5+ Formasi CPNS Lulusan SMA [Terbaru]

Apa saja Formasi CPNS Lulusan SMA? Tidak dapat dipungkiri apabila pendaftar CPNS sangatlah banyak. Hal tersebut membuat persaingannya semakin ketat. Bagi kamu yang lulusan SMA, jangan sampai melewatkan kesempatan menjadi seorang ASN.

5+ Formasi CPNS Lulusan SMA [Terbaru]

Pemerintah memberikan kesempatan pada lulusan SMA/SMK untuk mengisi berbagai formasi. Yuk simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Formasi CPNS Lulusan SMA

Siapa bilang seleksi CPNS hanya untuk mereka yang menyelesaikan pendidikan S1? Ets.. bagi anda yang lulusan SLTA atau sederajat, anda juga bisa mengikuti seleksi CPNS karena pemerintah telah memastikan akan membuka peluang serupa untuk CPNS lulusan SLTA.

Ada beberapa formasi dari sejumlah institusi yang ditujukan untuk SMA.

1. Formasi Kemenkumham

Formasi CPNS Lulusan SMA yang pertama dari Kemenhumham.

Kemenkumham menjadi salah satu kementerian yang membuka lowongan CPNS bagi lulusan SMA. Bahkan kabarnya kementrian ini menjadi salah satu instansi yang membuka lowongan terbesar bagi mereka.

Dari data yang diambil pada tahun 2019, terdapat 3.532 formasi yang khusus diisi oleh putra putri bangsa yang berpendidikan terakhir SMA/SMK.

Jumlah formasinya yang besar harus dimanfaatkan dengan baik. Meskipun lowongannya banyak, bukan berarti kamu bisa leha leha.

Ribuan orang diluar sana memperebutkan kursi ASN. Hal tersebut menjadi bukti bahwa hingga saat ini menjadi ASN menjadi pekerjaan yang diburu para pencari kerja di Indonesia.

Lantas formasi apa yang paling banyak dibutuhkan dalam kementerian Kemenkumham? Salah satu posisinya adalah sebagai penjaga tahanan.

Di tahun 2019, terdapat 2.875 lowongan untuk posisi tersebut. Harapannya di tahun 2021 ini jumlah formasinya bisa bertambah sehingga para lulusan SMA/SMK memiliki peluang yang lebih besar.

  • Penjaga Tahanan: 2.875 formasi
  • Pemeriksa Keimigrasian Pelaksana/Pemula: 657 formasi

2. Formasi Kejaksaan Agung

Formasi CPNS Lulusan SMA yang kedua dari Kejaksaan Agung.

Kejaksaan agung merupakan salah satu instansi yang selalu dilirik oleh para calon ASN lulusan SMA/SMK. Instansi tersebut di tahun 2019 membuka 2000 lowongan formasi.

Jumlah kebutuhan ini masih berada di bawah kemenkumham. Di tahun 2019 Kejaksaan Agung membuka posisi untuk pengawal tahanan dan pengemudi kapten.

Tahun ini belum diketahui pasti berapa jumlah formasi yang dibutuhkan oleh Kejaksaan Agung untuk pendidikan minimal SMA.

Akan tetapi jika dilihat dari tahun 2019, sepertinya tahun ini jumlah penerimaannya lebih banyak. Kabarnya tahun ini menjadi tahun pembukaan CPNS terbesar. Semoga kesempatan ini bisa kamu manfaatkan dengan baik.

Baca juga: 5+ Perbedaan CPNS dan PPPK

3. Formasi Kementerian LHK

5+ Formasi CPNS Lulusan SMA [Terbaru]

Formasi CPNS Lulusan SMA yang ketiga dari Kementrian LHK.

Bagi kamu yang belum tahu, Kementerian LHK merupakan kementerian yang bergerak dibidang pelestarian lingkungan hidup.

Instansi ini di dalamnya juga mengurus masalah kehutanan. Di tahun 2019 lalu, kementrian LHK juga masuk dalam jajaran instansi yang menerima lulusan SMA/SMK terbanyak dalam ajang pendaftaran CPNS.

Pada tahun 2019, kementerian LHK membuka 80 formasi yang bisa diisi oleh lulusan SMA/SMK. Formasi tersebut diperuntukkan bagi jabatan pelaksana pemula atau pemula polisi hutan.

Tugas dan fungsi polisi hutan diantaranya adalah melakukan pengamanan hutan, hasil hutan, tumbuhan, dan satwa liar yang ada  .

Banyak lulusan SMA/SMK yang tertarik untuk mengisi formasi pemula polisi hutan di Kementerian LHK. Bagi kamu pencari loker lulusan SMA, coba saja mengikuti proses seleksi CPNS apabila memang posisi ini dibuka kembali. Bisa saja jabatan tersebut menjadi salah satu jalanmu menuju sukses dan mendapat penghasilan sendiri.

