Link Pendaftaran CPNS dan PPPK [Terbaru]

Apa Link Pendaftaran CPNS dan PPPK? Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia mendambakan posisi pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil. Tidak heran jika setiap pendaftaraan CPNS dibuka selalu ramai peminatnya.

Link Pendaftaran CPNS dan PPPK [Terbaru]

Pada tahun ini pemerintah kembali membuka peluang bagi putra-putri bangsa. Kamu bisa mencari informasinya mulai sekarang, berikut ini ada link untuk mendaftar CPNS.

Link Pendaftaran CPNS dan PPPK

Warga negara yang berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan rekrutmen CASN dapat mendaftar melalui website sscasn.bkn.go.id. Pemerintah akan segera membuka seleksi calon Aparatur Sipil Negara atau CASN khusus PPPK.

Seperti pada tahun-tahun awal, pendaftaran CPNS dan PPPK dilakukan melalui Mekanisme Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau SSCASN dengan link CPNS https://sscasn.bkn.go.id/.

Link Pendaftaran CPNS dan PPPK di sscasn.bkn.go.id

Link Pendaftaran CPNS dan PPPK di sscasn.bkn.go.id

Daftar di link CPNS sscasn.bkn.go.id bagi yang berminat mengikuti seleksi PPPK Rekrutmen CASN 2022

Warga negara yang berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Pengaturan Kerja (PPPK) dengan seleksi CASN 2022 mendaftar melalui website sscasn.bkn.go.id. Pemerintah akan segera membuka seleksi calon Aparatur Sipil Negara atau CASN khusus PPPK.

Seperti pada tahun-tahun awal, pendaftaran CPNS dan PPPK dilakukan melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau SSCASN dengan Link Pendaftaran CPNS https://sscasn.bkn.go.id/.

Dari situs bkn.go.id, SSCASN merupakan situs pendaftaran ASN nasional yang resmi sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi ASN bagi seluruh institusi, baik pusat maupun daerah. Mekanisme ini diatur langsung oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Sementara itu, siapa pun dapat mendaftar di situs web SSCASN resmi dengan status Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki keinginan dan telah memenuhi persyaratan yang sama berdasarkan peraturan masing-masing institusi ketika batas usia yang dipersyaratkan tercapai.

Selain untuk memilih CPNS dan PPPK, situs ini juga digunakan sebagai portal pendaftaran sekolah kedinasan.

Baca juga: 10+ Berkas CPNS yang Harus Dipersiapkan

Pahami Alur Pendaftaran dan Link CPNS yang Resmi

Pahami Alur Pendaftaran dan Link CPNS yang Resmi

Pada dasarnya Pegawai Negeri Sipil merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun bukan berarti semua ASN mempunyai status sebagai PNS. Ada pula pegawai pemerintahan yang melalui jalur Perjanjian Kerja (PPPK).

Kedua seleksi ini dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Kamu juga bisa mengakses informasinya melalui laman resmi yang disediakan.

Bukan hanya PPPK dan seleksi CPNS bersama yang informasinya bisa diakses melalui laman resmi pihak penyelenggara, terdapat seleksi CPNS melalui pendidikan kedinasan.

Khusus jalur pendidikan kedinasan ada jenjang sekolah yang perlu ditempuh. Setelah menyelesaikan masa pendidikan barulah lulusan ini ditempatkan pada instansi tertentu yang membutuhkan.

Jika kamu sudah mengetahui mana jalur seleksi yang kamu tempuh, langsung buka website resminya https://sscn.bkn.go.id/ untuk login. Untuk melakukan login pelamar harap membuka laman SSCASN terlebih dahulu.

Kamu dapat memilih menu di panel atas dengan tulisan Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil. Didalamnya kamu akan diarahkan oleh BKN kamu perlu mengisi kolom apa saja.

Pada alur pendaftaran ini penting untuk kamu perhatikan dan sungguh dipahami. Karena kolom-kolom yang perlu diisi butuh ketelitian tinggi.

Sekali kamu salah input maka akan bermasalah pada tahapan yang selanjutnya. Apalagi pesertanya mungkin mencapai ribuan bahkan jutaan. Jadi pahami detail apa saja yang perlu diisi, serta berkas-berkas yang wajib dicantumkan.

Setelah kamu tahu link untuk mendaftar CPNS, kamu langsung pilih menu SSCASN. Klik tombol Daftar Sekarang lalu kamu akan diarahkan ke laman resmi pendaftaran milik BKN.

1. Membuat Akun SSCASN

Link Pendaftaran CPNS di https://sscasn.bkn.go.id/.

Buat akun SSCASN dengan email yang masih aktif, masukkan NIK dan nomor KK. Jika kamu pernah daftar CPNS 2019 bisa pakai akun yang lama. Buat password yang mudah kamu ingat karena akan diperlukan selama proses seleksi.

Selanjutnya login kembali dengan NIK dan password yang sudah kamu daftarkan. Lakukan konfirmasi kebenaran data KTP, dengan swafoto sambil memegang KTP dan Kartu Informasi Akun.

2. Mengisi Biodata dan Upload Berkas

Mengisi Biodata dan Upload Berkas

Setelah mendaftar di Link Pendaftaran CPNS resmi, anda bisa langsung mengisi biodata dan mengupload berkas yang menjadi persyaratan.

Isi kolom yang diminta dengan sebenar-benarnya, seperti biodata, jabatan, hingga pilihan informasi. Kemudian unggah dokumen persyaratan sesuai dengan formasi yang kamu pilih.

Jangan lupa unggah foto formal dengan latar belakang merah dan ukuran yang diminta. Setelah itu kamu diminta isi kolom pertanyaan pengaman serta jawabannya. Pertanyaan ini bisa kamu simpan untuk login nanti.

3. Cetak Informasi Pendaftaran

Setelah masukkan kode captcha, pastikan semua data yang kamu masukkan sudah valid dan benar. Lalu pilih menu Cetak Informasi Pendaftaran sebagai bukti sudah buat akun SSCASN.

4. Seleksi Administrasi

Pasca melakukan konfirmasi pendaftaran dan cetak Kartu Pendaftaran, maka panitia akan melakukan verifikasi data. Kamu akan melalui seleksi administrasi yang akan diumumkan beberapa waktu berikutnya.

Kamu juga diberi hak untuk menyampaikan klarifikasi data ketika masa sanggah. Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi barulah kamu mengikuti tes selanjutnya.

Selama rentang waktu menunggu pengumuman seleksi administrasi, kamu bisa memanfaatkannya untuk belajar soal-soal CPNS. Mulailah mengenal terlebih dahulu jenis tes apa saja yang nantinya diujikan.

Setelah itu atur waktu untuk berlatih soal-soal agar kamu tidak panik saat menghadapi tes sesungguhnya.

Penutup

Seleksi CPNS yang akan dibuka sekitar akhir tahun mendatang sudah ditunggu-tunggu oleh para calon pelamar. Kali ini kemungkinan besar pesertanya akan membludak dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal tersebut karena pada tahun sebelumnya pemerintah selalu penuh dengan pendaftar CPNS. Maka dari itu kamu mempunyai kesempatan untuk meraih pekerjaan impian dan menggapai masa depan.

Sekian artikel berjudul Link Pendaftaran CPNS dan PPPK [Terbaru], semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!