Gaji Dokter Gigi dan Tunjangan

Bagaimana Gaji Dokter Gigi dan Tunjangan? Gaji dokter gigi terkadang tidak sebanding dengan perjuangan untuk masuk perguruan tinggi dan menjadi dokter.

Sistem Gaji Dokter Gigi dan Tunjangan

Di internet sering dibahas mengenai pendapatan bulanan dokter gigi yang terkadang fluktuatif dan tidak seperti gaji dokter lainnya.

Tentunya banyak orang yang mengira bahwa kedokteran gigi merupakan profesi yang bisa menghasilkan pendapatan yang besar. Namun, banyak dokter mengatakan bahwa pendapatan mereka tidak bisa mencapai jumlah yang fantastis.

Tapi ini hanya pandangan sebagian orang. Kali ini kita akan membahas rata-rata gaji dokter gigi di Indonesia, baik di rumah sakit swasta, rumah sakit umum, puskesmas, klinik hingga yang membuka praktik mandiri.

A. Tentang Dokter Gigi

Tentu saja, kita harus pergi ke dokter gigi, bukan? Mereka memiliki tugas dan tanggung jawab atas kesehatan, pemeriksaan dan juga perawatan gigi dan mulut pasien yang datang.

Para dokter gigi spesialis di bidang ini seperti ortodontik, periodontik, dokter gigi anak dan lain-lain. Karena ini merupakan profesi pengabdian masyarakat, seorang dokter gigi juga dituntut untuk dapat memberikan pelayanan dan merawat pasien serta ditunjang dengan komunikasi yang baik.

Sebelum kita berbicara tentang gaji, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang informasi lainnya. Karena jika Anda sampai pada artikel ini maka ada kemungkinan Anda ingin mendalami profesi yang satu ini.

B. Tunjangan Dokter Gigi

Perlu Anda ketahui terlebih dahulu penghasilan selain gaji yang akan Anda dapatkan jika bekerja sebagai Dokter Gigi, seperti:

  1. Asuransi Kesehatan
  2. Rencana pensiun dan jenjang karir yang jelas
  3. Pelatihan pengembangan diri
  4. Pengembangan karir bagi karyawan
  5. Dan fasilitas lainnya

Semua tunjangan diatas hanya daftar umum sehingga setiap rumah sakit mempunyai tunjangan yang berbeda-beda.

C. Berapa Gaji Dokter Gigi?

Sistem Gaji Dokter Gigi dan Tunjangan

Berikutnya adalah pendapatan dokter gigi dari berbagai tempat. Tentu penghasilannya akan berbeda-beda tergantung tempat bekerja. Seperti di rumah sakit, klinik, puskesmas hingga mereka yang sudah menjadi PNS.

Berikut ini adalah pendapatan rata-rata bulanan seorang dokter gigi:

1. Gaji dokter gigi di rumah sakit swasta

Menurut data Kementerian Kesehatan, rata-rata gaji seorang dokter gigi per bulan bisa mencapai Rp. 12.000.000 per bulan. Untuk spesialis bisa mencapai Rp. 30.000.000 per bulan.

Biasanya pihak rumah sakit akan menerapkan gaji pokok + pelayanan kesehatan dan ada juga biaya kehadiran atau seat fee. Namun ada juga yang hanya mendapatkan uang duduk dan juga pelayanan kesehatan tanpa gaji pokok. Ini sesuai dengan ukuran rumah sakit.

2. Gaji dokter gigi di klinik

  1. Pendapatan klinik umum biasanya adalah kehadiran untuk bekerja. Sehari berkisar antara Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu tergantung ukuran klinik. Penghasilannya juga untuk sistem kerja 6 hari.
  2. Pendapatan Klinik BPJS Kesehatan tergantung pasien juga. Jika yang datang adalah pasien umum, dokter akan mendapatkan 40% dari cost sharing dan pihak klinik mendapatkan 60%.
  3. Jika yang datang adalah pasien BPJS kesehatan, pendapatannya biasanya Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu per pasien. Tentu saja biaya gaji absensi juga lebih kecil dari klinik biasa.