  • Pelaksana Pemula/Pemula- Paramedik Karantina Hewan (lulusan SMK Peternakan) : 26 formasi
  • Pelaksana Pemula/Pemula- Paramedik Veteriner Hewan (lulusan SMK Peternakan) : 9 formasi
  • Pelaksana Pemula/Pemula- Pengawas Benih Tanaman (lulusan SMK Pertanian : 2 formasi
  • Pelaksana Pemula/Pemula- Pengawas Mutu Pakan (lulusan SMK Peternakan) : 5 formasi
  • Pelaksana Pemula/Pemula- Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (lulusan SMK Pertanian) : 1 formasi
  • Pemelihara Kebun (lulusan SMK pertanian): 2 formasi

4. Formasi Kementan

Formasi CPNS Lulusan SMA yang keempat dari Kementan.

Pendaftaran CPNS yang selanjutnya dibuka oleh Kementan atau kementerian pertanian. Instansi tersebut pada tahun 2019 membuka 45 formasi bagi lulusan SMA/SMK.

Jumlah ini memang tidak terlalu banyak dibandingkan formasi kementerian yang lain. Akan tetapi bukan berarti kemungkinannya kecil untuk kamu dapatkan.

Jabatan yang kala itu dibuka paling banyak adalah pelaksana pemula paramedis karantina yaitu sebanyak 26 kursi. Posisi lain yang saat itu ikut diperebutkan adalah pelaksana pemula veteriner, pelaksana pemula pengawas benih tanaman, pelaksana pemula paramedis pengawas mutu pakan, pemelihara kebun, dan pelaksana pemula pengendali organisme pengganggu tanaman.

Banyaknya pilihan formasi lowongan CPNS lulusan SMA Kementan yang banyak diburu. Terus berusaha dan banyak berlatih menjadi kiat sukses untuk bisa memperoleh posisi CPNS.

Sangat disayangkan apabila kamu dari merasa tidak percaya diri. Berusaha menjadi jalan yang harus kamu lakukan agar sukses.

5. Formasi Kemendikbud

Formasi CPNS Lulusan SMA yang kelima dari Kemendikbud.

Kemendikbud membuka lowongan untuk CPNS lulusan SMA/SMK sebanyak 11 formasi di tahun 2019. Untuk informasi jumlah kebutuhan 2021 belum diketahui dengan pasti.

Di tahun lalu Kemendikbud membuka posisi sebanyak 11 formasi yang terbagi menjadi 3 jabatan. Jabatan yang paling banyak adalah posisi teknisi pemetaan dan penggambaran sebanyak 6 orang.

Jabatan lain yang ditawarkan diantaranya adalah pengadministrasi keuangan dan teknis laboratorium yang masing masing berjumlah 3 dan 2 orang.

Meskipun jumlahnya hanya formasinya hanya belasan, kesempatan ini masih cukup menggiurkan untuk dicoba. Meskipun persaingannya cukup ketat, tidak boleh menyurutkan niatmu untuk berusaha.

  • Pengadministrasi Keuangan (lulusan SMA/SMK Akuntansi/SMK Administrasi Perkantoran): 3 formasi
  • Teknisi Laboratorium (lulusan SMK Kimia): 2 formasi
  • Teknisi Pemetaan dan Penggambaran (lulusan SMK Teknologi dan Rekayasa): 6 formasi

6. Formasi BIN

5+ Formasi CPNS Lulusan SMA [Terbaru]

Formasi CPNS Lulusan SMA yang terakhir dari BIN.

Badan Intelijen Negara menjadi salah satu instansi yang menerima lulusan SMA di tahun 2019. Pada saat itu, jumlah penerimaannya mencapai 200 orang.

BIN memerlukan lulusan SMA untuk mengisi posisi pranata komputer pelaksana pemula. Lokasi kerjanya berada di Sub Direktorat Liaison, Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri, dan Direktorat Kerja Sama Internasional.

BIN menjadi incaran banyak pelamar. Hal ini terjadi karena BIN merupakan instansi yang bisa dibilang bergengsi di Indonesia.

Masuk sebagai salah satu pekerja di sana menjadi kebanggaan tersendiri. Tidak heran apabila peminatnya tak pernah surut. Akan tetapi di tahun ini belum ada pemberitahuan lebih lanjut terkait dengan posisi CPNS yang mereka buka.

Baca juga: Apa itu CPNS? ini Penjelasannya

Syarat CPNS Lulusan SMA

Selain mengetahui Formasi CPNS Lulusan SMA, ada beberapa syarat CPNS yang perlu diperhatikan untuk lulusan SMA.

Bagi anda yang ingin mendaftar CPNS kedepannya jangan lupa jika saat ini anda hanya mendaftar melalui satu portal sscasn.bkn.go.id.

