Pramuniaga Adalah: Tugas, Fungsi dan Syarat

Pramuniaga Adalah: Tugas, Fungsi dan Syarat | Tugas pramuniaga Indomaret tidak sesulit yang Anda kira. Memang, tugas pokok yang diemban adalah soal pelayanan kepada konsumen.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Pramuniaga

Namun ada hal lain yang harus Anda ketahui untuk bisa menjadi tenaga penjual di perusahaan retail seperti Indomaret atau Alfamart.

Mari kita masuk ke pembahasan tentang arti seorang pramuniaga, oke? Seorang pramuniaga adalah suatu jabatan pekerjaan yang tanggung jawabnya memberikan pelayanan kepada konsumen terutama untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Lalu apa saja pekerjaan tenaga penjual Indomaret? bagi anda yang suka berinteraksi dengan banyak orang sepertinya cocok sekali untuk bagian ini.

Kita tahu bahwa karyawan di Indomaret dan Alfamart ramah dan menyambut ketika konsumen kesulitan mendapatkan barang yang diinginkan.

Sebelum melanjutkan dengan penjelasan tanggung jawab dan tugas pramuniaga. Anda harus tahu apa itu pramuniaga.

Apa itu Pramuniaga?

Dimana seorang pramuniaga adalah seorang pegawai sebuah perusahaan dagang yang bekerja untuk melayani pelanggan. Selain itu, banyak pramuniaga juga disebut dalam pelayan toko.

Mungkin Anda yang sering berbelanja di supermarket atau toserba tidak asing dengan sosok yang satu ini. Karena pramuniaga bersedia membantu pelanggan yang mereka cari barang.

Bagi yang bertanya apa itu pramuniaga indomaret? jawabannya masih sama.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas General Affair

Persyaratan, Kualifikasi dan Gaji Pramuniaga

Pramuniaga Adalah: Tugas, Fungsi dan Syarat

Sebelum masuk ke bagian tugas dan tanggung jawab, kita akan membahas persyaratan umum mengenai kualifikasi apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi tenaga penjual di Indomaret dan Alfamart:

Kualifikasi Pramuniaga

  1. Persyaratan pramuniaga Indomaret dan Alfamart
  2. Pria/Wanita, maksimal 25 tahun (pria diutamakan)
  3. Pendidikan minimal sederajat SMA/SMA/SMK (tergantung penempatan dan kebutuhan)
  4. Tidak ada tato atau tindikan
  5. Penampilan rapi (rambut rapi, tidak ada kumis dan janggut)
  6. Tinggi badan minimum untuk pria adalah 160 cm dan untuk wanita adalah 150 cm
  7. Tidak sedang belajar atau terikat kontrak dengan perusahaan lain
  8. Bersedia bekerja shift
  9. Gaji pramuniaga menyesuaikan UMR dan UMK setempat: Rp 1,7 juta – Rp 2,7 juta

Kualifikasi Pramuniaga

  1. Khusus Wanita (Namun, tergantung kebutuhan outlet)
  2. Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat
  3. Usia maksimal 23 tahun
  4. Tinggi minimal 150cm
  5. Berpenampilan menarik dan rapi
  6. Tidak sedang kuliah atau terikat kontrak
  7. Bersedia bekerja shift
  8. Gaji Kasir Menyesuaikan UMR dan UMK setempat: Rp 1,9 juta – Rp 3 juta

Untuk gaji selain gaji pokok, Anda juga mendapatkan tunjangan lain seperti tunjangan lembur dan tunjangan THR saat liburan. Hal ini berlaku untuk tenaga penjual dan kasir Indomaret.

Dokumen Persyaratan pramuniaga

  1. Daftar Riwayat Hidup Terbaru
  2. Pas foto 3×4 berwarna terbaru
  3. KTP
  4. Scan Ijazah
  5. Fotokopi transkrip nilai
  6. SKCK
  7. Kartu Keluarga

Anda bisa mengetahui lowongan sales officer Indomaret melalui website resminya atau datang saja ke outlet atau toko Indomaret terdekat di daerah Anda.

Tanggung Jawab dan Tugas Pramuniaga Secara Umum

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Pramuniaga

Berikut ini adalah gambaran tugas pramuniaga alfamart atau secara umum, agar Anda sudah bisa membayangkan bagaimana nantinya bekerja atau baru tahu saat ditanya saat wawancara tenaga penjual yang baik nanti.

