10+ Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Bagaimana Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula? Setelah tuntas mengenyam pendidikan, tahapan baru dalam hidup adalah mencari pekerjaan. Semakin banyak pengalaman semasa kuliah bisa meningkatkan daya saing dibandingkan pelamar yang lain.

Salah satu kegiatan yang menjadi tahapan penting dalam sebuah seleksi kerja adalah interview. Tahukah kamu bagaimana cara menghadapinya? Simak ulasannya disini.

Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Setelah melamar, tentunya ada beberapa proses yang harus dilalui sebelum Anda diterima oleh perusahaan target.

Salah satunya adalah interview, yang berperan penting dalam menentukan penerimaan calon karyawan. Bagi seorang pemula, ini adalah tantangan yang cukup besar, mengingat banyak orang yang gagal dalam interview kerja.

Jadi, bagaimana Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula?

Sebagai pelamar yang tidak memiliki pengalaman interview, Anda harus mempersiapkan diri dengan matang. Karena ada berbagai hal yang perlu Anda persiapkan agar interview berhasil.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengikuti Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula yang sudah kami kumpulkan di bawah ini.

1. Pelajari Tentang Perusahaan

Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Saat mendapat panggilan interview kamu akan merasa senang. Meskipun begitu, panggilan ini menjadi awal bagimu untuk berjuang. Banyak belajar menjadi salah satu kegiatan yang harus kamu lakukan.

Bukan hanya materi seputar posisi yang kamu lamar, ada baiknya kamu menggali pengetahuan terkait dengan perusahaan tempatmu melamar kerja.

Jangan sampai kamu datang ke sana tanpa sedikitpun pengetahuan tentang perusahaan itu. Pada dasarnya setiap jawaban yang akan kamu sampaikan harus sesuai dengan profil perusahaan.

Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula yaitu, jangan lupa cari tahu tentang visi misinya. Akan lebih baik jika jawaban yang kamu berikan sesuai dengan visi misi mereka.

Selain itu informasi penting terkait perusahaan yang harus kamu ketahui adalah skill dan utama yang dibutuhkan bagi calon pegawai. Cari tahu informasi skill apa saja yang sedang gencar dibutuhkan oleh mereka.

Apabila kamu tidak menemukannya di internet, coba cari rekan atau kenalan yang dan pernah bekerja sebagai pegawai di perusahaan tersebut.

2. Memaksimalkan Penampilan

Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula kedua ini terkait dengan penampilan.

Tidak dapat dipungkiri apabila penampilan memegang peran penting saat interview. Pakaian yang bersih dan wangi harus kamu siapkan jauh jauh hari. Kandidat yang berpenampilan rapi akan lebih menarik dimata HRD.

Selain itu secara tidak langsung pakaian menggambarkan personality seseorang. Jika pakaian berantakan artinya tidak siap melakukan interview.

Ketika kamu datang dengan pakaian yang rapi dengan wajah penuh semangat, kamu akan terlihat niat mencari kerja. Dengan begitu, HRD akan menganggapmu sebagai kandidat yang bisa menempatkan diri sesuai dengan kondisi.

Mampu membawa diri sesuai dengan keadaan menjadi salah satu karakteristik karyawan yang biasanya dicari.

Penampilan yang berantakan akan menurunkan penilaian HRD terhadapmu. Apabila dari sejak interview kamu sudah terlihat tidak niat, lantas bagaimana kinerjamu ke depan? Mereka akan melihatmu sebelah mata.

Lantas hal ini bisa menjadi penyebab mu tidak diterima sebagai salah satu karyawan yang lolos pada tahap seleksi.

Baca penjelasannya di 10+ Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Lengkap]

3. Jawab Pertanyaan dengan Tenang, Namun Tegas

10+ Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Menjawab pertanyaan dengan tenang merupakan poin ketiga dari Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula.

Selama Anda menjawab pertanyaan orang lain, Anda harus menjawab setenang mungkin tapi tegas. Dalam hal ini, Anda harus menunjukkan dengan karakter yang tenang bahwa jawaban Anda dapat membangkitkan keyakinan diri pewawancara.

