Bosan Menganggur? Ini Cara Mencari Pekerjaan di Era New Normal

Bangkitnya perekonomian Indonesia setelah adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk mencegah penyebaran virus Corona, membuat perusahaan secara perlahan mulai membangun bisnis kembali. Yang mana hal ini kemudian memunculkan peluang adanya lowongan kerja. Di masa new normal ini, untuk yang bosan menganggur mungkin bisa mencari pekerjaan. Biar lancar, berikut tips mencari pekerjaan di era new normal yang perlu diketahui.

Cara Jitu Mencari Kerja di Masa New Normal

1. Jangan Lupa Update Kembali CV

Bosan Menganggur Ini Cara Mencari Pekerjaan di Era New Normal

Ketika pandemi Corona menghantam perekonomian Indonesia, ada banyak pencari kerja yang terhambat untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Ada banyak karyawan yang dipecat karena perusahaan yang menaungi gagal bertahan di masa pandemi. Sehingga mereka ini harus rela untuk sejenak berhenti dari proses mencari pekerjaan. Namun untungnya, di new normal ini perusahaan sudah banyak yang perlahan mulai bangkit kembali.

Untuk para pencari kerja yang selama ini harus tertahan menunggu panggilan kerja karena PSBB, maka jangan lupa untuk meng update kembali CV. Pasalnya ada kemungkinan selama masa ‘menganggur’ ini Anda melakukan banyak kegiatan yang bermanfaat, salah satunya meningkatkan skill. Oleh karena itu, ketika memperbaharui CV ini jangan lupa memasukkan skill yang mungkin didapatkan selama menunggu panggilan.

Mengapa CV ini perlu diupdate kembali? Pembaharuan ini sangat perlu agar nantinya CV dilirik oleh HR atau recruiter. Di masa kehidupan normal ini, pastinya ada beberapa perusahaan yang melakukan penyesuaian sehingga kemungkinan membutuhkan skill tertentu. Oleh karena itu, saat ingin mencari pekerjaan di era new normal jangan lupa memperbanyak skill. Siapa tau skill tersebut bisa menghantarkan diri untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

2. Perbanyak Masukkan Lamaran di Perusahaan yang Bergerak di Bidang Digital

Seperti yang diketahui, dampak wabah virus Corona benar benar mengguncang perekonomian Indonesia. Ada banyak perusahaan yang harus gulung tikar karena tidak bisa bertahan di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. Akan tetapi, masih ada satu bidang yang tidak terlalu diguncang oleh pandemi yakni perusahaan perusahaan yang bergerak di bidang digital. Hal ini dikarenakan perusahaan yang dengan full bergerak di bidang digital, tidak terlalu mendapatkan dampak Covid 19 yang besar.

Malah, perusahaan yang bergerak di bidang digital ini dianggap menjadi populer di masa PSBB. Perusahaan seperti Grab atau Gojek, online shop untuk kebutuhan sehari hari, dan jasa pengganti belanja di minimarket atau supermarket menjadi profesi yang banyak dibutuhkan jasanya. Kemudahan cara pemesanan dan juga transaksi, membuat masyarakat lebih memilih memanfaatkan perusahaan digital tersebut.

Oleh karena itu, jika Anda tengah mencari pekerjaan di era new normal sangat dianjurkan untuk lebih banyak memasukkan lamaran di perusahaan digital. Biasanya bisnis seperti e commerce, penyedia jasa layanan  antar barang, atau toko online besar masih memasang lowongan pekerjaan. Yang mana lowongan pekerjaan ini untuk posisi tertentu, seperti marketing, content writer, dan juga admin. Sehingga dalam kasus ini, ada baiknya jeli dan teliti memilah bidang pekerjaan.

3. Mencoba Menjadi Freelancer

Freelancer atau pekerja lepas merupakan seorang pekerja yang tidak bekerja di hanya satu perusahaan saja, akan tetapi bekerja sesuai dengan proyek yang diberikan. Para pekerja lepas ini akan bekerja sesuai dengan bidang keahliannya saja dan biasanya akan memanfaatkan fasilitas internet. Seorang freelancer akan diberi kebebasan ingin bekerja di mana saja, yang penting pekerjaan tersebut selesai tepat waktu.

