Contoh Izin Datang Terlambat Lewat WhatsApp
Bagaimana Contoh Izin Datang Terlambat Lewat WhatsApp? Tepat waktu menjadi salah satu unsur yang utama dalam melakukan kegiatan apapun, terlebih dalam hal urusan pekerjaan.
Hal tersebut menunjukkan sikap professionalitas Anda dalam bekerja. Lalu bagaimana jika Anda sedang mengalami suatu kejadian yang mengharuskan Anda datang terlambat ke kantor?
Berikut simak tips dan contoh izin datang terlambat lewat whatsapp yang baik dan sopan.
Table of Contents
A. Tips Menulis Surat Izin Terlambat Melalui WhatsApp
1. Tuliskan Detail Situasi dan Kondisi yang Terjadi
Memberitahukan atau meminta izin tentang keterlambatan masuk kerja merupakan salah satu kewajiban dan tanggung jawab setiap masing-masing karyawan.
Namun hal itu bisa Anda lakukan dengan menulis surat izin tersebut melalui ponsel atau dengan WA (Whatsapp). Tuliskan dengan detail mengenai gambaran situasi dan kondisi yang sedang terjadi yang membuat Anda harus datang terlambat untuk bekerja.
Hindari kata-kata yang bertele-tele atau yang berlebihan. Misalnya memberikan gambaran situasi dimana Anda sedang mengalami permasalahan kendaraan, seperti ban kempes dan sebagainya saat menuju ke kantor atau tempat Anda bekerja. Dengan memberikan penjelasan situasi dan kondisi Anda, atasan akan tidak segan memberikan ijin kepada Anda.
2. Mintalah Maaf Atas Masalah yang Menyebabkan Anda Terlambat
Tips yang kedua yaitu, tuliskan pesan teks pada WA jika Anda bersungguh-sungguh merasa bersalah dengan meminta maaf atas masalah yang membuat Anda terlambat masuk kerja.
Sampaikan juga jika dengan permasalahan tersebut, Anda berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Karena jelas tindakan tersebut berpengaruh terhadap kinerja perusahaan dan mengganggu kenyamanan klien atau partner kerja lainnya.
3. Jelaskan dengan Singkat Penyebab Keterlambatan
Setelah meminta maaf dan bertanggung jawab atas masalah tersebut, tips selanjutnya ialah menjelaskan dengan singkat dan padat mengenai penyebab atau alasan Anda datang terlambat.
Lakukan hal tersebut dengan berbicara sejujurnya dan tanpa dibuat-buat. Bersikap jujur merupakan salah satu unsur utama dalam menjalin kepercayaan satu sama lain terlebih dalam hal pekerjaan.
4. Berikan Ungkapan Penyesalan dan Solusi dari Masalah
Setelah menjelaskan dengan detail dan singkat tentang penyebab keterlambatan, Anda bisa memberikan ungkapan penyesalan agar hal tersebut tidak terjadi kembali.
Kemudian berikan solusi dari masalah, misalnya dengan adanya keterlambatan masuk kerja tersebut yang berdampak pada pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu.
Sampaikan permintaan maaf pada atasan dan ungkapkan jika Anda akan segera menyelesaikan semua pekerjaan secepatnya.
5. Gunakan Bahasa yang Formal
Meski Anda menuliskan surat izin tersebut melalui WA (WhatsApp), tetap gunakanlah bahasa formal dan baku. Jangan menggunakan kalimat yang terlalu banyak singkatan dan hindari menggunakan bahasa gaul atau bahasa yang kurang formal.
Hal itu perlu Anda lakukan mengingat izin tersebut ditulis untuk atasan atau bos Anda . Karena sikap profesionalitas dalam bekerja juga sangat dilihat dari karakter Anda menulis surat izin tersebut.
6. Sertakan Bukti Foto dan Lokasi Terkini
Tips dan contoh izin datang terlambat lewat whatsapp berikutnya setelah Anda memberikan keterangan izin terlambat masuk kerja melalui WA, Anda juga bisa menyertakan bukti foto jika diperlukan.
Misalnya karena Anda mengalami kebocoran ban dalam perjalanan, maka Anda bisa menyertakan bukti foto dan juga lokasi terkini untuk memastikan dan meyakinkan kondisi Anda saat ini.
7. Kirim Permohonan Izin Melalui Dokumen
Pada beberapa perusahaan besar, pasti sudah memiliki form surat izin tentang keterlambatan masuk kerja dan form surat izin tidak masuk kerja.
Anda bisa mencoba mengisi form tersebut dengan lengkap dan bisa dikirim melalui WA dengan fitur pengiriman dokumen. Hal itu untuk mempermudah agar Anda tidak perlu repot mengetik menggunakan laptop atau komputer.