Ini akan membuat Anda tampak percaya diri di mata lawan bicara Anda.

Anda juga perlu memperhatikan gestur tangan saat interview kerja. Hindari gerakan tangan yang berlebihan karena ini menunjukkan Anda gugup dan kurang optimis. Anda dapat menggunakan gerakan yang tenang dan tepat untuk membantu Anda rileks.

4. Lakukan Kontak Mata

Kontak mata menjadi salah satu Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula yang harus kamu perhatikan ketika hendak melaksanakan kegiatan interview. Kontak mata juga tidak perlu berlebihan, yang penting begitu masuk dan diajak ngobrol kamu fokus dengan HRD nya. Jangan terlalu banyak mengalihkan pandangan ke sudut ruangan yang lain.

Pada dasarnya, kontak mata bisa menjadi cerminan kepercayaan diri. Jika dari awal kamu tidak memiliki kepercayaan diri, HRD akan mengurungkan niatnya untuk memilihmu.

Dalam sebuah perusahaan dibutuhkan SDM yang memiliki kepercayaan diri serta kemampuan berpikir yang baik. Selain itu kandidat yang potensial adalah mereka yang penuh dengan rasa antusias.

Selain terlihat tidak percaya diri, menghindari kontak mata dapat membuatmu terlihat tidak yakin dengan jawabanmu. Berbohong saat interview itu tidak baik.

Salah satu ciri ciri orang yang berbohong biasanya tidak dapat menatap lawan bicaranya. Menjaga sikap adalah salah satu poin penting saat interview.

5. Jelaskan Siapa Dirimu Tanpa Berbelit Belit

Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

“Singkat, padat, dan jelas” ungkapan tersebut harus kamu gunakan sebagai salah satu cara menghadapi interview kerja bagi pemula.

Mengapa demikian? HRD tidak terlalu suka kandidat yang banyak bicara namun tidak ada informasi penting di dalamnya. Inilah mengapa penting bagimu untuk banyak berlatih sebelum berangkat.

Cari di internet pertanyaan apa saja yang biasanya ditanyakan saat interview kerja. Dengan begitu kamu bisa mengetahui gambaran jawaban yang akan kamu berikan.

Fokuskan jawaban pada inti pertanyaan. Tidak perlu berbelit belit. Apabila mereka memintamu menjelaskan siapa dirimu, jawablah dengan jawaban yang simple namun berbobot serta menonjolkan skill.

Informasi terkait dengan hobi apa perlu untuk disebutkan? Selama hobi yang kamu miliki relevan dengan posisi yang akan kamu isi, sebenarnya boleh saja diceritakan.

Akan tetapi pastikan informasi tersebut bisa menambah daya saing ku dibandingkan dengan kandidat yang lain. Apabila hobi tidak relevan, lebih baik tidak perlu diceritakan.

Focus pada skill dan pengalaman adalah jawaban yang benar. Pengalaman selama kuliah seperti pengalaman organisasi bisa kamu kemukakan kepada mereka.

Mengapa demikian? Banyak perusahaan yang menyukai orang yang pernah menjadi bagian dalam sebuah organisasi. Kegiatan ini membuatmu terlihat menjadi orang yang aktif dan mampu bersosialisasi dengan baik.

Baca juga: 100+ Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

6. Jelaskan Alasan Yang Tepat Saat Memilih Perusahaan

Salah satu pertanyaan yang selalu diberikan oleh HRD adalah alasan mengapa kamu mengambil posisi tersebut di perusahaan ini.

Pertanyaan itu klasik namun masih banyak pemula yang merasa bingung. Salah satu alternatif jawaban yang baik adalah coba menjawab dengan tujuan yang sesuai dengan visi misi perusahaan.

Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula cukup baik, apabila kamu memiliki visi dan misi yang sama dengan perusahaan, setidaknya kamu telah menjadi salah satu kandidat yang potensial di mata mereka.

