Gaji PT PAL Indonesia dan Tunjangan

Berapa Gaji PT PAL Indonesia dan Tunjangan? Sebagai perusahaan besar, PT PAL Indonesia tentunya sangat mensejahterakan para pekerjanya dengan memberikan banyak benefit dan bonus.

Gaji PT PAL Indonesia dan Tunjangan

Gaji karyawan PT PAL Surabaya bisa dikatakan besar dan melebihi UMR Surabaya, sehingga perusahaan ini menjadi salah satu yang diinginkan banyak orang.

PT PAL Surabaya atau PT PAL Indonesia adalah sebuah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang pelayaran. Banyak kapal telah diproduksi oleh PT PAL, terutama untuk kebutuhan militer dan komersial.

Lalu berapa gaji PT PAL Surabaya? Banyak orang bertanya-tanya berapa gaji di perusahaan tersebut.

Tapi kami hanya bisa mengambil rata-rata kebanyakan orang yang pernah bekerja di sana, meski begitu keakuratan data yang kami miliki mendekati kebenaran.

A. Tentang PT PAL Indonesia

PT PAL merupakan salah satu BUMN yang menangani galangan kapal terbesar di Indonesia. Anda bisa menemukan perusahaan ini di daerah Surabaya dimana proses fabrikasi kapal untuk keperluan militer dan lain sebagainya tersedia disana.

Perusahaan ini memiliki keunggulan bisnis dalam kemampuan pembuatan kapal dan desain kapal.

Perusahaan ini juga diawasi langsung oleh pemerintah termasuk berbagai kegiatannya karena merupakan BUMN. Kegiatan yang dilakukan di sana adalah rancang bangun kapal perang dan kapal niaga, pembangunan dan perawatan kapal, perbaikan, dan Overhaul atau MRO kapal selam, kapal perang, kapal niaga, dan berbagai produk maritim.

Tidak hanya soal gaji, Anda juga harus mengetahui asal-usul perusahaan Persero ini. Perusahaan ini dirintis sejak berdirinya Marine Establishment atau ME yang diresmikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1939.

Setelah Indonesia mengalami kemerdekaan, pemerintah Indonesia kemudian menasionalisasikan perusahaan ini dan berganti nama menjadi Penataran Laut (PAL).

Wajar jika gaji PT PAL Surabaya cukup tinggi karena perjalanan yang cukup panjang dan aktivitas yang dijalankan cukup besar.

Pada tanggal 15 April 1980, sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 4 tahun 1980, status perseroan berubah menjadi perseroan terbatas, semula perseroan terbuka.

Sejak 1985 hingga 2019 perusahaan ini telah memproduksi 232 unit kapal. 86 unit di antaranya merupakan kapal perang yang sering dibutuhkan untuk kebutuhan militer.

Selain itu, perusahaan ini telah mengekspor 45 unit kapal, baik kapal perang maupun kapal niaga.

Dari tahun 1988 hingga 2019, perusahaan juga telah memproduksi 282 produk energi dan elektrifikasi seperti pembangkit listrik Barge Mounted, platform Wellhead dan lainnya.

Biaya produksi untuk produk sebanyak itu tentu tidak sedikit. Hal ini otomatis mempengaruhi gaji PT PAL Surabaya untuk dapat menghasilkan produk yang banyak.

Produk PT PAL Surabaya

PT PAL Surabaya atau PT PAL Indonesia telah menghasilkan banyak produk terkait kelautan seperti kapal, kapal selam, mesin kapal, dan sebagainya. Sebagian besar perusahaan ini memproduksi kapal untuk militer dan perdagangan.

Berikut ini adalah contoh jenis produk yang dihasilkan oleh PT PAL Indonesia:

1. Naval Shipbuilding

PT PAL Indonesia (Persero) terus mengembangkan banyak produk untuk dijual di dalam dan luar negeri, terutama untuk kapal perang dan kapal dagang.

Diantaranya Kementerian Pertahanan, Kepolisian Republik Indonesia, Kementerian Kelautan & Perikanan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Riset/BPPT, Kementerian Keuangan/Direktorat Jenderal Bea & Cukai serta Otonomi Daerah dan swasta, maupun pesanan luar negeri.

