Pekerjaan, Gaji dan Tugas Pramuniaga

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Pramuniaga Indomaret / Alfamart? Pekerjaan pramuniaga Indomaret tidak sesulit yang Anda kira. Memang, tugas pokok yang diemban adalah soal pelayanan kepada konsumen.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Pramuniaga

Namun ada hal lain yang harus Anda ketahui untuk bisa menjadi tenaga penjual di perusahaan retail seperti Indomaret atau Alfamart.

Mari kita masuk ke pembahasan tentang arti seorang pramuniaga, oke? Seorang pramuniaga adalah suatu jabatan pekerjaan yang tanggung jawabnya memberikan pelayanan kepada konsumen terutama untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Lalu apa saja pekerjaan tenaga penjual Indomaret? bagi anda yang suka berinteraksi dengan banyak orang sepertinya cocok sekali untuk bagian ini.

Kita tahu bahwa karyawan di Indomaret dan Alfamart ramah dan menyambut ketika konsumen kesulitan mendapatkan barang yang diinginkan.

A. Persyaratan, Kualifikasi dan Gaji Pramuniaga

Sebelum masuk ke bagian tugas dan tanggung jawab, kita akan membahas persyaratan umum mengenai kualifikasi apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi tenaga penjual di Indomaret dan Alfamart:

1. Kualifikasi Pramuniaga

  1. Persyaratan pramuniaga Indomaret dan Alfamart
  2. Pria/Wanita, maksimal 25 tahun (pria diutamakan)
  3. Pendidikan minimal sederajat SMA/SMA/SMK (tergantung penempatan dan kebutuhan)
  4. Tidak ada tato atau tindikan
  5. Penampilan rapi (rambut rapi, tidak ada kumis dan janggut)
  6. Tinggi badan minimum untuk pria adalah 160 cm dan untuk wanita adalah 150 cm
  7. Tidak sedang belajar atau terikat kontrak dengan perusahaan lain
  8. Bersedia bekerja shift
  9. Gaji pramuniaga menyesuaikan UMR dan UMK setempat: Rp 1,7 juta – Rp 2,7 juta

2. Kualifikasi Pramuniaga

  1. Khusus Wanita (Namun, tergantung kebutuhan outlet)
  2. Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat
  3. Usia maksimal 23 tahun
  4. Tinggi minimal 150cm
  5. Berpenampilan menarik dan rapi
  6. Tidak sedang kuliah atau terikat kontrak
  7. Bersedia bekerja shift
  8. Gaji Kasir Menyesuaikan UMR dan UMK setempat: Rp 1,9 juta – Rp 3 juta

Untuk gaji selain gaji pokok, Anda juga mendapatkan tunjangan lain seperti tunjangan lembur dan tunjangan THR saat liburan. Hal ini berlaku untuk tenaga penjual dan kasir Indomaret.

3. Dokumen persyaratan pramuniaga

  1. Daftar Riwayat Hidup Terbaru
  2. Pas foto 3×4 berwarna terbaru
  3. KTP
  4. Scan Ijazah
  5. Fotokopi transkrip nilai
  6. SKCK
  7. Kartu Keluarga

Anda bisa mengetahui lowongan sales officer Indomaret melalui website resminya atau datang saja ke outlet atau toko Indomaret terdekat di daerah Anda.

B. Tugas dan Tanggung Jawab Kualifikasi Pramuniaga

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Pramuniaga

Berikut ini adalah gambaran tugas tenaga penjual Indomaret, agar Anda sudah bisa membayangkan bagaimana nantinya bekerja atau baru tahu saat ditanya saat wawancara tenaga penjual yang baik nanti.

Fungsi pegawai toko, khususnya pegawai penjualan:

1. Menjaga Outlet Toko Tetap Bersih

Setelah setiap shift dan absensi, petugas penjualan harus mengontrol apa yang perlu diperhatikan, terutama di bagian kebersihan. Meja kerja awal tenaga penjual adalah membersihkan toko, baik itu menyapu, mengepel atau mengelap kaca di toko.

Tidak hanya apa yang terlihat di toko. Petugas penjualan juga menjaga kebersihan gudang, toilet dan area luar toko seperti tempat parkir.

Apalagi sekarang ini setiap Indomaret memiliki tempat nongkrong, jadi daerah ini harus selalu dijaga kebersihannya karena sering banyak konsumen yang mampir.

2. Layanan Langsung Kepada Konsumen

Tugas selanjutnya yang paling sering dilakukan adalah mengenai pelayanan kepada pelanggan yang masuk ke gerai toko Indomaret. Layanan ini meliputi bagian menyapa konsumen yang masuk toko dengan mengucapkan “Selamat datang di Indomaret, selamat berbelanja”

Hingga melayani konsumen yang kesulitan mencari produk dan meminta produk. Yang terpenting adalah 3S, yaitu senyuman dan salam.

3. Menjaga ketersediaan produk di etalase

Tak jarang, barang di etalase selalu cepat habis tergantung dari produk unggulan yang ditawarkan. Hal ini menjadi tanggung jawab seorang tenaga penjual dalam menjaga stok barang di etalase agar terjaga dan selalu tersedia.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari ketika konsumen mencari barang dan ternyata tidak tersedia, mereka tidak mencari ke toko lain, apalagi ke pesaing.