Karena Anda bisa langsung menulis atau mengisi form keterlambatan masuk kerja dengan menggunakan smartphone. Biasanya dari pihak HRD atau atasan Anda akan lebih menanggapi hal tersebut dan bisa memberikan izinnya atas profesionalisme Anda dalam bekerja.
Jadi, meski mengirim permohonan izin melalui WA diperbolehkan, tetaplah bersikap sopan karena hal tersebut sangat berkaitan dengan kinerja Anda ke depannya.
8. Hindari Menggunakan Voice Note
Permohonan izin terlambat masuk kerja maupun izin tidak masuk kerja sebaiknya diketik atau ditulis saja. Jangan menggunakan pesan suara (voice note) untuk meminta izin.
Dinilai jika cara tersebut dianggap tidak efektif dan dianggap sebagai sikap yang kurang pantas atau kurang professional. Karena surat permohonan izin tersebut bersifat resmi untuk rekapitulasi daftar hadir setiap karyawan.
9. Perhatikan Waktu Pengiriman Izin
Meski menjadi hal yang paling sepele, namun waktu perizinan juga bisa jadi dianggap sebagai hal yang penting. Karena hal ini juga berkaitan dengan etika berkomunikasi dengan atasan melalui WA atau sosial media. Jangan lakukan saat menjelang waktu malam atau pada waktu jam istirahat. Jangan pula mengirim surat ijin pada jam ibadah, dan sebaiknya dilakukan sebelum masuk jadwal absensi masuk kerja pagi.
B. Fungsi Menulis Surat Izin Keterlambatan Masuk Kerja
1. Tanda Jika Anda Taat Terhadap Peraturan
Meminta perizinan atau menulis surat izin melalui WA jika Anda sedang mengalami suatu masalah saat hendak berangkat bekerja, merupakan suatu keputusan yang tepat dan dianggap paham tentang aturan yang berlaku dalam perusahaan.
Karena setiap perusahaan tentu menerapkan sikap disiplin pada setiap karyawannya. Jadi, jika Anda mengajukan surat izin keterlambatan masuk kerja sama dengan patuh terhadap peraturan perusahaan.
2. Terhindar dari Adanya Anggapan Membolos
Hampir diseluruh perusahaan menerapkan aturan untuk absensi kedatangan setiap karyawannya. Tentu terdapat sanksi yang akan diterima jika membolos, idak izin, atau melanggar hal tersebut.
Dengan menuliskan surat izin keterlambatan masuk kerja maupunizin yang lainnya, Anda akan terhindar dari anggapan membolos dan terhindar dari berbagai sanksi.
Karena HRD akan mengecek seluruh karyawan saat jam masuk dan jam keluar kerja. Sanksi yang Anda dapatkan biasanya berupa tidak dapat jatah uang makan, penambahan tugas lembur, hingga pemotongan gaji.
Jadi, usahakan menulis pesan singkat yang sopan dan katakan yang sejujurnya tanpa unsur kebohongan agar Anda terhindar dari anggapan membolos.
3. Salah Satu Wujud Etika yang Baik dalam Bekerja
Menjunjung tinggi nilai etika dan kesopanan dalam bekerja, terutama berhati-hati dalam bertindak dan berucap. Sama halnya dengan meminta izin ketika Anda hendak masuk kerja terlambat karena sedang ada kepentingan atau suatu masalah lainnya.
Karena baik buruknya setiap perilaku akan menentukan kualitas diri Anda dan juga kinerja Anda, terlebih ketika sedang meminta perizinan.
Karena jika Anda melakukan perizinan dengan baik, maka pihak atasan, HRD, maupun devisi lain akan merasa lebih dihargai. Mereka akan mudah menilai karakter Anda dan cara menempatkan diri serta turut menjaga nama baik Anda.
Hal tersebut juga membantu kinerja Anda di kantor dengan mudah berbaur pada sesama karyawan dan lebih mudah dalam bekerja secara tim.
C. Contoh Izin Datang Terlambat lewat Whatsapp
1. Terlambat karena keperluan keluarga
2. Terlambat karena kendala diperjalanan
Baca juga: Contoh Izin Sakit Kerja Lewat Whatsapp
Nah, demikan adalah tips dan aturan yang boleh dan tidak boleh dilakuakan saat meminta izin masuk terlambat kerja melalui sosial media (WA).
Selain menulis surat izin keterlambatan masuk kerja melalui WA, hal itu dianggap sebagai suatu bentuk ketaatan peraturan karyawan terhadap perusahaan.
Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi cara mengirim surat izin melalui sosial media.