Gaji Dokter Spesialis Mata dan Tunjangan

Bagaimana Gaji Dokter Spesialis Mata dan Tunjangan? Gaji bulanan seorang dokter mata cukup besar dibandingkan dengan profesi medis umum. Profesi ini juga menjadi incaran banyak orang karena gaji dan karirnya juga sangat bagus.

Gaji Dokter Spesialis Mata dan Tunjangan

Dokter mata juga dikenal sebagai dokter mata yang merupakan dokter yang mengkhususkan diri dalam merawat mata, sistem visual hingga proses operasi mata.

Ada banyak tugas dan tanggung jawab seorang dokter mata seperti pengobatan, diagnosis, pemeriksaan hingga operasi untuk penyakit mata.

Pendidikan yang harus anda tempuh adalah mengambil pendidikan kedokteran terlebih dahulu baru kemudian mengambil pendidikan oftalmologi setelahnya. Dan biasanya pendidikannya adalah S2 spesialis mata.

Berikut ini, kita akan membahas gaji dokter mata beserta tugas dan kualifikasi keahliannya. Langsung saja kita bahas di bawah ini.

A. Tentang Dokter Spesialis Mata

Sistem Gaji Dokter Spesialis Mata dan Tunjangan

Seorang dokter mata memiliki wewenang untuk memeriksa, mendiagnosis, dan memberikan perawatan dan pengobatan untuk pasien dengan masalah penglihatan.

Untuk menjadi dokter mata, Anda harus menjalani pendidikan oftalmologi setelah terlebih dahulu mengambil pendidikan kedokteran.

Beberapa tanggung jawab dokter mata termasuk memberikan tes penglihatan dan tes lain untuk mendiagnosis penyakit pasien, dan memberikan perawatan yang tepat untuk masalah yang dialami.

Tapi berapa gaji bulanan dokter mata yang ada di rumah sakit atau yang membuka praktek sendiri? Sejak Anda membuka artikel berikut ini, sudah pasti Anda sedang atau akan memilih jalur karir di bidang kedokteran, khususnya spesialis mata.

B. Tunjangan Dokter Spesialis Mata

Perlu Anda ketahui terlebih dahulu penghasilan selain gaji yang akan Anda dapatkan jika bekerja sebagai Dokter Spesialis Mata, seperti:

  1. Asuransi Kesehatan
  2. Rencana pensiun dan jenjang karir yang jelas
  3. Pelatihan pengembangan diri
  4. Pengembangan karir bagi karyawan
  5. Dan fasilitas lainnya

C. Berapa Gaji Dokter Spesialis Mata?

Gaji seorang dokter mata bisa bergantung pada banyak hal, seperti pengalaman, sertifikasi, penempatan kerja di rumah sakit mana, hingga kemampuan dan keterampilan yang dimiliki.

Rata-rata gaji dokter sudah melebihi upah minimum regional dan upah minimum. Menurut sebuah situs di Indonesia, gaji dokter spesialis mata adalah Rp. 15.000.000 – Rp 25.000.000 per bulan.

Tentunya gaji ini akan berbanding lurus dari awal masuk, pertengahan karir hingga berpengalaman dan memiliki jam kerja juga.

Jam kerja dokter mata:

  1. Senin sampai Jumat
  2. Jam kerja 40 jam per minggu

Terkadang banyak juga dokter mata yang membuka praktek sendiri. Jadi selain mengikuti jadwal praktik di rumah sakit, dokter mata ini juga melakukan praktik lain seperti di rumah atau di klinik.

Tentu saja, mereka melakukannya di rumah diluar jam kerja di rumah sakit yang sudah terikat dengan pekerjaan tetap mereka. Jadi tentunya ada tambahan gaji dari hasil praktek rumah lainnya.

D. Tanggung Jawab dan Tugas Dokter Spesialis Mata

Sistem Gaji Dokter Spesialis Mata dan Tunjangan

Tugas dan tanggung jawab dokter mata secara umum adalah:

  1. Memeriksa kondisi mata pasien
  2. Mendiagnosis kondisi medis dari hasil tes analisis pemeriksaan mata
  3. Memberikan rekomendasi perawatan kesehatan mata bagi pasien
  4. Lakukan pembedahan jika diperlukan. Biasanya untuk pasien kornea, katarak atau operasi pengangkatan benda asing di mata.
  5. Perawatan mata rutin untuk pasien
  6. Perencanaan perawatan medis untuk pasien. Seperti memberi obat, memeriksakan mata kembali, menggunakan kacamata dan lain-lain
  7. Memberikan terapi untuk pengobatan khusus pasien penyakit mata.

C. Cara Menjadi Dokter Spesialis Mata

Banyak yang ingin menjadi dokter. Selain memiliki jenjang karir yang cukup baik dan juga karena gaji yang cukup besar dibandingkan dengan profesi lain.

Tak heran banyak juga yang mencoba memilih pendidikan kedokteran untuk menjadi dokter. Dan tentunya pendidikan kedokteran juga merupakan pendidikan yang membutuhkan biaya yang cukup tinggi dibandingkan dengan pendidikan lainnya.

1. Deskripsi Pekerjaan Dokter Mata:

  1. Melakukan konsultasi, memberikan saran & menentukan tindakan yang tepat bagi pasien penyakit mata
  2. Melaksanakan tindakan medis sesuai dengan keahlian dan kewenangannya

2. Persyaratan Dokter Mata:

  1. Bersertifikat Pendidikan Dokter Spesialis Mata
  2. Memiliki pengalaman dan sertifikat di bidangnya
  3. Memiliki STR yang valid
  4. Komunikatif dan berorientasi pelayanan kepada pasien
  5. Mampu bekerja dengan tim
  6. Pengetahuan bahasa asing

Baca juga: Sistem Gaji Indomaret dan Tunjangan

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai gaji dokter mata yang dapat kami berikan. Tentu saja, gaji di atas fleksibel karena banyak faktor yang berbeda. Namun, hal ini tetap bisa dijadikan patokan jika ingin mengetahui berapa gaji dokter mata.

Terima kasih telah membaca artikel kami tentang Sistem Gaji Dokter Spesialis Mata dan Tunjangan, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semoga sukses untuk Anda.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!