8+ Contoh Kekurangan Diri Sendiri saat Interview Kerja

Apa saja Contoh Kekurangan Diri Sendiri saat Interview Kerja? Selama interview, Anda biasanya akan diminta untuk menggambarkan kelemahan Anda.

8+ Contoh Kekurangan Diri Sendiri saat Interview Kerja

HRD akan menanyakan hal ini agar dapat menghitung visi, kepribadian, sikap dan komunikasi Anda.

Namun masih banyak yang belum mengetahui kekurangan kita.

Pada artikel ini kami akan membahas cara mengetahui kelemahan dan cara merespons saat interview kerja.

Contoh Kekurangan Diri Sendiri

Nah, setelah kelebihan diri, berikut ini adalah contoh kekurangan diri:

1. Terlalu Kritis Terhadap Diri Sendiri

Contoh Kekurangan diri sendiri pertama adalah menjadi terlalu kritis terhadap diri sendiri. Beberapa orang benar-benar dapat mengomentari kami, merasa seperti kami selalu lemah dan tidak melakukan sesuatu dengan baik.

Itu membuat Anda bekerja sangat keras untuk mendapatkan hasil terbaik dan terkadang melelahkan.

Untuk mengurangi ini, berikan saat Anda belajar untuk lebih menghargai setiap tugas dan menghargai diri sendiri.

2. Kurangnya Penguasaan Software Tertentu

Contoh Kekurangan diri sendiri kedua yaitu kurangnya penguasaan software tertentu.

Perangkat lunak atau sofware yang digunakan dalam tugas akan melihat peningkatan.

Beberapa tugas mengharuskan Anda mahir menggunakan perangkat lunak tertentu, tetapi jika Anda tidak terlalu mahir dalam perangkat lunak itu, bicaralah dengan jujur.

Tunjukkan, jika Anda tidak terlalu pintar, untuk menggunakan perangkat lunak terbaru yang digunakan oleh perusahaan yang Anda lamar.

Anda sebagai orang yang ingin cepat belajar sampai siap bekerja sambil belajar menjalankan software sampai bisa.

3. Berbicara di Depan Umum/Presentasi

8+ Contoh Kekurangan Diri Sendiri saat Interview Kerja

Contoh Kekurangan diri sendiri ketiga yaitu dapat berbicara di depan umum atau presentasi.

Beberapa orang hanya tidak terlatih atau tidak nyaman berbicara di depan beberapa orang.

Jika Anda adalah orang yang kurang optimis ketika diminta untuk berbicara di depan umum, Anda mungkin mengungkapkannya sebagai kelemahan.

Namun, jangan lupa untuk menjelaskan bahwa Anda sedang belajar untuk meningkatkan keterampilan ini melalui pelatihan, komunitas, dan banyak latihan dengan orang-orang dengan keterampilan berbicara di depan umum yang baik.

Beri tahu saya jika Anda membuat kemajuan selama proses pembelajaran.

4. Tidak Menguasai Bahasa Asing

Contoh Kekurangan diri sendiri keempat yaitu tidak menguasai bahasa asing.

Penguasaan bahasa asing sering digunakan sebagai syarat untuk mengerjakan tugas. Seperti bahasa Mandarin, Inggris, Korea dan lain-lain. Misalnya, mereka dapat berbicara bahasa Inggris tetapi tidak benar-benar Korea.

Berikan jika Anda tidak terlalu fasih berbahasa Korea, tetapi bahasa Inggris Anda bagus (berikan bukti jika Anda memilikinya) dan Anda baru belajar untuk meningkatkan kemampuan bahasa Korea Anda melalui pelatihan.

5. Sulit untuk Percaya pada Orang Lain

Contoh Kekurangan diri sendiri kelima yaitu sulit untuk percaya pada orang lain.

Ada orang yang mudah percaya dan bisa mendelegasikan pekerjaan kepada seseorang. Tetapi ada juga orang yang hampir tidak percaya dan lebih suka melakukan semuanya secara mandiri.

