Cara Mengatur Gaji Bulanan

Bagaimana Cara Mengatur Gaji Bulanan? Gaji bulanan sudah sepatutnya untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan. Sangat disayangkan apabila kamu tidak bisa menyesuaikan pendapatan dan pengeluaran. Alangkah lebih baiknya jika gaji bulanan masih ada sisa dan berhasil ditabung.

Lantas bagaimana tips menggunakan uang gaji dengan bijak? Yuk simak cara mengatur gaji sebagai berikut.

Cara Mengatur Gaji Bulanan

1. Membuat Skala Prioritas dan Menentukan Budget

Cara Mengatur Gaji Bulanan

Setelah hidup bertahun tahun tentu kamu sudah tau kebutuhan apa saja yang selalu dikeluarkan setiap bulannya. Kebutuhan pokok, tagihan, hingga keperluan barang pribadi menjadi hal yang wajib diperhitungkan.

Setelah membuat daftar prioritas barulah kamu dapat memberikan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Melalui daftar itu kamu dapat melihat kebutuhan apa saja yang bisa ditekan. Langkah ini sangat penting agar kamu bisa berhemat.

Untuk produk yang memiliki harga mahal bisa diganti dengan merek lain yang lebih murah. Berpegang teguh pada daftar belanjaan adalah hal yang harus dilakukan agar belanjaan tidak membludak.

Setelah kamu menentukan budget untuk setiap kebutuhan, jangan lupa untuk meletakkannya di wadah yang terpisah. Mengapa hal tersebut harus dilakukan?

Ketika uang masih bercampur jadi satu, kamu akan kesulitan untuk mengetahui berapa budget yang tersisa untuk masing masing kebutuhan. Takutnya kamu malah menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan lain.

Jangan lupa untuk menyisihkan biaya untuk hiburan dan kesehatan. Kerja keras itu boleh namun kamu juga butuh refreshing. Jumlahnya jangan terlalu banyak, yang penting cukup untuk sedikit membuatmu merasa bahagia di sela sela pekerjaan yang berat. Lantas apa alasan menyiapkan dana kesehatan? Ini untuk berjaga jaga kalau nanti sewaktu waktu sakit.

Tidak seperti kebutuhan lain yang bisa diatur, jauh lebih sulit untuk menebak dengan tepat pengeluaran ketika sedang sakit. Inilah tujuan lain dari punya tabungan.

Kamu bisa bernapas lega apabila punya simpanan uang di bank. Suatu saat bila kepepet, dana tersebut bisa digunakan. Tentu pengeluarannya harus dengan pertimbangan yang jelas.

2. Dahulukan Membayar Tagihan dan hutang

Selain kebutuhan diri kamu juga harus ingat apakah punya pinjaman yang harus dibayar atau tidak. Periksa kembali transaksi yang pernah kamu lakukan.

Jangan sampai kamu dikejar kejar oleh penagih hutang karena kelupaan menyisihkan gaji untuk membayar pinjaman. Tentu hidupmu menjadi tidak nyaman jika hal tersebut sampai terjadi.

Selain hutang, bentuk tagihan lain yang harus dicermati adalah listrik, air, dan telepon. Sangat penting bagi kamu untuk terus berhemat ketika menggunakan fasilitas tersebut.

Hal ini menjadi salah satu cara mengatur gaji bulanan yang baik dan benar. Jangan sampai nominal yang harus dibayarkan membengkak dan diluar kemampuan.

Selain itu, akan lebih aman untuk menggunakan pulsa prabayar dibandingkan pascabayar. Jenis pulsa pascabayar akan lebih sulit untuk dikontrol. Tau tau nanti tagihan telepon membengkak.

Memang fasilitas ini lebih nyaman karena kamu tidak perlu takut kehabisan pulsa. Meskipun begitu lebih baik beli saja paket data yang murah kemudian gunakan seperlunya.

Apabila di kantor ada wifi, manfaatkan fasilitas tersebut untuk mengurangi pengeluaran. Ide ini menjadi salah satu tips untuk berhemat.

Gunakan seperlunya saja, terlebih jika wifi tidak unlimited. Pokoknya kamu harus pintar pintar untuk menekan jumlah tagihan agar bisa menyisihkan uang untuk ditabung.

3. Sisihkan Untuk Tabungan Dan Lakukan Dengan Konsisten

Cara Mengatur Gaji Bulanan

Cara mengatur gaji yang selanjutnya adalah jangan sampai lupa untuk menabung. Masukkan tabungan dalam list prioritas. Tidak baik apabila kamu menabung ketika hanya ada sisa.