Sehingga tenaga penjual selalu siap mengecek setiap etalase dan gudang untuk mencari barang yang kurang.

Jangan lupa untuk selalu berkoordinasi dengan admin gudang saat mengambil barang masuk dan keluar gudang.

4. Periksa Produk Kedaluwarsa

Hampir sama dengan tugas ketiga di atas, tenaga penjual juga bertanggung jawab untuk mengganti produk yang sudah jadi atau sudah lewat masa kadaluarsanya.

Selain itu, seorang tenaga penjual juga diharuskan untuk menata produk lama untuk diletakkan di depan etalase, sedangkan produk baru diletakkan paling belakang. Hal ini agar produk yang sudah mendekati kadaluarsa bisa langsung laku terjual.

Nama metode ini adalah FIFO atau first in first out. Nanti akan ada pelatihan saat Anda menjadi tenaga penjual.

5. Bantu kasir saat pembeli banyak

Terkadang ada jam-jam tertentu dimana pasti banyak pembeli yang datang. Biasanya saat jam makan siang atau sore hari dari jam 7-9 malam.

Dikarenakan keterbatasan jumlah pegawai khususnya outlet yang mengalami shift shift hingga buka 24 jam, seorang petugas penjualan juga harus dapat membantu kasir yang sedang bertugas.

Membantu disini hanya dengan memasukkan produk pembelian konsumen ke dalam kantong kresek. Karena satu-satunya yang bertanggung jawab penuh atas mesin kasir termasuk uang adalah kasir. Ini juga merupakan bentuk layanan pelanggan.

6. Memberi Label pada Produk yang Ditampilkan

Menempatkan label harga pada produk atau gondola etalase juga merupakan bagian dari meja kerja petugas penjualan. Jangan sampai salah dalam memberikan label harga, karena nantinya pekerjaan kasir akan terbebani dan konsumen merasa tertipu dengan harga yang tertera.

Apalagi saat ada promo promo yang masuk. Jadi label sebelumnya juga diganti dengan yang baru agar bisa seragam sesuai dengan promo yang dilakukan.

7. Bantu SO Atau Stock Opname

SO atau Stock Opname merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan dimana fungsinya untuk mengecek kesamaan data antara administrasi di komputer dengan fisik barang yang sebenarnya, apakah ada yang berbeda atau cocok.

Hal ini juga tergantung pada kebijakan masing-masing toko. Ada yang melakukannya setiap minggu, ada yang sebulan sekali.

Jika barang yang tercatat di komputer dan aslinya tidak sama, maka harus dilaporkan kepada kepala toko untuk segera ditindaklanjuti.

Baca juga: Sistem Gaji Indomaret dan Tunjangan

C. Tes dan Interview Pramuniaga

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Pramuniaga

Sekarang kita akan membahas tentang tes pramuniaga di Indomaret atau di Alfamart. Sudahkah Anda membaca persyaratan kualifikasi di atas?

Jadi kali ini anggap saja anda terpanggil untuk memenuhi panggilan tes rekrutmen di Indomaret.

Biasanya ada 2 macam tes yang akan kamu hadapi yaitu tes tertulis dan tes wawancara dengan kepala toko atau yang sederajat.

1. Tes Tertulis Pramuniaga

Untuk tes ini seperti tes psikologi di perusahaan lain. Untuk soal-soal yang akan kamu hadapi, seperti tes matematika dasar, tes verbal, tes menggambar pohon dan tes mandiri lainnya.

Jika sudah dan lulus maka akan dilanjutkan ke tahap kedua yaitu tes wawancara.

2. Tes Wawancara Pramuniaga dengan Kepala Toko

Tes selanjutnya adalah wawancara dengan pengguna atau yang memiliki posisi sebagai kepala toko. Daftar pertanyaan yang akan diajukan kira-kira sebagai berikut:

  1. Ceritakan tentang dirimu
  2. Mengapa Anda ingin bekerja di Indomaret sebagai tenaga penjualan?
  3. Apa kesibukanmu selama ini?
  4. Sebutkan tugas dan tanggung jawab seorang tenaga penjual yang anda kenal
  5. Siap bekerja shift?

Setelah itu user akan mencoba memberikan gambaran tentang jobdesk dari tenaga penjual dan menanyakan kembali apakah Anda siap untuk mengerjakan tugas tersebut.

Jika demikian, maka Anda memasuki tahap penandatanganan kontrak dan langsung menjalani pelatihan singkat.

Baca juga: Bocoran Lolos Seleksi Tes MDP di Indomaret

Kesimpulan

Itulah tugas-tugas tenaga penjual Indomaret yang bisa Anda jadikan referensi saat melamar pekerjaan di Indomaret, khususnya untuk posisi pramuniaga.

Anda dapat membaca contoh surat lamaran kerja pramuniaga sesuai dengan link berikut ini:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, dan semoga Anda diterima. Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga beruntung.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!