3. Gaji dokter gigi pegawai negeri sipil (PNS)

Sama seperti gaji PNS pada umumnya, besaran penghasilan dokter gigi juga tergantung pada pangkat, lama kerja dan golongan. Itu juga tergantung pada keahlian spesialis yang dimiliki dokter gigi.

4. Gaji Dokter Gigi Puskesmas

Gaji dokter gigi di pukesmas pada umumnya memiliki penghasilan sekitar Rp 3.000.000 hingga Rp 7.000.000.

5. Gaji Dokter Gigi Independen

Tergantung jumlah pasien yang datang dan sering buka jam praktek. Karena biasanya dokter gigi yang membuka praktek mandiri hanya bekerja untuk mengisi waktu luang selain bekerja di rumah sakit atau klinik lain.

Namun, pendapatan dokter gigi mandiri lebih tinggi karena hasilnya tidak dibagi dengan instansi lain. Menurut berbagai sumber dokter mandiri yang membuka jam praktek 3 hari seminggu selama 3 jam, besarnya Rp. 1.500.000 sampai Rp. 5.000.000

Besaran gaji tentunya akan lebih besar tergantung dari spesialisnya, jam pengalaman kerja hingga keahlian yang dimilikinya.

Gaji juga meningkat jika dokter membuka praktik kerja lain di rumah sakit atau klinik yang membutuhkan jasanya. Jadi masih belum terpatok pada satu sumber pendapatan saja.

D. Cara Menjadi Dokter Gigi

Ada 2 tahapan yang harus Anda lalui, yaitu pendidikan akademik dan profesional. Pendidikan akademik selama 8 semester atau 4 tahun dan pendidikan profesi selama 4 semester atau 2 tahun selama total 6 tahun.

Setelah itu, mereka juga harus mengikuti ujian kompetensi yang dilaksanakan secara nasional di bawah Kementerian Riset dan Teknologi dan pendidikan tinggi. Ini adalah ujian khusus untuk lulusan kedokteran gigi.

Untuk menjadi seorang dokter gigi adalah perjalanan panjang dari sekolah kedokteran lainnya. Karena setelah 6 tahun menempuh pendidikan, Anda juga harus melakukan magang selama 1 tahun.

Biasanya kegiatan intership ini dilakukan di puskesmas dan rumah sakit di daerah terpencil dalam rangka pemerataan sumber daya tenaga kerja di Indonesia. Belum lagi Anda juga harus menunggu giliran untuk penempatan magang ini.

Belum lagi biaya masuk fakultas kedokteran gigi yang cukup fantastis.

Biaya kuliah Rp 65-100 juta, biaya per semester Rp 7-15 juta tergantung universitas. Belum lagi pembelian alat kesehatan untuk keperluan perkuliahan praktikum yang peralatannya juga tidak murah.

E. Tugas dan Tanggung Jawab Dokter Gigi

Tugas dan tanggung jawab yang harus diemban oleh seorang dokter gigi. Diantaranya adalah:

  1. Melakukan pelayanan profesional sesuai SOP dan kebutuhan pasien
  2. Diagnosis, pengobatan dan perawatan gigi pasien
  3. Rujuk ke dokter gigi spesialis jika tidak dapat melakukan pemeriksaan pada kasus tertentu
  4. Mendahulukan kepentingan pasien
  5. Menjaga kerahasiaan data rekam medis pasien
  6. Berkolaborasi dengan dokter kesehatan lain
  7. Meningkatkan kesehatan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya
  8. Bertanggung jawab atas pelayanan kesehatan gigi pasien.

Baca juga: Sistem Gaji Dokter Spesialis Jantung dan Tunjangan

Kesimpulan

Itulah gaji dokter gigi yang bisa kami rangkum untuk anda semua. Jika Anda ingin bekerja sebagai dokter gigi atau spesialis, cobalah bekerja sama dengan berbagai klinik, puskesmas, dan rumah sakit. Hal ini untuk meningkatkan pendapatan yang akan Anda terima.

Terima kasih telah membaca artikel lengkap kami tentang Sistem Gaji Dokter Gigi dan Tunjangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan salam sejahtera untuk kita semua.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!