Interview itu sebenarnya tidak perlu 100 persen jujur, kamu harus bisa memberikan jawaban yang profesional akan tetapi harus bersedia bertanggung jawab atas jawaban yang telah kamu sampaikan.

Mungkin alasanmu yang sebenarnya adalah untuk mendapatkan uang. Memang benar itu menjadi salah satu tujuan mengapa kamu mencari kerja.

Akan tetapi jawab itu bukanlah jawaban yang dicari oleh HRD. Kamu akan terlihat pasrah dan tidak memiliki rencana yang jelas terkait masa depanmu di perusahaan tersebut.

Meskipun mungkin jawaban yang kamu berikan bukan berasal dari hati, kamu harus terlihat tidak mengada ada. Sampaikan saja seperlunya sehingga kamu tidak terkesan membual.

Terlalu menyombongkan diri juga bukan pilihan jawaban yang baik. HRD malah akan merasa terganggu dengan jawabanmu yang seperti itu.

7. Ungkapkan Kekurangan Dengan Seimbang

Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Salah satu pertanyaan yang kerap muncul adalah masalah kelebihan dan kekurangan diri. Meskipun kamu rasa kekuranganmu lebih banyak dibandingkan kelebihan, tidak perlu kamu ungkapkan semuanya.

Beritahukan saja yang paling mendasar. Selain itu berikan penjelasan terkait dengan solusi apa yang kamu miliki untuk menyelesaikan masalah tersebut.

8. Mulai Dengan Doa

Doa menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh sampai dilupakan. Sebelum interview, sudah sepatutnya kamu berdoa terlebih dahulu.

Interview adalah tahapan yang penting sehingga pertolongan-Nya sangat dibutuhkan. Harapannya dengan berdoa kamu bisa menjawab pertanyaan HRD dengan baik sehingga bisa diterima kerja.

Selain berdoa, mintalah restu kepada orang tua. Beritahukan dimana kamu akan melakukan interview. Apabila rumah orang tua jauh, kamu bisa mengabarinya lewat telepon.

Yang penting kamu memberikan kabar sehingga orang rumah bisa mendoakan kesuksesanmu. Langkah ini menjadi cara menghadapi interview kerja bagi pemula yang tidak boleh sampai terlupakan.

Setelah berusaha dan mengikuti tips yang telah disebutkan sebelumnya, kamu bisa berangkat dengan percaya diri menuju tempat interview.

kamu harus berserah diri dan bersiap menerima setiap keputusan. Hasil yang kamu terima adalah jalan terbaik. Meskipun begitu berjuang dengan sungguh menjadi jalan yang harus kamu tempuh.

Baca juga: Cara Reschedule Job Interview

9. Pahami Beberapa Pertanyaan Jebakan

10+ Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Dalam interview kerja, ada banyak pertanyaan yang umumnya mengandung pertanyaan jebakan.

Pertanyaan ini memiliki arti yang berbeda dan tersembunyi dari apa yang ditanyakan. Beberapa pertanyaan, misalnya:

  • Deskripsikan diri Anda, Pertanyaan ini digunakan untuk mengukur karakter calon karyawan. Cobalah untuk menjawab tanpa kata-kata, misalnya: jujur, pekerja keras, antusias atau bisa juga memiliki komitmen tinggi, mudah bergaul, komunikator yang baik.
  • Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini? Maksud dari pertanyaan ini adalah untuk menghitung sejauh mana karyawan mengetahui target perusahaan.
  • Mengapa Anda tertarik menjadi karyawan di perusahaan? Anda tidak dapat menjawab karena gaji, tetapi atas dasar argumen positif. Misalkan Anda bergairah tentang perusahaan karena sesuai dengan minat dan bakat Anda.
  • Keberhasilan apa yang telah Anda capai dalam pekerjaan Anda? Bahkan jika Anda memiliki banyak prestasi, Anda harus menjawab sesuai. Tidak boleh terlalu banyak. Anda terlihat sombong jika berlebihan.
  • Apa rencana kedepan? Jenis pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui berapa lama Anda akan bekerja di perusahaan yang Anda lamar. Seharusnya tidak mengesankan jika Anda hanya seorang kutu loncat atau senang berpindah perusahaan.

