Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Indonesia Power

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Indonesia Power? Indonesia Power merupakan anak perusahaan PT PLN Indonesia, kali ini kami akan mencoba mengulas tahapan seleksi Indonesia Power. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang sedang menjalani seleksi di Indonesia Power.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Indonesia Power

Kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman saya mengikuti tes rekrutmen di PT. Tenaga Indonesia.

PT. Indonesia Power atau IP adalah anak perusahaan PLN yang menjalankan usaha komersial di bidang pembangkitan tenaga listrik. Saat ini, Indonesia Power adalah perusahaan

A. Tahapan Seleksi Karyawan di PT Indonesia Power

1. Tahap Pemilihan File

Untuk tahap ini, Anda hanya perlu mengisi data-data yang diperlukan di http://erecruitment.indonesiapower.co.id/, juga menyertakan bukti scan dokumen yang dibutuhkan.

Jangan hanya mengisi ukuran pakaian dan, karena ini akan menjadi ukuran peralatan yang akan diberikan Indonesia Power saat Anda lewat.

Disarankan untuk mengambil ukuran yang lebih besar agar tidak terlalu kecil. Untuk jurusan TOEFL non-teknis, itu sangat penting.

Dan pada akhirnya, pilih lokasi tes Anda, cari yang dekat dengan tempat tinggal Anda karena akan mempengaruhi tes kesehatan (lelah karena perjalanan).

Ini merupakan syarat umum untuk melalui tahap selanjutnya, yaitu pengumpulan file. Setiap file yang akan Anda kirimkan tercantum dalam pengumuman melalui website resmi.

Cobalah untuk melengkapi setiap data yang diperlukan sebelum Anda mendaftar secara online. Semua persyaratan tersebut nantinya akan diunggah sebagai pendaftaran kru Anda.

Ada juga data entry dalam esai, seperti data prestasi, keluarga, penguasaan bahasa Inggris dan pemilihan lokasi tes peserta.

Catat hal-hal penting yang perlu Anda ingat untuk selanjutnya. Pastikan untuk tidak melewatkan tenggat waktu pendaftaran.

2. Kemampuan akademik

Pendaftaran online saya dilakukan sekitar akhir Juli atau awal Agustus, dan saya baru mendapat pengumuman Tes Akademik pada akhir September.

Selanjutnya adalah tes akademik yang diadakan oleh Manajemen PPM (pertanyaan tetap dari Indonesia Power) http://www.ppm-recruitment.com/, yaitu tes pada mata pelajaran mata pelajaran sesuai bidang yang Anda ambil.

Bidang yang saya ambil adalah SME (Sarjana Mesin), untuk SME sendiri banyak keluar pertanyaan di bidang bahan, kekuatan bahan, jenis turbin dan aplikasinya, sedikit tentang kelistrikan mesin.

3. Tes Kecerdasan dan Tes Kemampuan Umum

Jangan lupa membawa kartu ujian dan perlengkapannya sesuai pengumuman. Anda akan mendapatkan panggilan melalui sms atau email, untuk langkah selanjutnya. Tahap ini akan dibagi menjadi 3 sesi pada waktu dan hari yang sama.

Pastikan untuk menyiapkan energi seperti sarapan terlebih dahulu dan membawa makanan dan air yang cukup.

Tes kecerdasan ini seperti tes IQ pada umumnya. Dengan soal yang lebih disederhanakan dan soal yang lebih sedikit, seperti: tes matematika dasar, rangkaian angka, bentuk 3 dimensi, sinonim dan antonim, serta tes bahasa Inggris yang bisa dikatakan hampir mirip dengan tes TOEFL.

Untuk tes kemampuan umum materinya berkaitan dengan posisi yang dilamar dan sesuai dengan jurusan, bagi yang mengambil posisi dan berasal dari luar jurusan teknik akan ada tambahan soal TOEFL.

Baca juga:

4. Tes fisik

Untuk tes ini dilakukan pada hari berikutnya, tes ini seperti tes fisik tubuh Anda dan apakah tubuh Anda ideal atau tidak, tes mata, cek gigi, tes tekanan darah, jenis kelamin dan wasir.

Hindari begadang sebelum melakukan tes fisik ini, usahakan juga banyak minum air putih dan puasa terlebih dahulu.

5. Tes Psikologi, LGD, dan Wawancara Psikologis

Ketiga tes ini akan dilakukan secara berurutan pada hari yang sama. Mereka yang lolos tes fisik akan menjalani ketiga tes tersebut tanpa sistem gugur.

