Latihan Soal Psikotes TNI Polri Gratis

Bagaimana Latihan Soal Psikotes TNI Polri? Menjadi seorang anggota TNI atau Polri merupakan cita-cita sebagian banyak pemuda Indonesia. Namun, untuk bisa meraih cita-cita tersebut, tentu dibutuhkan usaha dan kerja keras yang luar biasa.

Latihan Soal Psikotes TNI Polri

Sebab, anda akan diminta untuk melakukan serangkaian tes terlebih dahulu, salah satunya psikotes TNI Polri. Untuk itu, yuk simak ulasan seputar psikotes untuk TNI dan Polri!

A. Apa itu Psikotes TNI dan Polri?

Ketika anda ingin menjadi anggota TNI atau Polri, setidaknya ada 3 jenis tes yang harus anda jalani. Ketiga tes tersebut adalah tes akademik, tes jasmani atau samapta, dan tes psikologi atau yang biasa disebut dengan psikotes.

Artinya, Psikotes TNI dan Polri merupakan tes yang berkontribusi untuk menentukan diterima atau tidaknya anda sebagai anggota TNI atau Polri.

Tes psikologi merupakan jenis tes yang bertujuan untuk mengukur aspek individual secara psikis yang dapat berupa tulisan, visual, atau secara verbal untuk mengukur fungsi kognitif dan emosional.

Tujuan lain dari tes psikologi adalah untuk mengukur berbagai kemungkinan dari berbagai jenis kemampuan anda secara mental dan setiap hal yang mendukungnya.

Hal-hal yang mendukung ini bisa berupa prestasi, intelegensi, kepribadian, kemampuan, hingga fungsi neurologis. Dengan kata lain, kognitif, emosi, berbagai kecenderungan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kecenderungan itu akan tergambar melalui tes psikologi.

Oleh sebab itu, tes yang satu ini termasuk tes yang wajib dan penting di dalam seleksi masuk TNI dan Polri.

Untuk tes psikologi Polri terbagi menjadi dua tahapan, yaitu tes tulis yang dilakukan di Panda masing-masing dan tes wawancara yang dilakukan di pusat.

Keduanya sama-sama penting, sehingga perlu dipersiapkan dengan maksimal agar apa yang anda harapkan dapat tercapai dengan hasil yang memuaskan.

Pastikan anda mengikuti Latihan Soal Psikotes TNI Polri agar dapat mengerjakan soal nantinya

B. Apa Saja Isi dari Tes Psikologi TNI dan Polri?

Latihan Soal Psikotes TNI Polri

Terdapat empat aspek yang akan diujikan di dalam psikotes TNI Polri, yaitu faktor kecerdasan, faktor kepribadian, faktor minat, dan faktor kerja.

Faktor kecerdasan memiliki empat poin yang berisi kecerdasan umum, kemampuan verbal, kemampuan abstrak, dan kemampuan praktis. Untuk faktor kepribadian terdiri dari empat poin.

Keempat poin tersebut adalah pengendalian diri, penyesuaian diri, prososial, dan kepercayaan diri. Sementara itu, faktor minat terdiri dari 6 poin, yaitu pelayanan sosial, kebenaran, humanisme, demokratis, adil, dan prosedural.

Yang terakhir ada faktor kerja yang terdiri dari tiga poin, yaitu ketelitian, daya tahan, dan kecepatan.

Kesemuanya ini akan dinilai dengan sistem penilaian yang telah ditentukan dan rentang hasilnya dimulai dari 0 hingga 100.

Untuk bisa lolos psikotes TNI dan Polri, setidaknya nilai dari tes ini harus 61 ke atas dan akan dinyatakan memenuhi syarat (MS). Jika nilai anda dibawah 60, maka dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Nilai dalam rentang 0 sampai 40 dinyatakan kurang sekali, 41 sampai 60 adalah kurang, 61 sampai 80 dinyatakan cukup, dan 81 sampai 100 adalah baik.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, tentu anda harus belajar dengan sungguh-sungguh untuk menghadapi tes psikologi ini.

C. Tips Agar Bisa Lolos Tes Psikologi TNI dan Polri

Latihan Soal Psikotes TNI Polri

1. Logika Aritmatika

Memahami tipe soal psikotes adalah hal yang penting karena soal di dalam psikotes umumnya berisi soal yang membutuhkan trik khusus.

Setidaknya ada 7 jenis tes tulis yang harus anda kerjakan dan yang pertama adalah tes logika aritmatika, soal ini berisi deretan angka.

Tujuan dari tes ini adalah untuk mengukur kemampuan analisis anda untuk memahami pola-pola tertentu.

Untuk mengerjakan soal ini, sebaiknya jangan hanya berpaku pada satu bentuk deret saja karena bisa jadi deret tersebut disusun berdasarkan urutan, pengelompokan urut, atau pengelompokan loncat.

Di akhir artikel kami menyediakan Latihan Soal Psikotes TNI Polri gratis

2. Logika Penalaran

Tipe soal yang kedua adalah tes logika penalaran yang terdiri dari deret gambar dengan pola tertentu. Untuk soal ini, anda harus berkonsentrasi penuh agar tidak salah pilih pola.