Jika Anda kesulitan memercayai seseorang, beri tahu perekrut bahwa Anda mencoba memperbaikinya dengan mencoba mengerjakan proyek dengan rekan kerja lain dan berbagi pekerjaan dengan semua anggota tim.

Kekurangan diri yang positif ini berguna jika anda melamar sebagai Audit.

6. Kurang Optimis

8+ Contoh Kekurangan Diri Sendiri saat Interview Kerja

Contoh kekurangan diri sendiri keenam yaitu kurang optimis.

Kurangnya optimisme adalah situasi di mana Anda merasa tidak bisa dan melihat seseorang yang lebih baik dari Anda.

Bagi Anda yang pemalu atau tertutup, Anda dapat memberi tahu perekrut jika Anda tidak terlatih untuk berbicara di depan banyak orang.

Berikan saat Anda mencoba untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dengan bergabung dengan komunitas, banyak berbicara di depan cermin, dan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan keterampilan Anda.

7. Tidak Sabar

Contoh Kekurangan diri sendiri ketujuh yaitu tidak sabar.

Jika Anda termasuk orang yang tidak sabaran, Anda bisa mengetahui jika Anda sedang tidak sabar dalam bekerja karena ingin bisa menyelesaikan tugas dengan cepat.

Namun, ini tidak membuat Anda bekerja sembarangan. Anda tetap memperhatikan kualitas tugas dan memperbaikinya kembali untuk memastikan semuanya benar untuk meminimalkan kesalahan.

Baca juga: 10+ Cara Minta Reschedule Interview Email & Alasannya

8. Kurang Terorganisir

Contoh Kekurangan diri sendiri kedelapan adalah kurang terorganisir.

Jika Anda tidak rapi atau terorganisir, Anda dapat membuat beberapa kesalahan, misalnya, mengirim email yang salah atau melewatkan tugas tertentu.

Jika ini adalah kelemahan Anda, isilah jika Anda baru saja memulai pelatihan agar lebih terorganisir dengan berkontribusi pada manajemen tugas, membuat daftar tugas harian, dan memeriksa pekerjaan Anda untuk memastikan semuanya pada jalurnya rapi dan tidak kesalahan dibuat.

9. Kurang Pengalaman Kerja

8+ Contoh Kekurangan Diri Sendiri saat Interview Kerja

Contoh Kekurangan diri sendiri kesembilan yaitu kurangnya pengalaman kerja.

Bagi Anda yang baru lulus atau memulai karir di bidang baru, Anda mungkin tidak memiliki pengalaman yang cukup.

Berikan jika Anda tidak terlalu berpengalaman tetapi pernah mengikuti magang, organisasi atau pelatihan yang sepadan dengan status ini.

Ini menunjukkan bahwa Anda memiliki pengalaman dan kemauan untuk mengatasinya, yang membuat kekurangan diri yang positif untuk fresh graduate.

10. Belum Menguasai Keterampilan Tertentu

Contoh Kekurangan diri sendiri terakhir yaitu belum menguasai keterampilan tertentu.

Saat melamar pekerjaan, perusahaan tentunya memiliki persyaratan skill yang harus dimiliki oleh kandidat tersebut.

Jika Anda tidak menguasai salah satu dari ini, Anda dapat menyebarkannya ke perekrut.

Namun, jangan lupa untuk mengatakan jika Anda sedang berusaha mempelajari dan menguasai keterampilan ini agar dapat mendukung tugas Anda.

Ceritakan bagaimana Anda mempelajari keterampilan ini. Misalnya, mengikuti boot camp atau kursus pelatihan, atau belajar dari rekan yang ahli di bidangnya.

Baca juga: 10+ Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Lengkap]

Cara Menceritakan Kekurangan Diri saat Interview Kerja

Bagaimana Contoh Jawaban Kekurangan Diri Dalam interview dan Tipsnya? Ketika melamar pekerjaan, salah satu tahapan yang mestinya akan kamu lalui ialah interview. Agar persiapanmu menghadapi dunia kerja lebih matang, kamu harus

menyiapkan jawaban dari setiap perkiraan pertanyaan. Untuk memudahkanmu, yuk simak contoh jawaban Kekurangan diri dalam interview dan tipsnya pada ulasan berikut ini.

