Cara Lulus CAT CPNS

Bagaimana Cara Lulus CAT CPNS? Tahun 2021 akan menjadi tahun dilaksanakannya seleksi CPNS dan PPPK. Momen ini sudah menjadi hal yang sangat ditunggu tunggu oleh para pencari kerja.

Baik orang yang sudah berpengalaman ataupun yang baru lulus pendidikan bisa mencoba kesempatan tersebut. CAT menjadi salah satu sistem seleksi yang digunakan, lantas bagaimana cara lulus CAT CPNS? Simak disini.

A. Apa Itu Sistem CAT?

Cara Lulus CAT CPNS

Computer Assisted Test atau yang lebih dikenal dengan istilah CAT merupakan salah satu sistem atau program yang digunakan dalam proses seleksi CPNS.

Sistem CAT sudah digunakan mulai dari tahun 2014 hingga tahun 2021 nanti akan menjadi tahun kesekian kalinya system CAT ini digunakan untuk proses seleksi CPNS.

Sistem ini secara khusus dirancang dan dikemvangkan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Dengan adanya teknologi ini, harapannya proses seleksi bisa dilakukan dengan lebih lancar dan bisa membuat pekerjaan menjadi lebih efisien serta menghindari adanya suap menyuap antar pihak yang dulu pernah terjadi.

Sistem ini merupakan system pengganti LJK yang dulu digunakan saat pergelaran seleksi CPNS. Sistem LJK merupakan system yang memakan banyak tenaga dan waktu mengingat jumlah calon CPNS terus meningkat setiap tahunnya.

Kamu sebagai calon CPNS akan diminta mengerjakan soal menggunakan PC dan skor bisa langsung kamu ketahui setelah proses pengerjaan.

B. Computer Assisted Test (CAT) VS Lembar Jawaban (LJK)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sistem CAT merupakan sistem yang memiliki banyak sekali keunggulan. Keunggulan yang dimilikinya bisa mempermudah berbagai pihak serta bisa meminimalisir praktek curang yang biasa terjadi saat proses seleksi CPNS tahun tahun sebelumnya. Harapannya dengan system ini praktek tercela itu bisa dihilangkan.

Bagi pemerintah, sistem CAT bisa meningkatkan efisiensi tenaga dan juga biaya. Jika system sebelumnya pemerintah harus menyiapkan anggaran untuk kertas atau lembar jawaban, dengan adanya CAT anggaran tersebut bisa dipangkas. Anggaran yang berhasil disimpan bisa dialihkan untuk kegiatan pembangunan yang lain.

Tahukah kamu berapa jumlah kertas yang diperlukan untuk sekali proses seleksi CPNS? Jika menggunakan sistem LJK, pemerintah sebelumnya telah menggunakan kertas kurang lebih sebanyak 6 ton.

Jumlah tersebut tidak main main sehingga menimbulkan biaya yang cukup besar. Selain itu CAT juga lebih ramah lingkungan karena bisa mengurangi penggunaan kertas.

Dari segi tenaga system ini juga lebih baik. Dengan adanya sistem CAT tidak lagi dibutuhkan pengawas yang terlalu banyak. Jika masih menggunakan LJK, tentu dibutuhkan pengawas yang lebih banyak mulai dari awal distribusi hingga pengumpulan serta pengkoreksiannya. Sistem ini juga membantu pemerintah terkait dengan proses pengoreksian dan pelaporan hasil tes.

Pengoreksian dan pelaporan semuanya dilakukan dengan sistem komputer sehingga lebih cepat dan akurat. Dengan adanya sistem CAT, kesalahan koreksi bisa diminimalisir sekecil mungkin.

Belum lagi kendala LJK yang rusak menjadi salah satu penyebab banyaknya calon CPNS yang gugur karena lembar kerja yang tidak bisa diproses dengan benar.

Dengan system yang sudah lebih baik harapannya kamu belajar sehingga mengetahui dengan baik cara lulus CAT CPNS tahun ini. Sistem CAT dilakukan secara online sehingga alur pelaksanaannya lebih transparan sehingga bisa membuat calon CPNS lebih percaya terhadap hasil yang keluar saat pelaksanaan CPNS.

C. Pelaksanaan CAT bagi CPNS

1. Mendaftar dan Melengkapi Data

Sistem CAT merupakan sistem yang aman dan lebih efisien, lantas bagaimana cara penggunaan system yang satu ini? Bagi kamu calon CPNS tentu terlebih dahulu diharuskan untuk mendaftar dan melengkapi setiap dokumen yang diperlukan.

