Tips Mencari Pekerjaan Baru Setelah PHK

Tips Mencari Pekerjaan Baru Setelah PHK | Jika Anda baru-baru ini baru saja di PHK atau hari terakhir Anda semakin dekat, pikiran untuk kembali mencari pekerjaan bisa jadi menakutkan. Tetapi masih banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mencari pekerjaan baru dan tips mencari pekerjaan kami ada di sini untuk membantu anda.

Lagi pula, penting bagi untuk tidak membiarkan hal ini membuat Anda mundur. Jika ada, Anda harus mencoba melihat PHK Anda sebagai peluang untuk memulai sesuatu yang baru dan menarik.

Tips Mencari Pekerjaan Baru Setelah PHK

Meskipun demikian, kami tahu bahwa mungkin sulit untuk memulai kembali pencarian pekerjaan, terutama jika Anda memiliki posisi yang sama untuk waktu yang lama. Mungkin sudah lama sejak Anda terakhir kali menulis CV atau mencari posisi baru.

Untuk membantu Anda, kami telah menyusun panduan praktis ini, menawarkan tujuh tips pencarian pekerjaan dan tips menulis CV untuk membantu Anda menemukan posisi menarik Anda berikutnya setelah pemutusan hubungan kerja.

Tips Mencari Pekerjaan Baru Setelah PHK

1. Pertahankan pola pikir positif

Menjadi berlebihan bisa menjadi saat yang menegangkan dalam hidup siapa pun. Jadi, tidak mengherankan jika hal itu dapat berdampak nyata pada motivasi dan kepercayaan diri Anda. Tetapi poin kunci yang perlu diingat di sini adalah bahwa dibuat berlebihan bukanlah kesalahan Anda.

Untuk alasan ini, Anda harus melakukan yang terbaik untuk tetap positif dan memasukan pencarian kerja Anda dalam kerangka berpikir yang benar. Ini akan membantu menyiapkan Anda untuk sukses.

Anggap ini sebagai kesempatan untuk meluangkan waktu dan memikirkan apa yang ingin Anda lakukan. Anda mungkin bisa memulai karir yang sama sekali lagi.

Meskipun demikian, kami tahu bahwa mungkin sulit untuk tetap positif setelah PHK. Dan ada banyak dukungan di luar sana jika Anda benar-benar kesulitan.

2. Jangan terburu-buru melakukan apa pun

Pikiran menjadi pengangguran bisa terasa menakutkan. Namun, langsung terjun ke pekerjaan yang sebenarnya tidak Anda inginkan tidak akan terasa jauh lebih baik, jadi jangan terburu-buru.

Mulailah dengan membuat daftar jenis pekerjaan yang Anda inginkan. Anda bahkan mungkin ingin meluangkan waktu untuk berlatih kembali, mengikuti kursus online atau beralih industri sepenuhnya. Ini adalah kesempatan untuk fokus pada diri sendiri dan benar-benar memikirkan tentang apa yang Anda inginkan dari karier Anda.

Jika ragu, mungkin ada baiknya mendekati bimbingan karier. Perusahaan Anda mungkin benar-benar menawarkan ini sebagai bagian dari PHK Anda.

3. Percantik CV

Langkah penting pertama dalam mencari pekerjaan adalah membuat CV yang kuat. Bergantung pada berapa lama Anda di posisi terakhir, CV Anda mungkin perlu diperbarui secara besar-besaran.

Sekali lagi, sebaiknya Anda menginvestasikan waktu untuk membuat CV keren yang akan membuat Anda terkenal. Ini mengharuskan Anda untuk menulis pernyataan pembukaan yang sangat kuat yang menjelaskan siapa Anda dan apa yang dapat Anda bawa ke perusahaan.

Ingat, Anda harus menyesuaikan CV Anda dengan setiap posisi yang Anda lamar. Jadi, simpan salinan master pada file yang dapat Anda sesuaikan saat Anda melamar pekerjaan yang berbeda setelah terjadi PHK.

4. Referensi perusahaan sebelumnya

Anda tidak perlu terlalu memikirkannya, tetapi ada baiknya untuk memasukan perusahaan sebelumnya di CV Anda. Ingat, tidak ada yang perlu dipermalukan.

Jika Anda sudah keluar dari perusahaan, Anda harus memasukkan tanggal akhir kontrak Anda di bagian ‘riwayat pekerjaan’. Untuk memperjelas bahwa Anda tidak hanya bangun dan pergi, Anda bisa menambahkan kalimat ini di bawah penjelasan apa yang terjadi atau juga bisa anda jelaskan pada saat anda wawancara kerja.

Misalnya, ‘karena merger dengan perusahaan yang lebih besar, posisi saya tidak lagi dipekerjakan ‘.

5. Bersiaplah untuk menjelaskan mengapa Anda meninggalkan pekerjaan terakhir Anda

Menjadi berlebihan bukanlah hal yang memalukan. Namun seringkali para profesional merasa ingin menyembunyikannya dari HRD. Namun, mereka mungkin akan bertanya mengapa Anda memilih untuk meninggalkan posisi sebelumnya.

Persiapkan jawaban sebelum wawancara atau interview apa pun sehingga Anda dapat dengan jelas menjelaskan kepada perekrut apa yang terjadi dan mengapa peran Anda tidak ada lagi.

Dengan melakukan ini sebelumnya, Anda akan memastikan bahwa Anda memberikan tanggapan dengan percaya diri saat perekrut mewawancarai anda mengenai penyebab anda di PHK.

6. Manfaatkan internet secara maksimal

Internet benar-benar mengubah wajah proses pencarian pekerjaan. Dan saat ini ada begitu banyak platform dan alat online untuk membantu Anda menemukan posisi impian Anda. Jadi, manfaatkan semuanya.

Daftarkan diri Anda ke berbagai situs pencarian pekerjaan sehingga Anda dapat menerima pemberitahuan pekerjaan langsung ke kotak masuk Anda. Anda juga dapat menggunakan situs media sosial seperti LinkedIn, Facebook, Instagram dan Twitter untuk mencari tahu tentang peluang kerja terkini.

Baca juga: Cara Mudah dan Cepat Mendapatkan Pekerjaan

7. Gunakan jaringan Anda

Anda mungkin telah membangun jaringan yang cukup kuat selama bertahun-tahun. Jadi, jangan takut untuk memanfaatkan ini. Sekali lagi, Anda dapat menggunakan platform seperti LinkedIn atau Facebook untuk menjangkau koneksi Anda dan melihat apakah mereka mengetahui posisi yang sesuai dengan keahlian Anda.

Anda mungkin juga ingin menghadiri acara job fair dan bertemu dengan para profesional yang berpikiran sama. Dengan begitu, Anda dapat memperluas jaringan dan bertanya tentang peluang kerja. Jangan lupa untuk membawa salinan CV terbaru Anda.

Apakah Anda siap untuk mencari pekerjaan setelah PHK?

PHK tidak harus menjadi waktu yang membuat stres. Sebaliknya, mengapa tidak memanfaatkan kesempatan untuk menemukan diri Anda posisi baru yang menarik dan awal yang baru?

Dengan tips di atas dan CV yang menarik, dikombinasikan dengan pola pikir positif, Anda akan dapat menemukan posisi baru dalam waktu singkat. Selamat mencari pekerjaan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!