Apa tugas pramuniaga? Pekerjaan pramuniaga secara umum yaitu:

1. Menjaga Outlet Toko Tetap Bersih

Tugas Pramuniaga pertama yaitu menjaga outlet toko tetap bersih.

Setelah setiap shift dan absensi, petugas penjualan harus mengontrol apa yang perlu diperhatikan, terutama di bagian kebersihan. Meja kerja awal tenaga penjual adalah membersihkan toko, baik itu menyapu, mengepel atau mengelap kaca di toko.

Tidak hanya apa yang terlihat di toko. Petugas penjualan juga menjaga kebersihan gudang, toilet dan area luar toko seperti tempat parkir.

Apalagi sekarang ini setiap Indomaret memiliki tempat nongkrong, jadi daerah ini harus selalu dijaga kebersihannya karena sering banyak konsumen yang mampir.

2. Layanan Langsung Kepada Konsumen

Layanan langsung kepada konsumen juga merupakan Tugas Pramuniaga.

Tugas selanjutnya yang paling sering dilakukan adalah mengenai pelayanan kepada pelanggan yang masuk ke gerai toko Indomaret. Layanan ini meliputi bagian menyapa konsumen yang masuk toko dengan mengucapkan “Selamat datang di Indomaret, selamat berbelanja”

Hingga melayani konsumen yang kesulitan mencari produk dan meminta produk. Yang terpenting adalah 3S, yaitu senyuman dan salam.

3. Menjaga ketersediaan produk di etalase

Menjaga ketersediaan produk di etalase juga merupakan Tugas Pramuniaga.

Tak jarang, barang di etalase selalu cepat habis tergantung dari produk unggulan yang ditawarkan. Hal ini menjadi tanggung jawab seorang tenaga penjual dalam menjaga stok barang di etalase agar terjaga dan selalu tersedia.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari ketika konsumen mencari barang dan ternyata tidak tersedia, mereka tidak mencari ke toko lain, apalagi ke pesaing.

Sehingga tenaga penjual selalu siap mengecek setiap etalase dan gudang untuk mencari barang yang kurang.

Jangan lupa untuk selalu berkoordinasi dengan admin gudang saat mengambil barang masuk dan keluar gudang.

4. Periksa Produk Kedaluwarsa

Tugas Pramuniaga selanjutnya yaitu memeriksa produk kadaluawarsa.

Hampir sama dengan tugas ketiga di atas, tenaga penjual juga bertanggung jawab untuk mengganti produk yang sudah jadi atau sudah lewat masa kadaluarsanya.

Selain itu, seorang tenaga penjual juga diharuskan untuk menata produk lama untuk diletakkan di depan etalase, sedangkan produk baru diletakkan paling belakang. Hal ini agar produk yang sudah mendekati kadaluarsa bisa langsung laku terjual.

Nama metode ini adalah FIFO atau first in first out. Nanti akan ada pelatihan saat Anda menjadi tenaga penjual.

5. Bantu kasir saat pembeli banyak

Membantu kasir saat pembeli banyak merupakan Tugas Pramuniaga.

Terkadang ada jam-jam tertentu dimana pasti banyak pembeli yang datang. Biasanya saat jam makan siang atau sore hari dari jam 7-9 malam.

Dikarenakan keterbatasan jumlah pegawai khususnya outlet yang mengalami shift shift hingga buka 24 jam, seorang petugas penjualan juga harus dapat membantu kasir yang sedang bertugas.

Membantu disini hanya dengan memasukkan produk pembelian konsumen ke dalam kantong kresek. Karena satu-satunya yang bertanggung jawab penuh atas mesin kasir termasuk uang adalah kasir. Ini juga merupakan bentuk layanan pelanggan.

6. Memberi Label pada Produk yang Ditampilkan

Tugas Pramuniaga selanjutnya yaitu memberikan label pada produk yang ditampilkan.

Menempatkan label harga pada produk atau gondola etalase juga merupakan bagian dari meja kerja petugas penjualan. Jangan sampai salah dalam memberikan label harga, karena nantinya pekerjaan kasir akan terbebani dan konsumen merasa tertipu dengan harga yang tertera.

Apalagi saat ada promo promo yang masuk. Jadi label sebelumnya juga diganti dengan yang baru agar bisa seragam sesuai dengan promo yang dilakukan.

7. Bantu SO Atau Stock Opname

SO atau Stock Opname merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan dimana fungsinya untuk mengecek kesamaan data antara administrasi di komputer dengan fisik barang yang sebenarnya, apakah ada yang berbeda atau cocok.

