Pertanyaan Interview User dan Jawabannya

Bagaimana Pertanyaan Interview User dan Jawabannya? Untuk melakukan interview, kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik. Hasil dari interview akan menentukan kelayakan kamu untuk memperoleh pekerjaan.

Pertanyaan Interview User dan Jawabannya

Seleksi interview user menjadi tahap yang paling menakutkan bagi para pelamar kerja, terutama bagi para frash graduate. Berikut daftar pertanyaan interview user dan jawabannya yang bisa dipelajari.

A. Apa itu Interview User?

Interview adalah tahap yang kemungkinan akan memberikan pengaruh cukup besar bagi pelamar. Kegiatan yang dilakukan yaitu berupa tanya jawab secara lisan untuk memperoleh informasi.

Umumnya, tahapan yang paling menentukan yaitu ketika interview user. Interview user merupakan wawancara yang akan dilakukan oleh calon atasan kamu.

1. Tahapan menuju Interview User

Ketika melakukan wawancara, kamu akan melalui 2 tahapan yaitu wawancara HRD dan wawancara user. Wawancara HRD biasanya dilaksanakan diawal seleksi.

Sebelum sampai pada tahap wawancara HRD, biasanya beberapa perusahaan akan mengadakan psikotes untuk mengetahu kepribadian dan karakter kamu.

Setelah itu HRD akan melakuakn interview lebih mendalam terkait hasil psikotes. HRD juga akan menanyakan tentang latarbelakang dan riwayat hidup yang kamu kirimkan.

Setelah lolos tahap interview dengan HRD, kamu akan berlanjut ke tahap interview user. Ketika melakukan interview dengan user, kamu perlu menyiapkan diri terkait pengetahuan mengenai posisi yang kamu lamar.

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan wawancara dengan user. Pertama, kamu harus datang tepat waktu.

Ketepatan waktu merupakan hal penting saat melamar pekerjaan. Jangan sampai membuat interviewer menunggu. Hal tersebut bisa menjadi catatan buruk untuk kamu. Usahakan datang setidaknya 30 menit sebelum waktu pelaksanaan

Karena interview user merupakan interview antara kamu dengan calon atasan, pastinya interviwer ingin mengetahui banyak hal secara lebih detail dari kamu.

Pertanyaan dari interview user pastinya akan sangat beragam, namun bukan berarti kamu tidak bisa mempersiapkan diri. Cobalah mencari tau tentang user yang akan mewawancarai, informasi tempat bekerja, dan pekerjaan yang akan kamu jalani.

Meskipun perusahan sudah mengatakan mereka bekerja dengan santai, kekeluargaan dan sebagainya, tetap utamakanlah sikap sopan santun.

Beberapa perusahan akan mengutamakan sopan santun dari karyawannya. Terkadang, sopan santun merupakan salah satu tolak ukur dari profesionalitas kerja.

2. Seperti apa Interview User?

Pada tahap wawancara dengan user, kamu berkesempatan untuk menunjukkan kemampuan yang kamu miliki. Tidak hanya kemampuan yang berkaitan dengan keahlian, kamu juga dapat menunjukkan kemampuan unik lain yang dimiliki. Keunikan yang kamu jelaskan, kemungkinan akan menjadi point plus tersendiri.

Hal lain yang juga cukup penting untuk kamu perhatikan adalah menentukan kapan harus berbicara. Jangan sampai kamu memotong pembicaraan interviewer.

Berbicalah ketika kamu sudah dipersilahkan. Sampaikan jawaban secara on point, jangan sampai apa yang kamu bicarakan keluar dari konteks yang ditanyakan

Selain itu, diakhir interviewer biasanya user akan menanyakan apakah kamu punya pertanyaan yang ingin diajukan. Karena merasa gugup, biasanya para pelamar memilih untuk tidak mengajukan pertanyaan.

Padahal bertanya saat interview merupakan suatu yang cukup penting agar kamu mengetahui banyak hal mengenai pekerjaan yang akan kamu jalani.

B. Contoh Pertanyaan saat Interview User dan Jawaban

1. Apakah kamu memahami deskripsi pekerjaan yang dilamar?

Pertanyaan Interview User dan Jawabannya

Wajar saja bagi seorang user menanyakan hal tersebut. Pertanyaan tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh pelamar memahami job description dari pekerjaan yang dilamar.

