10+ Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Lengkap]

Bagaimana Contoh Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita? Saat ini Anda outfit interview kerja perlu diperhatikan khususnya jika anda melamar di bank.

Pakaian saat interview kerja di bank memang perlu lebih formal dari pada perusahaan startup, meskipun beberapa kesulitan mencari pakaian untuk interview kerja berjilbab.

Outfit kerja wanita hijab sebenarnya sudah banyak di internet, tapi karena sebagian tidak cocok untuk interview kerja, kami akan memberikan penjelasannya di artikel ini.

Telah meluangkan waktu untuk membuat CV Anda, menulis surat lamaran Anda dan mengirimkan lamaran pekerjaan Anda. Dan beruntung, Anda berhasil mendapatkan panggilan wawancara.

Pakaian yang Cocok untuk Interview

Sangat penting untuk mencari tahu informasi perusahaan dan memikirkan pertanyaan wawancara yang sering ditanyakan secara umum, tetapi yang juga penting adalah memilih pakaian Anda.

Akan menyenangkan jika berpikir bahwa kita hidup di dunia di mana orang tidak menilai berdasarkan penampilan, tetapi dalam kehidupan nyata mereka melakukannya. Karena itu, Anda harus memberikan penampilan terbaik Anda dengan memastikan terlihat sebaik mungkin.

Point Penting Sebelum Memilih Pakaian Interview Kerja

Untuk membantu, inilah panduan kami tentang apa yang harus dipakai untuk wawancara pada tahun ini.

1. Rencanakan sebelumnya

Rencanakan Outfit Interview Kerja yang akan anda gunakan nantinya.

Sangat penting memberi diri Anda banyak waktu untuk memilih pakaian Anda terlebih dahulu. Pertama, merencanakan pakaian dengan cara mencari terlebih dahulu pakaian yang anda inginkan di lemari pakaian.

Tidak ada yang lebih buruk daripada melemparkan semua pakaian anda pada hari wawancara Anda untuk menemukan pakaian yang cocok atau ada satu atau dua pakaian anda masih dalam laudry.

Kedua, persiapan pakaian yang memungkinkan Anda santai di hari wawancara Anda. Anda tidak ingin terlihat kusut karena tergesa-gesa karena kemungkinan waktu wawancara Anda cukup panjang, dan perekrut akan dapat merasakannya.

Tetapi jika Anda sudah memikirkan ke depan, Anda akan dapat mengenakan pakaian dengan santai dan memeriksa catatan persiapan wawancara untuk persiapan wawancara selanjutnya.

2. Lihatlah ke perusahaan

Memilih Outfit Interview Kerja juga perlu memperhatikan latar belakang perusahaan tempat anda melamar kerja.

Saat memutuskan apa yang harus dikenakan pada wawancara, penting untuk mempertimbangkan perusahaan yang dimaksud.

Banyak kantor dan lingkungan perusahaan beroperasi dengan pakaian casual, dalam hal ini Anda harus mencari tampilan yang tetap terkesan casual namun tetap berkesan sopan dan profesional.

Jika misalnya perusahaan yang mewawancarai Anda lebih kreatif atau perusahaan bisnis startup, Anda dapat memilih sesuatu yang sedikit lebih smart casual.

Jika Anda benar-benar tidak yakin apa yang harus akan kenakan pada wawancara, cukup hubungi perusahaan atau perekrut untuk bertanya. Sifat proaktif Anda pasti akan memenangkan poin antusias Anda.

3. Kesalahan di sisi hati-hati

Jika Anda tidak yakin apa yang akan dipakai untuk wawancara Anda tahun ini, lebih baik memainkannya dengan aman karena butuh beberapa detik untuk membuat kesan.

Jika Anda datang ke wawancara dengan berpakaian sedikit berlebihan, Anda akan baik-baik saja, pewawancara akan melihat Anda telah berusaha dan ingin membuat kesan positif. Tetapi jika Anda datang dengan pakaian kurang baik, Anda akan terlihat tidak peduli, tidak siap, dan Anda mungkin akan menerima kesan negatif dari perekrut.