Hal ini juga tergantung pada kebijakan masing-masing toko. Ada yang melakukannya setiap minggu, ada yang sebulan sekali.

Jika barang yang tercatat di komputer dan aslinya tidak sama, maka harus dilaporkan kepada kepala toko untuk segera ditindaklanjuti.

Tugas Pramuniaga Indomaret

Pramuniaga Adalah: Tugas, Fungsi dan Syarat

Nah setelah mengetahui penjelasan pramuniaga, berikut penjelasan tentang tugas pramuniaga Indomaret.

Ada banyak tugas dan tanggung jawab yang perlu dilakukan seperti

1. Melayani Kebutuhan Konsumen

Tugas pramuniaga indomaret yang sudah tidak asing lagi di Indonesia adalah melayani kebutuhan pelanggan atau yang datang.

Baik itu menampilkan barang yang dicari oleh konsumen atau menjawab pertanyaan dari pelanggan yang membutuhkan masukan.

Oleh karena itu jelas bahwa pramuniaga Indomaret harus mengetahui letak barang.

2. Responsif terhadap konsumen

Masih terkait dengan tugas pertama, tugas pramuniaga Indomaret juga harus menanggapi beberapa pelanggan atau konsumen yang datang atau berkunjung.

Hal ini membutuhkan semangat yang sopan, baik dan murah hati dari para penjual indomaret.

Hingga nantinya konsumen yang loyal menjadi lebih senang dengan sesuatu yang telah dipasarkan.

3. Bertanggung jawab atas tata letak barang

Selain melayani, tugas pramuniaga Indomaret selanjutnya adalah bertanggung jawab penuh untuk menata barang-barang di mana mereka dijual dan dibeli.

Tidak hanya itu, barang terpanjang harus atau wajib rapi. Misalnya konsumen, pembeli atau pengunjung mencari dimana letak barang yang berarti bisa menemukan barang mudah dan cepat.

4. Pembaruan Harga

Tugas pramuniaga indomaret juga harus selalu mengetahui harga suatu barang yang diperdagangkan. Oleh karena itu, penjual harus selalu up to date pada harga.

Sebagai pramuniaga Indomaret, Anda akan bekerja untuk memperhatikan, melihat, dan mengganti harga produk yang dipasarkan, sesuai dengan peraturan Grup Indomaret.

5. Urutkan item

Tidak hanya tugas di atas, pramuniaga juga bekerja dalam melakukan penyortiran barang yang dianggap kadaluarsa atau akan kadaluarsa.

Misalnya masih mendekati tanggal kadaluarsa dan bisa disortir di keranjang atau rak diskon sehingga cepat laku.

Dan untuk bahan makanan yang sudah kadaluarsa sehingga tidak bisa dipajang.

6. Buka dan Tutup Toko

Tentunya para pramuniaga Indomaret harus rela buka tutup toko. Misalnya pada shift pagi toko harus siap buka dan shift siang/malam harus tutup toko.

Oleh karena itu, pramuniaga harus selalu mematuhi jam kantor. Tidak boleh ada yang melanggarnya, agar kelancaran operasional toko berjalan persis seperti yang diinginkan.

7. Menjaga kebersihan

Untuk menjaga kebersihan yaitu seorang pramuniaga indomaret yang bekerja untuk menjaga kebersihan area toko baik itu wajah atau barang atau papan di rak.

Saat membersihkan ruangan bisa seperti sapu dan mengelap ruangan yang kotor. Bukan hanya kotor, sebenarnya, tetapi semua ruang ritel Indomaret.

8. Melakukan Stock Opname (SO)

Selain beberapa tugas di atas, tugas pramuniaga indomaret untuk dapat melakukan SO.

Dimana SO sendiri merupakan kesesuaian antara persediaan di komputer dengan bentuk fisiknya.

Untuk SO sendiri bisa dilakukan harian atau mingguan, tergantung peraturannya. Oleh karena itu, pramuniaga indomaret harus benar-benar memiliki tenaga ekstra.

9. Mengemas Produk

Kemasan produk memiliki bentuk disini, beberapa produk yang perlu dipasarkan dalam ukuran yang lebih kecil. Selain itu, pembungkusan barang dilakukan oleh pramuniaga.

Misalnya jika ada hadiah atau diskon tertulis “beli 3 gratis 1” atau mungkin ada produk lain yang memberikan hadiah khusus yang biasanya dikaitkan dengan produk hadiah.