Untuk menjawabnya, kamu dapat melakuka beberapa cara. Jika kamu sudah paham, kamu hanya perlu menjelaskan dan memaparkannya kepada user dengan yakin

Jika kamu masih ragu dengan jobdesk pekerjaannya, kamu bisa menjelaskan apa yang kamu pahami terlebih dahulu. Setelah itu kamu bisa mengakhirinya dengan mengajukan sebuah pertanyaan dan mengkonfirmasi apakah masih ada hal yang lain yang belum kamu ketahui. Dengan begitu, user pasti akan menjelaskan jobdesk yang belum kamu ketahui

Baca juga: Cara Lolos Wawancara User

2. Bagaimana cara yang kamu lakukan untuk menyelesaikan tugas dengan waktu terbatas?

Pertenyaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah kamu bisa bekerja dibawah tekanan dan bagaimana cara kamu bekerja secara profesional.

Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu dipertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang ada di diri kamu. Berikut beberapa contoh yang bisa coba diikuti

“saya akan mengerjakan pekerjaan yang ringan telebih darhulu, sambil mencicil pekerjaan lain yang memiliki skala lebih besar tanpa mengabaikan pekerjaan yang ringan.”

Atau “ saya akan memprioritaskan pekerjaan dengan deadline yang paling dekat dahulu, kemudian menyelesaikan yang lain sesuai deadline.”

3. Apakah kamu Cuma mahir dalam bidang ini saja ?

Seorang user pasti menginginkan pelamar yang memiliki rasa penasaran yang tinggi dengan hal baru. Karena saat ini banyak pekerjaan yang menuntut untuk menguasia kemampuan yang belum kamu miliki.

Jawablah pertanyaan ini dengan yakin bahwa kamu adalah individu yang cepat beradaptasi dan selalu mau belajar hal baru. Kamu bisa menambahkan pengalaman sebelumnya yang relevan

4. Apa contoh masalah yang bisa kamu selesikan diposisi ini?

Sebelum melakukan wawancara, alangkah baiknya jika kamu sudah melakukan reset terkait kasus dan masalah yang dihadapi di posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Sebagai contoh, kamu melamar pada posisi digital marketing. Contoh kasus yang bisa kamu berikan yaitu bagaimana cara menyusun marketing campaign yang efektif

5. Apakah hubungan yang baik dengan rekan kerja penting bagi kamu?

Contoh jawaban yang bisa kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa menjelaskan seberapa penting hubungan baik dengan rekan kerja dan bagaimana cara kamu mengatasi masalah terkait pekerjaan.

Kamu bisa menyelesaikan msalah dengan cara melakukan diskusi dan penuh tanggungjawab

6. Kamu lebih suka bekerja secara Tim atau individu?

Jawaban yang cukup tepat adalah dengan mengatakan bahwa kamu merupakan orang yang fleksibel dalam beradaptasi dan menyelesaikan pekerjaan.

Bisa melakukan pekerjaan secara individu dan secara tim dengan cara melakukan diskusi untuk memproleh kesepakatan sesuai dengan jenis pekerjaan yang diberikan

7. jika kamu diposisikan dalam pekerjaan tim, maka posisi mana yang akan kamu pilih?

Pertanyaan Interview User dan Jawabannya

Jawaban dari pertanyaan ini adalah dengan mengatakan bahwa kamu akan memilih sebagai seorang konseptor. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol dan merencanakan langkah-langkah yang harus diambil dalam hal menganalisis daftar tenaga yang dibuthkan, menidentifikasi hambatan dan juga menentukan ukuran kesuksesan

Baca juga: Jawaban dan Pertanyaan Test Wawancara Kerja

8. kenapa saya harus memilih kamu?

pertanyaan Interview user dan Jawabannya yang terakhir berkaitan dengan kenapa posisi ini harus diisi oleh kamu. Jawabannya dengan mengatakan bahwa kamu adalah kandidat yang tempat untuk mengisi posisi yang dilamar.

Bisa ditambahkan dengan mengatakan bahwa kamu siap berkontribusi dalam perusahaan dengan kemampuan dan kerja keras yang dimiliki.

Pertanyaan yang akan diajukan oleh seorang interview user pastinya sangat beragam. Kamu perlu menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan pengetahuan dan perusahan yang kamu lamar.

Proses interview ini juga akan menentukan apakah kamu bisa bergabung dalam perusahaan atau tidak. Semoga informasi diatas bisa menjadi bahan referensi kamu dalam menjawab pertanyaan dari user.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!