4 Cara Menolak Panggilan Interview Kerja dengan Halus

Bagaimana Cara Menolak Panggilan Interview Kerja dengan Sopan? Jika kita sudah mendapatkan pekerjaan, bagimana cara menolak interview karena sudah bekerja? Kita semua tahu bahwa keadaan dapat berubah ketika Anda mencari pekerjaan.

Cara Menolak Interview Pekerjaan dengan Sopan

Akibatnya, sangat umum bagi para pencari kerja diundang untuk interview, tetapi sadar bahwa mereka tidak lagi menginginkan pekerjaan itu karena berbagai alasan.

Jika Anda ingin menolak wawancara tetapi tidak yakin bagaimana melakukannya dengan sopan, inilah beberapa saran yang akan menjaga reputasi profesional Anda tetap utuh.

Cara menolak interview kerja atau melakukan penolakan halus interview yang sedang berlangsung.

Cara Menolak Panggilan Interview Kerja

Pakaian yang Cocok untuk Interview

Halo guys, seperti yang kalian ketahui, interview adalah level yang paling mempengaruhi berjalannya suatu proses penerimaan.

Ketika Anda sudah mengirimkan lamaran kerja, panggilan atau tawaran interview adalah hal yang paling ditunggu.

Lalu bagaimana jika Anda tiba-tiba memiliki pemikiran yang berbeda saat undangan datang. Ingin menyangkal, tetapi tidak mengerti triknya? Tenang guys, berikut panduan dan cara menolak panggilan interview kerja yang bisa kamu coba.

1. Jawab Sesegera mungkin

cara menolak panggilan interview pertama dengan cara menjawab secepat mungkin.

Memberi informasi jika Anda ingin menolak undangan interview kerja sesegera mungkin adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Oleh karena itu memberitahu pihak perekrut, Anda dapat membantu mereka menghemat waktu.

Pasalnya, pihak perekrut memiliki banyak hal yang perlu mereka persiapkan. Mulai dari seleksi lamaran, seleksi kandidat, hingga persiapan proses interview.

Balas dengan cepat ke calon atasan yang mengirimi Anda undangan, sehingga mereka punya waktu untuk mencari kandidat lain.

Dengan cara ini, mereka tidak akan membuang-buang waktu dan Anda dapat menelepon dua hari sebelum interview untuk memberitahukan ketersediaan Anda.

Beri mereka panggilan cepat, pesan singkat sopan atau email segera setelah Anda memutuskan untuk tidak menerima wawancara.

Wajar bagi orang-orang untuk berubah pikiran tentang pekerjaan, karena proses pencarian kerja dan perekrutan sangat lancar, sehingga semua perekrut harus memahami perubahan hati Anda.

2. Berterimakasih

Berterimakasih merupakan salah satu cara menolak panggilan interview dengan halus selanjutnya

Penting untuk berterima kasih kepada perekrut atas waktu mereka dan untuk menawarkan wawancara.

Ingatlah bahwa mereka meninjau, memeriksa, dan memilih CV Anda di antara yang lain dan Anda tidak pernah tahu kapan kembali kesana, jadi yang terbaik adalah menjaga reputasi Anda tetap kuat.

Dengan penuh hormat tinggalkan prosesnya sehingga Anda dapat kembali lagi jika memang perlu.

3. Pesan sederhana

Cara menolak panggilan interview tahap ketiga yaitu mengirimkan pesan sederhana.

Tidak perlu memberikan penjelasan terperinci atau bertele-tele tentang mengapa Anda menolak wawancara. Sebaliknya, buat pesan Anda sopan, singkat dan jelas.

Berikut ini contoh singkatnya:

“Terima kasih atas undangan baik Anda untuk interview. Sayangnya, keadaan saya telah berubah, dan saya tidak lagi dalam posisi untuk melanjutkan proses rekrutmen untuk pekerjaan ini, jadi saya ingin menarik lamaran saya. Terima kasih banyak atas waktu dan pertimbangannya. ”

Selain itu, umumnya banyak hal yang menyebabkan seseorang menolak undangan wawancara, salah satunya,

  • Rencana atau keadaan yang berbeda (masalah pribadi)
  • Sudah mendapat pekerjaandi tempat lain
  • Mendapatkan promosi posisi yang tidak terduga di tempat kerja saat ini

4. Minta maaf

Cara menolak panggilan interview terakhir, minta maaf kepada calon atasan atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Dengan cara ini, Anda akan menjaga reputasi baik dan membiarkan pintu terbuka untuk peluang kerja di masa depan dengan perusahaan itu.

Di sisi lain, jika Anda telah menerima wawancara, maka yang terbaik adalah membatalkan pada jika ada kesempatan di awal atau menghadiri dan bertatap muka. Itu berguna kalau Anda ingin mempertimbangkan karier di perusahaan itu di masa depan.

Baca juga: 10+ Persiapan Interview Kerja agar Lancar Tanpa Kendala

Alasan Menolak Panggilan Interview Kerja

4 Tips Persiapan Interview untuk Kesan Pertama yang Sukses

Setelah kita membahas bagaimana melakukan Cara Menolak Panggilan Interview Kerja dengan Halus, mari kita bahas keadaan yang menyebabkan Anda menolak interview.

