Tips Sukses Interview Online Zoom, Mudah dan Tidak Ribet

Tips Sukses Interview Online Zoom | Meskipun jarang dilakukan, namun Interview secara online memang bisa menjadi alternatif yang cukup efektif. Apalagi dalam kondisi pandemi virus Corona seperti ini, yang mengharuskan masyarakat untuk tidak banyak melakukan kegiatan di luar rumah termasuk bekerja ataupun melakukan wawancara kerja. Di new normal ini, wawancara online Zoom merupakan salah satu cara interview kerja yang banyak digunakan. Nah biar berjalan mudah, berikut tips sukses wawancara lewat aplikasi Zoom.

Tips Sukses Interview Kerja Melalui Aplikasi Zoom

1. Kuasai Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Tips Sukses Interview Online Zoom

Wawancara online melalui Zoom berarti Anda harus menggunakan aplikasi Zoom. Jika sebelumnya belum pernah menggunakan aplikasi tersebut, maka ada baiknya dicoba terlebih dahulu. Mungkin bisa dengan melakukan panggilan bersama teman atau keluarga, sehingga nantinya bisa benar benar fasih menggunakan semua fasilitas Zoom seperti video call, voice call, share screen, dan lainnya.

2. Persiapkan Kualitas Video dengan Baik

Salah satu hal yang paling penting dalam wawancara dengan media aplikasi Zoom adalah kualitas video dan juga visual yang baik. Dimana hal ini bertujuan untuk memberikan kesan pertama yang baik di mata pewawancara kerja. Memiliki visual yang menarik tidak hanya diperlukan ketika wawancara secara langsung, ketika online pun juga perlu berbusana dan juga memiliki penampilan yang rapi.

Untuk mendapatkan video dan visual yang berkualitas, maka tidak hanya memastikan koneksi internet lancar. Tetapi juga sangat disarankan membersihkan barang barang yang ada di dalam ruangan, yang mungkin bisa masuk dalam jarak pandang lensa kamera. Sehingga nantinya, latar belakang video akan terlihat lebih rapi dan setidaknya netral.  Selain itu, pastikan bahwa webcam berada dalam posisi yang sejajar dengan mata.

Ketika diharuskan wawancara online Zoom, maka jangan lupa memiliki penerangan yang cukup baik sehingga kualitas gambar yang dihasilkan terlihat optimal. Supaya proses wawancara berjalan dengan lancar, maka pastikan tidak ada hal yang bisa mengganggu ketika di dalam ruangan termasuk anggota keluarga atau hewan peliharaan. Dimana hal ini dimaksudkan agar pewawancara bisa fokus kepada Anda dan bukan pada hal hal yang ada di sekitar.

3. Menjadi Partner yang Baik Bagi Pewawancara Kerja

Bisa dikatakan wawancara secara online terlihat lebih sulit bila dibandingkan dengan wawancara secara langsung. Sehingga sangat disarankan pencari kerja agar bisa menjadi partner dan ‘mempermudah’ pekerjaan pewawancara kerja selama proses wawancara. Oleh karena itu cobalah untuk mengikuti proses wawancara dengan efisien dan jujur, termasuk di dalamnya menjawab pertanyaan dengan apa adanya dan memberikan respon yang cepat.

Selain itu, jangan lupa untuk menyerahkan dokumen yang diperlukan secara tepat waktu. Setelah itu, ketika wawancara online Zoom cobalah memahami atau merasa tidak terlalu terganggu apabila perusahaan memerlukan waktu yang sedikit lebih lama untuk memproses aplikasi. Hal ini dikarenakan ada begitu banyak lamaran yang masuk dan juga harus diproses oleh pihak perusahaan.

4. Coba Melakukan Simulasi Wawancara Kerja

Sebelum melakukan wawancara, maka tidak ada salahnya jika mencoba lakukan simulasi wawancara terlebih dahulu. Hal ini bisa menjadi cara yang efektif agar siap untuk melakukan wawancara secara online. Sama seperti wawancara secara langsung, wawancara via Zoom pun pasti akan terasa menegangkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melakukan simulasi dengan meminta bantuan kepada keluarga atau teman.