1. Menjawab Pertanyaan Mengenai Pengalaman

Cara Menceritakan Kekurangan Diri saat Interview Kerja

Cara Menceritakan Kekurangan Diri saat Interview Kerja pertama yaitu berhati-hati menjawab pertanyaan mengenai pengalaman.

Jika kamu baru lulus, tentu tak memiliki banyak pengalaman bekerja. Oleh sebab itu, penting untuk memperlihatkan ketertarikan atas pekerjaan yang sedang kamu lamar.

Sembari menunggu pemanggilan interview, sebaiknya asah dulu kemampuanmu di bidang pekerjaan yang sudah kamu lamar. Agar nantinya, pihak perusahaan akan mengetahui kesungguhanmu.

Apabila pihak perusahaan melontarkan pertanyaan mengenai apa pengalamanmmu, maka kamu bisa menjabarkan mengenai keahlian dan pencapaian yang sudah kamu raih.

Dengan demikian bisa dikatakan bahwa, keahlian merupakan sebuah keharusan yang wajib dimiliki oleh seseorang. Sebagai contoh, kamu bisa mengikuti seminar di bidang tertentu untuk menungjang karirmu.

2. Menjawab Pertanyaan Penguasaan Bidang Tertentu

Cara Menceritakan Kekurangan Diri saat Interview Kerja kedua yaitu berhati-hati menjawab pertanyaan penguasaan bidang tertentu.

Dalam sebuah interview atau wawancara, pihak perusahaan bisa saja memberikanmu pertanyaan mengenai penguasaan suatu bidang tertentu.

Apabila kamu kebetulan mendaftar pekerjaan yang tak ada hubungannya dengan angka, maka kamu bisa menjawab bahwa kelemahanmu ada pada bidang matematika.

Setelah menjawab Kekurangan menguasi suatu bidang, jangan lupa untuk menambahkan jawaban jika kamu sedang berusaha untuk mengatasi Kekurangan tersebut.

Namun, jika kamu termasuk seseorang yang memiliki keahlian dan menguasai suatu bidang, contoh jawaban Kekurangan diri dalam interview dan tipsnya ialah mengatakannya dengan jujur.

Sebagai saran, jangan menjawab pertanyaan penguasaan bidang dengan kebohongan. Pasalnya, hal tersebut akan memberikan dampak buruk jika nantinya sudah diterima bekerja.

Sebaliknya, katakan dengan jujur bahwa kamu memang tak memiliki kemampuan pada suatu bidang. Umumnya, pihak perusahaan akan memahami kelemahanmu.

3. Menjawab Pertanyaan Mengenai Kesabaran

Cara Menceritakan Kekurangan Diri saat Interview Kerja ketiga yaitu berhati-hati menjawab pertanyaan mengenai kesabaran.

Jika ditelaah secara mendalam, kesabaran bisa berarti baik maupun buruk. Namun dalam menanggapi pertanyaan interview mengenai kesabaran, kamu bisa mengartikan kata “sabar” sebagai kelebihanmu.

Misalnya, kamu bisa mengatakan bahwa dirimu merupakan orang yang tidak sabar ketika bekerja. Jadi, pihak recruiter akan menilaimu sebagai orang yang kompeten.

Agar perusahaan lebih mempercayaimu, tambahkan jawaban bahwa kamu merupakan seseorang yang ingin pekerjaan selesai dengan cepat.

Kamu juga bisa menambahkan bahwa kamu merupakan seseorang  yang selalu membuat daftar apa yang harus dilakukan. Kamu bisa memutuskan aktifitas mana yang merupakan pritoritas yang harus dikerjakan lebih dulu.

4. Menjawab Pertanyaan Detail Oriented

Cara Menceritakan Kekurangan Diri saat Interview Kerja

Cara Menceritakan Kekurangan Diri saat Interview Kerja keempat yaitu berhati-hati menjawab pertanyaan detail oriented.

