Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Human Capital Management

Bagaimana Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Human Capital Management? Mungkin selama ini kamu sudah paham mengenai human resource dalam dunia kerja. Namun bagaimana dengan human capital?

Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Human Capital Management

Kedua hal tersebut masih ambigu dalam hal mengartikannya. Profesi ini juga memiliki gaji serta tugas yang cukup berbeda dengan HR. Ingin tahu lebih lengkapnya? Yuk simak penjelasan berikut!

A. Pengertian Human Capital Management

Berbicara terkait human capital management, maka kamu harus tahu terlebih dahulu pengertiannya. Untuk yang paling dasar HCM ini memiliki arti sekelompok orang yang melakukan sebuah pekerjaan, dan dimana individu tersebut akan bekerja untuk perusahaan atau organisasi sesuai dengan dengan posisinya.

Human capital juga bisa diartikan dengan departemen yang mengelola manusia sebagai suatu modal yang berharga di perusahaan.

Dimana nilai yang ada dalam dirinya mampu memberikan keuntungan bagi organisasi atau perusahaan. Dalam perspektif tersebut HCM akan merekrut, melatih, dan gaji karyawan, sehingga perusahaan harus mendapatkan timbal balik yang sepadan.

B. Fungsi Human Capital Management

HCM juga merancang suatu strategi yang sangat baik dalam membangun engagement, menurunkan turnover, dan juga meningkatkan loyalitas.

Selain itu profesi ini juga sangat berfungsi untuk mendorong seluruh staf untuk terus tumbuh menjadi lebih baik dan pastinya juga mengembangkan skill yang dimilikinya dengan berbagai fasilitas yang diberikan.

C. Gaji Human Capital Management

Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Human Capital Management

Jika kamu tertarik untuk bekerja di ranah human capital management, maka taksiran gaji yang kan kamu peroleh kurang lebih sebesar 10 juta rupiah.

Sedangkan jika kamu terjun ke dalam staf keuangannya, maka rata-rata gaji yang bakal di dapatkan kurang lebih 11 juta rupiah.

Gaji tersebut 141% lebih besar daripada rata-rata nasional. Info gaji tersebut diperoleh dari 2 point data yang berasal dari karyawan dan juga berbagai data dari lowongan kerja yang ditampilkan dalam range 36 bulan terakhir. Namun semuanya juga akan tergantung dengan pihak perusahaan, jenis dan juga jenjang karir yang dimiliki karyawan.

Biasanya untuk perusahaan negeri akan lebih menghasilkan gaji yang lebih tinggi daripada swasta. Namun biasanya pemberian gaji tergantung pada rentang upah minimum regional dari wilayah perusahaan atau organisasi itu berdiri. Jadi antara gaji human capital dalam satu perusahaan dengan perusahaan lain akan berbeda.

Selain itu juga dilihat dari jenjang karir. Dimana terkadang antara lulusan S1 dan S2, banyaknya pengalaman, dan juga posisi staf satu dengan lainnya akan mempengaruhi gaji yang diberikan. Hal tersebut biasanya tergantung kebijakan dari pihak organisasi atau perusahaan terkait, dan hasil diskusi dengan para pegawainya.

D. Tugas Human Capital Management

1. Melakukan Rekrutmen Karyawan

Tugas pertama ialah melakukan proses rekrutmen kepada karyawan. Proses perekrutan tersebut di mulai dari pemasangan iklan lowongan pada job portal yang sudah banyak disediakan.

Selanjutnya melakukan review kepada kandidat yang sesuai dengan kriteria yang diberikan.

Tahap selanjutnya kamu perlu untuk melakukan panggilan interview, biasanya dilakukan secara online baik menggunakan telepon atau WhatsApp.

Jika sudah, langkah berikutnya adalah melakukan tes tulis dan wawancara. Hingga yang terakhir melakukan negosiasi gaji dan juga tanda tangan kontrak kerja.

Jika karyawan tersebut sudah selesai masa kontrak kerja, masuk usia pensiun, ataupun karena adanya alasan pengurangan karyawan, biasanya human capital juga akan ikut terlibat dalam proses mengatasi masalah tersebut.

Kasus lain yang lebih ekstrim seperti PHK, juga menjadi salah satu job description dari HCM.

