Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Pemadam Kebakaran

Apa Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Pemadam Kebakaran? Jika dilihat sekilas, pemadam kebakaran merupakan jenis pekerjaan yang wajib dilakukan oleh orang yang tangkas.

Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Pemadam Kebakaran

Posisi pemadam kebakaran yang berada di depan untuk mengatasi bencana kebakaran ini memiliki peran penting dalam mengurangi risiko sekecil mungkin.

Lantas, bagaimana sebenarnya peranan dan penjelasan detail terkait jenis pekerjaan ini? Cek ulasan berikut.

A. Apa Itu Pemadam Kebakaran?

Sebelum mengenal lebih jauh, kamu perlu tahu bahwa pemadam kebakaran adalah sebuah pekerjaan yang berada di bawah naungan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan maupun badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran.

Jenis pekerjaan ini memiliki nilai fungsional untuk melindungi masyarakat dengan jenjang karier Pegawai Negeri Sipil.

Singkatnya, seorang pemadam wajib memiliki jika yang tangguh untuk melakukan proses penyelamatan. Pekerjaan ini memiliki syarat harus jago berenang, tidak takut terhadap ketinggian maupun ruang gelap.

Hal ini karena posisi kebakaran akibat berbagai kecelakaan dapat terjadi kapanpun dan dimanapun. Termasuk di gedung-gedung pencakar laut maupun tengah laut.

Pemadam kebakaran merupakan salah satu jenis profesi yang paling berisiko di dunia. Pekerjaan ini memungkinkan kamu wajib mengenakan pakaian lengkap karena harus bertaruh nyawa untuk melawan keganasan jago merah.

Jika memungkinkan, pekerjaan ini mengharuskan kamu untuk masuk ke dalam bangunan yang jadi sumber api untuk melakukan penyelamatan.

Lazimnya, profesi yang satu ini berdinas di berbagai tempat. Hal ini karena pemadam kebakaran memiliki peran penting dalam menangani bencana kebakaran yang terjadi di pemukiman penduduk, perkantoran, pelabuhan, bandara dan lainnya.

Pasukan pemadam wajib selalu siap sedia melakukan aksi penyelamatan meskipun tanggal merah atau hari raya.

Sebagai profesi yang tergolong sangat berbahaya, pemadam kebakaran memiliki kualifikasi tertentu sehingga hanya bisa dilakukan oleh sekelompok golongan tertentu.

Pekerjaan ini dilengkapi dengan peralatan lengkap untuk memadamkan api. Tentu saja, seorang yang bertugas dalam pekerjaan ini telah dilengkapi dengan helm, pakaian anti panas dan sepatu boots untuk keselamatan.

B. Fungsi Dan Tugas Pemadam Kebakaran

Pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas pemadam kebakaran pada dasarnya telah ditetapkan sebagaimana mestinya. Hal ini selaras dengan fungsi dan tugas utama yang harus diemban dalam melakukan pemadaman kebakaran dimanapun berada.

Selain mengatasi, pemadam kebakaran juga memiliki peran dan tanggung jawab dalam melakukan pencegahan jenis bencana ini.

Seorang pemadam kebakaran harus mampu membaca suasana untuk mengantisipasi risiko terjadinya bencana kebakaran. Kejadian bencana lain seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor dan lainya juga dapat memberikan ancaman.

Sehingga kamu wajib waspada untuk melakukan penyelamatan jiwa agar tidak ada masyarakat yang dirugikan.

Untuk melakukan kegiatan penyelamatan ini, seorang pemadam biasanya akan melakukan tindakan awal berupa edukasi. Kamu yang memiliki pekerjaan ini memiliki tanggung jawab dalam mengajarkan tata cara untuk melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana yang baik dalam rangka pencegahan.

Upaya penyelamatan juga diajarkan untuk mengurangi risiko korban jiwa.

Apabila kebakaran besar telah terjadi tanpa bisa dicegah, seorang pemadam harus segera terjun untuk melakukan beberapa tindakan terbaik.

Kegiatan penyelamatan alangkah baiknya diimbangi dengan mendistribusikan dan mengendalikan logistic untuk masyarakat yang melakukan pengungsian.

Seorang pemadam kebakaran juga perlu melakukan koordinasi yang baik terhadap pihak PLN. Terlebih lagi untuk melakukan pemadaman listrik di sekitar lokasi dalam rangka mengurangi risiko terburuk yang dapat terjadi.

Hal ini karena lahapan api yang bisa memangsa berbagai hal bisa berdampak pada kabel listrik dan menyebabkan konsleting.

C. Pengetahuan Dan Keahlian Pemadam Kebakaran

1. Pengetahuan Kebencanaan

Memiliki peran penting dalam melakukan aksi penyelamatan, sudah selayaknya seorang pemadam kebakaran memiliki pengetahuan tentang kebencanaan.

