target. Tugas itu tidak membuat perusahaan lalai dalam merekrut. Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab.

1. Tugas Marketing Executive

  • Tugas Marketing Executive yang pertama adalah mel akukan riset pasar untuk mempelajari lebih lanjut tentang audiens dan tren pemasaran
  • Memelihara situs web dan lakukan analitik
  • Update database menggunakan mekanisme Customer Relationship Management (CRM)
  • Atur acara dan pameran produk
  • Melakukan penulisan dan proofreading yang inovatif
  • Bekerja dengan tim desain dalam proses menciptakan merek
  • Membuat iklan di televisi, radio, media massa, informasi online dan lain-lain
  • Kelola kampanye media sosial, misalnya dengan taktik pemasaran yang sesuai di TikTok, Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya
  • Pantau pemasaran pesaing dan buat arahan untuk produk atau layanan
  • Bekerja sama dengan media cetak dan penerbit untuk menghasilkan produk sumpah serapah, brosur buletin, dll
  • Temukan sumber pendanaan dan sponsor
  • Memasarkan suatu produk.
  • Mempresentasikan produk kepada pelanggan.
  • Membuat program pemasaran.
  • Temukan pelanggan baru.
  • Temukan informasi tentang pesaing.
  • Lakukan negosiasi.
  • Melakukan promosi produk atau jasa.
  • Tugas terakhir seorang Marketing Executive adalah membuat laporan untuk tindakan pemasaran menggunakan analisis data yang mudah dipahami

2. Tanggung Jawab Marketing Executive

  • Mencapai tujuan pemasaran yang sama seperti yang ditetapkan.
  • Menjalin hubungan baik dengan pelanggan atau rekanan.

C. Gaji dan Tunjangan Marketing Executive

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Marketing Executive

Secara umum, ada banyak kategori yang dapat membedakan besaran gaji setiap karyawan. Ini adalah keputusan yang dibuat oleh hampir setiap bisnis. Sehingga dapat disebutkan bahwa nilai gaji tidak sama dan bervariasi.

Gaji karir ini ditentukan oleh berbagai faktor seperti, posisi yang ditempati, status pegawai hingga tempat tinggal tempat bekerja.

Bahkan pekerja pemula (fresh graduate) menerima gaji yang berbeda dari karyawan lama.

Perusahaan harus mempertimbangkan besar kecilnya gaji berdasarkan faktor terkecil. Hal yang sama berlaku untuk karyawan pemula atau baru, nilai upahnya berbeda dibandingkan dengan senior. Begitu juga posisi pada status kepegawaian.

Tugas Marketing Executive yang cukup banyak juga mempengaruhi gaji dan juga tunjangan dari Marketing Executive.

Baca juga: Kemampuan Yang Harus Dimiliki Seorang Marketing Andal

D. Persyaratan dan Kualifikasi Marketing Executive

Persyaratan dan kualifikasi Marketing Executive umumnya tidak dirinci. Namun, ini dilemparkan kembali ke pihak perusahaan yang ingin merekrut atau membuka lowongan. Berikut beberapa persyaratan dan kualifikasinya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pada dasarnya, persyaratan pendidikan untuk karir ini setidaknya gelar sarjana. Tapi itu bukan keputusan mutlak, masih tergantung pada perusahaan yang memiliki hak. Dari segi pengalaman pasti sangat bisa diandalkan, bahkan minimal satu tahun di bidangnya.

2. Skill dan Kemampuan

Keterampilan dasar yang harus dimiliki Marketing Executive adalah kemampuan menganalisis pasar. Karena pekerjaannya adalah analisis pasar dan pelanggan. Selain itu, menguasai komunikasi untuk memahami ilmu pemasaran cukup diakui.

Untuk mendukung Tugas Marketing Executive, diperlukan kemampuan sebagai berikut:

a. Komunikasi interpersonal

Ketika Anda bertindak sebagai perantara antara perusahaan dan pelanggan, Anda harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Anda harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan berbagai jenis pelanggan atau konsumen melalui media yang berbeda.

Jadi komunikasi yang perlu Anda kuasai tidak hanya komunikasi lisan tatap muka tetapi juga komunikasi melalui media lain yang perlu Anda kuasai seperti, komunikasi melalui telepon, tulisan, video call dan lain-lain.

Komunikasi interpersonal tentu sangat mendukung Tugas Marketing Executive dalam bertemu pelanggan.

b. Marketing Executive

Kekuatan Marketing Executive pada dasarnya berbeda dari kekuatan interpersonal, tetapi Marketing Executive adalah skill yang harus dimiliki seorang Marketing Executive.

Seseorang yang ahli dalam komunikasi interpersonal belum tentu memiliki skill Marketing Executive.

Skill Marketing Executive membutuhkan tingkat optimisme yang lebih tinggi daripada komunikasi interpersonal. Oleh karena itu, jika Anda memiliki skill Marketing Executive yang baik, Anda dapat meluncurkan produk atau layanan Anda dengan lebih efisien.

c. Skill Menulis

Jika Tugas Marketing Executive adalah mengelola website atau iklan makan skill menulis sangat berguna disini.