2. Memberikan Deskripsi Tugas dalam Suatu Struktur Organisasi

Pekerjaan, gaji, dan tugas human capital management kedua setelah melakukan proses rekrutmen, profesi tersebut juga akan menentukan deskripsi tugas kepada masing-masing karyawan baru dalam suatu sistem organisasi yang sudah ditentukan.

Dengan memberikan deskripsi tugas ini, diharapkan staff mampu bekerja secara maksimal sesuai dengan bidang yang diambil.

3. Training dan Mempertahankan Karyawan

Tugas dari human Capital selanjutnya adalah memberikan training yang memadai kepada karyawan guna meningkatkan kinerja yang lebih baik.

Dengan hal tersebut memungkinkan untuk mengasah keterampilan serta mempunyai kemampuan baru hingga dapat tumbuh dan berkembang dalam karirnya.

Setelah melakukan training, HCM akan mempertahankan karyawannya dengan mendorong untuk menggunakan keterampilan serta pengetahuan perusahaan.

Tidak jarang salah satu upaya yang dilakukan untuk mempertahankan karyawan yaitu dengan memberikan reward berupa pujian atau insentif atas kinerja yang diberikan. Karena dengan hal tersebut membuatnya terkesan dihargai.

4. Mengukur Beban Kerja

Ada saatnya dalam perjalanan sebuah lingkup perusahaan atau organisasi akan mengalami pasang surut. Apabila perusahaan atau organisasi sudah masuk dalam tahap yang semakin berkembang, serta pekerjaan semakin banyak, maka tugas dari profesi keren ini adalah menentukan apakah melakukan rekrutmen kedua atau membuat kebijakan overtime pada masing-masing karyawan.

5. Melakukan Validasi Data

Tugas dari seorang human capital selanjutnya yang wajib untuk kamu ketahui adalah melakukan berbagai macam validitas data.

Kamu perlu untuk mengecek kembali apakah data yang diterima sudah benar dan sesuai atau belum dengan fakta di lapangan, itu dilakukan guna menghindari kesalahan.

Berbagai macam data yang biasanya akan di validasi oleh HCM adalah jaminan sosial kepada setiap karyawan, permohonan cuti, form gaji pegawai dan masih banyak lagi.

Umumnya data tersebut akan di cek dan di simpan untuk diarsipkan. Lalu jika suatu saat dibutuhkan lagi, maka data itu akan diambil dan dipelajari kembali.

6. Menghitung Penyusutan Perlengkapan serta Peralatan dari Kerja Karyawan

Dalam sebuah perusahaan pasti pada dasarnya setiap staff memiliki berbagai macam peralatan dan juga perlengkapan kerja.

Kedua hal tersebut seiring dengan bertambahnya waktu bakal mengalami akumulasi penyusutan setiap tahunnya. Maka dari itu orang yang bertanggung jawab untuk menangani tugas ini adalah human capital management.

7. Mengurusi Gaji Karyawan

Tugas selanjutnya yang harus dilakukan oleh seorang HC adalah mengurus gaji karyawan. Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, pasti di dalamnya terdapat berbagai staf yang cukup banyak.

Selain itu tugas, tanggung jawab, serta beban kerja yang diberikan juga beraneka ragam.

Dalam kaitannya dengan hal tersebut, maka profesi human capital management bakal bertanggung jawab untuk mengatasi masalah itu.

Untuk memudahkan proses penggajian karyawan dan staff yang cukup banyak, mulai dari puluhan hingga ribuan, maka kamu disarankan untuk menggunakan software payroll untuk meminimalisir adanya kesalahan dalam input data.

Software payroll merupakan bagian dari pekerjaan, gaji, dan tugas human capital management. Dimana software tersebut mampu memudahkan dalam melakukan pengiriman gaji.

Hal yang perlu diperhatikan jika kamu menggunakan software ini adalah mengetahui hak dasar apa saja yang harus diterima oleh karyawan, misalnya gaji, bonus, insentif, dan BPJS.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas HRD

Kesimpulan

Itulah beberapa hal mengenai human capital management. Mulai dari definisi, gaji yang diberikan, dan juga tugasnya. Setelah mengetahui hal tersebut, diharapkan bisa menjadi salah satu acuan dan pertimbangan jika kamu ingin berkarir di bidangnya.

Jangan lupa sebelum melamar pekerjaan di bidang ini, kamu harus konsultasi dengan orang yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam bidang HCM.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!