Berikut kapal perang yang telah diproduksi oleh PT PAL Indonesia:

  • Kapal FPB 28 M
  • Kapal FPB 38 M Aluminium
  • Kapal FPB 57 M
  • Kapal Kapal Cepat Rudal 60 M
  • Kapal Landing Platform Dock 125 M
  • Kapal Strategic Sealift Vessel 123 M
  • Kapal Landing Platform Dock 124 M
  • Kapal Bantu Rumah Sakit
  • Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR) 105 M
  • Kapal Selam Nagapasa Class 1500 Ton

2. Merchant Shipbuilding

PT PAL Indonesia ahli dalam pembuatan kapal untuk perdagangan. Kapal-kapal buatan PT PAL ini tentunya sangat berkualitas dengan banyaknya fasilitas yang disediakan.

Selain itu, setiap tahun PT PAL melakukan pembaruan teknologi pada kapal yang mereka bangun untuk mengikuti perkembangan zaman.

Contoh produk unggulan kapal niaga PT PAL Indonesia :

  • Bulk Carrier (Bulker) sampai 50.000 DWT
  • Kapal kontainer sampai 1.600 TEUS,
  • Tanker sampai 30.000 DWT,
  • Kapal AHTS sampai 5.400 BHP,
  • Kapal penangkap ikan 150 GT,
  • Kapal penumpang sampai 500 PAX.

3. Rekayasa Umum: Power Plant

PT PAL Indonesia (Persero) memiliki kekuatan untuk menghasilkan produk percobaan umum, misalnya: Pembuatan turbin uap hingga 600 Megawatt, modul Kompresor 40 Megawatt, Pembangkit Listrik Barge Mounted 30 Megawatt, Bejana tekan, pendingin dan generator, rangka stator hingga 600 Megawatt.

4. Rekayasa Umum: Offshore

PT PAL Indonesia (Persero) memiliki keterampilan untuk memproduksi komponen untuk industri pembangkit listrik, seperti boiler dan balance plant.

5. KRI

PT PAL Indonesia (Persero) telah melaksanakan peran Pemeliharaan dan Pembaharuan KRI TNI AL. Seksi ini telah melakukan perawatan berkala hingga overhaul untuk semua jenis kapal Angkatan Laut, Kapal Permukaan dan Kapal Selam.

6. NON KRI

PT PAL Indonesia (Persero) sebagai Home Doctor Service bagi beberapa perusahaan pelayaran lokal maupun Off Shore untuk mendukung armadanya dengan pelayanan terbaik.

Dengan tenaga kerja yang ahli, terampil dan efektif, dikombinasikan dengan tenaga kerja yang efektif dan teknologi perawatan yang sangat baik, memberikan pelanggan setia kami keuntungan dari harga yang kompetitif dan waktu penyelesaian dengan kualitas terbaik.

Sebenarnya masih banyak jenis produk yang dihasilkan oleh PT PAL Indonesia. Namun admin hanya menyebutkan beberapa saja, untuk lebih jelasnya anda bisa mengunjungi website resminya disini.

Baca juga: Gaji Bank OCBC NISP dan Tunjangan

B. Tunjangan PT PAL Indonesia

Selain mendapatkan gaji, karyawan di PT PAL Indonesia juga mendapatkan tunjangan, bonus dan fasilitas lainnya. Berikut ini adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika bergabung dengan perusahaan ini. Diantara yang lain:

  1. THR
  2. Tunjangan bonus tahunan
  3. Tunjangan BPJS/Ketenagakerjaan
  4. Cuti
  5. Bonus
  6. Investaris

Baca juga: Gaji PT PKSS dan Tunjangan

C. Berapa Gaji PT PAL Indonesia?

Gaji PT PAL Indonesia dan Tunjangan

Berikut daftar gaji karyawan diseluruh jabatannya.

