Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Medical Representative

Bagaimana Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Medical Representative? Pekerjaan satu ini memang masih belum banyak yang mengetahui. Padahal pekerjaan ini cukup penting dalam dunia kesehatan.

Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Medical Representative

Pasalnya, seorang prescriber atau dokter mendapatkan informasi terkait obat-obatan melalui seorang medical representative. Untuk itu, yuk simak pembahasan terkait pekerjaan, gaji, dan tugas medical representative

A. Deskripsi Pekerjaan Medical Representative

Medical representative merupakan duta atau perwakilan perusahaan sebagai orang yang dipercaya untuk mempromosikan produk secara profesional, terpercaya dan jujur.

Perwakilan medis harus dapat menjelaskan secara terperinci terkait produk yang ditawarkan kepada pelanggan pada saat melakukan tugasnya.

Perwakilan farmasi dibutuhkan oleh perusahaan farmasi sebagai perantara yang memperkenalkan produk agar dikenal oleh para dokter dan pemberi resep.

Produk yang ditawarkan adalah produk resep saja dan harus dikonsumsi oleh pasien. Produk-produk ini biasanya memiliki kamu khusu titik merah yang artinya tidak dijual bebas dan memerlukan resep dokter

Saat ini Indonesia memiliki banyak perusahaan dibidang farmasi. Dalam suatu perusahaan biasanya akan membutuhkan sekitar 200 medical representative.

Untuk itu, pastinya akan sangat besar sekali peluang untuk bisa menempati posisi jabatan ini. Semakin banyaknya populasi penduduk, prescriber, dan dokter maka akan semakin tinggi pula kebutuhan medical representative

Tantangan utama dari pekerjaan ini yaitu perlu meyakinkan dokter untuk memilih obat yang ditawarkan dibandingkan menggunakan obat biasanya.

MedReps membutuhkan penguasaan istilah medis yang besar, efek samping, fungsi, dan biayanya. MedReps harus bisa memberikan pemahaman yang baik kepada pelanggan terkait obat-obatan dan perlengkapannya.

Selain itu, siapapun yang ingin berada dalam pekerjaan ini harus mampu meningkatkan kesadaran produk kepada pelanggan dan memahami serta memantau perkembangan para kompetitor di industri medis.

Posisi pekerjaan ini dianggap sebagai komponen penting yang ada di garis depan perusahaan farmasi

B. Tugas Medical Representative

1. Promosi dan Edukasi Pelanggan

MedReps perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Perwakilan medis harus dapat memberitahu pelanggan dengan benar tentang produk yang dijual.

Misalnya, ketika mencoba mengkomunikasikan adanya efek samping obat dan membandingkan produk pesaing, jangan mengabaikan dan membesar-besarkan produk pesaing.

Selain jangan sampai mengunggulkan produk pesaing, kamu juga perlu menata bahasa penyampaian agar tidak terkesan menjatuhkan produk pesaing juga.

Dokter akan sangat menghargai keterampilan komunikasi yang sangat baik berdasarkan sikap profesional dan perolehan pengetahuan produk.

2. Kunjungan Rutin

Salah satu perwakilan medis meja kerja bertanggung jawab atas kunjungan rutin ke dokter  atau klinik. Untuk mencapai tujuan ini, MedReps biasanya melakukan pekerjaan sehari-hari dalam bentuk panggilan penjualan, kunjungan dokter atau klinik. MedReps perlu memiliki pengetahuan produk yang kamul dan melacak perkembangan industri medis dan farmasi.

Jadwal dan jumlah kunjungan MedReps akan bervariasi menurut perusahaan farmasi. Terdapat perusahaan yang butuh 10 dokter dalam sehari, jadi kamu harus menemui 60 dokter dalam waktu seminggu.

Dengan rutin melakukan kunjungan, hal tersebut akan membuat dokter ingat dengan produk yang dipromosikan dan memasukkannya dalam peresepan

3. Melayani dan Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Salah satu penentu keberhasilan perwakilan medis adalah kemampuan untuk mengembangkan dan memelihara hubungan pelanggan jangka panjang yang baik.

Hubungan yang baik ini memudahkan untuk menghasilkan penjualan dan membuatnya lebih dapat dikumpulkan pada saat-saat kritis, seperti sebelum akhir penjualan.

4. Membuat Laporan Teratur

Perwakilan farmasi juga harus secara teratur melaporkan rencana, hasil, dan evaluasi yang berkaitan dengan kunjungan. Selain itu juga melaporkan hasil pengamatan aktivitas pesaing, dan penjualan yang dicapai kepada manajer.

