Cara Reschedule Job Interview

Anda telah menjadwalkan wawancara selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Tetapi apa yang terjadi jika Anda perlu menyampaikannya kepada pewawancara bahwa Anda tidak dapat hadir pada saat hari wawancara?

Mungkin karena acara penting yang harus anda hadiri atau sakit dan Anda tidak bisa bangun dari tempat tidur. Mungkin anak-anak Anda tidak sehat dan tidak ada yang merawat mereka. Atau, bisa jadi Anda hanya sedang memikirkan karier lainnya, seperti pekerjaan dalam penjualan atau pekerjaan di bidang teknik.

Terlepas dari alasan Anda, Anda harus memberi tahu pewawancara dan menjadwalkan ulang wawancara kerja sesegera mungkin. Anda harus memastikan bahwa Anda mengatasinya dengan cara sebaik mungkin, tanpa sepenuhnya merusak peluang Anda.

Cara Reschedule Job Interview

Bagaimana Anda bisa melakukan ini? Kami jelaskan secara lebih rinci, di bawah ini.

1. Berikan alasan yang bagus

Pertama-tama, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki alasan yang cukup baik, seperti tidak enak badan atau sedang keadaan darurat. Jangan berpikir Anda dapat menjadwal ulang hanya karena Anda terlihat malas dan repot untuk hadir. Ini akan terlihat buruk pada Anda.

Lagipula, Anda sebaiknya pergi untuk mengambil pengalaman itu. Ini berarti ketika wawancara selanjutnya datang, Anda tahu apa yang harus dilakukan karena Anda pernah melakukannya sebelumnya.

Langkah terbaik adalah jujur ​​jika Anda perlu menjadwal ulang wawancara kerja. Alasan rumit, yang kedengarannya tidak benar, hanya akan menghasilkan kesan buruk untuk pewawancara.

2. Hubungi pewawancara sesegera mungkin

Kedua, lebih baik memberi tahu mereka lebih awal, daripada nanti. Kemungkinan mereka akan memiliki jadwal yang padat, jadi semakin cepat Anda memberi tahu mereka, semakin besar kemungkinan Anda akan dapat mengatur kembali waktu yang cocok untuk wawancara pengganti

Tetapi apa cara terbaik untuk menghubungi mereka? Pada akhirnya, itu tergantung pada keadaan. Idealnya, cobalah untuk tidak menelepon kantor kecuali hari sudah dekat dengan jadwal wawancara.

HRD mungkin sangat sibuk dan Anda tidak ingin menghubungi mereka pada waktu yang buruk. Mengirim email memberi mereka waktu untuk membaca sesuai keinginan mereka.

Baca juga: Pakaian yang Cocok untuk Interview

Di sisi positifnya, menulis pesan melalui email kurang menakutkan daripada berbicara langsung dengan mereka di telepon. Jika Anda kesulitan bagaimana untuk memulai, lihat contoh ini:

Yang terhormat [Nama pewawancara],

Saya sangat menantikan memiliki kesempatan untuk membahas [jabatan] dengan Anda.

Sayangnya, saya [nyatakan dan jelaskan alasan Anda]. Karena itu saya ingin menjadwal ulang wawancara dengan Anda jika memungkinkan di kemudian hari. Saya tersedia [berikan tiga dari empat tanggal dan waktu selama beberapa minggu ke depan].

Saya minta maaf karena menyebabkan ketidaknyamanan. Namun, saya sangat antusias dengan kesempatan ini dan saya harap saya dapat menjadwal ulang wawancara ini pada waktu yang juga nyaman bagi Anda. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Salam,
[Nama]

Sekali lagi, semakin cepat Anda mengirimkannya, semakin baik. Penting untuk memberi tahu mereka secara profesional dan sopan, agar reputasi Anda tetap terjaga.

3. Jangan panik!

Ingatlah, mereka juga manusia. Mereka akan mengerti jika Anda memiliki alasan yang logis mengapa Anda tidak dapat hadir. Tapi, lakukan penjadwalkan ulang wawancara kerja jika Anda benar-benar harus. Anda pasti tidak ingin dianggap tidak dapat diandalkan.

4. Terima kasih pewawancara

Setelah Anda menerima tanggapan dari pewawancara yang mengonfirmasi bahwa mereka bersedia menjadwal ulang wawancara kerja, pastikan Anda membalasnya sesegera mungkin.

Penting untuk menunjukkan kepada mereka betapa bersyukurnya Anda dan bahwa Anda masih tertarik. Menunda beberapa hari dapat membuat Anda berisiko ‘dilupakan’. Mungkin juga Anda akan kehilangan peluang pada posisi tersebut.

Jika Anda tidak bisa segera melakukannya, atur diri Anda untuk memastikan bahwa Anda memberikan tanggapan. Sekali lagi, semakin cepat semakin baik.

Siap menjadwal ulang wawancara kerja?

Ingatlah untuk tetap setia pada alasan Anda, hindari berlebihan dan kebohongan. Tidak dapat dihindari bahwa mereka akan mencari tahu dan lebih baik jujur dan aman daripada menyesal.

Ikuti saran di atas dan Anda akan dapat menjadwalkan ulang wawancara kerja dengan mudah tanpa mengecewakan perekrut. Semoga berhasil!

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!