Jadwal PPPK 2021 Dibuka untuk Guru Honorer dan Umum

Jadwal PPPK 2021 Dibuka untuk Guru Honorer dan Umum | Tahun 2021 terbilang menjadi tahun yang banyak peluang bagi para pencari kerja. Tak hanya menjadi tahun penerimaan CPNS, di tahun 2021 juga akan dibuka PPPK untuk guru honorer dan umum.

Peluang ini menjadi salah satu hal yang paling  dinanti nanti pencari kerja. Bagi yang tang tertarik untuk mengadu nasib, Sudah tahukah kamu apa saja ketentuan dan Jadwal PPPK 2021? simak ulasannya.

A. Jadwal PPPK 2021

Jadwal PPPK 2021 Dibuka untuk Guru Honorer dan Umum

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sudah direncanakan akan dilangsungkan pada tahun 2021. Berita ini cukup menarik banyak perhatian masyarakat terlebih para pencari kerja.

Rencananya seleksi akan dibuka di semester awal tahun ini, dan desas desusnya akan dilakukan sekitaran bulan April 2021. Untuk proses seleksinya akan dilakukan sekitar Juni.

Persiapan sudah menjadi salah satu hal yang harus dilakukan, mengingat persaingan untuk memperebutkan posisi PPPK dan CPNS sangatlah ketat.

Untuk formasi PPPK yang akan dibuka masih menunggu informasi lebih lanjut, namun dikabarkan hingga saat ini telah dibuka sekitar 147 formasi PPPK di tahun 2021. Formasi ini masih belum final sehingga para calon masih harus menunggu.

Pemberitaan lebih lanjut terkait dengan jadwal PPPK nantinya akan segera diumumkan jika semuanya telah siap. Untuk menunggu hal tersebut, lebih baik kamu mulai menyiapkan berbagai dokumen yang kamu butuhkan sehingga saat proses pendaftaran dibuka, semuanya dapat kamu lakukan dengan lancar.

Salah satu kendala yang banyak terjadi jika seseorang ingin mendaftar sebuah pekerjaan adalah tidak lengkapnya berkah. Padahal nyatanya sudah diberi pengumuman jauh jauh hari.

Setidaknya dengan adanya pengumuman tersebut, kita telah menyiapkan berbagai keperluan yang ada sehingga kita tidak akan mengalami masalah di kemudian hari.

B. Formasi PPPK dan CPNS 2021

Jangan hanya menantikan jadwal , kamu harus mempersiapkan setiap berkasnya dengan baik dan benar. Rencananya jadwal PPPK 2021 dibuka untuk guru Honorer dan umum sehingga sudah sepatutnya bagi para guru honorer dan umum berusaha dengan baik agar segala kelengkapan berkasnya dapat dipenuhi.

Sebenarnya PPPK tidak hanya dikhususkan untuk guru, masih banyak formasi PPPK yang akan dibuka. Namun untuk formasi guru rencananya akan dilakukan mekanisme penerimaan melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan. Kabarnya jumlah yang dibuka juga cukup banyak.

Untuk PPPK guru menurut Teguh Widjanarko sebagai pelaksana tugas deputi sumber daya manusia aparatur kementerian PANRB, jumlah yang akan di buka di tahun 2021 adalah sekitar 1 juta orang dengan total kebutuhan tenaga CPNS dan PPPK adalah 1,3 juta orang. Sedangkan untuk umum atau jabatan di luar guru terdapat sekitar 189.000 orang.

Sebanyak 189.000 orang tersebut terdiri dari 70.000 PPPK jabatan fungsional selain posisi guru dan 119.000 CPNS untuk jabatan teknis yang sedang dibutuhkan.

Sedangkan untuk instansi pusat dikabarkan telah ditentukan kebutuhan sebesar 83.000 dengan persentase 50 persen untuk PPPK sedangkan 50 persen lainnya untuk CPNS.

Setiap kebutuhan yang telah disebutkan sebelumnya terdiri dari berbagai formasi sehingga lulusan berbagai disiplin ilmu memiliki peluang untuk mengikuti PPPK 2021 dan CPNS 2021.

Untuk pengumuman formasinya masih menunggu kata final sehingga kamu diharuskan untuk mulai mempersiapkan diri.

C. Kebijakan PPPK 2021

Jadwal PPPK 2021 Dibuka untuk Guru Honorer dan Umum

Terdapat beberapa hal yang harus kamu ketahui terkait dengan PPPK 2021. PPKI 2021 dapat diikuti oleh semua guru honorer dan lulusan PPG dan semua yang dinyatakan lulus akan memperoleh kesempatan menjadi guru PPPK.