No.PosisiGaji Perbulan
1Adminstrasi / Pelayanan PelangganRp. 3Jt – 5 Jt/ Bulan
2Asisten Manager UtamaRp. 12,5Jt/Bulan
3Assistant ManagerRp. 3Jt – 5 Jt/ Bulan
4Direktorat KeuanganRp. 10Jt/Bulan
5Direktorat Pembangunan KapalRp. 10Jt/Bulan
6Direktorat Rekayasa Umum dan HarkanRp. 10Jt/Bulan
7Direktorat SDM dan UmumRp. 10Jt/Bulan
8Divisi Perencanaan Strategis PerusahaanRp. 12,5Jt/Bulan
9Divisi-divisiRp. 7Jt/Bulan
10Human ResourcesRp. 12Jt/Bulan
11Human Resources SpecialistRp. 7.5Jt/Bulan
12Manajemen RepresentatifRp. 12,5Jt/Bulan
13PMTRp. 5Jt/Bulan
14Satuan Pengawas InternRp. 17,5Jt/Bulan
15Sekretaris PerusahaanRp. 17,5Jt/Bulan

Nominal tersebut bukan patokan dan nilainya benar-benar akurat sesuai dengan nominal asli yang diterima oleh masing-masing karyawan.

Jika rata-rata gaji karyawan PT PAL Surabaya bisa mencapai 10 juta rupiah per bulan. Ini angka yang fantastis dan di atas rata-rata gaji UMK di Indonesia.

Gajinya juga belum bisa dipastikan nominalnya sesuai dengan keterangan di atas karena ada perhitungan masa kerja, tunjangan dan uang lembur yang diperoleh setiap karyawan.

Hal ini merupakan salah satu hal yang dapat memberikan kabar gembira bagi setiap karyawan dan bagi anda yang ingin bekerja di perusahaan BUMN ini.

Gaji PT PAL Surabaya juga ditentukan oleh berapa banyak yang dibutuhkan dan produksi kapal atau kegiatan yang berlangsung.

Terkadang dalam beberapa bahasa kebutuhan tersebut dapat meningkat sehingga produksi harus ditingkatkan. ini secara otomatis mempengaruhi lembur dan tunjangan karyawannya.

Kehadiran perusahaan Persero ini merupakan salah satu langkah besar Indonesia untuk memasuki industri global di bidang pertahanan.

Kedudukannya sebagai pembimbing utama alutsista agar kedepannya PT PAL Indonesia (Persero) dapat meningkatkan kemampuannya.

Salah satu prioritas utamanya adalah mampu berperan dalam Mendorong Sinergi Menuju Akses Maritim Global. Peran penting perusahaan ini adalah membawa industri maritim Indonesia ke pasar maritim global.

Itu sebabnya gaji karyawan PT PAL Surabaya juga cukup tinggi karena prospeknya cukup besar dalam skala internasional.

Karena perusahaan ini diawasi langsung oleh pemerintah dan kementerian BUMN, pemerintah juga akan memperhatikan berbagai kegiatan dan kebutuhannya.

Salah satu contohnya adalah dewan direksi dan direktur utama akan ditentukan dan disetujui oleh kementerian BUMN.

BUMN akan memilih orang-orang yang terpercaya dan terlatih di bidangnya, terutama yang sangat memahami kebutuhan alutsista.

BUMN sendiri berani memberikan gaji kepada PT PAL Surabaya dengan nominal yang cukup tinggi dan di atas rata-rata UMK karena tanggung jawab dan prioritas perusahaan ini juga tidak main-main.

Untuk memberikan kesejahteraan bagi karyawan, gaji merupakan bagian yang sangat penting untuk diberikan semaksimal mungkin.

Berbagai tunjangan dan fasilitas bagi pekerja juga akan diberikan. Selain itu syarat untuk bisa bergabung di perusahaan ini juga cukup tepat dan seleksinya lebih teliti.

Intinya anda harus mengetahui nominal gaji karyawan PT PAL Surabaya beserta pengetahuan tentang perusahaan ini. Apalagi perusahaan ini merupakan perusahaan yang cukup besar dan sangat berpengaruh di bidang pertahanan di Indonesia.

Baca juga: Gaji Bank Indonesia dan Tunjangan

Kesimpulan

PT PAL Indonesia sebagai perusahaan milik negara tentunya akan memberikan kesejahteraan bagi para pekerjanya.

Selain memberikan banyak keuntungan dan bonus bagi pekerjanya, semua pekerja juga mendapatkan fasilitas yang memadai sehingga bekerja di sana sangat nyaman.

Sekian artikel mengenai Gaji PT PAL Indonesia dan Tunjangan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.