Gaji Kurir JNE Dan Tunjangan

Bagaimana Sistem Gaji Kurir Jne Dan Tunjangan? Gaji kurir JNE lumayan besar dan banyak orang yang bertanya tentang hal ini. Pasalnya JNE telah menjadi raksasa di perusahaan jasa logistik di Indonesia. Dengan perkembangan yang cepat pula dan dengan pertumbuhan outlet JNE di seluruh Indonesia. Peluang karir juga terbuka bagi kurir JNE ini.

Sistem Gaji Kurir JNE Dan Tunjangan

Lalu berapa gaji kurir JNE saat ini? Apalagi dengan banyaknya orang yang berbelanja online, maka banyak pula karir kurir JNE yang dibuka.

Menjadi jasa ekspedisi pengiriman paket terbesar di Indonesia, jalur nugraha ekakurir (JNE) merekrut banyak karyawan. Tak terkecuali merekrut karyawan dalam posisi kurir.

Bapak atau mas-mas yang bertugas mengirimkan barang konsumsi dari satu alamat ke alamat lainnya tanpa kenal lelah. Ya, apalagi di zaman sekarang ini, dimana perkembangan jual beli online sedang berkembang pesat. Layanan kurir otomatis juga semakin banyak digunakan.

Nah, dari gambaran tugas umum tersebut, berapa gaji kurir JNE? Apakah di atas UMR atau tidak? Tanggung jawab kurir cukup besar, yaitu memastikan barang sampai di tempat tujuan dalam keadaan utuh tanpa cacat.

Untuk menjawab semua pertanyaan diatas yuk simak artikel Sistem Gaji Kurir Jne Dan Tunjangan.

A. Tunjangan Kurir JNE

Perlu Anda ketahui terlebih dahulu penghasilan selain gaji yang akan Anda dapatkan jika bergabung sebagai kurir di JNE, seperti:

  • Gaji pokok yang menyesuaikan dengan UMR masing-masing daerah
  • Tunjangan kehadiran
  • Perawatan kendaraan dan insentif sewa kendaraan
  • Uang bensin dan uang makan
  • Jaminan kepegawaian BPJS
  • Bonus target per pengiriman
  • THR
  • Bonus tahunan dan banyak lagi

Rata-rata pendapatan 1 bulan, dengan detail sebagai berikut:

  1. Gaji pokoknya Rp 2.900.000
  2. Parkir Rp 100.000 (per bulan)
  3. Biaya jasa kendaraan pribadi Rp 300.000 (per bulan)
  4. Absensi Rp 440.000 (per bulan)
  5. Paket insentif dikirim Rp 200.000 (per bulan dan harus di atas 90%
  6. Rp 150.000 untuk bensin (per minggu)

Jadi total pendapatan kurir JNE kurang lebih: Rp. 4.090.000

B. Berapa Gaji Kurir JNE?

Sistem Gaji Kurir JNE Dan Tunjangan

Didukung latar belakangnya sebagai perusahaan terbesar di bidang freight forwarding di Indonesia, JNE memberikan gaji yang cukup besar kepada karyawannya.

Untuk kurir, gaji kurir JNE berkisar Rp. 2.000.000 sampai Rp. 3.000.000 / bulan. Ini hanya gaji pokok, tidak ditambah dengan tunjangan atau tunjangan lainnya.

Seperti sewa motor, biaya servis kendaraan, uang bensin, uang makan, biaya kehadiran, uang THR tahunan, dan tunjangan kesehatan.

Jadi nominal gaji kurir JNE yang diberikan cukup besar, diatas UMR masing-masing daerah, dan jika dibandingkan dengan gaji pegawai kurir di perusahaan lain tergolong lebih tinggi.