Sebab, satu gambar pola dengan gambar pola lainnya sering terlihat sama, padahal berbeda, sehingga anda harus hati-hati.

3. Koran

Tes yang ketiga ada tes koran yang bertujuan untuk mengukur konsentrasi, ketahanan, kemampuan penyesuaian diri, ketelitian, kecepatan, dan sikap anda dalam menyikapi tekanan.

Untuk mengerjakan tes ini, anda harus rileks dan jangan tegang. Jika ada satu soal yang terlewat, sebaiknya lanjutkan tes daripada mengulang.

4. Wartegg

Selanjutnya adalah tes wartegg, di sini anda diminta untuk membuat sebuah gambar dari garis yang sudah disediakan.

Untuk mengerjakan tes ini, mulailah dengan gambar yang paling mudah dan anda sukai hingga gambar yang paling sulit dan anda sukai. Usahakan gambar yang anda buat memiliki keterkaitan.

Baca juga: Cara Lulus Mengerjakan Tes Wartegg dengan Baik dan Benar

5. Menggambar Orang

Tes menggambar orang adalah salah satu psikotes yang harus anda kerjakan. Dalam tes ini, gambarlah manusia dengan utuh mulai dari kepala hingga ujung kaki secara utuh.

Kemudian, usahakan gambar anda tidak besar atau tinggi sebelah, berada di tengah-tengah kertas soal, dan minimalisir penggunaan penghapus.

6. Menggambar Pohon

Tes yang keenam adalah menggambar pohon dan untuk soal ini pilihlah pohon yang kuat, memiliki ranting dan daun yang banyak, serta memiliki buah.

Anda bisa memilih pohon mangga atau pohon nangka, hindari pohon bambu, beringin, pisang, atau semak belukar. Jika anda belum bisa menggambar dengan baik, sebaiknya latihan terlebih dahulu.

7. Menggambar Rumah, Pohon, dan Orang

Tes yang ketujuh ini anda akan diminta untuk menggambar rumah, orang, dan pohon sekaligus. Untuk mengerjakan soal ini, anda bisa memilih objek yang menurut anda paling mudah terlebih dahulu.

kerjakan dengan cepat namun santai, kemudian selesaikan ke objek yang lain. Anda juga bisa menambahkan hiasan agar gambar terlihat hidup.

Baca juga: Jawaban Psikotes Gambar Orang, Pohon dan Rumah [Cara Lengkap Lulus]

8. Motivasi yang Kuat

Yang tidak kalah penting dari tips mengerjakan soal adalah motivasi di dalam diri. Sebisa mungkin anda harus menunjukkan bahwa anda memiliki motivasi dan dedikasi yang kuat untuk menjadi seorang anggota TNI dan Polri.

Motivasi yang kuat akan mendorong diri untuk melakukan yang terbaik.

9. Niat yang Tulus dan Percaya Diri

Dalam melakukan apa pun, niat adalah hal yang penting, begitu pula ketika menjalani tes untuk menjadi anggota TNI dan Polri.

Tanamkan niat yang kuat di dalam diri anda dan mendampinginya dengan usaha yang sungguh-sungguh. Selain itu, tanamkan rasa percaya diri terhadap kemampuan anda untuk menyelesaikan tes dengan hasil yang terbaik.

Jauhkan diri dari rasa minder dan takut gagal karena hal itu akan membuat anda terbayang-bayang dan sulit untuk memberikan yang terbaik.

Pasalnya, pada psikotes ini yang dilihat adalah karakter yang anda miliki. Oleh sebab itu, anda disarankan untuk tetap tenang saat menjalani tes psikologi.

Menjadi anggota TNI dan Polri adalah cita-cita yang mulia karena bersedia untuk mengabdikan diri pada negara. Namun, ada serangkaian tes yang perlu anda lalui, termasuk salah satunya tes psikologi.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, anda harus melakukan persiapan dengan baik dan optimal.

D. Latihan Soal Psikotes TNI Polri

Latihan psikotes TNI POLRI – Antonim (Lawan Kata)

Latihan psikotes TNI POLRI – Sinonim (Persamaan Kata)

Latihan psikotes TNI POLRI – Antonim Sinonim (Persamaan dan Lawan Kata)

Latihan psikotes TNI POLRI – Analogi

Latihan psikotes TNI POLRI – Analitik

Latihan psikotes TNI POLRI – Verbal

latihan psikotes tni polri Hitung Cepat

Latihan psikotes TNI POLRI – Teknikal

Latihan psikotes TNI POLRI – Ketelitian

Latihan psikotes TNI POLRI – Logika

Latihan psikotes TNI POLRI – Kuantitatif

Latihan psikotes TNI POLRI – Hafalan

Latihan psikotes TNI POLRI – Pengetahuan Umum

Latihan psikotes TNI POLRI – Kecerdasan

Latihan psikotes TNI POLRI – Gambar

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!