Cara Meminta Kenaikan Gaji Karyawan

Bagaimana Cara Meminta Kenaikan Gaji Karyawan? Biaya kebutuhan hidup yang semakin tinggi dan beban pekerjaan yang Anda lakukan di tempat kerja semakin bertambah banyak?

Cara Meminta Kenaikan Gaji Karyawan

Sepertinya Anda mulai mempertimbangkan untuk meminta kenaikan gaji secara realistis dengan apa yang Anda kerjakan di perusahaan.

Namun bagaimana caranya agar bisa disetujui? Berikut simak cara meminta kenaikan gaji karyawan dengan sopan dan sesuai etika kepada atasan.

Tips Meminta Kenaikan Gaji

1. Mengambil Tanggung Jawab Lebih

Meminta kenaikan gaji memang bukan perkara yang mudah, namun hal tersebut akan terlihat wajar jika Anda sudah berkontribusi penuh terhadap tugas dan tanggung jawab sebagai karyawan.

Tips yang pertama yaitu mengambil tanggung jawab lebih dalam perusahaan. Pastikan kalau Anda mampu mengelola dan menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang lebih banyak dalam perusahaan.

Lakukan tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan sepenuhnya oleh atasan kepada Anda. Tetap menerima dengan senang hati tugas tambahan yang diberikan oleh bos atau atasan yang mungkin itu diluar jobdesc Anda.

Pastikan juga selalu menjaga kepercayaan atasan terhadap kinerja dan kualitas Anda. Sehingga atasan akan semakin percaya dan mau memberikan kenaikan gaji atas profit yang sudah Anda berikan pada perusahaan.

2. Lebih Fokus dan Lebih Detail Menganalisa Peluang Perusahaan

Bekerja di perusahaan yang mungkin sudah terkenal dimana-mana menjadikan Anda semakin menanggung beban yang berat dalam perusahaaan.

Terlebih jika jobdesc yang Anda ambil adalah marketing perusahaan, dimana peran tersebut sangatlah penting bagi perusahaan. Anda akan diuntut lebih fokus dalam bekerja dan lebih detail dalam menganalisa peluang dalam pemasaran.

Jika kinerja Anda menghasilkan dalam jobdesc tersebut maka akan menguntungkan juga bagi Anda. Semakin jeli Anda melihat dan menganalisa peluang pemasaran di tempat kerja Anda, maka hal tersebut juga bisa mempengaruhi atasan untuk bersedia menaikan gaji dan bisa jadi ada bonus tambahan yang bisa Anda dapatkan.

Jadi pintar-pintarlah memanfaatkan peluang yang ada untuk meningkatkan penghasilan yang lebih.

3. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Cara Meminta Kenaikan Gaji Karyawan

Sebelum Anda memulai meminta atau bernegosiasi masalah kenaikan upah atau gaji, pastikan jika Anda sudah riset tentang kisaran gaji yang sesuai atau bertanya pada beberapa orang yang posisinya sama dengan Anda.

Namun hal tersebut tidak bisa dijadikan patokan karena, setiap kemampuan, pengalaman, dan tempat perusahaan atau kota tempat Anda bekerja juga berbeda dengan yang lain.

4. Meningkatkan Kemampuan Diri

Sebagai atasan dalam perusahaan akan merasa senang jika karyawannya mampu bekerja secara maksimal dan memiliki prestasi yang membanggakan bagi perusahaan.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda lebih meningkatkan kemampuan dan prestasi dalam bekerja. Hal itu menjadi cara yang dianggap cerdas dalam meningkatkan potensi kenaikan gaji dengan cepat.

Selain meningkatkan potensi kenaikan gaji yang didapatkan, dengan adanya peningkatan kemampuan yang mencapai prestasi tersebut juga mempengaruhi perpindahan posisi jabatan yang akan Anda capai.

Karena hasil kinerja dan capaian Anda yang memuaskan akan dianggap nilai plus dalam meningkatkan keuntungan dalam perusahaan.

5. Berpikir Positif dalam Meraih Pencapaian

Jangan terlalu memikirkan bahwa pendapatan atau  gaji yang Anda dapatkan sangatlah kecil, pikirkan apa hal yang bisa mempengaruhi pencapaian Anda untuk mendapatkan kenaikan gaji tersebut.

Jadi pikirkan hal-hal positif yang bisa menambah kepercayaan diri Anda dalam melakukan tugas dan tanggung jawab dalam perusahaan.

Jadi besar kecilnya pendapatan bukan menjadi alasan bagi Anda untuk bermalas-malasan dalam melaksanakan tugas.