Beberapa recruiter suatu perusahaan mungkin akan menanyakan perihal Kekurangan detail oriented. Namun sebenarnya, detail oriented atau sifat yang memerhatikan suatu hal secara detail juga bisa dijadikan sebagai kelebihan diri.

Kamu bisa menjawabnya bahwa kamu merupakan seorang pekerja dengan cara detail sebagai contoh jawaban Kekurangan diri dalam interview dan tipsnya

Setelah mendengar jawaban yang kamu berikan, pihak recruiter mungkin akan menilamu sebagai seorang pekerja keras. Pihak pewawancara juga akan melihat dirimu sebagai seorang yang bisa menghindarkan perusahaan mereka dari kesalahan sekecil apapun. Namun ingatlah untuk menjawab pertanyaan ini secara jujur, agar tidak berdampak buruk suatu hari nanti.

5. Menjawab Pertanyaan Mengenai Kerapian

Cara Menceritakan Kekurangan Diri saat Interview Kerja kelima yaitu berhati-hati menjawab pertanyaan mengenai kerapian.

Jika kamu termasuk orang yang masih belum bisa menjaga kerapian, pastikan sifat tersebut tidak menyangkut pada pekerjaan.

Selain merugikan, sifat berantakkan juga akan menimbulkan persepsi negatif dari orang lain. Untuk menjawab pertanyaan mengenai kebersihan atau kerapian, kamu bisa mengatakan bahwa kebersihan memang hal yang sangat penting digalakkan.

Tak sekedar kata kata, kamu juga harus membuktikan bahwa kerapian dan kebersihan merupakan sifat yang sedang kamu kembangkan. Kamu juga mengakalinya dengan melakukan pembersihan terhadap pekerjaan yang sudah dilakukan. Misalnya, kamu bisa mengatakan bahwa pembersihan meja kantor dilakukan setidaknya seminggu sekali.

6. Menjawab Pertanyaan Mengenai Kepercayaan Diri

Cara Menceritakan Kekurangan Diri saat Interview Kerja keenam yaitu berhati-hati menjawab pertanyaan mengenai kepercayaan diri.

Jika kamu para pemilik kepribadian introvert, mungkin akan sering menghadapi pertanyaan mengenai kepercayaan diri. Tak menutup kemungkinan bahwa perusahaan akan menanyakanmu perihal kepercayaan diri.

Pertanyaan tersebut diberikan dengan tujuan untuk mengetahui apakah kamu bisa menyampaikan materi pekerjaan dengan gamblang.

Contoh jawaban Kekurangan diri dalam interview dan tipsnya untuk kamu yang memiliki sifat introvert, tunjukkan kepada pihak recruiter bahwa kerpibadian tersebut sedang kamu rubah. Kamu juga bisa menyebutkan bahwa, sedang mengikuti kursus public speaking agar kepercayaan dirimu tumbuh dengan sendirinya.

7. Menjawab Pertanyaan Mengenai Bahasa Asing

Cara Menceritakan Kekurangan Diri saat Interview Kerja

Cara Menceritakan Kekurangan Diri saat Interview Kerja ketujuh yaitu berhati-hati menjawab mengenai bahasa asing.

Pertanyaan mengenai bahasa merupakan hal yang paling banyak dialami oleh pelamar kerja saat interview. Pasalnya, penguasaan bahasa asing sudah menjadi salah satu kualifikasi berbobot yang ditentukan oleh suatu perusahaan.

Jika kamu mempunyai penguasaan terhadap bahasa asing, maka bisa menyebutkannya untuk menjawab pertanyaan bahasa.

Namun jika kamu belum terlalu menguasai bahasa asing, katakan dengan jujur jika kamu belum sempat mempelajarinya. Agar pihak recruiter semakin yakin terhadap kemampuanmu, kamu bisa menambahkan jawaban bahwa sedang mengikuti kursus bahasa asing setiap minggunya. Menguasai beberapa bahasa asing memang menjadi nilai tambah untuk mengarungi dunia kerja.

