Kegunaan dan Manfaat Simulasi CAT CPNS

Apa Kegunaan dan Manfaat Simulasi CAT CPNS? Momen perekrutan pegawai negeri sipil (ASN) akan segera dibuka. Tahun 2021 menjadi tahun dilaksanakannya seleksi CPNS dan PPPK.

Tahapan seleksinya cukup panjang, dan pada tahap seleksi kamu akan diminta untuk mengerjakan soal dengan sistem CAT. Apa yang dimaksud dengan CAT? Apa kegunaan Simulasi Cat CPNS? Simak selengkapnya disini.

A. Mengenal Apa Itu CAT Dalam Seleksi CPNS

Kegunaan dan Manfaat Simulasi CAT CPNS

Computer Assisted Test atau yang biasa disebut dengan CAT adalah sistem atau sebuah program yang digunakan untuk seleksi CPNS yang berbasis teknologi komputer.

Nantinya dengan system ini, semua peserta CPNS akan diminta untuk mengerjakan soal dengan menggunakan sebuah komputer. Komputer yang juga telah disediakan oleh penyelenggara.

Dengan adanya sistem ini, semua pekerjaan terkait dengan pengoreksian jawaban dan proses skoring bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Mengapa system ini cukup efektif dan efisien bagi peserta?

Dengan adanya sistem ini, semua peserta dapat secara langsung mengetahui skor yang mereka peroleh setelah ujian selesai.

Harapannya, dengan segera mengetahui skor, peserta bisa langsung tahu apakah dirinya lolos batas ambang atau tidak. Semisal dirinya lolos, peserta tersebut bisa langsung mempersiapkan diri untuk tahap selanjutnya.

Dengan adanya sistem ini juga pemerintah bisa menghemat biaya kertas lembar jawaban yang biasanya digunakan saat proses seleksi CPNS.

Sistem yang satu ini mulai berlaku pada tahun 2014. Sejak tahun 2014, system terus dilakukan penyempurnaan agar dapat berfungsi secara optimal.

Selain itu dengan adanya sistem ini, seluruh proses seleksi CPNS bisa lebih transparan karena tak lagi ditangani oleh banyak orang sehingga bisa meminimalisir kemungkinan kecurangan seperti adanya praktik suap.

Bagi kamu para peserta CPNS, rajin berlatih merupakan salah satu hal yang sudah sepatutnya kamu lakukan jauh jauh hari sebagai salah satu bentuk persiapan menghadapi tes seleksi CPNS.

Berlatih tak hanya dengan belajar materi, namun kamu juga harus berlatih memahami system yang digunakan saat proses selek.

kamu dapat berlatih sistem CAT dengan menggunakan sistem simulasi yang telah disediakan. Pada tahun 2019 sebagai tahun terbaru pelaksanaan CPNS, para peserta telah disediakan media simulasi CAT oleh pihak BKN. Simulasi ini sangat membantu sehingga peserta bisa lebih memahami bagaimana cara pengerjaan soalnya.

B. Manfaat Simulasi CAT CPNS

Setelah kita mengenal apa itu CAT, selanjutnya artikel ini akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan simulasi CAT. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, system simulasi CAT telah dilakukan pada tahun 2019. System ini dapat membantu para peserta lebih memahami apa yang dimaksud dengan sistem CAT.

Harapannya dengan memahami system, para peserta bisa lebih siap dalam menjalankan proses seleksi pada hari H. Simulasi CAT bisa diakses secara online melalui halaman website BKN.

Cara daftaraya sebenarnya cukup mudah mengingat portal yang satu ini bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Kegunaan dan manfaat simulasi CAT CPNS sangat besar sehingga ada tidak boleh melewatkannya.

Simulasi ini harapannya juga bisa diselenggarakan di tahun 2021, mengingat masih banyaknya peserta yang baru mengikuti proses seleksi di tahun ini.

Mereka pastinya masih cukup asing dengan sistem CAT sehingga ditakutkan akan menimbulkan masalah saat pelaksanaan test. Ketidaksiapan juga bisa membuat peserta hilang focus selama menjawab soal yang diberikan.

Soal soal yang diberikan saat simulasi CAT juga merujuk pada soal soal yang akan dikeluarkan. Dengan sering berlatih melalui simulasi CAT maka kamu juga bisa mengasah kemampuan kamu.

Jika kamu rasa kemampuanmu masih kurang, kamu bisa meningkatkannya kembali hingga nilaimu bisa melampaui ambang batas atau passing grade yang telah ditetapkan dalam Permenpan RB.

