Penghasilan Freelance Desain Grafis 2022

Berapa Penghasilan Freelance Desain Grafis? Apakah pendapatan freelance desainer grafis sama dengan pendapatan karyawan yang dikontrak oleh perusahaan dengan posisi serupa?

Penghasilan Freelance Desain Grafis 2022

Jawabannya tidak pasti.

Anda dapat dibayar lebih atau kurang. Itu selalu tergantung pada proyek yang sedang dikerjakan dan tawarannya.

Beberapa freelance desainer grafis umumnya dengan senang hati memotong harga agar mudah menarik klien. Maklum, kompetisi di lapangan keras, bung!

Tapi itu pasti disayangkan karena tugas ini layak mendapat gaji besar. Apakah Anda ingin tahu berapa penghasilan bulanan minimum untuk seorang freelance desainer grafis?

Agar tidak salah menghitung tarif, baca informasi Penghasilan Freelance Desain Grafis berikut ini.

A. Penghasilan Freelance Desain Grafis per Bulan

Untuk mengetahui gaji atau Penghasilan Freelance Desain Grafis, disini kami akan mengadakan sedikit simulasi sederhana, yuk mari kita simak.

Gaji desain grafis freelance berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 4.000.000 per proyek. Sebagai catatan, setiap freelancer memiliki tarifnya sendiri-sendiri.

Oleh karena itu, jika Anda menerima lebih dari satu proyek dalam sebulan, Anda dapat menghitung sendiri penghasilannya.

Sedangkan menurut Neuvoo, rata-rata gaji bulanan seorang desainer grafis di beberapa perusahaan Indonesia adalah Rp 3.750.000. Ini berlaku untuk lulusan baru atau mereka yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya.

Gaji tertinggi bisa mencapai Rp 6.375.000/bulan, terendah sekitar Rp 1.826.500.

Beberapa perusahaan mungkin menggunakan UMK sebagai dasar.

Berdasarkan pengalaman kerja mereka, seorang desainer grafis dapat memperoleh penghasilan hingga Rp 11.000.000/bulan.

Pengalaman KerjaKisaran Gaji per bulan
Fresh graduateRp3.750.000
1 tahunRp8.000.000
Lebih dari 1 tahunRp11.000.000

Itu hanya kisaran gaji untuk seorang Desainer Grafis yang dikontrak oleh sebuah perusahaan.

Bisakah freelance bisa menghasilkan pendapatan serupa?

Sangat bisa. Tetapi Anda harus menetapkan harga yang bagus untuk setiap proyek.

Jika perhitungan Penghasilan Freelance Desain Grafis diatas masih kurang menjawab pertanyaan anda, mari kita simak penjelasan tarif desain grafis per proyek.

Baca juga: Tips Mendapatkan Pekerjaan Freelance untuk Mendapatkan Penghasilan

B. Tarif Freelancer Desain Grafis per Proyek

Penghasilan Freelance Desain Grafis 2022

Semoga dengan perhitunga tarif freelancer desain grafis per proyek ini dapat menjawab pertanyaan berapa Penghasilan Freelance Desain Grafis?

Anda dapat menghitung tarif berdasarkan pengalaman kerja dengan mengacu pada data gaji desainer di atas.

Misalnya, Anda seorang pemula dan ingin berpenghasilan Rp 3.750.000/bulan atau Rp 23.077/jam. Gunakan ini sebagai dasar.

Untuk menentukan harga sebuah proyek, ramalkan berapa jam yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya dan kemudian kalikan dengan harganya.

Misalkan suatu proyek membutuhkan 70 jam tenaga kerja, maka biaya yang dapat Anda berikan adalah 70 x Rp 23.077 = Rp 1.615.390.

Jadi tarif freelancer desain grafis per proyek adalah Rp 1.615.390

Untuk memenuhi target penjualan minimum, Anda harus menerima setidaknya tiga proyek dalam sebulan.

Baca juga: Tips Jadi Freelancer Berkualitas dan Sukses Mendapatkan Uang

C. Situs Pekerjaan Desainer Grafis Freelance

Penghasilan Freelance Desain Grafis 2022

Jika anda sudah mengetahui Penghasilan Freelance Desain Grafis, dan ingin mencari tahu dari mana penghasilan itu berasal. Bisa membaca pembahasan dibawah ini.

Jika Anda ingin mendapatkan bayaran lebih, jangan ragu untuk mencoba situs web freelancer asing. Secara umum, mereka lebih menghargai jasa desain grafis dan bersedia membayar mahal.

Apakah Anda seorang desainer bersertifikat dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah?

Ada kabar baik karena ternyata ada beberapa situs web yang menawarkan layanan perantara untuk beberapa freelance desain grafis dengan perusahaan atau pemilik modal.

Melalui website ini Anda dapat menemukan beberapa orang yang membutuhkan jasa seorang desainer untuk mengerjakan berbagai proyek mereka.

Apakah Anda ingin tahu situs web mana yang menawarkan layanan ini? Lanjutkan membaca pembahasan berikut!