Panitia seleksi belum memberikan informasi mengenai persyaratan khusus pendaftaran tahun ini. Namun ada banyak persyaratan administrasi umum yang bisa Anda persiapkan mulai sekarang:

  • Scan KTP asli
  • Pas foto
  • Swafoto (Selfie)
  • Ijazah (fotokopi dan scan)
  • Transkrip nilai (fotokopi dan scan)
  • Dokumen pendukung lainnya

Berikut penjelasan lainnya

1. Berkelakuan Baik

5+ Formasi CPNS Lulusan SMA [Terbaru]

Berkelakuan baik menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki oleh calon ASN. Sebenarnya persyaratan ini bukanlah persyaratan khusus CPNS lulusan SMA/SMK.

Persyaratan yang masih masuk dalam kriteria perlakuan baik diantaranya adalah bebas narkoba, tidak pernah dipenjara selama 2 tahun atau lebih, bertakwa kepada tuhan YME, taat kepada pancasila, UUD, dan NKRI.

Calon PNS juga harus berkewarganegaraan Indonesia atau WNI. Kriteria ini tidak dapat diubah karena sudah menjadi keharusan bahwa CPNS diisi oleh orang yang berkebangsaan Indonesia.

Meskipun hanya diikuti oleh WNI, persaingan CPNS cukup ketat. Oleh karena itu sangat penting untuk mempersiapkan diri.

2. Usia Minimal 18 Tahun dan Maksimal 35 tahun

Untuk menjadi seorang CPNS terdapat batasan usia. Bagi kamu yang lulusan SMA, kamu bisa mendaftar dan berpeluang menjadi bagian dari ASN jika berumur antara 18 hingga 35 tahun.

Rentang ini cukup besar sehingga apabila tahun ini belum mendapat kabar baik, kamu bisa mencobanya di tahun selanjutnya.

3. Memiliki Nilai Minimal 7.00

Nilai masih menjadi patokan utama ketika hendak mendaftar sebagai CPNS. Di tahun 2019 patokan nilai minimal bagi lulusan SMA/SMK adalah 7.00.

Nilai ini tercantum dalam ijazah, SKHUN, atau dokumen lain yang setara ijazah. Untuk itu sangat penting bagi kamu untuk melihat terlebih dahulu bagaimana nilai yang kamu peroleh saat SMA.

4. Kualifikasi Pendidikan Sesuai Posisi Yang Dilamar

Syarat yang tidak kalah penting saat mendaftar CPNS adalah melihat kualifikasi yang diminta oleh instansi. Langkah ini dilakukan agar pendaftaran yang kamu lakukan tidak bermasalah dikemudian hari.

Sangat disayangkan apabila kamu gagal saat proses pemberkasan NIP dalam seleksi lowongan CPNS lulusan SMA yang kamu ikuti.

Masih banyak persyaratan lain yang harus dipatuhi ketika hendak mendaftar sebagai CPNS. Untuk informasi lebih lanjut harus kamu buka nanti saat pengumuman resmi telah disiarkan.

Cermati setiap syaratnya dan pilih instansi yang paling sesuai dengan keinginanmu. Setelah itu banyak belajar dan berdoa agar bisa tembus menjadi ASN.

Baca juga: PNS Adalah: Tugas, Hak, Kewajiban, dan Keahlian

Daftar CPNS Lulusan SMA denga SSCASN

Pastikan anda mengetahui cara daftar CPNS setelah mengetahui Formasi CPNS Lulusan SMA.

Pasti kalian tahu bahwa pendaftaran CPNS tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Tidak hanya dari jumlah formasi yang mencapai 1,3 juta, tetapi juga dari pengembangan fitur yang dikembangkan BKN untuk memberikan sedikit keringanan kepada beberapa pendaftar lho.

BKN telah memperluas kapabilitas teknologi di portal Mekanisme Seleksi Kandidat ASN (SSCASN). Berikut adalah beberapa fitur baru:

  • Beberapa peserta seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak perlu mengunggah banyak dokumen, karena dokumen tersebut ditetapkan pada saat pendaftaran sebagai Ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR) dan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
  • Beberapa peserta seleksi ASN dapat dihubungkan dengan informasi tentang semua sistem yang dibuka oleh pemerintah.
  • Kualitas transparansi dan tanggung jawab penerapan seleksi ASN lebih berkembang. Fitur ini juga mencegah terjadinya gangguan atau perantara.
  • Menyediakan fasilitas bagi beberapa peserta tes di luar negeri.

Sekian artikel berjudul 5+ Formasi CPNS Lulusan SMA [Terbaru], semoga bermanfaat.

Ijazah SMA golongan berapa?

Dilihat dari strata pendidikan, Golongan I merupakan golongan terendah dalam struktur birokrasi PNS. Umumnya golongan ini berasal dari lulusan SD dan SMP. Mereka yang memiliki ijazah SMA sampai D3 berada di Golongan II. Kemudian lulusan S1 atau sederajat D4 hingga S3 termasuk dalam Golongan III.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!