20+ Pertanyaan Interview User dan Jawabannya

Bagaimana Pertanyaan Interview User dan Jawabannya? Untuk melakukan interview, kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik. Hasil dari interview akan menentukan kelayakan kamu untuk memperoleh pekerjaan.

Pertanyaan Interview User dan Jawabannya

Seleksi interview user menjadi tahap yang paling menakutkan bagi para pelamar kerja, terutama bagi para frash graduate. Berikut daftar pertanyaan interview user dan jawabannya yang bisa dipelajari.

Table of Contents

Apa itu Interview User?

Interview adalah tahap yang kemungkinan akan memberikan pengaruh cukup besar bagi pelamar. Kegiatan yang dilakukan yaitu berupa tanya jawab secara lisan untuk memperoleh informasi.

Umumnya, tahapan yang paling menentukan yaitu ketika interview user. Interview user merupakan wawancara yang akan dilakukan oleh calon atasan kamu.

1. Tahapan Menuju Interview User

Ketika melakukan wawancara, kamu akan melalui 2 tahapan yaitu wawancara HRD dan wawancara user. Wawancara HRD biasanya dilaksanakan diawal seleksi.

Sebelum sampai pada tahap wawancara HRD, biasanya beberapa perusahaan akan mengadakan psikotes untuk mengetahu kepribadian dan karakter kamu.

Setelah itu HRD akan melakuakn interview lebih mendalam terkait hasil psikotes. HRD juga akan menanyakan tentang latarbelakang dan riwayat hidup yang kamu kirimkan.

Setelah lolos tahap interview dengan HRD, kamu akan berlanjut ke tahap interview user. Ketika melakukan interview dengan user, kamu perlu menyiapkan diri terkait pengetahuan mengenai posisi yang kamu lamar.

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan wawancara dengan user. Pertama, kamu harus datang tepat waktu.

Ketepatan waktu merupakan hal penting saat melamar pekerjaan. Jangan sampai membuat interviewer menunggu. Hal tersebut bisa menjadi catatan buruk untuk kamu. Usahakan datang setidaknya 30 menit sebelum waktu pelaksanaan

Karena interview user merupakan interview antara kamu dengan calon atasan, pastinya interviwer ingin mengetahui banyak hal secara lebih detail dari kamu.

Pertanyaan dari interview user pastinya akan sangat beragam, namun bukan berarti kamu tidak bisa mempersiapkan diri. Cobalah mencari tau tentang user yang akan mewawancarai, informasi tempat bekerja, dan pekerjaan yang akan kamu jalani.

Meskipun perusahan sudah mengatakan mereka bekerja dengan santai, kekeluargaan dan sebagainya, tetap utamakanlah sikap sopan santun.

Beberapa perusahan akan mengutamakan sopan santun dari karyawannya. Terkadang, sopan santun merupakan salah satu tolak ukur dari profesionalitas kerja.

2. Seperti apa Interview User?

Pada tahap wawancara dengan user, kamu berkesempatan untuk menunjukkan kemampuan yang kamu miliki. Tidak hanya kemampuan yang berkaitan dengan keahlian, kamu juga dapat menunjukkan kemampuan unik lain yang dimiliki. Keunikan yang kamu jelaskan, kemungkinan akan menjadi point plus tersendiri.

Hal lain yang juga cukup penting untuk kamu perhatikan adalah menentukan kapan harus berbicara. Jangan sampai kamu memotong pembicaraan interviewer.

Berbicalah ketika kamu sudah dipersilahkan. Sampaikan jawaban secara on point, jangan sampai apa yang kamu bicarakan keluar dari konteks yang ditanyakan

Selain itu, diakhir interviewer biasanya user akan menanyakan apakah kamu punya pertanyaan yang ingin diajukan. Karena merasa gugup, biasanya para pelamar memilih untuk tidak mengajukan pertanyaan.

Padahal bertanya saat interview merupakan suatu yang cukup penting agar kamu mengetahui banyak hal mengenai pekerjaan yang akan kamu jalani.

Jenis-jenis Pertanyaan Interview User

Pertanyaan interview user biasanya dibagi menjadi beberapa jenis tergantung pada tujuannya. Berikut adalah beberapa jenis pertanyaan interview user yang sering ditanyakan:

1. Pertanyaan tentang Deskripsi Pekerjaan

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah calon karyawan memahami tugas dan tanggung jawab yang akan diemban.