Akan lebih efektif apabila kamu menganggarkan berapa dana tabungan setiap bulannya. Syukur syukur jika ada uang lebih kamu bisa menambahkannya ke dalam rekening.

Menabung itu tidak ada ruginya. Dengan menabung, kamu telah menyiapkan masa depan yang lebih baik. Apabila memang gajimu tidak banyak, sisihkan sedapatnya saja.

Bagaimanapun caranya usahakan ada uang yang berhasil disimpan setiap bulan. Semua itu tergantung caramu mengatur keuangan yang kamu terima.

Masalah utama yang menyebabkan orang sulit untuk menabung adalah gaya hidup yang hedon. Selalu membeli barang yang tidak terlalu penting menjadi salah satu penyebabnya.

Untuk menghibur diri gunakan anggaran yang sudah ada disiapkan saja. Jangan sampai memakai uang tabungan. Tindakan ini malah akan merugikan dan membuat gajimu terbuang sia sia.

4. Menulis Pengeluaran Harian

Akan sangat membantu apabila kamu memiliki catatan pengeluaran setiap harinya. Kamu bisa langsung tahu apakah hari ini boros atau tidak.

Langkah ini juga dapat mempermudah ketika kamu hendak membuat budgeting bulan depan. Riwayat ini juga bisa menjelaskan kemana saja uangmu pergi. Kebutuhan apa yang paling banyak dan kebutuhan apa yang bisa dihilangkan.

Cermat dan teliti menjadi kunci ketika hendak mengatur gaji. Orang yang cermat akan lebih mudah mengatur pengeluaran. Sisa uang bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Apabila memang ada sisa sisihkan sedikit untuk tujuan amal karena bagaimanapun juga amal adalah kegiatan yang sudah sepatutnya rutin dilakukan.

5. Investasi

Cara Mengatur Gaji Bulanan

Cara mengatur gaji bulanan yang selanjutnya adalah dengan berinvestasi. Sebagai generasi milenial, kamu harus paham apabila tantangan di masa depan akan jauh lebih sulit.

Investasi bisa menjadi langkah pintar yang dipilih. Lantas tahukah kamu apa perbedaan investasi dan tabungan biasa? Investasi merupakan dana yang kamu taruh dan lebih sulit untuk dicairkan.

Bentuk investasi yang banyak dipilih diantaranya adalah reksa dana dan asuransi. Selain itu kamu juga dapat berinvestasi dengan membeli emas atau perhiasan lain yang bisa dijual kemudian hari.

Prosedurnya yang tidak bisa asal ambil akan membuat danamu lebih aman dibandingkan dengan menabung secara cash di bank.

Apabila bingung dengan berbagai pilihan investasi, kamu bisa browsing di internet. Berbagai penjelasan terkait dengan investasi dapat dengan mudah kamu temukan.

Kemajuan informasi sudah sepatutnya kamu gunakan dengan bijak. Ketika masih saja tidak paham, kamu dapat bertanya pada orang yang lebih mengerti seperti orang tua atau pihak layanan investasi.

Baca juga: cara mengatur keuangan dengan gaji 3 juta

6. Bijak Gunakan Kartu Kredit

Banyak pihak bank yang menawarkan kartu kredit. Meskipun bisa mempermudah segala transaksi, kartu ini sangat berbahaya.

Pengguna kartu kredit harus cermat memperhitungkan pengeluaran. Jangan sampai tagihannya membengkak. Banyak orang yang terlilit hutang karena tidak bisa melunasi tagihan kartu kredit.

Meskipun dengan berbagai iming iming yang diberikan, jangan sampai kamu mudah tertarik. Bank pembuat kartu kredit memang tidak salah.

Memang benar kartu ini mempermudah penggunanya melakukan transaksi. Pertimbangkan apakah kamu butuh kartu kredit atau tidak. Ketika tidak terlalu perlu, lebih baik tidak menggunakannya.

Cara setiap orang mengatur gaji berbeda beda karena memang tergantung kebutuhan masing masing. Meskipun begitu, secara garis besar cara mengatasinya sama.

Pada intinya gunakan gaji sesuai dengan kebutuhan dan wajib untuk menyisihkan dana untuk tabungan setiap bulan. Selain itu jangan lupa untuk berinvestasi untuk simpanan masa depan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!