Setelah dirasa Anda telah mendapatkan prestasi dan pencapaian dalam bekerja, Anda harus sudah siap dengan besaran angka gaji yang akan diajukan pada atasan untuk bernegosiasi.

Jadi, ketika Anda melakukan pengajuan pada bos atau atasan mengenai gaji, Anda juga bisa menjelaskan pencapaian dan keuntungan apa saja yang sudah diberikan dalam meningkatkan profit perusahaan.

6. Pilihlah Waktu yang Tepat

Mencari waktu yang tepat untuk mengatakan hal tersebut kepada atasan memang tidaklah mudah. Karena waktu luang diantara Anda dan atasan mungkin selalu berbeda.

Salah satu waktu yang tepat untuk mengajukan hal tersebut ialah saat evaluasi tahunan yang ada pada perusahaan. Setiap perusahaan akan mengadakan rapat besar untuk mengevaluasi hasil kinerja para karyawannya.

Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk berbicara langsung kepada atasan mengenai kenaikan gaji karyawan atas pencapaian dalam bekerja.

Moment tersebut juga bisa menjadi evaluasi bagi Anda untuk terus mengembangkan potensi dan kemampuan untuk meyakinkan atasan Anda dengan adanya sistem kenaikan gaji tersebut.

Tentu hal tersebut juga perlu dibicarakan secara terbuka antara atasan dan Anda sebagai keryawan.

7. Gunakan Bahasa yang Tepat

Bukan hanya waktu saja yang perlu dipertimbangkan, namun Anda juga harus menggunakan bahasa yang sopan dan tepat saat ingin mengucapkan hal tersebut.

Penyampaian yang kurang tepat juga bisa  saja menjadi salah dalam penafsiran bagi mereka yang mendengarkan. Pastikan Anda bisa mengontrol emosi dan tidak tegang dalam membicarakan hal tersebut pada atasan atau pihak-pihak lainnya dalam perusahaan.

Gunakan kalimat yang sopan dan tidak terkesan memaksa atau melebih-lebihkan, dan masih dalam suasana formal.

Dengan kondisi tenang dan penggunaan kalimat yang sopan, sikap, dan bahasa tubuh yang baik maka akan menambah rasa kepercayaan diri Anda dalam mengungkapkan keinginan tersebut.

Kondisi tersebut juga membuat pembicaraan Anda tetap terkesan professional dan tidak kaku.

8. Persiapkan Mental, Jika Mengalami Penolakan

Cara Meminta Kenaikan Gaji Karyawan

Tips yang satu ini juga perlu Anda persiapkan dan perlu Anda kuasai. Setiap usaha juga tidak selamanya berhasil, yang terpenting adalah sudah berani mengungkapkan secara langsung terhadap yang bersangkutan.

Ada kemungkinan lain jika permaintaan kenaikan gaji tersebut ditolak oleh atasan. Untuk itu Anda perlu menyiapkan mental yang kuat dan harus siap dengan keputsan yang telah diberikan dari pihak perusahaan.

Tetap persiapkan respon atau jawaban yang tepat mengenai hal tersebut meski Anda mengalami penolakan. Sampaikan juga jika Anda setuju dan bersedia dalam melanjutkan negosiasi di lain waktu atau di lain kesempatan.

Jangan terlalu larut dalam kesedihan akibat penolakan atau tidak adanya persetujuan dalam hal tersebut. Tetap tenang dan selalu rendah diri untuk menunjukkan sikap profesionalitas Anda di forum tersebut.

9. Tetap Optimis dan Tidak Pesimis

Tips terakhir dari cara meminta kenaikan gaji karyawan dengan sopan dan sesuai etika kepada atasan adalah dengan menanamkan sikap optimis dalam diri kita.

Yakin dengan kemampuan dan sikap profesionalitas Anda dalam bekerja. Jangan merasa pesimis atau putus asa jika hal tersebut tidak Anda dapatkan dari pihak perusahaan.

Tetap memperbaiki diri dan terus meyakinkan dengan perilaku dan prestasi yang kita capai.

Nah, itu tadi beberapa tips dan juga informasi mengenai permintaan kenaikan pendapatan atau gaji karyawan kepada pihak perusahaan.

Hal tersebut bisa Anda dapatkan dan Anda peroleh jika Anda bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam sebuah pekerjaan.

Semoga sedikit informasi di atas bisa menambah wawasan  pengetahuan bagi Anda yang ingin menaikkan jumlah pendapatan dalam bekerja.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!