Beberapa contoh pertanyaan adalah, “Apakah kamu sudah membaca deskripsi pekerjaan yang telah kami sampaikan?” atau “Bisakah kamu menjelaskan tugas dan tanggung jawab yang harus kamu lakukan di posisi ini?”

2. Pertanyaan tentang Keterampilan dan Pengalaman

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan dan pengalaman calon karyawan yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Beberapa contoh pertanyaan adalah, “Apa keterampilan yang kamu miliki yang dapat membantu kamu dalam posisi ini?” atau “Apakah kamu pernah bekerja di posisi yang serupa sebelumnya?”

3. Pertanyaan tentang Motivasi dan Keinginan

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui apa yang mendorong calon karyawan untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut dan apa yang diinginkan dari pekerjaan tersebut.

Beberapa contoh pertanyaan adalah, “Apa yang membuat kamu tertarik dengan perusahaan ini?” atau “Apa yang kamu harapkan dari pekerjaan ini?”

4. Pertanyaan tentang Masalah dan Solusi

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan calon karyawan dalam menyelesaikan masalah. Beberapa contoh pertanyaan adalah, “Apakah kamu pernah mengalami situasi di mana kamu harus menyelesaikan masalah yang kompleks? Bagaimana cara kamu menyelesaikannya?” atau “Apa contoh masalah yang bisa kamu selesaikan di posisi ini?”

5. Pertanyaan tentang Kelebihan dan Kelemahan

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan calon karyawan. Beberapa contoh pertanyaan adalah, “Apa kelebihan yang kamu miliki yang dapat membantu kamu dalam posisi ini?” atau “Apa kelemahan yang pernah kamu hadapi dan bagaimana kamu mengatasinya?”

6. Pertanyaan tentang Cara Bekerja

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana calon karyawan bekerja, apakah lebih suka bekerja secara tim atau individu.

Beberapa contoh pertanyaan adalah, “Apakah kamu lebih suka bekerja secara tim atau individu?” atau “Bagaimana cara kamu menyelesaikan tugas dengan waktu terbatas?”

Dalam menjawab pertanyaan interview user, sebaiknya calon karyawan menjawab dengan jujur dan singkat, serta menunjukkan kepercayaan diri dan kemampuan yang dimiliki. Jangan lupa untuk menyiapkan jawaban sebelumnya dan mempersiapkan pertanyaan untuk ditanyakan kepada user.

Baca juga: Perbedaan Wawancara User dan HRD

Contoh Pertanyaan Interview User dan Jawaban

1. Apakah Kamu Memahami Deskripsi Pekerjaan yang Dilamar?

Pertanyaan Interview User dan Jawabannya

Wajar saja bagi seorang user menanyakan hal tersebut. Pertanyaan tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh pelamar memahami job description dari pekerjaan yang dilamar.

Untuk menjawabnya, kamu dapat melakuka beberapa cara. Jika kamu sudah paham, kamu hanya perlu menjelaskan dan memaparkannya kepada user dengan yakin

Jika kamu masih ragu dengan jobdesk pekerjaannya, kamu bisa menjelaskan apa yang kamu pahami terlebih dahulu. Setelah itu kamu bisa mengakhirinya dengan mengajukan sebuah pertanyaan dan mengkonfirmasi apakah masih ada hal yang lain yang belum kamu ketahui. Dengan begitu, user pasti akan menjelaskan jobdesk yang belum kamu ketahui

Contoh Pertanyaan Interview User “Apakah Kamu Memahami Deskripsi Pekerjaan yang Dilamar?” #1

Pertanyaan: Apakah kamu memahami deskripsi pekerjaan yang dilamar?

Jawaban: Ya, saya sudah membaca deskripsi pekerjaan dengan seksama dan memahami tugas-tugas yang akan saya lakukan jika diterima di posisi tersebut. Saya yakin bahwa pengalaman dan keterampilan saya akan sangat sesuai dengan kebutuhan pekerjaan ini dan saya siap untuk menghadapi tantangan yang ada serta memberikan kontribusi maksimal untuk tim dan perusahaan.

Contoh Pertanyaan Interview User “Apakah Kamu Memahami Deskripsi Pekerjaan yang Dilamar?” #2

Pertanyaan: Apakah kamu memahami deskripsi pekerjaan yang dilamar?

