Keuntungan dan Kekurangan Kerja di Bank

Apa Keuntungan dan Kekurangan Kerja di Bank? Menjadi pegawai bank merupakan harapan hampir setiap orang. Pegawai bank tidak hanya menjadi teller, akan tetapi ada juga yang bertugas dalam menangani nasabah, menawarkan kartu kredit, hingga investasi.

Keuntungan dan Kekurangan Kerja di Bank

Sehingga perlu skil dan kriteria yang mumpuni bagi karyawannya. Selain itu juga terdapat kelebihan dan kekurangan kerja di bank. Untuk lebih lengkapnya simak berikut ini.

A. Tugas dan Tanggung Jawab Pegawai Bank

Seorang pegawai bank memiliki tugas dan tanggung jawab terutama dalam hal pengelolaan uang nasabah. Mulai dari penyimpanan dana, memberikan pinjaman, jasa dalam penukaran mata uang, bahkan mempunyai tanggung jawab dalam hal pelayanan investasi bagi nasabah yang membutuhkan.

Dalam dunia perbankan juga mempunyai tugas dalam melakukan pemasaran produk bank supaya semakin banyak nasabah yang mempercayakan uangnya untuk disimpan di bank.

Kemudian tugas lainnya adalah menganalisa mulai dari penerima pinjaman hingga kelayakan nasabah dalam pemberian kartu kredit. Selain di analisa, nasabah juga akan terus dipantau perihal pelunasan kredit.

B. Posisi dan Jenjang Karir dari Pegawai Bank

1. Teller

Pasti untuk posisi yang satu ini kamu sudah tidak asing lagi bukan?. Pekerjaan yang sangat erat kaitannya dengan nasabah yang pertama yaitu teller.

Dibalik Tugas utama bagi seorang teller yaitu memberikan pelayanan kepada nasabah dan juga calon nasabah yang tertarik untuk melakukan transaksi keuangan.

2. Customer Service

Posisi kedua yang paling sering kamu jumpai jika berkunjung di bank manapun adalah seorang customer service. Pekerjaan ini juga langsung bersinggungan dengan nasabah.

Kemudian untuk cakupan pelayanan dari CS ini cukup luas. Mulai dari melayani dalam pembukaan rekening dan posisi ini menjadi keuntungan dan kekurangan kerja di bank, karena banyak tekanan

3. Account Officer

Account Officer atau alam dunia perbankan biasa di sebut dengan mantri ini bertugas dalam memasarkan produk bank kepada nasabah.

Biasanya jasa atau produk yang ditawarkan mulai dari pinjaman kartu kredit, KPR, hingga pinjaman modal usaha. Selain itu seorang AO juga bertugas dalam menganalisis nasabah apakah kedepan bisa membayar kartu kredit atau tidak.

4. Staff Back Office

Selain pegawai yang bekerja di depan tau lapangan, ternyata terdapat staff yang bekerja di belakang layar yaitu Staff Back Office.

Biasanya tugas yang diemban seorang BO adalah mengurusi perihal administratif. Staff yang satu ini memiliki banyak posisi mulai dari kliring, posisi administrasi dalam hal pinjaman, bagian sumber daya manusia, logistik, hingga petugas IT.

5. Funding Officer

Salah satu tugas yang cukup seru dalam dunia perbankan yaitu tugas dari Funding Officer. Jika tertarik untuk bekerja dalam bagian ini, kamu akan ditugaskan untuk mengumpulkan dana sebesar-besarnya dan juga sebanyak-banyaknya.

Dimana dana yang terkumpul nanti akan di putar oleh pihak bank untuk disalurkan sebagai kredit  kepada nasabah yang membutuhkan.

6. Salas Officer

Dalam dunia bisnis maupun bank, pasti posisi sales sangat dibutuhkan. Seorang sales officer ini erat kaitannya dengan keberhasilan dalam penjualan produk dari bank.

Produk yang ditawarkan mulai dari kartu kredit, mikro kredit dan juga KPR. Sehingga untuk menggaet nasabah dalam jumlah besar maka diperlukan kemampuan komunikasi yang bagus.

6. Auditor

Auditor memiliki tugas untuk memastikan apakah pekerjaan seluruh karyawan sesuai dengan prosedur atau tidak. Karena apabila terdapat pekerjaan yang tidak sesuai, maka seorang audit akan memasukkan data sebagai temuan. Dimana temuan ini nantinya akan diajukan kepada pimpinan untuk pertimbangan rekomendasi.