Baca juga: Tips Sukses Interview Online Zoom, Mudah dan Tidak Ribet

4. Nyaman dengan pakaian Anda

Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Panduan Lengkap]

Yang penting dari memilih Outfit Interview Kerja yaitu pastikan itu nyaman dengan anda.

Kita semua telah melihat perdebatan tentang situasi di tempat kerja. Jangan merasa Anda harus mengenakan sepatu hak untuk terlihat lebih baik, tetapi jika Anda memilih sedikit tinggi, pastikan Anda bisa berjalan dengan nyaman.

Anda tidak ingin terganggu oleh fakta bahwa sepatu hak tinggi dapat menjatuhkan anda kapan saja, Anda juga tidak ingin benar-benar terpeleset di lantai lobi.

Kenyamanan juga berlaku untuk pakaian Anda. Pewawancara akan dapat mengetahui bahwa Anda merasa tidak nyaman dengan pakaian Anda.

Cobalah pakaian yang akan Anda gunakan sebelum hari wawancara untuk memastikan tidak hanya cocok tetapi juga memastikan Anda merasa percaya diri.

Jika Anda merasa sedikit gugup, memasang senyum dan menyesuaikan bahasa tubuh dapat meningkatkan suasana hati Anda, berdandan dengan baik dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri bahkan jika pewawancara membuat Anda merasa seperti gugup.

5. Perhiasan dan makeup

Pandangan yang menarik merupakan pendekatan terbaik ketika datang ke wawancara kerja pada tahun 2019 sehingga penampilan Anda tidak mengalihkan perhatian dari apa yang Anda katakan. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah meminimalisir suara yang dihasilkan perhiasan dengan baik di atas meja.

Ketika mempertimbangkan perhiasan Anda, lebih sedikit lebih baik karena Anda hanya ingin aksesoris hanya untuk melengkapi pakaian Anda. Selain itu, pastikan perhiasan yang Anda kenakan berkualitas bagus.

Tampilan biasa adalah yang terbaik ketika mempertimbangkan pilihan rias wajah Anda, jaga agar penampilan Anda tetap halus dan menarik.

Selain itu, pilih pakaian dan sepatu yang polos dan tidak berwarna, seperti abu-abu, biru, hitam, coklat, dan putih. Ini akan membantu menyampaikan kepercayaan diri dan profesionalisme Anda.

6. Pastikan Anda terawat dengan baik

Anda mungkin memiliki pakaian terbaik di dunia, tetapi itu tidak akan banyak gunanya bagi Anda jika Anda tidak terawat.

Pastikan rambut Anda rapi, dan rambut pada wajah itu dipangkas atau dicukur bersih. Pakaian Anda harus disetrika dengan baik tanpa kusut.

Cobalah untuk tidak berlebihan menggunakan parfum atau body spray, itu bisa sangat menyengat, terutama di ruang wawancara tertutup dan dapat mengakibatkan sakit kepala. Anda tidak ingin hal terakhir yang mereka ingat adalah aroma kuat Anda.

Memutuskan apa yang akan dikenakan untuk wawancara bisa rumit, terutama jika Anda tidak terbiasa mengenakan tampilan perusahaan.

Namun, jika Anda mencari tahu perusahaan yang akan anda lamar terlebih dahulu dan berpakaian untuk profesionalisme dan kenyamanan, Anda akan siap untuk menemukan kesuksesan wawancara pada tahun ini.

7. Pakaian bersih dan tidak kusut

Meskipun Outfit Interview Kerja anda bagus dan cocok, akan tetapi jika pakaian itu kusut. Semua itu akan menjadi berantakan.

Terlihat sederhana, tapi penting. Setrika pakaian dengan rapi agar tidak ada sisi yang terlihat kusut. Ini bisa menjadi penilaian pewawancara.

8. Pakai Aksesoris

Jika Anda merasa pakaian untuk interview Anda terlalu sederhana, Anda dapat menambahkan beberapa aksesori.

Untuk wanita, Anda bisa memakai anting dan kalung sederhana. Bagi pria, menambahkan dasi bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga: Pertanyaan Interview User dan Jawabannya

Cara Memilih Pakaian untuk Interview Kerja

Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Panduan Lengkap]

Jika Anda mendapat panggilan untuk wawancara di perusahaan baru yang umumnya santai, pastikan Anda tetap berpakaian rapi untuk wawancara, mis. smart casual atau semi formal.