Jawaban: Ya, saya telah membaca dan memahami deskripsi pekerjaan yang dilamar dengan seksama. Saya mengerti bahwa pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam mengelola proyek, berkomunikasi dengan tim dan pelanggan, serta memiliki kemampuan analitis yang baik. Saya merasa bahwa saya memiliki keterampilan dan pengalaman yang diperlukan untuk dapat melaksanakan tugas-tugas tersebut dengan baik, dan saya sangat antusias untuk bergabung dengan tim dan memberikan kontribusi terbaik saya.

Baca juga: Cara Lolos Wawancara User

2. Bagaimana Cara yang Kamu Lakukan untuk Menyelesaikan Tugas dengan Waktu Terbatas?

Pertenyaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah kamu bisa bekerja dibawah tekanan dan bagaimana cara kamu bekerja secara profesional.

Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu dipertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang ada di diri kamu. Berikut beberapa contoh yang bisa coba diikuti

“saya akan mengerjakan pekerjaan yang ringan telebih dahulu, sambil mencicil pekerjaan lain yang memiliki skala lebih besar tanpa mengabaikan pekerjaan yang ringan.”

Atau “ saya akan memprioritaskan pekerjaan dengan deadline yang paling dekat dahulu, kemudian menyelesaikan yang lain sesuai deadline.”

Contoh Pertanyaan Interview User “Bagaimana Cara yang Kamu Lakukan untuk Menyelesaikan Tugas dengan Waktu Terbatas?” #1

Pertanyaan: Bagaimana cara yang kamu lakukan untuk menyelesaikan tugas dengan waktu terbatas?

Jawaban: Saya memiliki beberapa cara untuk menyelesaikan tugas dengan waktu terbatas.

  • Pertama, saya akan membuat daftar prioritas tugas berdasarkan deadline dan urgensi, sehingga saya dapat fokus menyelesaikan tugas yang paling penting terlebih dahulu.
  • Kedua, saya akan membuat rencana kerja yang jelas dan terstruktur, sehingga saya dapat mengoptimalkan waktu yang tersedia dengan lebih efektif.
  • Ketiga, saya akan berkomunikasi dengan tim atau atasan jika diperlukan, agar dapat menentukan prioritas dan memperoleh dukungan yang dibutuhkan.

Saya juga biasanya menyediakan waktu tambahan sebagai cadangan untuk menangani hal-hal yang tak terduga atau untuk melakukan pengecekan kembali. Dengan cara ini, saya dapat menyelesaikan tugas dengan waktu terbatas dengan baik dan dengan hasil yang memuaskan.

Contoh Pertanyaan Interview User “Bagaimana Cara yang Kamu Lakukan untuk Menyelesaikan Tugas dengan Waktu Terbatas?” #2

Pertanyaan: Bagaimana cara yang kamu lakukan untuk menyelesaikan tugas dengan waktu terbatas?

Jawaban: Saya akan memastikan untuk mengatur prioritas tugas yang paling penting dan mendesak terlebih dahulu, serta mengoptimalkan waktu yang tersedia untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Saya juga akan memanfaatkan teknologi dan alat bantu yang tersedia untuk membantu mempercepat proses penyelesaian tugas. Selain itu, saya akan berkomunikasi dengan rekan tim atau atasan jika diperlukan, agar bisa mendapatkan dukungan dan bantuan dalam menyelesaikan tugas dengan efektif dan efisien.

Terakhir, saya akan memastikan untuk tetap fokus dan tidak terganggu oleh hal-hal yang tidak perlu selama proses penyelesaian tugas.

3. Apakah kamu Cuma Mahir dalam Bidang ini Saja?

Seorang user pasti menginginkan pelamar yang memiliki rasa penasaran yang tinggi dengan hal baru. Karena saat ini banyak pekerjaan yang menuntut untuk menguasia kemampuan yang belum kamu miliki.

Jawablah pertanyaan ini dengan yakin bahwa kamu adalah individu yang cepat beradaptasi dan selalu mau belajar hal baru. Kamu bisa menambahkan pengalaman sebelumnya yang relevan

Contoh Pertanyaan Interview User “Apakah kamu Cuma Mahir dalam Bidang ini Saja?” #1

Pertanyaan: Apakah kamu cuma mahir dalam bidang ini saja?