Tentu saja, Anda memiliki alasan khusus mengapa Anda memutuskan untuk menolak wawancara. Berikut adalah beberapa argumen yang menolak undangan interview kerja:

1. Budaya kantor tidak sama

Mungkin alasan menolak interview kerja yaitu budaya kantor yang tidak pantas mungkin menjadi alasan yang paling kuat. Sebagai pelamar, Anda tentu saja akan melakukan riset sebelum melanjutkan ke interview.

Jika budaya kantor dianggap tidak pantas, tidak masalah jika kandidat menolak interview dengan cara menolak panggilan interview diatas.

2. Ada Penawaran yang Lebih Menarik

Tentu saja, pencarian kerja tidak selalu ditujukan pada satu tempat atau satu perusahaan saja. Pencari kerja biasanya melamar ke beberapa tempat untuk suatu pekerjaan.

Tentu saja, jika ada perusahaan yang menawarkan penawaran yang lebih baik, itu bisa menjadi alasan bagi kandidat untuk menolak undangan interview, anda bisa melakukan cara menolak panggilan interview pada penjelasan sebelumnya.

3. Jawaban Terlalu Lama

Seringkali jawaban yang diterima pelamar mempengaruhi hal ini. Pelamar mungkin menolak interview kerja karena merasa balasannya datang terlambat, membuat mereka tidak lagi ingin perusahaan menginterview mereka.

Baca juga: 10+ Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Lengkap]

Sudut Pandang Perekrut

Cara Melakukan Riset Perusahaan Sebelum Interview Kerja

Kami membagikan saran ini dari pelajaran yang diperoleh selama bertahun-tahun di industri perekrutan. Kami telah melihat kandidat tiba-tiba menghilang dari muka bumi, hanya akan muncul kembali ketika opsi internal atau kesempatan lain tidak terwujud seperti yang diharapkan.

Sekarang, sebagian besar perusahaan yang melakukan rekrutmen atau konsultan rekrutmen tahu bahwa menghilang itu bukan pribadi baik dan akan menempatkannya pada urutan belakang, tetapi kami selalu bertanya-tanya, mengapa mengambil risiko itu?

Maka jangan lupa lakukan cara menolak panggilan interview diatas.

Baca juga: Cara Reschedule Job Interview

Contoh Menolak Panggilan Interview Kerja dengan Halus

Di bawah ini adalah contoh menolak interview kerja yang dapat Anda gunakan untuk format obrolan surat, email, dan whatsapp.

1. Contoh Menolak Interview karena sudah Mendapat Tugas di Tempat Lain

HRD yang terhormat [nama perusahaan]

Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih atas waktu dan pemikiran Anda dalam menawarkan wawancara sebagai [nama status] di [nama perusahaan].

Dengan berat hati, bagaimanapun, saya harus mengumumkan bahwa saya telah menerima pesanan lain. Hingga saya harus mengundurkan diri dari proses penerimaan yang sedang berlangsung.

Saya dengan tulus meminta maaf atas keputusan ini. Sejujurnya, saya sangat menikmati proses penerimaan yang saya lalui. Saya harap Anda menemukan kandidat yang cocok. Sekali lagi terima kasih banyak.

Salam,

[Namamu]

[nomor telepon]

2. Contoh Menolak Interview karena Punya Rencana Lain

HRD yang terhormat [nama perusahaan]

Terima kasih atas pemikiran Anda telah mengundang saya untuk berpartisipasi dalam tingkat wawancara sebagai [nama status] di [nama perusahaan]. Namun, saya harus dengan hormat menolak kesempatan untuk berpartisipasi dalam interview. Penolakan tersebut dikarenakan adanya masalah pribadi yang mengharuskan saya untuk tidak dapat melanjutkan proses penerimaan karyawan baru.

Saya dengan tulus meminta maaf atas keputusan ini. Sekali lagi terima kasih dan saya harap kita dapat tetap berhubungan secara profesional.

Salam,

[Namamu]

[nomor telepon]

Contoh Kehidupan Nyata

4 Cara Menolak Panggilan Interview Kerja dengan Halus

Kami punya satu kandidat untuk wawancara kedua dan tepat sebelum wawancara yang dijadwalkan, dia menelepon dan mengatakan dia tidak menginginkan posisi itu.

Kandidat menambahkan bahwa dia memang ingin bekerja untuk perusahaan yang bersangkutan, tetapi dalam peran yang berbeda.

Kami menghubungi tim SDM dan membahas situasinya, menyetujui bahwa tindakan terbaik adalah menghadiri wawancara sesuai rencana dengan pikiran terbuka di kedua sisi.

Perusahaan yang mempekerjakan mengatakan mereka akan mengingat pikirannya tentang jabatan lain, dan kandidat mengatakan mereka akan mendekatinya dengan cara yang sama.

Ini memberi kesempatan perusahaan yang mempekerjakan dan kandidat untuk mempertahankan hubungan.

Pelajaran di sini adalah bersikap terbuka dan jujur ​​melalui proses, menjaga kredibilitas Anda dan tetap berpikiran terbuka untuk hasil yang terbaik.

Sekian artikel berjudul 4 cara menolak panggilan interview, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!