Baca juga: 14 Tips Menjawab Pertanyaan Jebakan Interview Kerja

10. Cobalah untuk Terbuka dan Jujur

Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula kesepuluh adalah cobalah untuk terbuka dan jujur.

Ketika berhadapan dengan interview kerja, transparansi dan kejujuran merupakan nilai tambah bagi Anda. Poin ini nantinya bisa menjadi parameter keberhasilan Anda dalam melakukan interview.

Cobalah untuk jujur ​​tentang apa yang ingin Anda katakan. Ditambah masalah pribadi Anda, salah satunya mengapa Anda berhenti di perusahaan sebelumnya, karena, bisa menjadi pertanyaan yang akan menjerat Anda jika Anda tidak menjawab dengan jujur.

Ingat, berbohong dalam menjawab akan mengarah ke kebohongan lain. Anda tidak bisa berbohong karena dapat dilihat dari rasionalitas jawaban.

Selain itu, ekspresi wajah dan gerak tubuh Anda bisa menjadi parameter jujur ​​atau tidaknya Anda.

11. Berikan Jeda saat Menjawab Pertanyaan

10+ Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Panduan terakhir untuk Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula adalah dengan menentukan jeda di mana jika Anda ingin menjawab pertanyaan dari pewawancara. Jika Anda sudah memahami pertanyaan pewawancara, Anda tentu ingin segera untuk langsung menjawabnya.

Seolah-olah Anda ingin menunjukkan bahwa Anda benar-benar bersemangat dan layak. Padahal, sikap ini tidak tepat saat interview, lebih baik Anda memberikan waktu istirahat beberapa detik untuk menjawab.

Intinya adalah Anda terlihat seperti sedang berpikir saat menjawab pertanyaan. Ini menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang penuh dengan pikiran.

Harus dipahami bahwa jawaban yang tergesa-gesa memberi kesan bahwa Anda tidak sabar dan tidak memperhitungkan kondisi.

Kesalahan Pemula saat Interview Kerja

Setelah mengetahui Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula, mari simak juga kesalahan pemula saat interview kerja.

Sesi wawancara kerja atau interview merupakan waktu yang sangat krusial bagi setiap pencari kerja. Dimana dalam sesi ini pelamar diharuskan bisa memberikan yang terbaik kepada pihak perusahaan, jangan sampai membuat kesalahan dan memberikan kesan buruk.

Tetapi pada dasarnya, akan selalu ada beberapa kesalahan sederhana yang pastinya diperhatikan oleh pihak perusahaan. Agar sukses menjalani sesi interview, ada baiknya untuk menghindari kesalahan umum ini.

1. Tidak Memiliki Persiapan

10+ Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Kesalahan Interview Kerja Bagi Pemula yang biasanya sering dilakukan yaitu tanpa persiapan.

Persiapan merupakan kunci utama dalam wawancara apapun. Saat kurang persiapan, maka akan membuat seseorang berada pada posisi kerugian besar dibandingkan dengan kandidat yang lain.

Pasalnya, ada banyak pelamar kerja yang akan menghabiskan waktu beberapa menit sebelum wawancara dimulai. Sehingga muncul stres, yang bisa saja mengakibatkan lelah, usang, dan meningkatkan kemungkinan melupakan suatu hal yang penting.

Oleh karena itu sehari sebelum wawancara, sebaiknya tidur dengan nyenyak dan pastikan sudah menyiapkan CV, surat lamaran, dan dokumen penting lainnya yang dibutuhkan.

Kemudian di hari interview, jangan lupa untuk datang sekitar 10 atau 14 menit lebih awal. Sebab datang terlambat akan menutup peluang guna mendapatkan pekerjaan. Juga ingat, jangan lupa sarapan dan pergi ke toilet sebelum interview.

Baca juga: 15+ Cara Interview yang Baik agar Diterima Kerja

2. Presentasi yang Buruk

Persentasi yang buruk tentu menjadi hal yang sering terjadi pada Interview Kerja Bagi Pemula.

