Pekerjaan, Gaji dan Tugas Koordinator Lapangan

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Koordinator Lapangan? Istilah koordinator lapangan pasti sudah tidak asing lagi dalam sebuah posisi.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Koordinator Lapangan

Karakter umumnya bertanggung jawab untuk semua kegiatan proyek atau semacamnya. Mulai dari pengawasan hingga pengorganisasian agar semuanya bisa berjalan dengan baik.

A. Pengertian Koordinator Lapangan

Dalam arti, koordinator adalah seseorang yang mengkoordinir suatu kegiatan dalam masalah ini, yaitu proyek tugas. Orang ini melakukan magang untuk memantau kemajuan proyek. Tidak hanya memantau, tetapi juga memastikan semuanya berjalan lancar.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa profesi ini memiliki kegiatan sebagai pengawas proyek di sekitarnya. Kehadirannya sangat penting untuk menyelesaikan tugas dengan lancar. Entah di sekitar pembangunan atau semacamnya.

Tugas koordinator lapangan adalah memastikan bahwa semua faktor ada dalam proyek dan bekerja sama sesuai dengan ide.

Jika sesuatu terjadi sesuatu pada pekerjaan, maka koordinator lapangan yang berikutnya bertanggung jawab. Bahkan dalam hal kinerja beberapa karyawannya.

Tugas Koordinator lapangan memang mempengaruhi keberhasilan proyek perusahaan.

B. Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Lapangan

Menjadi koordinator lapangan tentu tidak mudah. Ingatlah hal ini ketika pekerjaan yang dia lakukan sangat berat. Karena semua faktor yang ada di proyek, terutama di lapangan, menjadi tanggung jawab.

Berikut ini adalah pembahasan lebih rinci tentang tugas Koordinator lapangan.

  • Memantau tugas proyek.
  • Mengatur dan mengelola kebutuhan lapangan.
  • Berikan instruksi di lapangan
  • Membuat laporan kerja.
  • Pastikan semua tugas berjalan lancar.
  • Memberikan bimbingan dan saran kepada bawahan agar pelaksanaan pekerjaan berjalan dengan lancar.
  • Mengkoordinir hasil kerja secara berkala.
  • Mengetahui target job yang akan dicapai.
  • Bertanggung jawab atas penyelesaian tugas orang-orang di bawahnya dan tugas.

Berikut detail tanggung jawab dan tugas koordinator lapangan:

1. Melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap pelaksanaan pekerjaan

Tanggung jawab khusus koordinator lapangan adalah untuk mengawasi dan memberikan bimbingan saat pekerjaan sedang dilakukan di lokasi. Agar proyek berjalan sesuai dengan ide perusahaan, diperlukan pengawasan dan bimbingan.

Dalam hal ini seorang koordinator lapangan harus menguasai dan memahami secara detail pelaksanaan suatu proyek atau tugas di lapangan sehingga dapat memberikan arahan apabila ada yang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

2. Mengkoordinasikan hasil tugas

Sebagai koordinator lapangan, tugas koordinator lapangan adalah mengkoordinir semua pekerjaan yang telah dilakukan di lapangan. Untuk itu diperlukan komunikasi yang intensif antara koordinator dan staf lapangan serta antara koordinator dan manajemen.

Dapat berkomunikasi dengan baik dengan staf lapangan atau manajemen ketika ada transisi, penambahan, masalah dan berbagai detail lainnya terkait dengan proyek atau tugas yang sedang berjalan.

3. Memahami Tujuan tugas

Koordinator lapangan harus memahami dengan jelas tujuan tugas koordinator lapangan sehingga dapat menginstruksikan personel lapangan untuk bekerja sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Di sini memang perlu membuat jadwal dan bekerja sesuai agenda yang telah ditetapkan.

Jika tidak mengetahui tugas dari koordinator lapangan, akan menjadi sulit untuk menyelesaikan perkejaan dari perusahaan.

4. Bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas

Penyelesaian tugas pekerja lapangan menjadi tanggung jawab koordinator lapangan. Jadi jika ada kendala tugas di lapangan, koordinator lapangan bertanggung jawab atas tugas yang terhambat tersebut dan mencari jalan keluar agar tugas tersebut sesuai dengan tujuan.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Funding Officer

C. Gaji dan Tunjangan Koordinator Lapangan

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Koordinator Lapangan

Gaji koordinator lapangan sangat bervariasi. Itu karena itu semua tergantung pada perusahaan tempat Anda bekerja. Juga, Anda tidak dapat menyamakan antara proyek besar dan kecil. Karena gajinya pasti berbeda.

Tentu saja, dalam hal upah, Anda harus terlebih dahulu mengetahui perusahaan yang mempekerjakan mereka. Karena aturan menentukan besaran gaji dan tunjangan. Selain itu, umumnya ada tunjangan untuk jaminan keamanan.

Jika proyek dilakukan, itu juga melibatkan banyak risiko. Jika demikian, maka dapat dikatakan bahwa gaji yang ingin dicapai akan seimbang. Tapi kembali ke aturan perusahaan tentang seberapa besar rasio industri, karena itu sangat berpengaruh.

Baca juga: Rumus Excel Dasar untuk Pekerjaan Admin

D. Persyaratan dan Kualifikasi Koordinator Lapangan

Saat melakukan penerimaan karyawan, perusahaan tidak boleh sembarangan. Oleh karena itu, tidak ada kategorisasi khusus kecuali koordinator lapangan. Jika Anda tertarik, berikut beberapa persyaratan dan kualifikasinya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pendidikan yang diperlukan untuk posisi halaman biasanya SMA/SMK. Namun untuk lowongan pekerjaan tertentu, opsi klasifikasinya lebih tinggi, yaitu lulusan D3 hingga S1. Namun, pengalaman adalah kunci untuk membuka peluang.

2. Skill dan Kemampuan

Keterampilan dasar yang harus dimiliki karir ini adalah keterampilan komunikasi. Karena pekerjaannya mengharuskan dia untuk mengoordinasikan semua tim.

Selain itu, Korlap berkewajiban mempertanggungjawabkan pekerjaannya. Juga gigih dan disiplin dalam bekerja.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Karyawan Kantor

E. Tips Lolos Wawancara Sebagai Koordinator Lapangan

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Koordinator Lapangan

Sekalipun ia berada di luar kantor, Anda tidak dapat menghindari panggilan wawancara agar bisa menjadi koordinator lapangan. Karena ini merupakan aspek penting bagi perusahaan ketika menentukan pilihan mereka.

Berikut adalah beberapa pedoman untuk wawancara.

  • Nyatakan pengalaman Anda dengan jelas dan singkat.
  • Tunjukkan sikap disiplin dan profesional.
  • Temukan informasi tentang perusahaan.
  • Ketahui pekerjaan khusus karier ini.
  • Tidak boleh berbelit-belit
  • Ketahui industri tempat Anda bekerja.

Ini hanya ulasan tentang koordinator lapangan. Dimulai dengan pengertian, pekerjaan, gaji dan diakhiri dengan wawancara. Semoga informasi  kali ini dapat membantu anda dalam memahami pekerjaan atau kualifikasi koordinator lapangan.

Pada intinya, karir ini sama dengan karir lainnya. Karena setiap perusahaan ingin mengisi posisi ini dengan karakter yang sesuai.

Sekian artikel mengenai Pekerjaan, Gaji dan Tugas Koordinator Lapangan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!