Ketika mencari pekerjaan kantoran masih dirasa cukup sulit, maka jenis karir lain yang bisa dicoba untuk sementara waktu adalah menjadi freelancer. Meskipun menjadi seorang pekerja lepas, namun profesi ini sama sulitnya dengan membangun bisnis sendiri. Oleh karena itu, sebelum benar benar memutuskan menjadi seorang pekerja lepas sebaiknya persiapkan diri mulai dari sekarang sebelum keuangan menipis.

Bagaimana freelancer mencari pekerjaan di era new normal? Cobalah kunjungi beberapa situs yang menjadi wadah lowongan untuk freelancer. Pasalnya saat ini sudah ada banyak situs yang menjadi wadah para pekerja lepas untuk bisa mendapatkan proyek. Anda hanya tinggal membuat akun, kemudian memilih kategori pekerjaan yang ingin dilakukan, dan terakhir jangan lupa tulis sebaik dan sebagus mungkin skill yang dimiliki serta jangan lupa lampirkan kemampuan.

4. Internet Harus Tetap Stabil Untuk Interview Online

Meskipun sudah memasuki kehidupan normal, tetapi masih ada sebagian orang yang masih merasa khawatir ketika keluar rumah. Selain itu, di era yang baru ini perusahaan juga sudah banyak yang melakukan interview kerja secara online. Meskipun dilakukan secara online dan tidak perlu datang ke tempat wawancara, namun hal tersebut jangan dianggap remeh. Wawancara secara online sama pentingnya dengan wawancara secara langsung.

Meskipun tidak bisa bertatap muka secara langsung, namun HR atau recruiter masih bisa menilai sikap dan juga kepribadian Anda. Para pewawancara ini masih bisa membaca gerak gerik pencari kerja melalui layar monitor. Meskipun wawancara online ini bisa dilakukan di rumah, namun sudah menjadi keharusan untuk memperlakukan sesi interview online selayaknya sesi wawancara langsung. Oleh karena itu, saat wawancara pekerjaan di era new normal ada baiknya tetap tampil sempurna.

Gunakan pakaian yang rapi, dan juga jangan lupa memilih ruangan yang kira kira bisa meminimalisir gangguan suara. Pasalnya sesi wawancara memerlukan keadaan yang tenang. Ada baiknya memilih tempat yang kemungkinan kecil akan mendapatkan gangguan dari anggota keluarga atau hewan peliharaan. Yang tidak kalah penting di sesi wawancara ini adalah pencahayaan ruang yang cukup dan internet yang stabil. Dengan begitu, kualitas video dan visual akan menjadi lebih baik saat wawancara.

5. Hati Hati dengan Penipuan

Adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat pencari kerja menjadi terhambat untuk mendapatkan pekerjaan. Bahkan ada banyak orang yang merasa sulit untuk mendapatkan pekerjaan, dimana hal ini bisa saja menimbulkan rasa panik. Kepanikan yang dirasakan oleh para pencari kerja ini, membuat beberapa oknum memanfaatkannya menjadi peluang kejahatan semacam penipuan lowongan pekerjaan.

Sehingga meskipun merasa terdesak dalam mencari pekerjaan di era new normal, ada baiknya tetap berhati hati dan waspada dalam menilai lowongan pekerjaan di situs situs pencari kerja. Pastikan Anda sudah paham ciri ciri umum penipuan lowongan yang meliputi menawarkan gaji yang terlalu tinggi, syarat yang terlalu mudah, atau meminta biaya administrasi untuk proses CV. Jangan sampai rasa panik ini membuat diri menjadi sengsara nantinya.

Itulah beberapa tips yang diperlukan oleh para pencari kerja di masa new normal saat ini. Menghadapi dunia kerja di masa yang baru, tentunya membutuhkan strategi baru. Oleh karena itu, diharapkan ulasan ini bisa membantu Anda dalam proses mencari pekerjaan yang tepat. Ketika tengah mencari pekerjaan jangan mudah putus asa, dan juga selalu jaga kesehatan dengan rajin mencuci tangan. Selamat mencoba!

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!