Gaji PT Barata Indonesia dan Tunjangan

Berapa Gaji PT Barata Indonesia dan Tunjangan? Memiliki usaha di bidang manufaktur sebagai produk yang dihasilkan oleh PT Barata Indonesia, membuatnya menjadi anggota BUMN.

Gaji PT Barata Indonesia dan Tunjangan

Perusahaan ini telah berperan sebagai jasa instalasi konstruksi permesinan di pabrik-pabrik besar sebagai bentuk pertumbuhan industri swasta dan non swasta.

Perusahaan yang fokus pada industri manufaktur dan konstruksi di Indonesia sudah ada sejak tahun 1900-an. Salah satunya adalah PT Barata Indonesia yang telah berkontribusi sebagai penyedia fasilitas bagi pabrik-pabrik di Indonesia.

Sebagai pemenuhan misi perusahaan ini dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang memiliki skill dan etos kerja yang baik, gaji karyawan PT Barata Indonesia yang tinggi dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

A. Tentang PT Barata Indonesia (Persero)

PT Barata Indonesia (Persero) pada awalnya didirikan dengan nama perusahaan Pabrik Mesin NV Braat pada tahun 1901, kemudian resmi menjadi Perusahaan Nasional Barata (PN Barata) pada tahun 1961.

Awalnya perusahaan ini berfokus pada penyediaan kebutuhan peralatan di pabrik gula Jawa Timur.

Pada tahun 1960-an dan 1970-an PT Barata memiliki 3 perusahaan nasional, yaitu PN Barata, PN Sabang Merauke, dan PN Paprida.

Selanjutnya, ketiga BUMN tersebut dilebur menjadi PT Barata Metalworks and Engineering, dengan fokus pada pemeliharaan peralatan produksi pabrik gula, pabrikan mesin manajemen perkebunan, konstruksi baja, dan pemasangan proyek di basis pabrik besar.

Sebelumnya perusahaan PT Barata di bawah pengelolaan BUMN telah menghasilkan produksi di bawah pengelolaan Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS).

Beliau juga merupakan anak perusahaan PT Bahana Pakarya Industri Strategis (Persero) yang baru dikelola oleh sebuah BUMN pada tahun 2002.

Kemudian pada tahun 2017 terbentuk terobosan bidang usaha yaitu FEW+ sebagai penguasaan dalam hal pasar untuk bidang Food, Energy, Water, dan komponen permesinan.

Dan hingga saat ini, ia telah mengelola bidang usaha tersebut dan terus mendorong ekspansi industri di sektor FEW+ guna memperkuat posisi perusahaan melalui BUMN.

1. Profil PT Barata Indonesia (Persero)

Barata Indonesia adalah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang jasa EPC, Konstruksi dan Manufaktur.

  • Jenis : BUMN/Perseroan Terbatas
  • Industri : EPC, Konstruksi dan Manufaktur
  • Kantor Pusat : Gresik
  • Layanan: Faundry, Manufaktur, dan EPC
  • Pemilik : 100% pemerintah Indonesia
  • Bidang Usaha: Pangan, Energi, dan Air.

2. Bidang Usaha dan Produk yang Dihasilkan

Termasuk dalam perusahaan yang dikelola BUMN dan kategori korporasi, tentunya memiliki cabang dan anak perusahaan. Bidang usaha yang terkait adalah FEW+ atau Food, Energy, Water, Construction and Manufacturing yang akan saya bahas satu persatu sebagai produk dari PT Barata Indonesia

a. Industri Makanan (FOOD)

PT Barata Indonesia telah dipercaya selama 1 abad dalam manajemen industri di pabrik gula Jawa Timur saat itu. Sudah dikenal sebagai perusahaan lama yang memiliki kompetensi dalam pengelolaan pabrik gula dan pemeliharaan produksi gula. Pabrik sagu, pabrik bioetanol dan pabrik kelapa sawit juga termasuk dalam salah satu produk dari Barata.

b. Industri Energi

Industri energi juga termasuk dalam salah satu produk dari lini bisnis Barata. Salah satunya di industri pembangkit tenaga listrik, karena sudah memiliki pengalaman dalam hal keterampilan dan kekuatan untuk menjalankan dan memelihara PLTG Belawan, PLTMH Walessi, PLTMH Kayu Aro dll.

