Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT INALUM (Persero)

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT INALUM? kali ini akan mengulas pengalaman dan tahapan ujian apa yang akan Anda hadapi jika mengikuti rekrutmen dari PT Inalum atau singkatan dari Indonesia Asahan Aluminium.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT INALUM (Persero)

Kali ini kami akan mencoba mengulas Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT INALUM (Persero). Berikut tahapan dan seleksi beserta tips dari kami:

Tahapan Seleksi Karyawan di PT INALUM (Persero)

1. Pemilihan file

Secara umum, Anda dapat mengirimkan aplikasi Anda langsung di stan FIFGroup di berbagai acara JobFair dan sejenisnya. Anda juga dapat mengirimkannya secara online melalui portal lowongan kerja yang tersedia di internet.

Hampir sama dengan tahap awal di perusahaan lain. Disini anda diminta untuk mengumpulkan berkas yang diminta, mulai dari CV, Ijazah, Transkrip Nilai dan dokumen pelengkap lainnya. Cobalah untuk menyelesaikan apa yang diminta oleh perusahaan.

2. Tes Potensi Akademik/TPA

Dalam tes ini, tim HRD akan mencoba mempresentasikan program apa saja yang ada di INALUM dan proses apa yang akan Anda jalani kedepannya hingga manfaat apa yang akan Anda dapatkan.

Selanjutnya, tes akan berlangsung secara sistem gugur. Jika lolos ke tahap selanjutnya maka akan dihubungi oleh HRD.

Tes potensi akademik (TPA) meliputi:

  1. Tes matematika dasar (nomor urut, dan soal cerita) Jumlah soal pada tes ini relatif sedikit tetapi dengan waktu yang sedikit sudah bisa menyelesaikannya. Saran kami jangan terpaku pada satu pertanyaan saja, cobalah untuk menjawab semuanya dengan cepat dan tepat.
  2. Tes Bahasa Inggris. Tes ini lebih mirip tes TOEFL dan TOEIC. Jika Anda pernah melakukannya, mungkin akan banyak membantu untuk tahap tes ini, mulai dari membaca, menulis, dan juga mendengarkan.
  3. Tes Logika. Tes ini lebih mengarah pada logika berpikir Anda, ada juga soal mencocokkan pola yang satu dengan yang lain.

Peralatan/dokumen yang perlu dibawa pada saat mengikuti tes :

  1. KTP Asli
  2. Alat Tulis (Pensil 2B, penghapus, bolpoin)
  3. Daftar Riwayat Hidup terbaru dilengkapi dengan pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak
  4. Lembar, fotokopi KTP, Ijazah dan Transkrip Nilai. (Bagi yang belum melengkapi)
  5. Peserta diwajibkan menggunakan atasan kemeja, bawahan berbahan kain serta bersepatu
  6. Peserta diharapkan hadir 30 menit sebelumnya untuk mempermudah registrasi

Baca juga:

3. Leaderless Group Discussion (LGD)

Tes tahap 2 selanjutnya adalah tes psikologi dan FGD atau Focus Group Discussion. Untuk psikotes ini kamu akan diberikan soal pilihan ganda dimana tidak ada jawaban benar atau salah di dalamnya.

Jawabannya akan berbeda untuk setiap peserta. Cobalah untuk menjawab secara spontan dan tidak dibuat-buat. Setelah itu Anda akan diwawancarai dengan HRD. Untuk wawancara ini cukup singkat dan mengajukan pertanyaan ringan.

Pada tes berikutnya pada hari yang sama Anda akan memiliki FGD. Jumlah peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan pada setiap kelompok akan diberikan contoh kasus yang sering dialami oleh PT Inalum.

Contohnya adalah masalah prioritas. Jadi Anda harus mendiskusikan prioritas mana yang harus didahulukan untuk kasus ini.

4. Wawancara User

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT INALUM (Persero)

Jika lolos tahap FGD maka selanjutnya adalah tes wawancara user. Tidak main-main, Manajer INALUM sendiri yang akan mewawancarai Anda bersama tim HR-nya.

Wawancara lebih panelis dan diskusi. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Namun, Anda juga bisa meminta untuk menggunakan bahasa Indonesia jika Anda merasa kurang fasih berbahasa Inggris.

Pertanyaan lebih diarahkan ke teknis dan pengetahuan Anda di bidang dan posisi yang Anda lamar.

Ada baiknya Anda juga mempelajari pengetahuan umum tentang PT Inalum, seperti sejarah singkat, produk yang mereka kerjakan dan juga isu-isu mengenai perkembangan Inalum di Indonesia.

5. Pemeriksaan Medis

Untuk tes kesehatan ini hampir sama dengan tes kesehatan di perusahaan lain. Tes kesehatan meliputi: tes darah, rontgen, pemeriksaan fisik, sampel urin dan pemeriksaan tekanan darah.

Jika sudah sampai tahap ini, kemungkinan besar Anda sudah lulus dan bisa menjadi karyawan di PT Inalum.
Semoga berhasil.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT INALUM (Persero), semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!