Biasanya, MedReps merangkum penjualan di akhir bulan dengan beracuan pada data penjualan yang diberikan oleh distributor di setiap titik penjualan

5. Mengelola Area Kerja secara Profesional

Setiap perwakilan medis memiliki wilayah kerjanya sendiri. Pembagian ruang kerja ini ditentukan oleh manajer divisi. Semua ruang kerja memiliki potensi penjualan yang berbeda.

Oleh karena itu, tujuan dari setiap medical representative memiliki value yang berbeda dan disesuaikan dengan potensi daerah masing-masing.

Pembatasan ruang kerja ini dilakukan untuk mencegah proses pemasaran/iklan bertabrakan dengan domain MedReps lain dan juga dapat digunakan sebagai ukuran keberhasilan pekerjaan.

Job Desk Perwakilan medis mengelola area kerja untuk menghasilkan penjualan yang baik untuk mencapai atau melampaui tujuan.

Maksud mengelola area disini juga diartikan bahwa kamu harus benar-benar memahami segala sesuatu tentang lokasi atau area yang menjadi bagian.

Tidak hanya mengetahui tentang lokasi tempat kesehatan seperti klinik, apotek, dan rumah sakit saja, tetapi juga perlu memahami jadwal dan waktu yang tepat untuk melakukan kunjungan yang sesuai dengan aturan berlaku

6. Survey Klinik dan Apotek

Tugas lainnya yang harus dikerjakan oleh seorang medical representative yaitu melakukan pemeriksaan ke beberapa apotek. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah produk dari perusahaan sudah tersedia pada apotek yang di cek.

Selain itu, medical representative wajib mencari keterangan terkait pola peresepan dokter terhadap produk sendiri juga kompetitor.

Dengan melakukan pemeriksaan terhadap beberapa apotek, seorang medical representative akan tau pola peresepan yang diberikan dokter.

Dengan melihat pola peresepan, kamu dapat memastikan apakah penulisan resep sudah sesuai dengan dosis yang seharusnya diberikan atau dokter menggunakan jenis pengobatan terapi lainnya

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Masinis

C. Jenjang Karir Medical Representative

Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Medical Representative

Setiap perusahaan farmasi memiliki jenjang karir yang berbeda dan nama jabatan/jabatan. Dari bawah, sebagai perwakilan medis.

Seorang perwakilan medis dapat dipromosikan menjadi medical representative senior jika ia mampu melakukan dengan baik. Langkah selanjutnya menjadi ketua tim/koordinator MR/supervisor.

Jika dapat mempertahankan prestasi kerjanya sambil berkembang menjadi Manajer Penjualan Daerah / Manajer Area / Manajer Penjualan Lapangan.

Sebagai manajer area , Kamu sudah bertanggung jawab atas area yang luas. Ini dapat dilakukan di tingkat negara bagian atau di beberapa negara bagian.

Kamu juga kemungkinan besar akan dipromosikan menjadi Manajer Penjualan Regional dan kemudian menjadi Manajer Penjualan Nasional.

Pekerjaan ini sangat membutuhkan seseorang yang memiliki pemikiran inovatif, mandiri, dan percaya diri. Jika Kamu salah satunya, karir di Indonesia ini sangat menjanjikan.

D. Syarat Menjadi Medical Representative

Untuk menempati jabatan ini, perusahan biasanya menentukan beberapa kriteria yang harus dipenuhi diantaranya merupakan lulusan D3 atau S1 di semua jurusan.

Namun, bagi kamu yang memiliki latar belakang pendidikan farmasi akan memiliki peluang yang lebih besar. Usia maksimal untuk bisa menjadi medical representative adalah 30 tahun.

Selain itu, kamu juga harus siap diletakkan di berbagai wilayah di Indonesia. Kemampuan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan selama proses bekerja. Kamu juga perlu menyiapkan Sim C, karena akan diberikan kendaran operasional.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji Dan Tugas Voice Over Talent

E. Gaji Medical Representative

Dengan segala tugas yang dikerjakan, pekerjaan ini memiliki penghasilan dengan kisaran Rp 2 juta sampai dengan Rp 4,5 juta tiap bulannya.

Pada setiap perusahan farmasi pastinya memiliki definisi pekerjaan, gaji, dan tugas medical representative yang berbeda-beda. Untuk itu, range pendapatan diatas tidak bisa dijadikan sebuah patokan yang pasti.

Jika kamu tertarik dengan pekerjaan ini, kamu perlu terus meningkatkan kemampuan dan kompetensi yang dibutuhkan. Kemampuan komunikasi menjadi salah satu hal terpenting yang harus benar-benar dikuasai.

Selain itu, siapkan juga cv dan surat lamaran terbaik kamu. Teruslah mencari tahu perkembangan tentang kebutuhan pekerjaan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!