Jawaban: Saya memiliki keahlian dan pengalaman yang luas dalam bidang yang saya minati, namun saya juga terbuka untuk belajar hal-hal baru dan menantang diri saya sendiri untuk mengembangkan keterampilan dalam bidang lain yang relevan.

Selain itu, saya percaya bahwa keterampilan yang saya miliki dapat diterapkan secara universal, seperti kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan untuk bekerja dalam tim, dan kemampuan analitis yang kuat.

Saya yakin bahwa saya akan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru dan mempersembahkan kontribusi terbaik saya.

Contoh Pertanyaan Interview User “Apakah kamu Cuma Mahir dalam Bidang ini Saja?” #2

Pertanyaan: Apakah kamu cuma mahir dalam bidang ini saja?

Jawaban: Saya memiliki keterampilan dan pengalaman yang luas dalam bidang ini, namun saya juga memiliki minat dan pengalaman dalam bidang lain seperti pemasaran, desain grafis, dan pengembangan web.

Saya percaya bahwa kemampuan untuk mempelajari hal baru dan beradaptasi dengan cepat sangat penting dalam dunia kerja yang selalu berubah dan berkembang pesat. Saya siap untuk terus belajar dan mengembangkan diri dalam berbagai bidang, serta memberikan kontribusi terbaik saya dalam tim.

4. Apa Contoh Masalah yang Bisa Kamu Selesaikan Diposisi ini?

Sebelum melakukan wawancara, alangkah baiknya jika kamu sudah melakukan reset terkait kasus dan masalah yang dihadapi di posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Sebagai contoh, kamu melamar pada posisi digital marketing. Contoh kasus yang bisa kamu berikan yaitu bagaimana cara menyusun marketing campaign yang efektif

Contoh Pertanyaan Interview User “Apa Contoh Masalah yang Bisa Kamu Selesaikan Diposisi ini?”

Pertanyaan: Apa contoh masalah yang bisa kamu selesaikan di posisi ini?

Jawaban: Berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya, saya percaya bahwa saya dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional tim dan memperbaiki kualitas produk/jasa.

Contohnya, saya dapat membantu memperbaiki proses manajemen proyek agar lebih terstruktur dan efisien, memperkenalkan alat bantu atau teknologi baru yang dapat meningkatkan produktivitas tim, atau mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah teknis yang mungkin muncul dalam produk/jasa.

Selain itu, saya juga dapat membantu dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan pengenalan merek dan penjualan.

Saya siap untuk beradaptasi dengan kebutuhan tim dan perusahaan, serta memberikan solusi terbaik dalam setiap tantangan yang dihadapi.

5. Apakah Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja Penting Bagi Kamu?

Contoh jawaban yang bisa kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa menjelaskan seberapa penting hubungan baik dengan rekan kerja dan bagaimana cara kamu mengatasi masalah terkait pekerjaan.

Kamu bisa menyelesaikan msalah dengan cara melakukan diskusi dan penuh tanggungjawab

Contoh Pertanyaan Interview User “Apakah hubungan yang baik dengan rekan kerja penting bagi kamu?”

Pertanyaan: Apakah hubungan yang baik dengan rekan kerja penting bagi kamu?

Jawaban: Ya, hubungan yang baik dengan rekan kerja sangat penting bagi saya. Saya percaya bahwa bekerja di lingkungan yang positif dan saling mendukung dapat meningkatkan motivasi dan produktivitas tim secara keseluruhan.

Selain itu, dengan membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja, saya dapat lebih mudah berkolaborasi dan berkomunikasi dengan mereka, sehingga proses kerja dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

Saya akan selalu berusaha untuk menjalin hubungan yang baik dan menghormati rekan kerja saya, serta siap memberikan dukungan dan bantuan ketika diperlukan.

6. Kamu Lebih Suka Bekerja secara Tim atau Individu?

Jawaban yang cukup tepat adalah dengan mengatakan bahwa kamu merupakan orang yang fleksibel dalam beradaptasi dan menyelesaikan pekerjaan.

Bisa melakukan pekerjaan secara individu dan secara tim dengan cara melakukan diskusi untuk memproleh kesepakatan sesuai dengan jenis pekerjaan yang diberikan

Contoh Pertanyaan Interview User “Kamu Lebih Suka Bekerja secara Tim atau Individu?”