Namun pada simulasi ini, seharusnya tidak hanya sekedar untuk mengecek kualitas gambar atau video saja. Pasalnya simulasi juga bisa digunakan untuk mengetahui bagaimana kesan yang akan akan Anda berikan nanti dalam sebuah perbincangan virtual dengan pewawancara. Dengan cara satu ini, maka diharapkan akan menjadi lebih terbiasa dalam berkomunikasi melalui sambungan video.

5. Berdandan Secara profesional

Meskipun sudah menjadi pengetahuan umum ketika wawancara kerja, namun terkadang masih ada saja yang melupakan hal satu ini. Meskipun melakukan wawancara online Zoom, tetapi jangan lupa untuk memastikan sudah mengenakan pakaian dan juga riasan yang formal. Yang mana penampilan ini sama dengan ketika akan melakukan wawancara kerja secara langsung.

Akan tetapi, dalam pemilihan pakaian formal ini ada baiknya menghindari penggunaan busana formal yang hanya pada bagian atas saja. Terutama saat ada kemungkinan harus bergerak sepanjang proses wawancara. Akan sangat tidak profesional ketika Anda hanya mengenakan atasan formal, namun bagian bawahnya mengenakan celana training ataupun celana jeans. Hindari hal seperti ini, sebab hal itu bisa memberikan kesan pertama yang buruk di mata pewawancara.

Yang tidak kalah penting, sangat disarankan menghindari mengenakan pakaian yang mungkin akan terlihat kurang nyaman dipandang. Contohnya memilih pakaian dengan warna yang terlalu terang atau memiliki motif yang terlalu ramai. Ada baiknya usahakan memilih bahan, warna, dan juga motif pakaian yang sesimple mungkin. Supaya lebih yakin, tidak ada salahnya jika bertanya terlebih dulu mengenai dress code atau cara berpakaian yang diterima oleh perusahaan.

6. Menunjukkan Kemampuan Komunikasi yang Baik

Interview online Zoom bisa dikatakan cukup menantang, pasalnya Anda tidak berada di dalam ruangan yang sama dengan pewawancara. Yang kemudian, memunculkan perasaan tidak yakin tentang kemungkinan untuk memperlihatkan gestur pewawancara dan begitu pula sebaliknya. Dan selanjutnya akan menghasilkan beberapa hal yang tidak bisa disampaikan dengan lancar selayaknya wawancara secara langsung.

Dalam kondisi yang seperti ini, wawancara akan terbilang lancar ketika Anda bisa menunjukkan kemampuan komunikasi yang baik dan juga menghadirkan sikap penuh empati di sepanjang proses wawancara. Contohnya seperti menganggukkan kepala untuk menunjukkan tanda paham dengan apa yang disampaikan oleh pewawancara. Selain itu menganggukkan kepala juga bisa menjadi sebuah tanpa bahwa Anda sudah selesai berbicara.

Baca juga: Tips Menghadapi Wawancara Online Agar Lolos Kerja

7. Jangan Panik Ketika Terjadi Masalah Koneksi Internet

Terjadi kesalahan teknis dalam proses wawancara secara online, memang suatu hal yang tidak bisa dihindari. Apalagi jika masalah tersebut berkaitan dengan koneksi internet. Ketika tengah melakukan proses wawancara kemudian koneksi internet bermasalah atau terputus, maka jangan panik. Ada baiknya segera melakukan koneksi lagi, bila perlu miliki back up koneksi internet.

Ketika menggunakan wifi kemudian mati, maka segera sediakan back up berupa tethering dari ponsel. Kemudian segera ulangi sambungan dan ucapkan maaf kepada pihak pewawancara. Ketika koneksi tersambung kembali maka jangan panik, yang paling penting adalah memperlihatkan bahwa semua sudah ditangani dengan baik. Sikap yang ditunjukkan ketika proses wawancara online Zoom ini, akan menghadirkan kesan Anda adalah seorang problem solver dan tenang saat menghadapi masalah.

Itulah beberapa tips yang perlu dipelajari ketika melakukan interview secara online dengan menggunakan Aplikasi Zoom. Meskipun proses wawancara ini bisa dilakukan di rumah dan tanpa bertatap muka secara langsung, namun ada baiknya disiapkan sebaik mungkin. Jangan sampai ada kesalahan kesalahan kecil yang bisa mengganggu kualitas wawancara. Semoga informasi dalam ulasan ini bisa membantu. Semoga sukses!

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!