Sehingga Anda dapat memberikan kesan berkinerja baik dan juga terlihat siap. Berikut adalah panduan untuk memilih pakaian untuk wawancara kerja.

1. Jauhi Celana dengan Bahan Denim

Celana denim kurang cocok untuk Pakaian Interview Kerja.

Jeans memang nyaman dipakai dalam segala situasi, tetapi tidak untuk interview kerja. Jika Anda di interview dalam industri atau media yang inovatif, berhati-hatilah untuk tidak mengenakan jeans.

Ini karena interview adalah situasi formal dan Anda akan bertemu dengan pejabat perusahaan. Rasanya celana denim tidak cukup bagus untuk membuat kesan pertama yang baik.

Untuk pria, Anda bisa memakai celana kain. Dan untuk wanita, Anda bisa memilih untuk memakai rok atau celana panjang.

2. Pakai Kemeja

Kemeja adalah pakaian yang paling aman untuk dikenakan selama interview. Anda bisa memilih pakaian berbahan katun, sifon, flanel dan sutra. Pilih kemeja yang Anda rasa nyaman.

Membuka kancing baju paling atas untuk memberikan kesan simpel namun tetap keren dan resmi.

Hindari mengenakan Pakaian Interview Kerja yang terlalu ketat atau terlalu seksi untuk mempertahankan tampilan formal.

Baca juga: 17 Jawaban Fasilitas yang Diharapkan Saat Interview Kerja

3. Lihat Pola Pakaian

Memperhatikan pola pada pakaian agar Pakaian Interview Kerja anda tetap terlihat formal

Saat ini, pola kemeja atau blus sangat beragam. Nah, ketika memilih pakaian untuk interview, pilihlah kemeja atau blus bermotif sederhana, misalnya pola garis atau tanpa pola, atau warna solid.

Hindari memakai pola yang terlihat hidup dan berantakan. Mengapa? Pola seperti bunga, bintang, binatang, atau abstrak dapat mengalihkan perhatian pewawancara.

4. Tentukan Warna Pakaian yang Tepat

Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Panduan Lengkap]

Warna pakaian yang dikenakan saat interview kerja bisa membuat pewawancara memahami kepribadian Anda, lho. Berikut adalah beberapa warna terbaik untuk dipilih untuk pakaian interview kerja.

a. Putih

Outfit Interview Kerja warna putih sering sekali digunakan pada saat interview kerja.

Warna paling aman untuk dipilih, putih memiliki arti disiplin dan profesionalisme. Jika Anda mengenakan kemeja putih, Anda bisa memadukannya dengan celana atau rok warna apa pun.

b. Hitam

Berpakaian hitam untuk wawancara juga bisa menjadi pilihan. Berpakaian hitam memberi kesan bahwa Anda seorang profesional dan sangat peduli dengan kinerja.

Warna hitam juga dapat memberikan kesan pesona dan kualitas.

c. Biru

Mengenakan pakaian berwarna biru, baik terang maupun gelap, akan memberikan kesan bahwa Anda mudah berbaur dengan orang lain.

Ini sangat bagus, apalagi jika posisi yang kamu lamar mengharuskan kamu bekerja dalam tim.

d. Abu-abu

Pakaian abu-abu memberi kesan bahwa Anda adalah orang yang rasional. Selain itu, warna ini menunjukkan bahwa Anda dapat berpikir secara analitis.

e. Cokelat

Pentingnya mengenakan pakaian berwarna cokelat saat wawancara kerja adalah agar Anda bisa diandalkan untuk berbagai tugas.

Selain itu, warna coklat memiliki arti kehangatan, kenyamanan dan keunggulan dalam diri seseorang.

Hindari mengenakan pakaian berwarna kuning, oranye, hijau, ungu. Sementara beberapa warna mungkin tampak ceria, menggunakan warna yang terlalu berani bisa membuat Anda tidak menganggap serius interview.

5. Kardigan atau Jas

Memakai kardigan atau jas agar Pakaian Interview Kerja anda lebih formal.

Cardigan atau jas yang cocok dengan pakaian untuk wawancara kerja. Kesan profesional akan semakin terpancar saat Anda memakainya.

