Latihan Psikotes Pengelompokan Kata

Latihan Psikotes Pengelompokan Kata | Pengelompokan kata merupakan tes yang mengidentifikasi atau mengklasifikasikan kata yang memiliki kemiripan atau kemiripan. Dalam tes pengelompokan kata, kita harus menganalisis satu kata yang tidak identik atau mirip dan tidak termasuk dalam kelompok kata lain.

A. Tujuan dan Fungsi Tes Pengelompokan Kata

Tes pengelompokan kata bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam mengelompokkan kata. Kemampuan ini akan diukur dari pengertian kemiripan kata-kata yang terkandung dalam soal.

Oleh karena itu, pengayaan kata seseorang sangat diperlukan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Tes ini dapat melatih kita untuk memahami identifikasi atau pengelompokan kata.

B. Contoh Pengelompokan Kata

Contoh soal tes pengelompokan kata bisa berupa pengelompokan kata berdasarkan jenis kata, bentuk kata, atau bahkan yang berhubungan dengan arti kata. Pengelompokan kata memiliki kemiripan atau kemiripan sehingga dapat membentuk suatu kelompok, misalnya pengelompokan berdasarkan jenis kata yang meliputi nomina, verba, adjektiva, dan angka.

C. Tips dan Trik Psikotes Pengelompokan Kata

Dalam melakukan tes pengelompokan kata, kita harus mengidentifikasi kata-kata yang memiliki kemiripan atau kemiripan dalam suatu kelompok. Kemudian, analisis satu. kata-kata yang tidak memiliki kesamaan dan bukan milik kelompok kata lain. Karena itu. Kami akan. temukan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Petunjuk Soal :
– Bacalah teks terlebih dahulu secara keseluruhan
– Identifikasi kata-kata yang memiliki kemiripan atau kemiripan dalam suatu kelompok
– Kata-kata yang tidak memiliki kesamaan dan bukan milik kelompok kata lain. Karena itu. Kamu akan temukan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Latihan Psikotes Pemahaman Bacaan

Selamat mengerjakan Soal Latihan Psikotes Pemahaman Bacaan

Rekomendasi menggunakan komputer atau laptop, namun jika menggunakan smartphone sebaiknya gunakan browser Chrome, Opera atau UC Browser

Perhatian:

  1. Pastikan anda dalam keadaan rileks
  2. Kerjakan dengan tenang.

Catatan:

  1. Tiap soal hanya ada satu jawaban yang Benar
  2. Tekan F5 jika anda ingin latihan psikotes dari awal

Anda dapat latihan berbagai soal psikotes di Latihan Psikotes Online dan Jawaban Gratis


Mulai sekarang!!

This is a timed psychological test. You will be given 900 seconds to answer all questions. Are you ready?

900
0%

Kata yang tidak masuk dalam kelompoknya adalah

Correct! Wrong!

Kelompok tersebut termasuk kelompok negara-negara ASEAN, seperti Indonesia, Malaysia, Kamboja dan Singapura. India tidak termasuk dalam kelompok tersebut karena India bukan negara ASEAN.

Kata yang tidak termasuk dalam kelompoknya adalah

Correct! Wrong!

Kelompok kata tersebut termasuk kelompok kata ganti penanya (kata tanya), yaitu siapa, mengapa, kapan, dan di mana. Kata yang tidak termasuk dalam kelompoknya adalah manakala karena bukan termasuk kata tanya.

Kata yang tidak masuk dalam kelompoknya adalah

Correct! Wrong!

Kata bermain-main, tolong-menolong, bahu-membahu, dan bermacam-macam termasuk kelompok pengulangan berimbuhan. Sedangkan beraneka-ragam bukanlah bentuk pengulangan. Jadi, yang tidak masuk dalam kelompok adalah beraneka-ragam.

Kata yang tidak masuk dalam kelompoknya adalah

Correct! Wrong!

Truk, bus, mobil, dan kereta termasuk kelompok transportasi darat. Sedangkan kapal termasuk transportasi laut. Jadi, kapal tidak termasuk dalam kelompok tersebut.

Kata yang tidak masuk dalam kelompoknya adalah

Correct! Wrong!

Kelompok kata tersebut termasuk jenis olahraga dengan menggunakan bola, seperti futsal, voli, basket, dan sepakbola. Badminton tidak termasuk dalam kelompok tersebut karena olahraga badminton tidak menggunakan bola.

Kata yang tidak masuk dalam kelompoknya adalah

Correct! Wrong!

Kata yang tidak termasuk dalam kelompok adalah terong karena terong termasuk dalam kelompok sayuran. Sedangkan mangga, alpukat, semangka, dan pisang termasuk dalam kelompok buah.

Kata yang tidak masuk dalam kelompoknya adalah

Correct! Wrong!

Kata yang tidak termasuk dalam kelompoknya adalah kehujanan. Kata kehujanan termasuk bentuk kata kerja pasif. Sedangkan kelompok tersebut adalah kelompok kata kerja aktif, seperti tidur, menulis, makan, dan bermain.

Kata yang tidak termasuk dalam kelompok adalah

Correct! Wrong!

Kata yang tidak termasuk dalam kelompoknya adalah anda karena termasuk kata ganti orang kedua. Sedangkan kami, saya, kita, dan aku termasuk kata ganti orang pertama.

Kata yang tidak masuk dalam kelompoknya adalah

Correct! Wrong!

Kelompok kata tersebut adalah kelompok kata pengulangan, yaitu anak-anak, pohon-pohon, sapi-sapi, dan ayam-ayam. Kata yang tidak masuk dalam kelompoknya adalah kura kura karena kura-kura berupa kata dasar.

Kata yang tidak masuk dalam kelompoknya adalah

Correct! Wrong!

Kelompok tersebut termasuk peralatan sekolah, yaitu tas, sepatu, seragam, dan alat tulis. Sepeda tidak termasuk dalam kelompok tersebut karena sepeda adalah alat transportasi.

Latihan Psikotes - Pengelompokan Kata
Sangat Baik

Anda sangat baik dalam psikotes pengelompokan kata
Baik

Anda baik dalam psikotes pengelompokan kata
Cukup

Anda cukup baik dalam psikotes pengelompokan kata
Kurang

Anda masih kurang dalam psikotes pengelompokan kata, yukk latihan lagi..
Sangat Kurang

Anda sangat kurang dalam psikotes pengelompokan kata, yukk semangat belajar lagi...

Share your Results:

 

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!