Seorang Marketing Executive juga harus memiliki skill yang baik. Tanpa otoritas ini, Anda akan kesulitan untuk mengiklankan barang atau jasa Anda secara tertulis.

Tentu saja, jika Anda memiliki skill menulis yang baik, Anda dapat menyesuaikan gaya penulisan untuk tujuan yang berbeda tergantung pada target pasar perusahaan.

d. Berorientasi pada detail

Sebagai salah satu bentuk representasi perusahaan, maka Marketing Executive seringkali diasosiasikan dengan beberapa orang, sehingga Marketing Executive harus berhati-hati.

Kesalahan kecil Anda dapat dilihat sebagai kesalahan besar oleh pelanggan dan berdampak negatif pada citra perusahaan.

dengan Tugas Marketing Executive yang rata-rata memerlukan orientasi pada detail maka tentu saja skill ini dibutuhkan.

e. Memiliki daya jeli dan analitis

Tugas Marketing Executive yang memerlukan daya jeli dan analitis adalah menganalisa pasar dan kompetitor.

Kekuatan ini sangat dibutuhkan ketika Anda perlu menentukan target pasar yang jelas dan tepat. Selain itu, kekuatan ini berguna agar Anda dapat mengetahui kebutuhan pasar dan meningkatkan serta menyesuaikan produk atau layanan sesuai dengan kekuatan Anda.

Tanpa kemampuan analisis yang baik dari seorang Marketing Executive, akan sulit bagi pihak perusahaan untuk meningkatkan produk atau layanan mereka.

f. Inovatif dan Inovatif

Kekuatan inovatif diperlukan di hampir semua bidang tanggung jawab. Penciptaan dapat dilihat sebagai bahan bakar untuk semua kekuatan yang Anda butuhkan.

Oleh karena itu, dengan daya kreatif yang besar, Anda dapat berkomunikasi, menulis, dan merancang taktik apa pun dengan lebih efisien atau efektif.

Suatu kekuatan yang menyatu dengan kekuatan ciptaan harus mampu menghasilkan sesuatu yang berbeda dari yang lain. Karena ada kekuatan kreatif tingkat tinggi, semakin banyak kekuatan yang dapat Anda masukkan ke dalam perkembangan baru.

g. Negosiator yang persuasif dan kuat

Seorang pemimpin pemasaran tidak hanya perlu memamerkan produk atau layanan mereka, mereka juga harus dapat mengundang orang untuk membeli produk atau layanan perusahaan.

Selain kekuatan persuasi, keterampilan negosiasi sangat penting agar suatu transaksi bisnis juga dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan dan kelompok perusahaan.

Salah satu tugas Marketing Executive adalah melakukan negosiasi, sehingga jika anda mempunyai skill ini akan menjadi nilai tambah.

h. Kekuatan Kerjasama Tim

Seorang manajer pemasaran tidak dapat bekerja sendiri, ia juga harus dapat berbicara dengan departemen lain. Oleh karena itu, Anda harus memiliki tenaga kerja yang baik dengan bagian lain.

Karena menjaga komunikasi yang baik dan mewakili tugas adalah dua kegiatan yang perlu Anda lakukan dengan baik.

Kerjasama tim berguna dalam menyelesaikan Tugas Marketing Executive yang berhubungan dengan rekan-rekan marketing lainnya.

i. Melek teknologi

Tugas Marketing Executive saat ini cenderung ke arah teknologi sehingga perusahaan sering kali seseorang yang melek teknologi untuk posisi ini.

Di era digital ini, Anda membutuhkan peran seorang tech-savvy marketing leader, terutama bagi Anda yang bekerja di perusahaan startup.

Mengapa? Karena pengetahuan dan kekuatan Anda dalam menggunakan banyak alat dapat sangat mendukung keterampilan Anda.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Marketing

E. Tips Lolos Wawancara Sebagai Marketing Executive

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Marketing Executive

Salah satu proses yang paling mengkhawatirkan adalah tes wawancara. Tahap ini membutuhkan persiapan yang cukup. Cara menghadapi wawancara adalah dengan memprediksi kemungkinan pertanyaan yang muncul. Inilah salah satunya.

  • Jelaskan diri Anda secara singkat tetapi dengan berkelas.
  • Tunjukkan pengalaman selama menjadi marketing.
  • Ceritakan tentang pengalaman kerja Anda.
  • Jelaskan keberhasilan terbaik dalam pemasaran.
  • Pendekatan sistemik kepada pelanggan.
  • Gambaran pekerjaan untuk lima tahun ke depan.
  • Alasan berkarir sebagai Marketing Executive.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi, Dan Tugas Digital Marketing

Kesimpulan

Itu hanya ulasan tentang banyak hal tentang Marketing Executive. Kami berharap informasi kali ini dapat membantu Anda memahami pekerjaan atau kualifikasi Marketing Executive.

Karena itu, jika Anda berniat melamar posisi ini, setidaknya Anda perlu mengetahui pekerjaannya terlebih dahulu. Juga, kuasai semua kemampuan dan skillnya.

Sekian artikel mengenai Pekerjaan, Gaji dan Tugas Marketing Executive, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!