Selalu pastikan berpakaian rapi, tidak peduli perusahaan apa yang akan dilamar. Bahkan ketika kantor mengadakan hari jumat santai atau wawancara kerja dalam suasana yang santai, Anda perlu mengenakan busana yang penampilan menjadi menarik.

Namun kamu juga bisa menggunakan pakaian bebas, saat perusahaan dengan tegas telah memberikan dress code ketika wawancara. Mengapa perlu mengenakan pakaian yang rapi dan terlihat profesional?

Pasalnya pakaian yang digunakan pada saat interview akan memberikan kesan bahwa Anda adalah orang yang terorganisir dengan baik dan juga profesional, atau justru sebaliknya.

Di saat yang bersamaan, bahasa tubuh ketika wawancara juga menjadi hal yang diperhatikan oleh pihak perusahaan. Untuk itu, ketika memasuki ruangan pastikan berjabat tangan dan senyum kepada pihak pewawancara. Selain itu, ketika wawancara berlangsung pertahankan kontak mata dengan pewawancara.

3. Jawaban yang Tidak Terstruktur

10+ Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Jawaban yang tidak terstruktur menjadi hal yang sering bagi Interview Kerja Bagi Pemula

Biasanya pada saat interview akan diberikan beberapa pertanyaan kompetisi. Dimana pertanyaan ini mengharuskan pelamar kerja mendeskripsikan keterampilan tertentu, seperti kepemimpinan, penyelesaian masalah, dan juga komunikasi.

Yang mana jawaban tersebut adalah kunci keberhasilan wawancara yang dilakukan. Perlu diketahui, bahwa banyak pelamar kerja yang gagal dalam menjawab pertanyaan semacam itu.

Padahal ada semacam metode yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan ini, dimana metode tersebut bernama STAR. Yang terdiri atas Situation (situasi), Taks (tugas), Action (tindakan), dan Respon (respon).

Setiap atasan di sesi wawancara kerja, akan mencari metode ini ketika orang yang tengah diwawancarai menjawab pertanyaan tertentu. Untuk itu, pastikan bahwa Anda bisa menunjukkan kompetisi spesifik dan bagaimana kompetisi tersebut relevan dengan tugas yang akan dihadapi.

Baca juga: 10+ Persiapan Interview Kerja agar Lancar Tanpa Kendala

4. Terlalu Lama dalam Menjawab Pertanyaan

Terlalu lama ketiak menjawab pertanyaan juga hal yang perlu dihindari, karena ini sering terjadi pada Interview Kerja Bagi Pemula.

Saat interview, ada banyak pertanyaan terbuka yang memang sengaja diberikan oleh pihak perusahaan. Akan tetapi ketika pelamar menghabiskan waktu terlalu lama dalam menjawab pertanyaan tertentu, bahkan hingga menjauh dari tujuan pertanyaan terbuka tersebut.

Maka pihak perusahaan akan merasa bingung dengan jawaban tersebut. Atau ketika jawaban tersebut bertele tele, maka pihak pewawancara justru semakin bingung.

Tetapi di sisi lain, jawaban sederhana semacam ya atau tidak biasanya juga menjadi jawaban yang sedikit mengerikan. Untuk itu, cobalah menjawab pertanyaan wawancara dalam durasi sekitar 3 hingga 4 menit dengan jelas dan juga singkat.

Dimana dalam waktu tersebut, harus bisa menunjukkan semua pengalaman dan kompetisi yang dimiliki untuk bisa meningkatkan kualitas diri.

5. Sombong

10+ Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Jangan pernah sombong, ini hal yang kurang baik apalagi dilakukan pada Interview Kerja Bagi Pemula.

Anda perlu tahu, percaya diri merupakan kunci agar bisa sukses dalam wawancara atau presentasi apapun. Akan tetapi, tampak terlalu percaya diri akan membuat pihak perusahaan membenci pelamar kerja tersebut.