Jika Anda berencana untuk memakainya, pilihlah warna netral atau gelap seperti hitam, putih, biru tua, atau abu-abu.

6. Lihat Pemilihan Sepatu

Perhatikan pemilihan sepatu juga penting dalam memilih Pakaian Interview Kerja

Sepatu adalah salah satu hal yang terkadang diabaikan saat interview kerja. Meskipun pewawancara akan benar-benar melihat kinerja Anda dari atas ke bawah.

Untuk wanita, Anda bisa memilih sepatu dengan ujung kaki tertutup. Jari-jari yang terlihat di ujung sepatu memberikan kesan informal.

Dan untuk pria, gunakan sepatu yang menutupi seluruh sisi kaki. Hindari memakai sandal, sepatu futsal atau sepatu crocs. Selain itu, hindari memakai sepatu yang terlalu kotor.

7. Lihat Gaya Rambut

Meskipun gaya rambut bukan termasuk pakaian, tetapi penting untuk mencocokan dengan Pakaian Interview Kerja.

Pastikan rambut Anda rapi dan terlihat profesional. Untuk memastikan rambut Anda rapi dan tidak lusuh, usahakan datang lebih awal dari waktu janjian.

Jadi Anda bisa melihat ke cermin dan menyisir rambut Anda. Untuk pria, Anda bisa menggunakan pomade.

8. Tidak Menggunakan Wewangian Berat

Tidak menggunakan wewangian berat juga dapat mendukung Pakaian Interview Kerja.

Tidak ada salahnya menggunakan parfum saat wawancara. Menggunakan parfum dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Namun, Anda harus memperhatikan jenis parfum yang Anda gunakan.

Hindari menggunakan parfum yang memiliki bau yang kuat dan menyengat karena akan mengganggu situasi interview kerja.

9. Utamakan kenyamanan

Pakaian interview kerja yang juga sangat penting adalah mengutamakan kenyamanan. Karena jika Anda tidak nyaman, fokus Anda mungkin akan terpecah saat merespons.

Contoh Pakaian Interview Kerja

Selamat, Anda memenuhi syarat untuk interview! Anda tidak hanya perlu mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan, tetapi Anda juga perlu mempersiapkan pakaian untuk interview kerja.

Mengapa? Karena berdasarkan data, 55% kesan pertama HRD ditentukan oleh cara Anda berpakaian dan cara Anda memasuki ruang wawancara.

Jadi pastikan Anda tidak meremehkan pakaian saat datang untuk interview, Anda tidak boleh saltum alias salah pakaian, samakan pakaian Anda dengan jenis perusahaan tempat Anda wawancara.

Anda masih tidak yakin seperti apa pakaian yang tepat dan bagus untuk wawancara kerja? Simak contoh berikut ini, ya!

Contoh Pakaian saat interview kerja di bank

Berikut ini adalah contoh pakaian interview di bank wanita

Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Panduan Lengkap]

dan ini adalah contoh pakaian interview pria

Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Panduan Lengkap]

Contoh Pakaian untuk Interview Kerja Berjilbab

Bagi anda wanita berhijab disini kami juga memberikan contoh outfit kerja wanita hijab yang bisa anda gunakan untuk interview kerja.

Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Panduan Lengkap]

Pakaian untuk interview kerja berhijab hitam putih seperti ini

Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Panduan Lengkap]

Contoh Pakaian Interview Kerja Pria

Disini anda dapat memilih 3 tipe pakaian interview kerja pria, mulai dari formal, bisnis dan casual.

Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Panduan Lengkap]

Namun jika harus hitam putih anda bisa melihat contoh ini

Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Panduan Lengkap]

Tips Outfit Interview Kerja Hijab

Pakaian untuk interview kerja berjilbab juga bisa menjadi pilihan untuk interview kerja.

Wanita yang memakai jilbab terkadang bingung akan pakaian apa untuk interview kerja.

Ada sedikit panduan sederhana dari kami yang mungkin bisa Anda gunakan saat interview untuk membuat kesan resmi dan profesional.