Beberapa situs web yang dapat Anda gunakan untuk menemukan klien adalah:

1. Riverr

Fiverr adalah penyedia layanan web untuk beberapa pekerja freelance paling tepercaya dan merupakan sumber Penghasilan Freelance Desain Grafis.

Sudah banyak desainer grafis yang menggunakan website ini untuk menghasilkan uang, baik itu seorang desainer pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Proyek yang dijual di situs ini sangat beragam, mulai dari proyek jasa menggambar wajah hingga desain web.

Anda dapat menetapkan harga hingga $5 dan kemudian menambahkan ke harga berapa pun yang Anda harapkan.

2. 99design

99designs adalah platform desain grafis terbaik dan paling inovatif yang tersedia secara online dan merupakan sumber Penghasilan Freelance Desain Grafis.

Secara khusus, mereka melakukan desain logo, desain kemasan, kartu nama, paket merek, dan jenis desain grafis lainnya.

Didirikan pada tahun 2008, platform ini adalah situs yang paling cocok untuk freelancer desain yang ingin memamerkan bakat dan kreasi mereka.

3. Upwork

Upwork tidak seperti Fiverr, setiap freelancer yang mendaftar di web harus melalui proses pemeriksaan yang sangat ketat. Anda perlu melengkapi informasi pribadi mulai dari mengunggah foto, wajah asli, memasukkan cerita pelajaran dan tugas hingga persetujuan pajak.

Upwork menawarkan mekanisme tarif/jam yang dapat Anda atur sendiri. Lucunya, Upwork menawarkan uji kemampuan yang bisa dilakukan untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan.

4. AwesomeWeb

Penghasilan Freelance Desain Grafis 2022

AwesomeWeb sebagai salah satu situs web freelance yang melayani khusus untuk desainer grafis, programmer, dan desainer situs.

Sebagai seorang freelancer, Anda harus melalui proses penyaringan terlebih dahulu sebelum Anda dapat dimasukkan dalam daftar pencarian klien AwesomeWeb.

Klien AwesomeWeb adalah klien yang sangat menguntungkan yang membutuhkan desainer berkualitas untuk proyek mereka.

5. The Creative Group

Layanan web freelance ini adalah divisi layanan dari Robert Half yang memberikan layanan kepada karyawan kontrak komersial, pekerja lepas, dan profesional paruh waktu lainnya.

Website ini memiliki filter untuk beberapa desain grafis untuk mempersempit pencarian Anda.

Creative Group memiliki jaringan luas perusahaan inovatif yang dihormati yang membutuhkan bakat inovatif, sehingga meningkatkan peluang Anda.

6. Dribbble

Dribbble sebenarnya adalah situs web showcase tempat Anda dapat memamerkan beberapa karya desain Anda.

Namun, jika Anda secara legal menerima undangan dari beberapa desainer Dribble, Anda memiliki kesempatan untuk menerima komisi.

Di situs web ini Anda dapat mengaktifkan opsi untuk menerima tawaran pekerjaan.

Anda memiliki kebebasan untuk menentukan proyek mana yang diharapkan, Anda juga dapat memasukkan daftar kemampuan dan informasi lainnya untuk memudahkan calon klien menemukan Anda dalam daftar pencarian.

7. Sribu

Tidak seperti situs web freelance lainnya, Sribu memiliki ide kontes di mana Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka dan menawarkan hadiah untuk desain terbaik.

Pelanggan Sribu sangat beragam, mulai dari UMKM kecil hingga perusahaan besar seperti Pertamina.

Dikatakan bahwa mendapatkan proyek dari Sribu lebih sulit daripada situs web freelance lainnya. Tapi website ini termasuk kedalam sumber Penghasilan Freelance Desain Grafis.

8. Peoples Per Hours

PeoplePerHour didirikan pada 2007 dengan tujuan menghubungkan klien dengan pekerja lepas dan memberdayakan orang untuk menyelesaikan pekerjaan mereka secara online.

Freelancer dari seluruh dunia ambil bagian dalam PeoplePerHour dan juga salah satu sumber Penghasilan Freelance Desain Grafis.

Layanan mereka memprioritaskan desain grafis dan peran pengembangan situs. Berbagai jenis pekerjaan berat yang biasa dijual di internet termasuk proofreading video, desain grafis, periklanan online, pemasaran media sosial, dan copywriting.

Untuk lebih jelas mengenai freelance design grafis bisa melihat video dibawah ini

Baca juga: Profesi Freelancer dengan Gaji Tinggi

Kesimpulan

Peluang kerja desainer grafis akan terbuka lebar kedepannya. Karena seni desain grafis semakin berkembang dan perusahaan sangat membutuhkan posisi tersebut.

Di satu sisi, Anda harus mempelajari lebih banyak jenis desain grafis. Misalnya dalam hal tipografi, user interface, user experience dan lain sebagainya.

Menguasai banyak bidang juga dapat mengoptimalkan penghasilan Anda sebagai desainer grafis.

Sekian artikel mengenai Penghasilan Freelance Desain Grafis 2022, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!