Jumlah yang disediakan pemerintah untuk formasi ini adalah 1 juta orang sehingga peluangnya sangat besar.

Kemudian setiap pendaftar akan diberi kesempatan untuk mengikuti tes sebanyak tiga kali. Kesempatan ini tidak boleh kamu sia siakan.

Jika kamu memang berniat untuk masuk sebagai salah satu guru PPPK maka kamu diperbolehkan untuk melakukan tes ulang jika di test yang pertama kamu tidak lolos. Mengulang ujian hingga dua kali  dapat dilakukan di tahun yang sama.

Hal ketiga yang harus diketahui adalah saat ini kemendikbud akan menyediakan materi yang dapat calon peserta seleksi pelajari secara daring dengan tujuan untuk membantu pendaftar mempersiapkan diri sebelum test dilakukan.

Harapannya dengan adanya peran kemendikbud secara langsung, dapat meningkatkan minat dan kesungguhan peserta dalam memperebutkan kursi PPPK.

Poin keempat yang harus kamu ketahui adalah pemerintah pusat akan memastikan anggaran terkait dengan gaji semua peserta yang lulus PPPK sehingga kamu tak perlu was was terkait dengan gaji yang akan kamu peroleh nantinya setelah kamu resmi bergabung sebagai peserta PPPK 2021. Gaji yang telah terjamin tentu harus menjadi salah satu penyemangat kamu.

Lantas bagaimana dengan biaya nya? Bagi kamu yang ingin mengikuti seleksi PPPK, seluruh biaya telah ditanggung oleh kemendikbud. Berdasarkan kebutuhan formasi sebanyak 1 juta guru, kemendikbud telah menyiapkan dana yang cukup sehingga peserta tes tidak akan diminta untuk membayar sepeserpun jika ingin melakukan test.

Sebenarnya apa alasan pemerintah membuka banyak formasi guru melalui PPPK? Pemerintah ingin menyediakan kesempatan yang adil dan layak untuk para guru yang kompeten sehingga bisa memperoleh penghasilan yang layak. Memang saat ini masih banyak terdapat guru honorer yang mendapat gaji dibawah rata rata sehingga harapannya gaji mereka akan membaik.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Indonesia yaitu bapak Nadiem Anwar Makarim juga turut mengatakan bahwa dua kriteria yang bisa mengikuti seleksi PPPK adalah seluruh guru honorer baik sekolah negeri atau sekolah swasta yang terdaftar Dapodik dan juga lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar.

Melihat hal tersebut, artinya para lulusan PPG yang baru saja merampungkan pendidikannya memperoleh kesempatan mendaftar program PPPK. Jika kamu termasuk dalam dua golongan ini, berusahalah sebaik mungkin agar kamu bisa lolos dan masuk sebagai salah satu peserta PPPK 2021 sehingga hal ini akan berpengaruh pada karir serta membuat penghasilan kamu lebih baik.

Baca juga: Langkah Dan Tips Lolos PPPK/P3K Tahun 2021

D. Permasalahan Berkas

Saat ini memang jadwal PPPK 2021 dibuka untuk guru Honorer dan umum sehingga persaingan juga sangat ketat. Walaupun belum ada pengumuman resmi kapan akan dibuka, kamu seharusnya telah mempersiapkan berkas yang dibutuhkan.

Jika kamu telah mempersiapkannya, diharapkan saat pendaftar benar benar dibuka, kamu tak lagi kebingungan mengurus dokumen.

Salah satu kasus yang banyak terjadi adalah ketidaksesuaian nama antara KTP, Kartu Keluarga (KK) dan Ijazah. Dokumen dokumen tersebut tentu menjadi hal yang wajib kamu perhatikan.

Perbedaan nama menjadi salah satu kendala yang seringkali membuat pendaftar tidak lolos seleksi administrasi. Jika terjadi perbedaan nama, segera urus agar tidak menimbulkan masalah.

Banyak orang yang menyepelekan perbedaan yang ada pada dokumen penting yang ia miliki. Kita harus tahu jika menjadi peserta PPPK ataupun CPNS, semua data sangat penting karena berhubungan dengan data mu di BKN.

Oleh karena itu data yang ada harus valid dan sah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan saat proses seleksi.

Demikianlah penjelasan mengenai jadwal PPKI beserta ketentuan dan berkas penting yang harus kamu siapkan. Jangan sampai kamu kelewatan saat PPPK sudah masuk tahap pendaftaran.

Kamu juga harus persiapkan berkas, karena berkas yang tidak sesuai akan menjadi kendala. Persiapkan juga kemampuan mu untuk mengerjakan soal tes agar kamu bisa mendapat nilai maksimal.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!