Pasalnya, pengetahuan ini memungkinkan kamu yang memiliki jenis pekerjaan ini mampu memperhitungkan risiko yang dapat terjadi.

Pengetahuan kebencanaan biasanya akan diimbangi dengan pemahaman terhadap berbagai faktor yang bisa menimbulkan bencana kebakaran.

Tentu saja, kamu bisa memahami suatu tempat memiliki risiko tinggi hanya dengan melihat dan berdiri di sekitarnya. Kamu bahkan bisa memperhitungkan risiko bencana ini untuk segera melakukan tindakan pencegahan agar tidak menimbulkan korban.

2. Kemampuan Kerja Tim

Tugas dan fungsi pemadam kebakaran yang mempertaruhkan nyawa tidak bisa dilakukan sendirian. Hal ini mengharuskan kamu untuk memiliki kemampuan komunikasi dan kerja tim yang handal agar bisa melumpuhkan api dengan tangkas.

Kerjasama tim yang telah dibangun dengan kuat dapat melahirkan strategi jitu untuk melakukan aksi penyelamatan dengan baik.

3. Kemampuan Manajerial

Selain memiliki kemampuan kerja tim, kemampuan manajerial perlu dimiliki dalam mencapai tujuan penyelamatan. Kegiatan pengamatan dan pembelajaran yang telah dilakukan selama proses pemadaman melahirkan koordinasi yang searah.

Akibatnya, kamu dan tim mampu memiliki cara khusus ketika melakukan aksi pemadaman sekaligus penyelamatan.

4. Pengetahuan Teknik Evakuasi

Pengetahuan dan keahlian lain yang wajib dimiliki oleh pemadam kebakaran adalah teknik evakuasi. Pasalnya, teknik ini sangat diperlukan dalam melakukan penyelamatan dimanapun bencana kebakaran terjadi.

Kondisi di area pemukiman, di air maupun di tegung tinggi perlu disiasati dengan benar agar berhasil melakukan aksi penyelamatan.

Umumnya, pengetahuan teknik evakuasi ini wajib dibekali dengan keahlian khusus sebelum melakukan penyelamatan. Hal ini karena orang yang tidak memiliki keahlian hanya akan mengorbankan dirinya dan orang yang hendak ditolong.

Kondisi fisik dan mental sehat juga sangat diperlukan ketika melakukan aksi penyelamatan.

Lazimnya, seorang pemadam kebakaran memiliki pengetahuan teknik evakuasi yang telah dipetakan untuk melakukan aksi penyelamatan sesuai tempat kejadian bencana kebakaran.

Jika kamu melakukan penyelamatan di air, kemampuan berenang, pengendalian perahu, MFR (Medical First Responder) dan lainnya perlu disiapkan.

5. Ketangkasan

Kemampuan lain yang tak kalah penting adalah ketangkasan. Komandan Kompi C Pemadam Kebakaran Sektor Pasar Minggu, Jakarta Selatan dalam wartakota.tribunnews.com menyebutkan seorang petugas harus memiliki banyak keahlian.

Ketangkasan yang telah dikembangkan ketika proses pelatihan wajib dipraktikkan guna melakukan pemadaman sekaligus penyelamatan.

D. Berapa Gaji Yang Dimiliki Pemadam Kebakaran?

Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Pemadam Kebakaran

Posisi pemadam kebakaran dengan status kepegawaian seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS) memiliki tingkat dan jenjang karir yang disesuaikan dengan pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas pemadam kebakaran.

Tak ayal jika masing-masing orang yang memiliki pekerjaan ini biasanya memiliki jumlah gaji yang berbeda-beda.

Jumlah gaji yang diterima oleh seorang pemadam kebakaran dilansir dari gajimu.com memiliki kisaran mulai dari Rp1.796.734,51 sampai dengan Rp5.398.860,33 setiap bulannya.

Hal ini disesuaikan dengan tingkat golongan dan kedudukan yang kamu miliki ketika bekerja sebagai pemadam kebakaran.

Salah satu Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat yang menduduki golongan C dalam ulasannya di new.detik.com menyebutnya gaji yang dimiliki senilai Rp3,6 juta.

Pria yang diduga berusia 55 tahun ini juga mendapatkan tunjangan yang bisa mencapai Rp5 jutaan sehingga cukup untuk menafkahi keluarga dan mengabdi pada masyarakat.

Itulah beberapa hal yang bisa anda ulik terkait pekerjaan pemadam kebakaran. Pekerjaan ini memiliki peran penting dan tugas yang berat untuk melakukan aksi perlindungan dan penyelamatan apabila terdapat bencana kebakaran.

Tak ayal jika berbagai pengetahuan dan keterampilan perlu dikuasai sebelum terjun di lapangan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!