C. Proses Simulasi CAT Dalam Seleksi CPNS

1. Buka laman cat.bkn.go.id

Proses simulasi CAT dikembangkan dan sengaja dibuat oleh BKN untuk membantu peserta yang belum memahami jalannya sistem tersebut.

Jika kamu ingin melakukan simulasi, kamu harus lebih dahulu melakukan proses pendaftaran melalui halaman website BKN. Kamu bisa mengakses cat.bkn.go.id dan selanjutnya memilih menu simulasi.

2. Mengisikan Data yang Dibutuhkan

Sama seperti mendaftar CPNS, kamu juga akan diminta menuliskan beberapa data sebelum kamu resmi terdaftar dalam simulasi CAT yang dilakukan oleh BKN.

Data diri yang diminta diantaranya adalah nama lengkap dan jenis kelamin. Walaupun data yang diminta tidak banyak, namun pastikan kamu tidak salah isi.

Data yang kamu masukkan harus sesuai dengan data yang ada di KTP karena pada proses pendaftaran ASN, semuanya berpusat pada data yang ada di KTP.

Pastikan nama kamu pada semua dokumen sama dengan nama yang tertera di KTP karena jika ada perbedaan nantinya akan menimbulkan masalah saat proses pemberkasan CPNS.

Saat proses daftar, kamu juga diminta untuk menuliskan email aktif. Email yang kamu tuliskan inilah yang nantinya akan menerima notifikasi dari BKN.

Patikan email kamu benar sehingga kamu bisa melanjutkan proses pendaftaran ke tahapan selanjutnya. Melalui email ini, kamu bisa melakukan verifikasi dengan mencatat kode aktivasi yang terkirim.

3. Mulai Simulasi

Setelah kamu berhasil melakukan pendaftaran, barulah ada bisa untuk mengikuti proses simulasi CAT. Simulasi CAT akan dilakukan benar benar mirip dengan kondisi aslinya saat pelaksanaan hari H.

Tentu untuk sosialnya jelas berbeda. Nantinya terdapat 100 butir soal yang harus kamu kerjakan. Waktu yang diberikan untuk pengerjaan soal adalah 90 menit.

Bagaimana cara memulai simuali CAT? Pertama kamu harus kunjung laman cat.bkn.go.id dan klik menu simulasi CAT. Pada laman selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisikan email dan password yang telah kamu daftarakan saat proses regustrasi. Kemudian kamu diminta untuk mengisi centang pada kotak captcha “I’m not robot”. Jika sudah klik login.

Selama proses pengerjaan, kamu harus mengisi seluruh jawabannya satu persatu. Setiap soal akan muncul secara terpisah halaman mulai dari nomor 1 hingga 100.

Untuk menyimpan jawaban dan beralih ke soal berikutnya, kamu bisa klik menu “simpan dan lanjutkan”. Saat proses pengerjaan, usahakan kamu benar benar berkonsentrasi agar skor sesuai dengan kemampuanmu.

Jika semua soal sudah kamu kerjakan, kamu bisa klik menu “selesai ujian” setelah kamu klik menu ini, kamu bisa melihat skor yang kamu peroleh.

Skor ini bisa menjadi acuan sehingga jika nilainya masih dibawah passing grade, kamu bisa lebih berlatih. Jika nilainya sudah diatas passing grade, kamu bisa meningkatkannya lagi sehingga lebih optimal.

Baca juga: Tryout dan Latihan Contoh Soal CPNS TWK, TKP dan TIU (Kunci Jawaban) 2021

4. Mengulang Simulasi

Simulasi bisa kamu lakukan lebih dari sekali. Hal ini menjadi salah satu kegunaan dan manfaat simulasi CAT CPNS yang diberikan oleh BKN.

Cara untuk memulai proses pengerjaannya juga sama seperti saat kamu mulai mencoba untuk pertama kali. Kamu bisa melakukan simulasi berulang kali hingga batas waktu yang ditentukan oleh BKN.

Demikianlah penjelasan mengenai simulasi CAT terkait dengan manfaat dan keunggulannya hingga proses pelaksanaannya. Gunakan kesempatan ini agar kamu bisa berlatih.

Semakin banyak berlatih akan membuat kamu lebih siap saat mengerjakan soal seleksi pada hari H. Jangan lupa juga untuk terus berdoa agar semua yang kamu kerjakan bisa lebih berkah.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!