Pertanyaan: Kamu lebih suka bekerja secara tim atau individu?

Jawaban: Saya suka bekerja secara tim dan individu. Saya percaya bahwa bekerja di tim dapat menghasilkan ide-ide yang lebih kreatif dan inovatif, serta dapat mempercepat pencapaian tujuan yang diinginkan.

Namun, saya juga dapat bekerja dengan baik secara individu, terutama ketika tugas yang diberikan memerlukan fokus dan konsentrasi yang lebih tinggi.

Saya siap bekerja di berbagai situasi dan selalu siap berkolaborasi dengan rekan kerja atau bekerja sendiri dengan tetap memberikan hasil terbaik.

7. Jika Kamu Diposisikan dalam Pekerjaan Tim, maka Posisi mana yang Akan Kamu Pilih?

Pertanyaan Interview User dan Jawabannya

Jawaban dari pertanyaan ini adalah dengan mengatakan bahwa kamu akan memilih sebagai seorang konseptor. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol dan merencanakan langkah-langkah yang harus diambil dalam hal menganalisis daftar tenaga yang dibuthkan, menidentifikasi hambatan dan juga menentukan ukuran kesuksesan

Contoh Pertanyaan Interview User “Jika Kamu Diposisikan dalam Pekerjaan Tim, maka Posisi mana yang Akan Kamu Pilih?”

Pertanyaan: Jika kamu ditempatkan dalam pekerjaan tim, maka posisi mana yang akan kamu pilih?

Jawaban: Jika saya ditempatkan dalam pekerjaan tim, saya akan memilih posisi yang sesuai dengan keahlian dan pengalaman saya, serta yang dapat memberikan kontribusi terbaik bagi tim.

Namun, saya juga bersedia untuk mengambil posisi lain yang mungkin tidak terlalu sesuai dengan latar belakang saya, jika itu dapat membantu tim mencapai tujuan yang diinginkan.

Saya percaya bahwa dalam tim, setiap anggota harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan peran yang berbeda dan bersedia belajar hal baru. Oleh karena itu, saya siap untuk mengambil posisi apa pun yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan tim.

8. Kenapa Saya Harus Memilih Kamu?

pertanyaan Interview user dan Jawabannya yang terakhir berkaitan dengan kenapa posisi ini harus diisi oleh kamu. Jawabannya dengan mengatakan bahwa kamu adalah kandidat yang tempat untuk mengisi posisi yang dilamar.

Bisa ditambahkan dengan mengatakan bahwa kamu siap berkontribusi dalam perusahaan dengan kemampuan dan kerja keras yang dimiliki.

Contoh Pertanyaan Interview User “Kenapa Saya Harus Memilih Kamu?”

Pertanyaan: Kenapa saya harus memilih kamu?

Jawaban: Saya percaya bahwa saya adalah kandidat yang tepat untuk posisi ini karena saya memiliki pengalaman dan keahlian yang relevan dengan tugas yang akan saya jalankan. Selain itu, saya memiliki kemampuan untuk bekerja secara efektif dalam tim dan individu, serta memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik.

Saya juga memiliki motivasi yang kuat untuk belajar dan berkembang, sehingga saya dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru dan siap mengambil tantangan baru. Selain itu, saya memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan saya dan selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diberikan.

Saya berharap bahwa dengan kemampuan dan pengalaman yang saya miliki, saya dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan dan menjadi bagian dari tim yang sukses dalam mencapai tujuan bersama.

9. Apa yang Membuat Kamu Tertarik untuk Melamar Pekerjaan ini?

Contoh Pertanyaan Interview User “Apa yang Membuat Kamu Tertarik untuk Melamar Pekerjaan ini?”

Pertanyaan: Apa yang membuat kamu tertarik untuk melamar pekerjaan ini?

Jawaban: Saya tertarik untuk melamar pekerjaan ini karena saya merasa bahwa pekerjaan ini cocok dengan latar belakang dan keahlian saya, serta dapat memberikan kesempatan untuk berkembang dan mengambil tantangan baru.

10. Bagaimana Cara Kamu Menghadapi Situasi Konflik di Tempat Kerja?

Contoh Pertanyaan Interview User “Bagaimana Cara Kamu Menghadapi Situasi Konflik di Tempat Kerja?”