Untuk itu, ada baiknya untuk tetap rendah hati ketika mempresentasikan diri saat wawancara kerja. Tidak peduli seberapa baik pihak perusahaan, maka akan ada orang lain dalam perusahaan tersebut yang bisa saja lebih dari Anda.

Untuk itu, ada baiknya menahan diri dari penggunaan adanya jargon teknis yang berlebihan. Selain itu, ada baiknya kuasai kata kata yang multi suku kata.

Pasalnya hal ini bisa menunjukkan kepada perusahaan bahwa Anda adalah orang yang rendah diri, dan bisa berkomunikasi pada tingkat yang berbeda sesuai dengan situasi. Selain itu saat bekerja sama dengan tim dalam sebuah proyek, ada baiknya jangan meninggikan diri di atas tim yang lain.

6. Stres

Interview Kerja Bagi Pemula menyebabkan stres yang berlebihan.

Bagi sebagian orang, wawancara merupakan salah satu pengalaman yang paling menegangkan dalam kehidupan kerja. Oleh karena itu, agar sesi wawancara sukses sebaiknya tetap tenang sepanjang sesi.

Jangan sampai membawa diri dalam keadaan stres. Cobalah persiapkan diri dengan baik, hingga kemudian tekanan akan hilang. Selain itu pada saat wawancara, ingatlah bahwa pihak perusahaan bukanlah musuh. Jadi, berbicaralah seperti sedang berbicara dengan orang biasa.

7. Tidak Menanyakan Pertanyaan Apapun

10+ Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Ketika selesai menjawab pertanyaan saat sesi wawancara kerja, pelamar tidak hanya melamar pekerjaan dikarenakan ingin menyenangkan pihak pewawancara.

Kemungkinan Anda memiliki beberapa pertanyaan, dan akan menjadi lebih baik jika pertanyaan tersebut diutarakan. Hal ini tidak hanya menunjukkan kepercayaan diri pelamar, tetapi juga bisa menjadi bukti kepada pihak perusahaan apa motivasi pelamar dalam posisi tersebut.

Pihak perusahaan bisa dan akan mengecewakan pelamar, sebab tidak mengajukan pertanyaan. Dan hal itu yang menjadi kunci mengapa pelamar perlu bertanya.

Akan tetapi, pertanyaan pertanyaan ini tidak boleh bersifat pribadi atau topik yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan. Ada baiknya jika bertanya mengenai lingkungan kerja ataupun masa depan karir Anda di perusahaan tersebut.

Hal ini perlu diperhatikan pada saat Interview Kerja Bagi Pemula.

Baca juga: 17 Jawaban Fasilitas yang Diharapkan Saat Interview Kerja

8. Tidak Mencari Informasi Terlebih Dahulu Mengenai Perusahaan

Saat mendapatkan undangan interview pada suatu perusahaan tertentu, maka pastikan sebelum berangkat wawancara sudah tahu semua informasi mengenai perusahaan tersebut.

Dimana informasi umum ini bisa dicari di malam hari sebelum wawancara. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri ketika wawancara kerja. Biasanya informasi ini akan mudah dicari di internet.

Tidak perlu mencari informasi yang mendetail, paling tidak informasi tersebut sudah mencakup tentang peran apa yang ditawarkan.

Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula yaitu, tidak hanya mencari informasi saja, ada baiknya juga teliti mengenai ukuran perusahaan, praktik kerja, dan informasi lainnya yang bisa ditemukan.

Yang terakhir jangan lupa melakukan riset industri atau tempat perusahaan tersebut beroperasi, serta bagaimana perkembangan terakhir dari perusahaan tersebut.

Itulah beberapa kesalahan umum yang wajib dihindari oleh pelamar kerja pada saat wawancara. Sesi wawancara merupakan langkah penting untuk bisa mendapatkan pekerjaan, sehingga adanya kesalahan sekecil apapun seharusnya diminimalisir.

Sekian artikel berjudul 10+ Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula, Semoga dengan adanya ulasan ini bisa memberikan informasi kepada para pencari kerja. Semoga sukses di sesi interview Anda!

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!