Untuk psikotes ini, kamu akan diberikan beberapa pertanyaan tentang masalah kepribadianmu, tes koran atau pauli/kreplin, menggambar manusia dan pohon, dan terakhir tes warteg.

Selanjutnya adalah tes LGD atau yang bisa disebut dengan Leader Group Discussion. Seluruh peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi dan akan memecahkan suatu kasus secara bersama-sama yang nantinya akan dipresentasikan bersama dengan kelompok lain.

Untuk wawancara psikologis ini, Anda akan diminta oleh psikolog yang akan mencoba mencocokkan kepribadian Anda dengan tes sebelumnya. Anda akan menceritakan banyak pertanyaan seperti pengalaman pribadi di sini.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

6. Tes kesehatan

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Indonesia Power

Ini adalah tes kesehatan di Indonesia Power. Pada saat tes seleksi pertama, cobalah untuk memperbaiki gaya hidup Anda sebelum tes lab ini dilakukan.

Tes tersebut antara lain pengambilan darah dan urin sebelum dan sesudah puasa, rontgen, tes pendengaran, treadmill dan lain-lain.

Setelah dinyatakan lulus, kita akan dipanggil untuk diberikan pembekalan tes kesehatan. Pertama kita akan diberikan gelang spidol yang tidak bisa dilepas sampai tes kesehatan. Dimana tes kesehatan dilakukan 4-5 hari setelah tes fisik.

Sebelum tes kesehatan kita diwajibkan berpuasa (kalau tidak salah 9 jam akan diingatkan saat diberi gelang), tidak minum obat-obatan dan tidak melakukan aktivitas berat.

Pada tes kesehatan, tes rontgen paru-paru, tes lari di treadmill, pengambilan darah dua kali sebelum dan sesudah makan (pengecekan kolesterol, asam urat dan gula darah), tes audio dan pengukuran tekanan darah lagi.

Ordernya gratis sesuai yang kita dapat duluan. Untuk tes darah sebaiknya tidak makan makanan berminyak dan tinggi kolesterol sehari sebelum tes, saya sarankan makan sayur dan ikan, serta mengganti nasi dengan oatmeal, karena bisa menurunkan kolesterol.

Untuk tes audio, kita akan masuk ke ruangan kedap udara dan diberikan head set, dimana kita harus menekan tombol setiap kali mendengar suara sekecil apapun.

Tes ini cukup mudah jika kita tidak memiliki masalah pendengaran, hanya jangan gugup, saya gugup jadi saya menekan tombol ketika suara tidak terdengar.

7. Wawancara user

Inilah tahapan terakhir Indonesia Power yang menentukan apakah Anda memenuhi syarat untuk menjadi karyawan di sini atau tidak.

Nanti akan ada 2 penguji yang akan mewawancarai Anda. Satu dengan posisi sebagai user Anda nanti dan yang lainnya adalah HRD. Atau mungkin Anda akan bertemu 2 user sekaligus.

Pertanyaannya seputar pengetahuan Anda tentang Indonesia Power, studi kasus, materi yang cocok untuk posisi yang Anda lamar.

Usahakan datang tepat waktu dan berpenampilan terbaik, jangan lupa untuk membuat satu atau dua pertanyaan untuk berjaga-jaga jika nantinya diundang untuk bertanya kepada tim penguji.

Kemudian wawancara selanjutnya menggunakan bahasa Inggris, dilanjutkan dengan pertanyaan pribadi.

Saat menjawab kegiatan tersebut, saya diminta untuk menggambar, karena saya menyebutkan bahwa saya suka menggambar di waktu senggang, dimana gambar saya bergaya manga, sehingga pengguna bertanya apakah saya suka membaca komik dan kartun Jepang.

Saya pikir ini adalah salah satu cara mereka menguji apakah apa yang kita katakan itu benar atau palsu.

Setelah wawancara, kami diizinkan untuk mengajukan pertanyaan. Gunakan kesempatan ini untuk menunjukkan antusiasme Anda terhadap pekerjaan yang Anda lamar.

Cara menjawab pewawancara juga bisa menjadi indikasi kita lulus atau tidak, jika pewawancara cenderung antusias menjawab, biasanya kita lulus.

Bahkan di akhir wawancara dia meminta saya untuk memantapkan diri pada saat menandatangani kontrak. Bagus.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Indonesia Power, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!