Bahkan dengan keuntungan yang didapat dari segi ekosistem lingkungan, menurut kami cukup menggiurkan. Sebagai berikut:

  1. Pekerjaan tidak terasa di bawah tekanan atasan, jadi santai saja
  2. Lingkungan kerja yang kompak
  3. Manajemen sangat memperhatikan kesejahteraan karyawannya
  4. Tidak cuek dengan sesama kurir
  5. Dan seterusnya

Baca juga: Cara Negosiasi Gaji via Email dan saat Interview Kerja

C. Bagaimana Cara menjadi kurir JNE?

Situs resmi JNE biasanya tidak menampilkan lowongan kurir JNE secara langsung. Namun biasanya JNE di setiap daerah membuat lowongan kerja sendiri-sendiri dan mempostingnya di beberapa website lowongan kerja

Atau bisa juga mengunjungi kantor JNE besar di daerah Anda dan menempelkan surat lamaran kerja di kantor pusat di wilayah Anda. Selanjutnya tinggal menunggu proses panggilan wawancara kerja dari user JNE atau HRD.

1. Berikut persyaratannya:

a. Memiliki Motor

Syarat wajib seorang kurir adalah memiliki kendaraan roda dua (sepeda motor), karena motor ini nantinya akan digunakan sebagai kendaraan untuk mengantarkan barang atau paket ke dan dari pelanggannya.

Mengenai sepeda motor, ada juga yang menggunakan sepeda motor inventaris dari kantor JNE. Namun biasanya ada juga yang menggunakan sepeda motor sendiri dan nantinya akan mendapatkan biaya sewa kendaraan bagi kurir yang menggunakan sepeda motor pribadinya.

Ada beberapa kurir yang bisa menggunakan fasilitas sepeda motor dari perusahaan. Ada beberapa kurir yang memang harus menggunakan sepeda motor sendiri untuk bekerja.

Tidak masalah, karena kebijakan masing-masing kantor berbeda. Bahkan jika harus menggunakan motor pribadi akan mendapatkan uang sewa motor dari kantor. Jadi, tidak perlu khawatir rugi bandar judi.

b. Memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi)

Tidak ingin membuat masalah dengan polisi, bukan? Nah buat kamu yang akan melamar jadi kurir JNE harusnya sudah punya SIM.

Selain sebagai syarat wajib atau patuh mengemudi, perjalanan Anda pun akan lebih aman. Anda tidak akan khawatir tentang operasi SIM yang terjadi.

c. Menguasai Jalan

Pengetahuan tentang jalan raya merupakan hal yang wajib dimiliki oleh semua kurir, termasuk kurir di Jalur Nugraha Ekakurir. Sebab, dengan menguasai jalan raya, perjalanan Anda akan lebih cepat sampai ke tempat tujuan.

Ketahui rute tercepat yang harus diambil. Jika harus menggunakan peta, tidak masalah. Selama Anda memperhatikan keselamatan berkendara.

d. Mempunyai HP

Nah, terkoneksi dengan point 3, selain HP bisa digunakan untuk mencari lokasi tujuan melalui peta juga bisa menggunakan HP untuk menghubungi konsumen. Selain itu, melalui ponsel Anda akan memudahkan perusahaan melacak Anda untuk memastikan bahwa kiriman sampai ke pelanggan tepat waktu.

e. Memiliki SKCK

SKCK (Surat Keterangan Rekam Polisi) merupakan salah satu bukti bahwa pelamar harus mendaftarkan diri di perusahaan manapun, termasuk JNE. Sebab, dengan SKCK itu akan menjadi alat bukti, apakah Anda pernah terjerat pidana atau masalah hukum atau tidak.

Berikut adalah syarat lengkapnya:

  1. Pria dengan usia maksimal 35 tahun
  2. Pendidikan minimal SMA / SMK sederajat
  3. Memiliki kendaraan sendiri (roda dua disertai surat yang masih aktif)
  4. Memiliki SIM C yang masih aktif
  5. Siap bekerja sesuai target
  6. Orang yang disiplin dan teliti
  7. Bersedia bekerja lembur jika diperlukan
  8. Setuju dengan shift kerja
  9. Pahami daerah tempat tinggalnya
  10. Punya hp android dengan RAM minimal 2 GB
  11. SKCK yang masih aktif

2. Dokumen yang dibutuhkan :

  1. CV terbaru
  2. Ijazah terbaru
  3. Fotokopi SIM C.
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi STNK
  6. Fotokopi SKCK

D. Tugas dan Metode Daftar Kurir JNE

Tidak lengkap rasanya jika hanya mengetahui gaji kurir JNE. Seperti kebanyakan kurir, berikut beberapa tugas yang perlu Anda ketahui, sebagai calon pelamar kurir JNE mendatang.