C. Keuntungan menjadi Pegawai Bank

1. Mempunyai Jam Kerja yang Cenderung Teratur

Jika kamu suka dengan pekerjaan yang memiliki jam operasional yang relatif fixed, maka pegawai bank menjadi salah satu alternatif pekerjaan yang dapat di coba.

Biasanya banker memiliki jam kerja yang cukup padat dan disesuaikan dengan jam buka pelayanan kepada masyarakat. Yaitu kurang lebih jam 8 pagi hingga sekitar jam 4 sore. Dan dalam beberapa kesempatan ada jam lembur.

2. Jenjang Karir yang Menjanjikan

Keuntungan kedua yaitu jenjang karir yang menjanjikan membuat banyak masyarakat ingin bekerja sebagai banker. Bahkan dalam waktu yang cukup singkat dan performa bagus, kamu pasti akan menduduki jabatan yang tinggi.

Ditambah jika kamu masuk lewat jalur ODP maka karirmu di masa depan akan semakin menjanjikan.

3. Gaji yang Sangat Menarik

Dengan cash flow perusahaan yang bagus, maka pihak bank akan memberikan gaji yang sangat menarik bagi pegawainya. Bahkan pada masa pandemi pun, pihak bank masih memberikan bonus kepada karyawan yang menetap.

Biasanya untuk level fresh graduate gaji yang bisa kamu kantongi sekitar 5 hingga 8 juta. Sedangkan sekelas manager sekitar 50 juta per bulan.

4. Beragam Tunjangan

Selain memiliki gaji pokok, seorang banker juga ditawari dengan tunjangan yang cukup fantastis. Biasanya setiap perusahaan akan memberikan tunjangan yang berbeda-beda tergantung manajemen.

akan tetapi jika kamu menjadi staff bank akan mendapat tunjangan seperti pengajuan KPR yang lebih mudah, BPJS Kesehatan, dana pensiun, hingga bonus tahunan.

5. Koneksi Semakin Luas

Menjadi pegawai bank juga menjemain kamu memiliki banyak koneksi. Hal ini dikarenakan nasabah yang ditangani dari berbagai latar belakang.

Sehingga koneksi ini mampu dimanfaatkan untuk hal positif. Misalnya kerja sama dalam dunia bisnis. Akan tetapi tidak mengganggu profesionalisme. Sehingga disatu sisi ini menjadi Keuntungan dan kekurangan kerja di bank

D. Kekurangan Kerja di Bank

Keuntungan dan Kekurangan Kerja di Bank

1. Persaingan Ketat

Menjadi pegawai bank dituntut memiliki kepribadian yang baik serta pemikiran yang cerdas. Apalagi jika melihat banyaknya masyarakat yang tergiur untuk bekerja di bank menyebabkan persaingan yang cukup ketat.

Belum lagi kedepan adanya persaingan dalam bidang kepandaian, kemampuan komunikasi, hingga dalam hal yang lainnya.

2. Risiko Tombok Jika Terjadi Kesalahan dalam perhitungan.

Jika dalam menjalankan tugas kamu melakukan kesalahan dalam perhitungan uang, maka resiko yang didapatkan adalah dengan mengganti dana tersebut.

Biasanya kesalahan ini dipacu karena kamu yang kurang fit sehingga terjadilah human error. Kesalahan yang paling umum yaitu dalam hal input data 0. Biasanya kekurangan atau kelebihan 0 dapat menjadi masalah fatal.

3. Tuntutan Kerja Tinggi

Bekerja di bank menuntut kamu dalam banyak hal. Mulai dari waktu, skil dan juga sikap yang ramah. Bahkan dalam kesempatan lain tidak memberikan senyum dan tidak ramah, kamu akan mendapatkan sanksi dari atasan.

Kamu juga dituntut untuk tidak ceroboh, terutama dalam menginput data, karena kesalahan sedikit dalam kegiatan tersebut dapat berakibat fatal.

4. Stress Kerja Meningkat

Selain itu walaupun memiliki gaji tinggi akan tetapi banker juga memiliki banyak tuntutan dang berdampak pada stress kerja yang kian meningkat.

Stres kerja tersebut biasanya bersumber dari atasan yang menuntut banyak hal di tambah dengan pola kerja yan dorong untuk bergerak cepat.

Berikut adalah beberapa hal yang berkaitan dengan dunia perbankan yang wajib kamu tahu. Sebelum melamar kerja, diharapkan kamu mempertimbangkan segalanya secara matang.

Baik dalam kelebihan maupun kekuranganny. Kamu juga harus memperhatikan iklem tempat kerja yang ingin kamu lamar, supaya tidak mengalami culture shock.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!