10. Memahami informasi promosi

Selain beberapa tugas pramuniaga indomaret di atas, seorang pramuniaga Indomaret harus dapat memahami informasi promosi barang yang dipasarkan.

Itu karena pada umumnya konsumen, pembeli, atau pelanggan kadang menanyakan tentang promosi.

Sampai pramuniaga benar-benar harus memahami tindakan yang ditawarkan. Jangan memberikan informasi promosi palsu, agar tidak merugikan toko, pelanggan, dan penjual itu sendiri.

11. Mencapai Target

Pramuniaga Indomaret tentunya memiliki persyaratan dalam hal pemasaran produk yang diperdagangkan. Tujuannya adalah untuk secara teratur menembus target toko bulanan.

Dengan cara ini, pramuniaga bisa mendapatkan bonus nanti jika mencapai target. Ini harus menjadi nilai tambah bagi penjual.

Fungsi Pramuniaga

Pramuniaga memiliki fungsi dalam pekerjaannya, yaitu membantu konsumen yang mencari barang yang mereka butuhkan dan menyediakan produk bermerek tempat mereka bekerja, menjadikan pramuniaga sebagai aspek terpenting dari berjalannya toko ritel, tetapi ada banyak fungsi dalam tugas seorang pramuniaga, antara lain sebagai berikut:

  • Menciptakan kepercayaan konsumen yang loyal dalam menjaga kualitas barang yang dipasarkan dan meningkatkan usaha (toko).
  • Mengetahui kebutuhan atau barang yang ingin dibeli dari pelanggan.
  • Membantu konsumen memilih barang yang sesuai dengan harapannya.
  • Informasi tentang kualitas barang untuk memperlakukan pelanggan.
  • Jawab pertanyaan dari beberapa pelanggan.
  • Melayani kritik dengan baik dari pelanggan.
  • Melakukan standar layanan penjual secara profesional.

Tes dan Interview Pramuniaga

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Pramuniaga

Sekarang kita akan membahas tentang tes pramuniaga di Indomaret atau di Alfamart. Sudahkah Anda membaca persyaratan kualifikasi di atas?

Jadi kali ini anggap saja anda terpanggil untuk memenuhi panggilan tes rekrutmen di Indomaret.

Biasanya ada 2 macam tes yang akan kamu hadapi yaitu tes tertulis dan tes wawancara dengan kepala toko atau yang sederajat.

1. Tes Tertulis Pramuniaga

Untuk tes ini seperti tes psikologi di perusahaan lain. Untuk soal-soal yang akan kamu hadapi, seperti tes matematika dasar, tes verbal, tes menggambar pohon dan tes mandiri lainnya.

Jika sudah dan lulus maka akan dilanjutkan ke tahap kedua yaitu tes wawancara.

2. Tes Wawancara Pramuniaga dengan Kepala Toko

Tes selanjutnya adalah wawancara dengan pengguna atau yang memiliki posisi sebagai kepala toko. Daftar pertanyaan yang akan diajukan kira-kira sebagai berikut:

  1. Ceritakan tentang dirimu
  2. Mengapa Anda ingin bekerja di Indomaret sebagai tenaga penjualan?
  3. Apa kesibukanmu selama ini?
  4. Sebutkan tugas dan tanggung jawab seorang tenaga penjual yang anda kenal
  5. Siap bekerja shift?

Setelah itu user akan mencoba memberikan gambaran tentang jobdesk dari tenaga penjual dan menanyakan kembali apakah Anda siap untuk mengerjakan tugas tersebut.

Jika demikian, maka Anda memasuki tahap penandatanganan kontrak dan langsung menjalani pelatihan singkat.

Kesimpulannya, Pramuniaga adalah Pelayan Toko

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pramuniaga adalah pegawai di suatu perusahaan yang bergerak di bidang retail dan mengurusi pelanggan atau konsumen.

Secara sederhana, pramuniaga dapat dengan mudah dipahami sebagai karir di bidang jasa, yaitu membantu pelanggan menemukan apa yang mereka cari.

Itulah tugas-tugas pramuniaga Indomaret yang bisa Anda jadikan referensi saat melamar pekerjaan di Indomaret, khususnya untuk posisi pramuniaga.

Anda dapat membaca contoh surat lamaran kerja pramuniaga sesuai dengan link berikut ini:

Sekian artikel berjudul Pramuniaga Adalah: Tugas , Fungsi dan Syarat, Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, dan semoga Anda diterima. Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga beruntung.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!