Pertanyaan: Bagaimana cara kamu menghadapi situasi konflik di tempat kerja?

Jawaban: Saya berusaha untuk selalu menghadapi situasi konflik dengan cara yang profesional dan konstruktif. Saya akan mencoba untuk memahami sudut pandang semua pihak yang terlibat dan mencari solusi terbaik yang dapat memuaskan semua pihak.

11. Apa yang Kamu Ketahui tentang Perusahaan ini?

Contoh Pertanyaan Interview User “Apa yang Kamu Ketahui tentang Perusahaan ini?”

Pertanyaan: Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?

Jawaban: Saya telah melakukan riset sebelumnya dan mengetahui bahwa perusahaan ini memiliki reputasi yang baik di industri ini dan telah mencapai berbagai prestasi dalam bidangnya. Saya juga mengetahui bahwa perusahaan ini memiliki visi dan misi yang sejalan dengan nilai-nilai saya.

12. Bagaimana Kamu Mengukur Keberhasilan dalam Pekerjaanmu?

Contoh Pertanyaan Interview User “Bagaimana Kamu Mengukur Keberhasilan dalam Pekerjaanmu?”

Pertanyaan: Bagaimana kamu mengukur keberhasilan dalam pekerjaanmu?

Jawaban: Saya mengukur keberhasilan dalam pekerjaan saya dengan mencapai target dan sasaran yang telah ditentukan, serta dengan mendapatkan umpan balik positif dari atasan dan rekan kerja saya.

13. Apa yang Membuat Kamu Berbeda dengan Kandidat Lain yang Melamar Pekerjaan ini?

Contoh Pertanyaan Interview User “Apa yang Membuat Kamu Berbeda dengan Kandidat Lain yang Melamar Pekerjaan ini?”

Pertanyaan: Apa yang membuat kamu berbeda dengan kandidat lain yang melamar pekerjaan ini?

Jawaban: Saya percaya bahwa pengalaman dan keahlian yang saya miliki, serta sikap kerja keras dan motivasi yang tinggi, dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan ini. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan untuk belajar dengan cepat dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.

14. Bagaimana Kamu Mengatasi Kegagalan dalam Pekerjaanmu?

Contoh Pertanyaan Interview User “Bagaimana Kamu Mengatasi Kegagalan dalam Pekerjaanmu?”

Pertanyaan: Bagaimana kamu mengatasi kegagalan dalam pekerjaanmu?

Jawaban: Saya akan mencoba untuk memahami penyebab kegagalan dan belajar dari kesalahan tersebut. Saya akan mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah dan menghindari kesalahan serupa di masa depan.

15. Apa yang Menjadi Kekuatan dan Kelemahanmu dalam Bekerja?

Contoh Pertanyaan Interview User “Apa yang Menjadi Kekuatan dan Kelemahanmu dalam Bekerja?”

Pertanyaan: Apa yang menjadi kekuatan dan kelemahanmu dalam bekerja?

Jawaban: Kekuatan saya adalah kemampuan untuk bekerja dalam tim, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diberikan. Sedangkan kelemahan saya adalah kadang-kadang saya terlalu perfeksionis dan cenderung menunda-nunda dalam mengambil keputusan.

16. Bagaimana Kamu Menangani Situasi yang Memerlukan Pengambilan Keputusan yang Cepat?

Contoh Pertanyaan Interview User “Bagaimana Kamu Menangani Situasi yang Memerlukan Pengambilan Keputusan yang Cepat?”

Pertanyaan: Bagaimana kamu menangani situasi yang memerlukan pengambilan keputusan yang cepat?

Jawaban: Saya akan mencari informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat dalam waktu yang singkat. Saya juga akan mempertimbangkan semua faktor yang relevan dan melakukan evaluasi risiko untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya kesalahan.

17. Apa yang Menjadi Kelemahan Terbesarmu dan Bagaimana Kamu Mengatasi Kelemahan Tersebut?

Contoh Pertanyaan Interview User “Apa yang Menjadi Kelemahan Terbesarmu dan Bagaimana Kamu Mengatasi Kelemahan Tersebut?”

Pertanyaan: Apa yang menjadi kelemahan terbesarmu dan bagaimana kamu mengatasi kelemahan tersebut?