Kamu akan diminta untuk melengkapi segala berkas secara online sehingga semua dokumen harus kamu siapkan dalam bentuk soft file.

Setelah kamu lolos tahap seleksi administrasi, kamu akan dihadapkan pada ujian atau tes SKD. Tes ini merupakan tes yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan dasar dari calon ASN.

Nilai dari tes yang satu ini semuanya dilakukan dengan sistem CAT. Saat pendaftaran selesai kamu akan diberi PIN register dan PIN sesi sebagai kode pengaman.

2. Check In dan Login CAT

PIN register akan kamu gunakan saat proses check in atau daftar ulang. Proses daftar ulang ini dilakukan sebelum kamu memasuki ruangan.

Sedangkan untuk PIN sesi, kode tersebut digunakan saat kamu akan log in aplikasi CAT. Kedua PIN tersebut dibuat untuk meminimalisir kekeliruan dan memastikan peserta yang datang sesuai dengan yang terdaftar.

3. Mulai Menjawab Soal

Selanjutnya setelah login, kamu akan diminta untuk menjawab soal yang ada dengan klik pilihan yang kamu anggap benar dan selanjutnya klik menu simpan dan lanjutkan.

Peserta tes diwajibkan untuk menekan menu simpan dan lanjutkan karena jika hal ini tidak dilakukan maka jawaban peserta tidak akan tersimpan sehingga di akhir tidak akan ada skor yang terhitung.

Masalah ini cukup fatal sehingga benar benar harus diingat oleh setiap peserta karena merupakan cara lulus CAT CPNS. Kemudian di bagian atas layar terdapat menu yang menunjukkan nomor soal yang sedang kamu kerjakan serta nomor berapa saja yang belum kamu kerjakan.

Selain itu terdapat pula informasi terkait dengan batas waktu pengerjaan soal. Informasi ini harus kamu cermati agar selama proses pengerjaan kamu bisa meluangkan waktu yang pas agar semua soal bisa dikerjakan dengan baik. Sangat disayangkan jika hingga waktu berakhir kamu belum merampungkan setiap soal yang diberikan.

Peserta tes tidak perlu khawatir jika terdapat jawaban yang keliru karena kamu masih bisa melakukan review dengan mengklik nomor soal yang kamu ingin perbaiki.

Setelah kamu membuka soal tersebut, kamu bisa menggantinya dengan jawaban yang kamu anggap tepat. Jika ada jawaban baru, secara otomatis jawaban lama akan terganti asalkan kamu klik menu simpan dan lanjutkan.

Baca juga: Tryout dan Latihan Contoh Soal CPNS TWK, TKP dan TIU (Kunci Jawaban) 2021

4. Jika Sudah Selesai Klik “Ujian Selesai”

Apabila semua soal telah dijawab, peserta bisa klik menu selesai ujian. Jika menu tersebut telah kamu klik, akan langsung muncul skor sehingga sebelum klik menu ujian selesai kamu harus koreksi terlebih dahulu setiap soal yang ada agar kamu benar benar yakin.

Setelah skor muncul kamu tidak bisa mengulang kembali dan mengganti jawaban dari soal yang telah kamu kerjakan.

Aplikasi CAT nantinya akan tertutup otomatis jika waktu pengerjaan telah selesai sehingga jika kamu belum klik menu ujian selesai sampai batas waktu yang telah ditentukan maka skor kamu juga akan langsung muncul di layar komputer.

Jika sesi telah selesai, kamu bisa langsung mengetahui apakah skor mu melebihi ambang batas atau tidak.

Sesuai dengan penjelasan tersebut memang terlihat jika sistem CAT sangat  praktis. Jika kamu menggunakan sistem LJK, tidak mungkin kamu bisa mengetahui skor tes secara langsung.

Dengan begitu setelah kamu menjalankan tes, kamu bisa mengetahui apakah kamu lolos atau tidak. Jika kamu lulus, kamu bisa langsung mempersiapkan untuk tes selanjutnya.

Demikianlah penjelasan mengenai system CAT yang digunakan saat proses seleksi CPNS. Sistem ini juga akan menjadi system yang nantinya akan digunakan saat proses seleksi CPNS 2021.

Siapkan segala keperluan terkait dengan dokumen serta perbanyak latihan agar kamu bisa memperoleh skor yang optimal saat proses seleksi berlangsung.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!