  • Kenakan hijab berwarna netral atau pastel.
  • Rok lipit tentunya juga bisa memberikan kesan formal.
  • Jika Anda mengenakan jilbab hitam, Anda bisa memadukannya dengan kemeja putih dan celana hitam.
  • Maxi dress dengan warna yang berirama juga bisa menjadi alternatif jika Anda bingung dengan kombinasi bawahan dan atasan.

Inspirasi Outfit Kerja yang Stylish

Di atas Anda sudah tahu apa yang harus digunakan saat interview kerja. Jika Anda diterima nanti, Anda tidak boleh meremehkan kinerja Anda saat masuk kerja.

Biar nggak bingung mau pakai outfit kerja yang mana, simak tipsnya di bawah ini.

1. Outfit Kerja Wanita

Sebagai seorang wanita, Anda pasti ingin tampil modis setiap kali datang ke kantor, bukan? Nah, Anda bisa mengikuti panduannya di bawah ini.

a. Memakai blus

Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Panduan Lengkap]

Blus bisa menjadi pilihan saat Anda lelah mengenakan pakaian. Padukan dengan rok hitam dan stocking serta ankle boots agar kamu semakin fashionable.

b. Padu padankan warna

Tidak selalu hitam putih, kamu bisa memadupadankan beberapa warna terang agar tidak terlihat monoton.

c. kemeja bergaris

Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Panduan Lengkap]

Kemaja bergaris bisa menjadi pilihan outfit kerja wanita yang simpel namun tetap rapi. Kamu bisa memadukan kemeja bergaris dengan celana panjang.

d. Memakai Jumpsuit

Jumpsuitbisa menjadi salah satu outfit kerja wanita yang terlihat simpel namun tetap bisa dikenakan dengan apik ke kantor.

2. Outfit Kerja Wanita Hijab

Ketidaktahuan dalam memilih pakaian kerja sering dirasakan oleh wanita berhijab. Selain memilih pakaian, Anda juga perlu menyesuaikan dengan hijab yang Anda gunakan.

Berikut adalah ide Outfit Kerja Wanita Hijab untuk anda tentukan:

a. Tentukan warna hijab dan rok sesuai irama

Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Panduan Lengkap]

Untuk kamu yang ingin tampil simpel namun menawan, kamu bisa memadukan warna rok dan hijab dengan warna senada. Misalnya, pilih kerudung hitam dan rok hitam.

b. Blus dengan ruffles

Pakaian kerja hijab untuk wanita ini akan memberikan kesan lebih santai dan stylish namun tetap terlihat resmi.

Blus ini sangat cocok untuk Anda yang bertubuh langsing. Kamu bisa memadukan blouse dengan celana panjang hitam atau celana baggy simpel.

c. Mantel flanel

Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Panduan Lengkap]

Mantel flanel hitam putih, bisa kamu padukan dengan celana panjang abu-abu dan hitam. Tampil solid sangat cocok untuk Anda dengan hijab abu-abu atau hitam dan sepatu hak. Tentu Anda akan terlihat menawan.

3. Outfit Kerja Pria

Outfit kerja pria ternyata tak kalah beragam dengan wanita. Apalagi sekarang ini semakin banyak pilihan produk gaya pakaian smart casual pria.

Berikut pilihan outfit kerja pria yang bisa Anda tentukan.

a. celana chino

Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Panduan Lengkap]

Celana chino sangat cocok untuk pakaian kantor, terutama jika Anda menerapkan ketentuan untuk pakaian semi formal dan kasual. Mengenakan celana chino di kantor memberikan kesan kasual.

b. Warna monokrom

Kombinasi warna solid juga bisa menjadi outfit kerja yang baik untuk pria. Perpaduan warna ini tidak hanya simpel, tapi juga terlihat kekinian dan kasual.

Asyiknya lagi, kamu bisa menggunakan mode nada monokrom ini untuk beberapa acara formal.

c. Kenakan Warna-Warna Cerah

Beberapa warna cerah menjadi ide dasar tampilan kantor saat ini. Colorways dengan tone yang kurang terang akan eye-catching seperti beige, putih, merah marun atau abu-abu tidak kalah keren dan terlihat semangat namun tetap santai.

Sepertinya, sekarang Anda tidak bingung harus menggunakan apa saat wawancara atau pergi bekerja nanti?

Sekian artikel berjudul 10+ Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Lengkap], semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!