Jawaban: Saya menganggap kelemahan terbesar saya adalah kurangnya pengalaman dalam beberapa aspek pekerjaan. Namun, saya berusaha untuk belajar dan mengasah kemampuan saya dengan mengikuti pelatihan dan kursus yang relevan, serta memanfaatkan kesempatan belajar dari senior dan rekan kerja yang lebih berpengalaman.

18. Bagaimana Kamu Mengatasi Konflik dengan Rekan Kerja atau Atasan?

Contoh Pertanyaan Interview User “Bagaimana Kamu Mengatasi Konflik dengan Rekan Kerja atau Atasan?”

Pertanyaan: Bagaimana kamu mengatasi konflik dengan rekan kerja atau atasan?

Jawaban: Saya berusaha untuk menyelesaikan konflik dengan rekan kerja atau atasan secara profesional dan terbuka. Saya akan mencoba untuk mendengarkan dan memahami perspektif mereka, kemudian mencari solusi yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Jika memang diperlukan, saya akan mencari bantuan dari pihak lain seperti HR atau mediator.

19. Apa yang Membuatmu Tertarik pada Perusahaan ini?

Contoh Pertanyaan Interview User “Apa yang Membuatmu Tertarik pada Perusahaan ini?”

Pertanyaan: Apa yang membuatmu tertarik pada perusahaan ini?

Jawaban: Saya tertarik dengan reputasi perusahaan yang baik dan kultur kerjanya yang mendukung karyawan untuk berkembang dan berinovasi. Selain itu, produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan ini juga menarik dan relevan dengan minat dan passion saya.

20. Bagaimana Kamu Menghadapi Situasi yang Memerlukan Keputusan Cepat?

Contoh Pertanyaan Interview User “Bagaimana Kamu Menghadapi Situasi yang Memerlukan Keputusan Cepat?”

Pertanyaan: Bagaimana kamu menghadapi situasi yang memerlukan keputusan cepat?

Jawaban: Saya akan berusaha untuk tetap tenang dan mencari informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat. Saya akan mencari masukan dari rekan kerja atau atasan jika memungkinkan, namun jika situasi memerlukan keputusan instan, maka saya akan mempercayai insting dan pengalaman saya untuk membuat keputusan.

21. Bagaimana Kamu Mengukur Kesuksesan dalam Pekerjaanmu?

Contoh Pertanyaan Interview User “Bagaimana Kamu Mengukur Kesuksesan dalam Pekerjaanmu?”

Pertanyaan: Bagaimana kamu mengukur kesuksesan dalam pekerjaanmu?

Jawaban: Saya mengukur kesuksesan saya dalam pekerjaan dari dua aspek, yaitu pencapaian target dan kontribusi pada tim. Saya selalu berusaha untuk mencapai target yang ditetapkan dan memberikan kontribusi yang signifikan pada tim.

Namun, saya juga menganggap kesuksesan dalam pekerjaan bukan hanya tentang pencapaian target semata, namun juga tentang proses belajar dan berkembang serta menciptakan hubungan yang baik dengan rekan kerja dan pelanggan.

22. Bagaimana Kamu Mengatasi Kebosanan atau Kejenuhan dalam Pekerjaan?

Contoh Pertanyaan Interview User “Bagaimana Kamu Mengatasi Kebosanan atau Kejenuhan dalam Pekerjaan?”

Pertanyaan: Bagaimana kamu mengatasi kebosanan atau kejenuhan dalam pekerjaan?

Jawaban: Saya selalu mencoba untuk mencari tantangan baru dan terus mengembangkan kemampuan saya dalam pekerjaan. Jika memungkinkan, saya akan mencari tugas atau proyek baru yang menantang, atau meminta pelatihan dan kursus untuk memperluas pengetahuan saya.

Saya juga mencoba untuk menciptakan suasana kerja yang menyenangkan dan membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja.


Pertanyaan yang akan diajukan oleh seorang interview user pastinya sangat beragam. Kamu perlu menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan pengetahuan dan perusahan yang kamu lamar.

Proses interview ini juga akan menentukan apakah kamu bisa bergabung dalam perusahaan atau tidak. Semoga informasi diatas bisa menjadi bahan referensi kamu dalam menjawab pertanyaan dari user.

Sekian artikel berjudul 20+ Pertanyaan Interview User dan Jawabannya, semoga bermanfaat.