  1. Mengirim paket atau barang ke konsumen tepat waktu
  2. Apabila paket yang dikirimkan berupa dokumen, kurir wajib memperhatikan aspek kerahasiaan
  3. Mengirim paket atau barang ke konsumen secara keseluruhan, tanpa cacat atau kerusakan
  4. Membantu untuk memeriksa stok barang sebelum mengirimkannya ke tempat tujuan
  5. Bantu cek setiap alamat tujuan, kemana paket atau barang akan dikirimkan
  6. Ambil juga barang atau paket dari konsumen dimana barang atau paket tersebut akan dikirim
  7. Selain itu kurir juga akan membuat laporan pembukuan barang apa saja yang sudah sampai ke customer
  8. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan JNE

Cara mendaftar menjadi kurir cukup mudah. Yang harus Anda lakukan hanyalah mencari lowongan kerja, melengkapi persyaratan, dan mendaftar di alamat yang tertera.

Untuk mendapatkan informasi lowongan kerja, coba pantau website sicepat.com atau website pencari kerja di mesin pencari Google. Dan bisa memantau melalui akun media sosial. Biasanya ada akun media sosial yang memberikan informasi.

Jika sudah, Anda tinggal menunggu panggilan tes wawancara dari JNE. Pertanyaan dan kisi wawancara kerja kurir cepat adalah:

  1. Ceritakan tentang dirimu
  2. Mengapa Anda ingin bekerja sebagai kurir
  3. Alasan anda ingin bekerja di JNE sedangkan saat ini kompetitor lain juga sedang membuka banyak lowongan kerja
  4. Seberapa banyak Anda memahami area tempat Anda berada
  5. Komitmen untuk kesiapan kerja sebagai kurir JNE

Setiap posisi yang akan dilamar calon karyawan suatu perusahaan harus memerlukan persyaratan terpisah untuk diselesaikan.

Tak terkecuali jika ingin melamar posisi kurir di perusahaan JNE. Untuk itu, berikut beberapa syarat yang harus Anda ketahui, apakah memenuhi kualifikasi atau tidak.

E. Sistem Kerja Kurir JNE

Untuk sistem kerja, jam kerja kurir JNE mengalami pergeseran untuk mengimbangi jumlah pengiriman paket yang saat ini membludak. Dan tentunya hari kerja adalah 6 hari kerja dan 1 hari libur.

Penetapan hari libur ini juga berdasarkan kerja shift sesuai pengalaman kerja kurir Jne sebelumnya. Jadi tidak selalu hari Sabtu atau Minggu Anda mendapatkan hari libur. Karena JNE juga mengirimkan paket pada hari libur dan akhir pekan.

Berikut sistem kerjanya:

  1. Kurir JNE datang kerja untuk absen
  2. Ambil dokumen laporan pengiriman paket
  3. Kompilasi paket yang dikirimkan ke kendaraan
  4. Mengirimkan paket ke tujuan konsumen atau mengambil paket dari konsumen untuk dikirimkan
  5. Kembali ke kantor dan buat laporan

Kesimpulan

Itu tadi gaji kurir JNE beserta informasi lengkap lainnya. Anda dapat memikirkan sendiri bagaimana perbandingannya dengan gaji kurir di layanan logistik lain dan keunggulan satu sama lain perusahaan logistik.

Itulah pembahasan mengenai gaji kurir JNE, tugas pokok, persyaratan dan juga cara mendaftar menjadi kurir JNE yang perlu Anda ketahui. Jangan selalu menunggu bola, tapi ambil bolanya.

Apalagi di era pandemi ini, jumlah kurir di perusahaan JNE sendiri bisa meningkat sekitar 20%. Dan menurut Direktur Utama, lowongan kerja menjadi kurir masih terbuka.

Terima kasih telah membaca artikel kami tentang Sistem Gaji Kurir Jne Dan Tunjangan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba kedepannya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!