c. Industri Air

Di bidang permesinan air Barata juga sudah memiliki pondasi yang kuat berkat pengakuan perusahaan nasional. Beberapa hasil komponen bendungan buatan Barata Indonesia seperti Hollow Cone Valve berhasil masuk Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai NKT paling berpengaruh di Indonesia.

d. Industri Konstruksi dan Manufaktur

Produk nyata industri permesinan dan komponennya adalah transportasi, alat berat pelabuhan (crane), industri pembuatan semen, hingga konstruksi baja.

B. Tunjangan PT Barata Indonesia

Selain mendapatkan gaji, karyawan di PT Barata Indonesia juga mendapatkan tunjangan, bonus dan fasilitas lainnya. Berikut ini adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika bergabung dengan perusahaan ini. Diantara yang lain :

  1. Gaji pokok
  2. BPJS Kesehatan
  3. BPJS Ketenagakerjaan
  4. THR
  5. dan lain-lain.

Baca juga: Gaji Alfamart dan Tunjangan

C. Berapa Gaji PT Barata Indonesia?

Gaji PT Barata Indonesia dan Tunjangan

Gaji yang tercantum di bawah ini merupakan hasil penetapan tahun 2022 yang diambil dari nilai median gaji minimum karyawan hingga gaji maksimum atau rata-rata. Yuk, simak daftar gaji PT Barata Indonesia di bawah ini.

NoPosisiGaji rata-rata/bulan
1Customer Service/PelayananRp3.000.000
2Intern Business Development/ConsultantRp2.110.000
3Intern EngineeringRp4.030.000
4Intern Management Product/QCRp3.590.000
5Intern ManufakturRp3.380.000
6Komisaris ProfesionalRp8.980.000
7Logistik & TransportasiRp4.250.000
8MagangRp1.030.000
9Riset/Sains/PengembanganRp2.050.000
10SalesRp4.680.000
11Staff Hukum/LegalRp5.840.000
12Staff ManukfakturRp5.540.000
13Supervisor EngineeringRp7.190.000
14Supervisor ManufakturRp9.530.000

Sebagai gaji rata-rata, nilai di atas cukup besar, bagaimana Anda tertarik menjadi karyawan di perusahaan ini. Namun, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang profil dan sejarah berdirinya PT Barata Indonesia sebagai berikut.

Baca juga: Gaji Kurir Shopee Express dan Tunjangan

D. Persyaratan Menjadi Pegawai PT Barata Indonesia

Setelah Anda membaca daftar gaji untuk setiap posisi di atas, apakah Anda tertarik untuk menjadi karyawan di perusahaan ini. Ada persyaratan persiapan jika ingin mendaftar sebagai karyawan, yaitu sebagai berikut:

  1. Pria / Wanita
  2. Lulusan SMK/D3/D4/S1/S2
  3. Memiliki usia maksimal 35 tahun
  4. Memiliki komunikasi yang baik secara individu maupun dalam tim
  5. IPK minimal 2,75 untuk lulusan sarjana dan diploma, nilai rata-rata 7 untuk lulusan SMK
  6. Jurusan : Teknik Mesin, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Informatika dan Manajemen Informatika, dll.
  7. Siapkan berkas mulai dari CV, curriculum vitae, surat lamaran, foto, surat pendukung, ijazah atau ijasah, transkrip nilai, dan surat keterangan sehat (dibawa saat wawancara).
  8. Bersedia ditempatkan di perusahaan atau cabang usaha terkait.

Baca juga: Gaji Kurir Paxel dan Tunjangan

Kesimpulan

PT Barata Indonesia yang sudah lama dikelola BUMN menunjukkan kontribusinya yang besar bagi Negara Indonesia berkat karyawannya sebagai sumber daya manusia yang terampil dan unggul.

Berdasarkan nilai gaji di atas, merupakan bukti bahwa mereka menghargai kerja keras para karyawan yang telah menjadi bagian dari perusahaan.

Sekian artikel mengenai Gaji PT Barata Indonesia dan Tunjangan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!