Dalam dunia modern seperti sekarang ini, bahasa asing sudah menjadi salah satu media komunikasi yang penting untuk dipelajari.

Dengan menguasai bahasa asing, dapat membantumu untuk mengetahui dinamika dalam dunia global. Di luar sana, ada banyak sekali kejadian yang menuntutmu untuk bisa berkomunikasi bahasa asing. Seperti halnya sebuah perusahaan.

Baca juga: 100+ Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

8. Jangan Menjawab Pertanyaan Dengan Rendah Diri

Cara Menceritakan Kekurangan Diri saat Interview Kerja selanjutnya yaitu jangan menjawab pertanyaan dengan rendah diri.

Contoh jawaban Kekurangan diri dalam interview dan tipsnya, ialah menghindari sikap rendah. Tak sedikit kandidat pelamar yang memoles jawabannya hingga terdengar ganjil, hal tersebut dilakukannya agar telihat bagus.

Namun, hal tersebut tak patut dilakukan. Memang benar jika recruiter akan menanyaimu tentang Kekurangan, namun jangan rendah diri untuk menjawabnya.

Sebagai saran, kamu bisa mengungkapkan kelemahanmu sebagai kelebihan. Sebagai contoh, jika kamu memiliki Kekurangan tergesa gesa ketika mengerjakan sesuatu maka kamu bisa membuatnya menjadi sebuah kelebihan.

Sifat yang tergesa gesa dalam mengerjakan sesuatu, membuat pihak recruiter menilaimu sebagai seseorang yang cekatan.

9. Memberikan Jawaban Yang Proporsional

Cara Menceritakan Kekurangan Diri saat Interview Kerja terakhir yaitu memberikan jawaban yang proporsional.

Kamu harus memberikan jawaban dari pernyataan yang proporsional. Maksudnya penyampaian ialah tidak terlalu singkat dan tidak terlalu panjang.

Karena jika kamu memberikan jawaban singkat maka recruiter akan memandang bahwa kamu bukanlah sosok yang kritis.

Berbeda jika memberikan jawaban panjang, dapat membuat dirimu terkesan terlalu berlebih-lebihan.

Kamu bisa memberikan pernyataan sesuai dengan apa yang dirasakan. Jangan pernah memberikan jawaban mengada ngada dan jauh dari kenyataan.

Perlu diketahui, beberapa perusahaan memiliki kriteria ketat dalam merekrut karyawan baru.

Jadi contoh jawaban Kekurangan diri dalam interview dan tipsnya ialah memberi pernyataan yang proporsional.

Itulah beberapa tips dan contoh pertanyaan terhadap suatu jawaban atas Kekurangan. Melalu penjelasan dalam ulasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam sesi interview dibutuhkan jawaban proporsional berdasarkan kenyataan. Jangan pernah menyampaikan jawaban atas dasar kebohongan.

Contoh Jawaban Kekurangan Diri Sendiri saat Interview Kerja

“Saya tidak begitu akrab dengan versi perangkat lunak yang digunakan oleh perusahaan saat ini. Namun, akhir-akhir ini saya mencoba mencari tahu dasar-dasarnya dan menjalankan software ini.

Saya mengerti bahwa seiring dengan kemajuan karir saya, perangkat lunak yang saya pilih untuk digunakan akan selalu berubah. Dan saya selalu ingin belajar dan beradaptasi dengan perubahan teknologi. Saya akan meluangkan waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentang perangkat lunak baru.”

Penutup

Ketika Anda pergi ke sebuah interview kerja, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat daftar kekurangan atau kelemahan kita.

Pastikan kekurangan yang Anda tulis adalah kekurangan yang tidak terlalu mempengaruhi kinerja Anda dalam bekerja.

Anda juga dapat menambahkan beberapa pengalaman pertama Anda, saat menjawab pertanyaan tentang kelemahan saat interview kerja.

Sekian artikel berjudul 8+ Contoh Kekurangan Diri Sendiri saat Interview Kerja, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!