Latihan Psikotes Pemahaman Bacaan

Latihan Psikotes Pemahaman Bacaan | Pemahaman Membaca menurut KBBI adalah suatu proses, metode, tindakan pemahaman atau pemahaman. Bacaan adalah kalimat-kalimat yang dirangkai menurut tema tertentu untuk memberi makna menurut struktur kalimat dan makna menurut teks secara keseluruhan.



Mackey mengartikan pemahaman bacaan sebagai tafsir dan harapan, yaitu penafsiran atas apa yang diperoleh dari tulisan yang dibacanya dan harapan untuk dapat menemukan dan menggunakan hal-hal yang terdapat dalam bacaan tersebut.

Jadi, tes pemahaman bacaan merupakan tes untuk memahami makna keseluruhan yang terkandung dalam sebuah teks atau memahami isi teks secara keseluruhan.

Tujuan dan Fungsi Tes Pemahaman Bacaan

Tujuan dari tes pemahaman bacaan adalah untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam memahami suatu bacaan
bacaan. Dengan tes ini seseorang akan terbiasa menganalisa suatu bacaan sehingga akan terlatih dan lebih cepat dalam memahami suatu bacaan.

Contoh berbagai Tes Pemahaman Membaca

Tes pemahaman bacaan membutuhkan analisis teks, seperti menentukan kalimat utama. gagasan pokok, kesimpulan, atau pernyataan yang sesuai dan tidak sesuai dengan bacaan. Tes pemahaman membaca tidak terlepas dari teks sehingga membutuhkan konsentrasi dan ketelitian dalam mengerjakan soal ini.

Petunjuk Soal :
– Bacalah teks terlebih dahulu secara keseluruhan
– Carilah kalimat utama yang menjadi dasar pengembangan bacaan. Kalimat ini biasa terletak di awal atau akhir paragraf
– Catat kata kunci atau pokok-pokok bacaan kemudian rumuskan sebuah kalimat yang menjadi gagasan atau pokok permasaiahan dalam bacaan tersebut

Latihan Psikotes Pemahaman Bacaan

Selamat mengerjakan Soal Latihan Psikotes Pemahaman Bacaan

Rekomendasi menggunakan komputer atau laptop, namun jika menggunakan smartphone sebaiknya gunakan browser Chrome, Opera atau UC Browser

Perhatian:

  1. Pastikan anda dalam keadaan rileks
  2. Kerjakan dengan tenang.

Catatan:

  1. Tiap soal hanya ada satu jawaban yang Benar
  2. Tekan F5 jika anda ingin latihan psikotes dari awal

Anda dapat latihan berbagai soal psikotes di Latihan Psikotes Online dan Jawaban Gratis



Mulai sekarang!!

Psikotes - Pemahaman Bacaan

Soal tes psikotes dapat digunakan untuk tes CPNS, Melamar Pekerjaan, Perusahaan Swasta Nasional, CPNS, Pascasarjana, TNI-POLRI, Promosi Jabatan, BUMN, Instansi Pemerintah, Beasiswa PTN/PTS, Psikotes dan TPA Lainnya



error: Content is protected !!